Sebanyak 371 item atau buku ditemukan

Manajemen Stres Kerja (Sebuah Kajian Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Dari Aspek Psikologis Pada ATC)

Buku tentang stres kerja ini membahas tentang batasan dan ruang lingkup stres, stresor, job stres dan dampaknya, instrumen stres, perbedaan stres, boring dan burnout, hasil penelitian terkait stres kerja, dan kajian literatur terkait stres kerja. Buku ini dapat menjadi bahan bacaan bagi praktisi, akademisi, maupun mahasiswa yang mengkaji stres kerja karena memiliki penjelasan yang luas dan komprehensif. Buku ini banyak menggunakan literature review dari jurnal ilmiah dan ditambahkan dengan hasil riset yang telah dilakukan oleh penulis dan beberapa hasil riset stres kerja lainnya dari peneliti lainnya. Manajemen Stres Kerja (Sebuah Kajian Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Dari Aspek Psikologis Pada ATC) ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Manajemen Stres Kerja (Sebuah Kajian Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Dari Aspek Psikologis Pada ATC) ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

USIA IDEAL MASUK SD: Sebuah Pendekatan Psikologi

Buku ini hadir untuk menjawab banyak pertanyaan yang diajukan kepada penulis seputar perkembangan anak. Salah satu pertanyaan yang banyak penulis terima adalah kapan sebaiknya memasukkan anak ke SD. Banyak orang tua menemukan data amatan lapangan yang tidak konsisten. Ada anak cepat masuk SD namun tidak memiliki masalah akademik di sekolah dan cenderung berprestasi. Sebaliknya, ada pula siswa yang cukup umur masuk SD, namun sering bermasalah secara akademik. Ada juga anak yang cukup umur masuk SD dan menunjukkan prestasi yang baik di sekolah. Ada pula anak yang tamat TK namun bermasalah di SD dan sebaliknya ada anak yang tidak pernah berlajar di TK/PAUD namun tetap berprestasi di SD. Melihat fakta seperti ini di lapangan, banyak orang tua bertanya-tanya, sebenarnya kapan sebaiknya anak saya masuk SD? Buku ini dirancang khusus untuk orang tua yang memiliki pertanyaan serupa. Buku ini mengupas fenomena seorang anak masuk SD dalam dua sudut pandang, yaitu: keilmuan psikologi dan perangkat aturan yang berlaku saat ini di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama yang membawahi sekolah dan Madrasah. Dengan kedua sudut pandang ini, penulis berharap orang tua mendapatkan gambaran yang lebih luas tentang kesiapan anaknya memasuki usia Sekolah Dasar (SD) serta bisa tahu dan yakin kapan akan memasukkan anak ke SD.

Pedoman Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan; e. Pedoman Pembelajaran; f. Pedoman Penilaian; dan g. Buku-buku Panduan Pendidik. 4.

BUKU AJAR PSIKOLOGI KONSELING

Internet-mediated psychotherapy: Are we ready for the ethical challenges? Indian
Journal of Medical Ethics, 12(4), 220–227. https://doi.org/10.20529/ijme.
2015.058 Wibowo, N. C. H. (2016). Bimbingan Konseling Online. Jurnal Ilmu
Dakwah, ...

Psikobuana - Jurnal Ilmiah Psikologi

Keywords: radicalism, terrorism, militant, Islam, losers, ingroup- outgroup feeling,
reasoned-action, frustrations, psychology of teaching/dakwah, religious peace
Bom yang meledak di Sharm el-Sheik, Afganistan, tetapi juga sebutan-sebutan ...

Psikologi Cinta (Edisi Kemas Kini)

Buku ini mengupas persoalan cinta menurut perspektif Islam dan psikologi. Ia turut membincangkan nilai-nilai yang berkait rapat dengan cinta seperti rasa tanggungjawab, kasih sayang, keprihatinan, kemesraan, kerinduan, persaudaraan dan juga kebencian yang dikupas mengikut perspektif Islam. Terdapat pelbagai definisi, jenis dan kefahaman yang berkaitan dengan cinta. Persoalan cinta membabitkan semua golongan bermula dari dalam kandungan sehinggalah menjelang hari kematian. Oleh itu, kami berhasrat untuk berkongsi ilmu dan pengalaman dengan mengupas persoalan yang berkaitan dengan cinta, terutamanya definisi cinta dan implikasinya dalam kehidupan.

Cuba kenangkan Nabi kita yang mengahwini janda-janda, melainkan Aisyah
seorang sahaja anak dara. Itu pun setelah kewafatan Khadijah dan Allah
memerintahkan Rasullullah berbuat demikian untuk tujuan dakwah Islam. Dalam
hal ini ...

Manajemen Konflik: Suatu Pendekatan Psikologi, Komunikasi, dan Pendidikan

Konflik merupakan suatu kondisi tidak menyenangkan yang terjadi dan sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Entah itu dialami oleh diri sendiri, ataupun orang lain. Konflik bisa saja ditemui tanpa disengaja, baik disadari ataupun tidak. Ia bisa saja tiba-tiba muncul dan hadir di tengah-tengah kesibukan seseorang berumah tangga, bekerja, bermasyarakat, beragama, berbangsa dan bernegara. Dimanapun seseorang berada, konflik bisa saja terjadi. Jika tidak terjadi karena diri sendiri, konflik dapat terjadi disebabkan oleh perilaku orang lain. Sikap tidak dapat menerima kesalahan dan kenyataan menjadi salah satu sumber yang dapat menimbulkan konflik. Contoh kecil misalnya seseorang melakukan kesalahan dalam bekerja menyebabkan ia dimarahi atasan. Menghadapi kenyataan itu, ia memberontak dan tidak dapat merima kemarahan atasannya. Dari peristiwa itu kemudian muncul konflik antara dirinya dengan atasan yang pada akhirnya dapat mengganggu komunikasi dan interaksi dalam bekerja.

Buku Manajemen konflik: suatu pendekatan psikologi, komunikasi, dan pendidikan ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Psikologi Daur Hidup Wanita

Psikologi sudah menjadi bahasan yang sudah tidak asing lagi dalam dunia pendidikan, sebab kajian psikologi menjadi kajian yang cukup luas, mencakup setiap gejala dan prilaku jiwa yang diamati, oleh karena itu, kajian psikologi ini merupakan suatu kajian yang mesti dipelajari oleh setiap calon dosen di perguruan tinggi sebagai modal dalam memahami setiap perilaku dari mahasiswa dikemudian hari setelah ia mengabdikan dirinya di tengah-tengah masyarakat sebagai tenaga pengajar, oleh karena itulah, maka penulis mencoba membaahas sebagian dari kajian psikologi tersebut. Untuk dijadikan sebagai pijakan dasar dalam memahami ilmu psikologi selanjutnya.

Yogyakarta : Fitramaya.Yogyakarta Faizah dan lalu Muchsin Efendi, 2009.
Psikologi Dakwah. Jakarta : Kencana Prenada Media Group. Gentile dan
Bushman. 2012. Psychology of Popular Media Culture Jalaluddin. 2010.
Psikologi Agama.

DINAMIKA PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM

Buku ini merupakan bagian – ringkasan - dari beberapa disertasi bidang Psikologi Pendidikan Islam (PPI) yang ditulis di Program Doktor UMY. Hingga April 2020, Program Doktor PPI UMY sudah melahirkan 91 Doktor bidang PPI. Sudah banyak tema riset disertasi yang ditulis oleh mahasiswa PPI, baik yang menempuh studi dengan biaya sendiri, maupun melalui pro-gram beasiswa Kemenag 5000 Doktor. Sungguh baik jika semua hasil disertasi tersebut dipublikasikan dalam bentuk jurnal dalam dan luar negeri. Terlebih lagi bila dipublikasikan dalam bentuk ringkasan disertasi seperti dalam buku ini. Ke depan akan lebih baik lagi jika semua disertasi diterbitkan dalam bentuk penulisan utuh disertasi berwujud buku. Sejauh ini, sudah banyak tema riset yang ditulis yang jika diklasifikasikan diantarnya sebagai berikut: Pertama, terkait tema psikologi dalam bentuk prilaku, diantaranya tentang topik: Model pendidikan pranikah pengan-tin remaja; Hubungan sexual pranikah mahasiswi anak TKI; Prilaku kenakalan remaja; Kecurangan akademik (academic fraud) dan Motivasi belajar santri. Kedua, tema tentang metode pengajaran, diantaranya tentang topik: Psikologi dan metodologi pengajaran bahasa Arab; Fun card sebagai media pembelajaran; Model quantum learning. Ketiga, terkait tentang studi teks, seperti: Konseling spiritual Tunjuk Ajar Melayu; Nilai pendidikan karakter Serat Sasana Sunu. Keempat, tentang tema pendidikan, kecerdasan dan karakter, diantaranya tentang topik: Multiple intelligence; Pen-didikan karakter di pesantren Pabelan, Boarding school, SLB dan SDIT; Pendidikan Keluarga muslim minoritas; Pendidikan di kalangan masyarakat miskin; Pola asuh orangtua anak vi berprestasi; Pendidikan karakter dalam AIK; Haji berulangkali dan kematangan emosi; Parenting, dan lain-lain. Keempat, tema yang terkait kepemimpinan dan komunitas yakni tentang: Kepemimpinan kepala sekolah dan profesio-nalitas guru; Muslimah karir; Psikologi PKL; Kecemasan aparatur negara (bureaucratic anxiety); Kohesivitas muslim Pangestu; EQ dan SQ dosen; Pendidikan anak dalam keluarga muslim kontemporer; Pola asuh kiyai dan kemandirian santri; Model pendidikan entrepreneurship; Psikologi pensiun; Model kepemimpinan Unggah-ungguh Basa dan Basa Semu. Masih ada beberapa topik disertasi lainnya yang belum dituliskan di pengantar ini. Kelima, penulisan disertasi secara konseptual dalam Quran maupun Hadis, seperti: Pendidikan karakter dalam Islam; Konsep ‘ibadurrahman dalam Quran; Konsep syukur; Konsep akal sehat; Ruhiologi; Pengendalian emosi. Mengakhiri pengantar ini, ke depan menarik pula untuk dijadikan topik disertasi tentang warisan psikologi pendidikan ulama klasik serta kontekstualisasinya di zaman kini. Demikian pula kajian epistemologis ranah psikologi pendidikan Islam klasik dan kontemporer, serta integrasinya dengan wilayah Islamic studies kontemporer, selain juga riset lanjutan aplikatif psikologi pendidikan Islam seperti yang tertera diatas. Semoga buku kedua PPI UMY ini akan disusul dengan terbitan yang ketiga dan seterusnya.

Risalah Syaikh Masyhur Hasan Salman, Ad-Dakwah ilaa Allah baina alwahy wa-
al-Fikr), dalam AdzDzakhiiroh al-Islamiyyah, Vol. 6 no 9, edisi 41, 1429. 17 Yazid
Bin Abdul Qadir Jawwaz, Syarah Aqidah Ahlussunnah Wal Jamaah Jakarta: ...

Penyusunan Skala Psikologi

Bagaimana langkah-langkah penyusunan skala psikologi? Bagaimana cara memahami atribut psikologi dan variabel psikologi serta memiliki konsep teori sebagai dasar penyusunan skala psikologi? Bagaimana merumuskan indikator keperilakuan berdasarkan aspek keperilakuan? Apa itu validitas dan reliabilitas? Lalu, bagaimana caranya mencapai validitas dan reliabilitas skala psikologi yang baik? Berapa sampel yang diperlukan ketika uji coba skala psikologi? Bagaimana startegi merumuskan aitem psikologi serta menganalisisnya agar menghasilkan daya beda yang tinggi? Pertanyaan-pertanyaan tersebut sering kali muncul ketika seseorang menyusun skala psikologi. Buku ini disusun dengan pembahasan secara runtut dan memuat jawaban-jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut. Dimulai dengan pembahasan tentang karakteristik skala psikologi, jenis-jenis skala psikologi beserta cara pemberian skor, kemudian dilanjutkan dengan pembahasan mengenai cara merumuskan indikator keperilakuan dan aitem dalam skala psikologi, tahapan menghitung validitas dan reliabilitas yang benar serta memilih validitas dan reliabilitas yang sesuai, cara menguji coba skala psikologi dan menganalisis aitem, membuat kategorisasi dan norma, kemudian diakhiri dengan perakitan skala psikologi dengan tampilan yang baik. Penulis mencoba menyajikan berbagai pendapat di setiap permasalahan dalam penyusunan skala psikologi. Selain itu, penulis menyajikan berbagai data dalam barcode sebagai sarana latihan bagi para pembaca, penulis juga menuliskan tahapan-tahapan di setiap analisis data. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Seseorang menduduki tempat duduk prioritas dalam fasilitas umum sedangkan ada ibu hamil yang berdiri di dekatnya. a. Saya tegur dan ingatkan bahwa ibu hamil ...