Sebanyak 304 item atau buku ditemukan

Perencanaan Pembangunan Daerah: Pendekatan Pertumbuhan Ekonomi, Disparitas Pendapatan dan Kemiskinan

Buku ini merupakan ringkasan dari penelitian mengenai Determinan Pertumbuhan ekonomi, disparitas pendapatan dan kemiskinan di Kabuptan/Kota Provinsi Jawa Timur. Berdasarkan hasil temuan beberapa hal yang digunakan untuk kepentingan praktis pemerintah Kabupaten/Kota dan Provinsi yaitu: 1) Menjadikan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, diperlukan kebijakan yang mengatur besaran investasidan kegitan ekonomi tidak hanya terkonsentrasi pada beberapa kabupaten/kota di Jawa Timur. Kebijakan pesebaran investasi selain untuk menciptakan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi bari di Kabupaten/Kota juga akan mendorong terjadinya pemerataan pendapatan antar kabupaten/kota di Jawa Timur, 2). Secara subtansial penurunan jumlah penduduk miskin akan lebih cepat dikurangi jika kabupaten/kota mampu mendorong peretumbuhan ekonomi yang tinggi, memacu produktivitas sektor pertanian dan penggunaan tenaga kerja terdidik yang semakin berkualitas, 3). Mengingat perbedaan potensi dan kemampuan ekonomi antar daerah kabupaten/kota jawa timur, maka strategi pembangunan setidaknya diarahakan empat hal yaitu; Pertama, pada kabupaten/kota kategori sektor industri dan jasa. Kedua, pada daerah kabupatken/kota yang termasuk karakteristik maju tertekan, program pembangunan diarahkan pada pemecahan persoalan yang menyebabakan pertumbuhan daerah ini tertekan, misalnya melakukan perubahan aktifitas ekonomi atau mengubah komoditi unggulan pada daerah tersebut. Ketiga, pada kabupaten/kota yang masih dapat berkembang pesat, kebijakan pembangunan diarahkan pada upaya mendorong pertumbuhan ekonomi dengan memanfataakanpotensi ekonomi serta menciptakan iklim investasi yang kondusif sehingga daya saing daerah menjadi meningkat, Keempat, pada kabupaten/kota yang termasuk kategori daerah tertinggal, prograkm pembangunan dan aktifitas ekonomi diarahkan pada upaya penyediaan lapangan kerja melalui pemanfaatan tekonologi padat karya yang berbasis pada sektor pertanian.

Buku ini merupakan ringkasan dari penelitian mengenai Determinan Pertumbuhan ekonomi, disparitas pendapatan dan kemiskinan di Kabuptan/Kota Provinsi Jawa Timur.

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) SMK/MAK: Kelas XI (2), semester I & II (per-mata pelajaran

Curriculum planning of secondary vocational schools and Islamic vocational schools in Indonesia.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) Nama Sekolah Mata Pelajaran
Kelas / Semester Alokasi Waktu an : B . Inggris . . . : XI / 1 : 146 x 45 menit
Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level
Elementary ...

Manajemen kepolisian: Perencanaan

Public administration of Indonesian police.

BAB - VII PERNYATAAN RESIKO DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA 17.
Resiko . ekuatan tez a . Pernyataan resiko apabila kekuatan yang tersedia
seperti keadaan sekarang . b . Resiko - resiko yang diakibatkan oleh hal - hal
diluar ...

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) SMK/MAK: Kelas XII (3), semester I & II (per-mata pelajaran

Curriculum planning of secondary vocational schools and Islamic vocational schools in Indonesia.

... Controlling) dalam aspek - Pengelolaan fasilitas dan bahan - Mengelola SDM - Mengelola proses produksi - Mengelola keuangan - Mengelola administrasi.

Perencanaan Pembelajaran Matematika

Buku ajar ini dimaksudkan sebagai referensi kepada mahasiswa pada mata kuliah perencanaan pembelajaran matematika. Isi buku ajar ini dipilah dan disesuaikan dengan yang diajarkan pada setiap pertemuan perkuliahan. Buku ini juga diharapkan dapat menjadi bahan bacaan/rujukan bagi para pembaca yang berminat mempelajari pembelajaran Matematika, terutama yang berprofesi sebagai guru atau calon guru. Pembahasan materi dalam buku ini disusun dalam bentuk yang sangat sederhana dan disertai contoh-contoh yang spesifik untuk pembelajaran Matematika. Hal ini dilakukan agar dapat mudah dipelajari dan dipahami serta praktis digunakan dalam pembelajaran Matematika. Pada pelaksanaan pembelajaran siswa perlu berinteraksi dengan berbagai hal yang dapat menjadi sumber belajar. Sumber belajar sangat penting bagi siswa untuk memberi pengalaman sebagai proses pembentukan pemahaman terhadap materi yang dipelajari. Adanya pengalaman atau pengetahuan awal siswa merupakan dasar dalam mempelajari bahan yang akan diajarkan. Kemudian materi pelajaran yang bersifat praktis dan berhubungan dengan kehidupan nyata akan menarik minat dan sekaligus dapat memotivasi belajar. Dan selanjutnya, strategi yang dipilih guru dalam melaksanakan suatu pembelajaran sangat ditentukan oleh pemahaman guru terhadap teori belajar yang mendasarinya.

karena itu, diperlukan suatu perencanaan yang diwujudkan dalam suatu desain
pembelajaran. Asumsi berikutnya yaitu, karena pembelajaran dipandang
sebagai suatu sistem maka perencanaan yang dilakukan juga perlu
menggunakan ...

Perencanaan Pembelajaran Untuk Kejuruan

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan formal, dan pendidikan menengah. Dalam Undang-Undang Nomor 14 Pasal 20 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, tertulis bahwa dalam melaksanakan tugas keprofesionalannya, guru berkewajiban: (a) merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran; (b) meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Terkait dengan tugas tersebut, maka guru harus mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran yang tepat dan benar agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Buku Perencanaan Pembelajaran untuk Kejuruan ini, disusun untuk para calon guru SMK dalam mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran sebagai langkah awal dalam mengajar. Buku ini diperuntukkan untuk mahasiswa program studi pendidikan vokasional dan calon guru SMK karena memuat contoh-contoh yang terkait dengan bidang produktif khususnya bidang rekayasa bangunan. Ruang lingkup buku Perencanaan Pembelajaran untuk Kejuruan ini membahas materi tentang perencanaan pembelajaran dengan dua dimensi, yaitu bagian I esensi dan bagian II bidang penerapan. Peta konsep dari isi buku ini dapat divisualisasikan pada ilustrasi. Pembahasan tentang esensi mencakup tentang konsep pembelajaran terkini dan kurikulum yang digunakan saat ini. Bidang penerapan menguraikan tentang penyusunan perencanaan pembelajaran. Buku persembahan penerbit PrenadaMedaiGroup

Strategi pembelajaran diterjemahkan dari instructional strategy. Menurut
Reigeluth (2007) bahwa strategi pembelajaran sebagai metodemetode untuk
memanipulasi unsurunsur pengetahuan. Merupakan metodemetode untuk
memanipulasi ...

Program Perencanaan Pembelajaran Matematika

Buku ajar Program Perencanaan Pembelajaran Matematika ini disusun dengan memperhatikan aspek tujuan instruksional umum dan tujuan instruksional khusus yang tertuang dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS) perkuliahan Program Perencanaan Pembelajaran Matematika. Penyajian materi di dalam buku ajar ini membantu mahasiswa untuk berpikir deklaratif dan menggali informasi dan pengetahuan yang dimilikinya sebelumnya. Materi dalam buku ajar ini, terdiri atas 8 bab mengenai cara merancang pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang diberlakukan pemerintah. Setiap bab dalam buku ini dalam buku ini dilengkapi dengan pendahuluan yang berisikan penggunaan dari bab tersebut dan setelah bagian pendahuluan dilanjutkan dengan manfaat dari materi pelajaran yang berisikan kegunaan dari buku ajar tersebut, setelah itu berisikan isi dari materi tersebut. Program Perencanaan Pembelajaran Matematika ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Buku ajar Program Perencanaan Pembelajaran Matematika ini disusun dengan memperhatikan aspek tujuan instruksional umum dan tujuan instruksional khusus yang tertuang dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS) perkuliahan Program Perencanaan ...

Perencanaan Pembelajaran PPKn

Perencanaan pembelajaran merupakan suatu proses kegiatan yang merumuskan tujuan-tujuan apa yang ingin dicapai oleh suatu kegiatan pembelajaran, cara apa yang digunakan untuk menilai pencapaian tujuan tersebut, materi atau bahan apa yang akan disampaikan, bagaimana cara menyampaikan bahan serta media atau alat apa yang diperlukan untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran tersebut. Ide perencanaan pembelajaran yang baru dikenal sekitar tahun 50-an, sekarang telah luas memengaruhi pemikiran tentang pendidikan. Betapa tidak pendidikan itu ditujukan kepada anak didik. Anak didik merupakan pewaris hari depan masyarakat terhadap hari depan itu manusia selalu mempunyai angan-angan, cita-cita, rencana yang akan dicapai. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah memungkinkan manusia menyusun rencana itu secara sistematis dengan menggunakan perhitungan-perhitungan, maka lahirlah perencanaan pembelajaran dalam arti modern. Buku perencanaan pembelajaran ini disusun berdasarkan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), buku ini khusus untuk bahan ajar bagi mahasiswa-mahasiswa PPKn, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan pada umumnya dan konsentrasi ilmu lainnya, serta untuk para pegiat perencanaan pembelajaran.

... Mengelola Melakukan an Beradaptasi Melaksanakan Mengkalibrasi
Memodifikasi Menerapkan Mengendalikan Merumuskan Tabel 5.3. Ranah
Psikomotorik 4. Tema Tema dikhususkan hanya untuk SD/MI/SDLB/Paket A,
sedangkan untuk.

Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran

Buku ini menghadirkan pemaparan komprehensif perencanaan baik ditinjau dari model-modelnya maupun pengembangan tiap komponen. Pada bagian awal pembahasan difokuskan kepada tentang konsep yang berkaitan dengan perencanaan dan desain pembelajaran termasuk model Desain Sistem Instruksional berorientasi Pencapaian Kompetensi (DSIPK) untuk mendukung keberhasilan KTSP. Pada bagian selanjutnya, pembahasan berpusat pada pengembangan berbagai komponen perencanaan dan desain dari mulai pengembangan analisis kebutuhan, tujuan dan kompetensi, materi dan pengalaman belajar, pengembangan media sampai pengembangan akar evaluasi pembelajaran (termasuk catatan ujian akhir nasional). --- Penerbit Kencana Prenadamedia Group

PEMBELAJARAN. Pada bab ini dibahas tentang hakikat perencanaan pembelajaran. Setelah mempelajari bahasan ini diharapkan Anda memiliki kemampuan untuk (1) mendeskripsikan pengertian perencanaan pembelajaran; (2) menjelaskan pentingnya ...