Sebanyak 348 item atau buku ditemukan

Belajar Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi

Buku ajar ini bertujuan untuk memudahkan mahasiswa dalam pembelajaran Mata Kuliah Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi, terutama Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di bawah Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (Diktis) Kementerian Agama Republik Indonesia. Buku ini juga merupakan sebuah buku dari hasil pengembangan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang penulis ajarkan kepada mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatunnajah Bekasi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA).

Buku ajar ini bertujuan untuk memudahkan mahasiswa dalam pembelajaran Mata Kuliah Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi, terutama Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di bawah Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (Diktis) Kementerian Agama ...

PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI PERGURUAN TINGGI

Buku ini ditulis karena adanya kegelisahan penulis terhadap pembelajaran bahasa Indonesia, terutama di tingkat perguruan tinggi. Banyak mahasiswa yang belum paham dan tidak bisa membedakan menulis kata “di” yang dipisah dan kata “di” yang disambung. Tentu ini menjadi sebuah keprihatinan bagi semua, khususnya bagi pengajar bahasa Indonesia. Pembelajaran bahasa Indonesia dalam buku ini dilakukan secara struktural mulai dari hal yang paling dasar berkenaan dengan konsep bahasa sampai pada tahap akhir melakukan presentasi ilmiah.

Buku ini ditulis karena adanya kegelisahan penulis terhadap pembelajaran bahasa Indonesia, terutama di tingkat perguruan tinggi.

BAHASA INDONESIA : Untuk Perguruan Tinggi

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan Bahan Ajar Bahasa Indonesia khususnya untuk mata kuliah umum (MKU) di kalangan mahasiswa. Selawat beriring salam penulis sampaikan kepada junjungan alam Nabi Besar Muhammad saw. Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi juga merupakan mata kuliah umum bertujuan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menulis serta berbahasa Indonesia dengan baik dan benar, karena penguasaan bahasa Indonesia dapat dijadikan ukuran nasionalisme seseorang sebagai bangsa Indonesia. Selain itu, mata kuliah ini juga bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam mengorganisir ide-ide atau konsep-konsep untuk dikomunikasikan kepada pihak lain sehingga terjalin interaksi antar ide yang berkesinambungan. Penulis menyadari akan ketidak sempurnaan bahan ajar ini secara komplek dan utuh, sehingga penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun kesempurnaan bahan ajar ini kedepannya.

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan Bahan Ajar Bahasa Indonesia khususnya untuk mata kuliah umum (MKU) di kalangan mahasiswa.

PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

DI SEKOLAH DASAR KELAS TINGGI

Materi pembelajaran Bahasa Indonesia di SD masih jarang ditemui dilingkungan perguruan tinggi, khususnya pembelajaran dikelas tinggi yakni kelas 4 sampai kelas 6. Materi pembelajaran bahasa Indonesia masih bersifat umum. Sehingga dalam praktiknya mahasiswa menerapkan metode dan model sama dengan mata pelajaran yang lain. Dengan adanya kurikulum 2013 bahasa Indonesia menjadi penghela mata pelajaran lain dengan menerapkan pendekatan saintifik dan menggabungkan empat keterampilan berbahasa. Buku ini menjelaskan tentang karakteristik pembelajaran dikelas tinggi. Pendekatan, metode dan strategi mejnelaskan tentang berbagai metode yang sesuai dengan kelas tinggi baik itu metode membaca, misalnya SQ3R, KWL dan lainnya atau metode menulis, misalnya metode menulis kolaboratif untuk kelas 4 sampai kelas 6. Selanjutnya diberikan contoh materi di kelas tinggi, ruang lingkup materi bahasa Indonesia baik dalam KTSP maupun kurikulum 2013, wujud keterampilan berbahasa dan contoh-contoh penilaian dan rubriknya. Dengan buku ini diharapkan dapat membantu menghadapi permasalahan pembelajaran khususnya bagi SD di kelas tinggi dengan menerapkan pendekatan, metode dan strategi yang sesuai.

Materi pembelajaran Bahasa Indonesia di SD masih jarang ditemui dilingkungan perguruan tinggi, khususnya pembelajaran dikelas tinggi yakni kelas 4 sampai kelas 6. Materi pembelajaran bahasa Indonesia masih bersifat umum.

Bahasa Indonesia untuk perguruan tinggi

On study of Indonesian language for report writing in higher education in Indonesia.

On study of Indonesian language for report writing in higher education in Indonesia.

Mini Book Master Bahasa Indonesia & Inggris SMA Kelas X, XI, & XII

Belajar Bahasa Indonesia & Inggris menjadi lebih mudah, lebih asyik, & gak bikin pusing

Berdasarkan hasil Ujian Nasional (UN) tahun-tahun sebelumnya, ternyata nilai rata-rata UN untuk pelajaran Bahasa Indonesia dan Inggris menduduki peringkat terbawah secara bergantian. Artinya apa? Soal-soal ujian UN Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris saat ini menjadi soal ujian tersulit bagi siswa-siswi SMA sekarang. Tapi, tenang guys jangan pesimis gitu. Kita punya solusi CERDAS yang disajikan melalui buku ini untuk mengatasinya. Alasan mengapa buku ini bisa menjadi solusi CERDAS buat kamu: Penjabaran Konsep Dasar dari materi pelajaran tiap bab diset secara khusus sehingga Lebih Mudah Dipahami dan Dihafalkan. Dilengkapi Petunjuk Praktis dan Rumus Praktis penggunaan pola-pola bahasa dalam kalimat yang dapat memudahkan kamu untuk menerapkannya dalam menyelesaikan soal-soal ujian, baik untuk pelajaran Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Tampilan buku yang Praktis dan Handy membuat kamu bisa membawa dan membacanya di mana saja dan kapan saja. Udah gak zaman bawa buku-buku se-gede Gaban (Gede Banget). Memang Mini Ukurannya, tapi Master Isinya. Dilengkapi Soal dan Pembahasan Ulangan Harian, Ulangan Semester, Ujian Nasional, SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SIMAK UI (Seleksi Masuk Universitas Indonesia), dan UM UGM (Ujian Masuk Universitas Gajah Mada), yang dapat melatih kamu agar lebih lihai mengerjakan soal sesulit apa pun. So guys, NGAPAIN MUSTI PUSING LAGI, ambil buku ini dan pergi ke kasir sekarang juga! -WahyuMedia-

Berdasarkan hasil Ujian Nasional (UN) tahun-tahun sebelumnya, ternyata nilai rata-rata UN untuk pelajaran Bahasa Indonesia dan Inggris menduduki peringkat terbawah secara bergantian.

Buku Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Karya Tulis Ilmiah

Romantisme global kapitalis menggeliat ke dalam hiruk pikuk sosial media. Secara tidak langsung, sosial media telah dan sedang membuat generasi kurang mau dan mampu menghargai bahasa Indonesia secara baik dan benar. Konsekuensinya, banyak mahasiswa di perguruan tinggi mengalami kesulitan untuk memahami bahasa Indonesia ranah ilmiah. Hal ini terlihat dari pengalaman penulis sebagai pembimbing skripsi yang menemukan banyak kekeliruan penalaran mahasiswa dalam menggunakan bahasa Indonesia dalam penulisan karya ilmiah, khususnya dalam penulisan proposal penelitian dan penulisan skripsi. Mengetahui kenyataan ini, penulis mencoba menyusun buku ajar bahasa Indonesia berbasis karya tulis ilmiah. Buku ajar ini diharapkan dapat membantu para mahasiswa dan dosen untuk memahami pembelajaran bahasa Indonesia secara lebih praktis dan sesuai dengan tujuan utama mata kuliah bahasa Indonesia di tingkat perguruan tinggi, yakni meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menyusun karya tulis ilmiah. Buku ajar ini merupakan salah satu luaran dari Hibah Penelitian Tahun Anggaran 2015 berdasarkan Keputusan Direktur Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No: 0094/E5.1/PE/2015, tanggal 16 Januari 2015 tentang Penetapan Penerima Hibah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2015. Buku ajar ini juga telah disesuaikan dengan modul materi mata kuliah bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi yang diterbitkan oleh Dirjen Dikti pada tahun 2013 dan diajukan dalam hibah penulisan buku ajar tahun 2016. Pokok pembahasan dalam buku ajar ini berisikan topik pembelajaran bahasa Indonesia yang mencakup fungsi dan ragam bahasa Indonesia; laras bahasa lisan dan tertulis; ciri perbedaan ringkasan, abstrak dan sintesis; dan topik sejenis lainnya yang berkaitan dengan ranah pariwisata. Buku ajar ini juga dilengkapi dengan cara memahami kekeliruan penggunaan bahasa Indonesia dalam karya tulis ilmiah, khususnya karya tulis ilmiah bidang ilmu pariwisata.

Buku ajar Bahasa Indonesia berbasis karya tulis ilmiah ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.