Sebanyak 22 item atau buku ditemukan

Bunga Rampai: Edukasi Moderasi Beragama di Tengah Pluralitas Masyarakat

Bunga Rampai: Edukasi Moderasi Beragama di Tengah Pluralitas Masyarakat Penulis : Misroh Sulaswari, M.Pd, Laila Nor Indah, Zuni Fatul Amaroh, Bagus Sadewo, Adi Khoirul Anam, Mulyani Putri Wulandari, Miftahul Anam, Moh. Nuril Fatoni, Aldi Irma Alfiyah, Emi Ponik Asti, Siti Fatmawati Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-407-048-4 Terbit : November 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Indonesia merupakan negara multikultural, yaitu negara yang masyarakatnya terdiri dari berbagai suku yang masing-masing mempunyai unsur budaya yang berbeda-beda. Hal ini terjadi dikarenakan kemajemukan suku bangsa, ras, agama, dan etnis. Kemajemukan ini dapat dipengaruhi oleh latar belakang keluarga dan letak geografis. Terdapat enam agama yang diakui dalam negara Indoseia yaitu, Islam, Kristen, Katholik, Hindu, Budha, Konghucu. Agama Islam menjadi mayoritas dalam Negara Indonesia. Tingkat perselisihan dalam negara Indonesia sangatlah tinggi. Sikap eksklusif dalam beragama dan hanya mengakui kebenaran sepihak akan menimbulkan suatu konflik-konflik tertentu. Hal seperti ini perlu diminimalisir guna mencegah suatu konflik terjadi. Edukasi moderasi beragama perlu dibutuhkan dalam hal ini. Edukasi dalam KBBI artinya pendidikan, ada beberapa metode dalam edukasi yaitu mengajar, memberi pelatihan bercerita, berdiskusi atau melakukan pengarahan terhadap suatu penelitian. Edukasi merupakan sarana terpenting dalam kehidupan manusia dan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia baik itu pendidikan formal maupun non formal. Intoleransi dalam keberagaman sering terjadi dalam keberagaman beragama yang disebabkan oleh kurangnya edukasi pemahaman terhadap masyarakat mengenai hakikat beragama. Hakikat beragama ini menjadi jalan menuju kedamaiaan yang biasanya perselisihan ini disebabkan oleh fanatisme dari satu agama. Dalam hal ini edukasi mengenai moderasi beragama sangatlah penting, mengingat bahwasanya di Indonesia memiliki berbagai unsur budaya, agama serta ras. Moderasi beragama sendiri merupakan konsepsi yang dapat membangun sikap toleran guna memperkuat kesatuan dan persatuan suatu bangsa. Para kaum milenial berperan penting dalam memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa. Edukasi berbasis moderasi beragama perlu ditanamkan pada para remaja. Buku ini membahas tentang bagaimana moderasi beragama dapat direalisasikan diberbagai bidang, seperti dibidang pendidikan Matematika, IPS, PAI, PGMI, bidang ekonomi, hukum syariah, serta akidah dan filsafat. Buku ini juga membahas persoalan tentang bagaimana perilaku masyarakat dalam membumikan moderasi beragama untuk kalangan santri, dan anak-anak usia dini. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Bunga Rampai: Edukasi Moderasi Beragama di Tengah Pluralitas Masyarakat Penulis : Misroh Sulaswari, M.Pd, Laila Nor Indah, Zuni Fatul Amaroh, Bagus Sadewo, Adi Khoirul Anam, Mulyani Putri Wulandari, Miftahul Anam, Moh.

Pengembangan Interaksi Edukasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam : Teori & Praktik

Penulisan buku ini sebagai bentuk partisipasi penulis dalam pengembangan pendidikan di Indonesia, khususnya Pendidikan Agama Islam. Kehadiran buku ini semoga dapat membantu guru PAI dan mahasiswa calon guru PAI dalam memenuhi sumber referensi dalam rangka pengembangan keterampilan membangun ineraksi edukasi pembelajaran PAI dengan menggunakan pendeatan ilmiah (saintific) sesuai dengan kurikulum 2013. Penulisan buku ini disesuaikan dengan kebutuhan dan kurikulum yang berlaku berupa kurikulum 2013. Sumber penulisannya banyak menggunakan buku referensi dan jurnal-jurnal terbaru untuk mendukung konstruksi teori dan kerelevansian substansi dengan kebutuhan.

... dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, in- telektual, sosial-emo- sional, moral, spiritual, dan latar belakang so- sial-budaya. 1.2 Mengidentifikasi potensi peserta didik usia sekolah dasar dalam ... Agama Islam : Teori & Praktik.

Pengembangan booklet sebagai sarana edukasi tumbuh kembang anak berbasis masyarakat

PENGEMBANGAN BOOKLET SEBAGAI SARANA EDUKASI TUMBUH KEMBANG ANAK BERBASIS MASYARAKAT DI KECAMATAN KOTAANYAR KABUPATEN PROBOLINGGO Dari hasil studi pendahuluan peneliti menemukan bahwa anak usia dini di Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo mengalami berbagai permasalahan dalam hal perkembangan. Dari hasil analisis terhadap 27 orang anak yang tersebar di Kecamatan Kotaanyar, didapat setidaknya 8 problem fisik motorik, 9 problem kognitif, 11 problem bahasa, dan 11 problem sosio emosional. Oleh karenanya dalam penelitian ini peneliti mengembangkan sarana dan sumber informasi untuk mendukung program edukasi berbasis masyarakat dalam bentuk booklet. Booklet yang dimaksud dalam penjelasan di atas berisi berbagai sumber informasi dan edukasi terkait permasalahan dalam perkembangan anak dan solusinya. Selain berpusat pada permasalahan-permasalahan yang ditemukan di lapangan, peneliti mengembangkan konten edukasi sampai pada bentuk-bentuk permasalahan perkembangan anak usia dini yang lebih kompleks. Sajian dwibahasa diharapkan mampu mempermudah masyarakat yang dibidik untuk dapat memahami konten booklet. Dengan pertimbangan ini maka booklet hasil pengembangan penelitian ini dikembangkan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Madura. Terkait gaya berliterasi, masyarakat Kecamatan Kotaanyar membutuhkan pengarahan khusus dalam mendorong kemauan mereka untuk mempelajari konten program edukasi berbasis masyarakat ini. Untuk itu booklet yang telah dikembangkan oleh peneliti akan ditempatkan pada lokasi-lokasi di mana masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga, atau yang memiliki anak usia dini, biasa berkumpul.

MELATIH KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK Ayah bunda bisa memulai melatih kemampuan sosial emosional anak dengan melatih rasa percaya diri anak.Misal dengan ajak anak untuk memperkenalkan diri pada teman yang baru ditemui.