Sebanyak 371 item atau buku ditemukan

Psikologi Manajemen

Manajemen merupakan sebuah proses kegiatan yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan yang telah ditetapkan dan ditentukan sebelumnya untuk mencapai tujuan tertentu secara efektif dan efisien. Pendidikan karakter di sekolah juga sangat terkait dengan manajemen atau pengelolaan sekolah. Pengelolaan yang dimaksud adalah bagaimana pendidikan karakter direncanakan (planning), dilaksanakan (actuating), dan dikendalikan (evaluation) dalam kegiatan-kegiatan pendidikan di sekolah secara memadai. Penerapan psikologi dalam situasi praktis berdasarkan pada pengetahuan ilmiah tentang tingkah laku. Jadi bukan dengan cara common sense, melainkan menggunakan prinsip-prinsip psikologi secara sistematis. Kehadiran buku ini merupakan bagian dari sumbangsih pemikiran penulis untuk mengkaji/membahas tentang psikologi manajemen karena psikologi merupakan ilmu tentang tingkah laku. Pada hakikatnya tingkah laku manusia itu sangat luas, semua yang dialami dan dilakukan manusia merupakan tingkah laku. Semenjak bangun tidur sampai tidur kembali manusia dipenuhi oleh berbagai tingkah laku. Dengan demikian objek ilmu psikologi sangat luas, akan tetapi di dalam buku ini fokus membahas tentang psikologi manajemen. Buku ini sangatlah penting bagi mahasiswa dan pendidik yang sedang mendalami bidang psikologi atau pendidikan karakter. Buku ini juga sangat penting bagi pendidik, tenaga pendidik, kepala sekolah, dan peserta didik untuk memahami konsep psikologi. Psikologi Manajemen ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Buku ini juga sangat penting bagi pendidik, tenaga pendidik, kepala sekolah, dan peserta didik untuk memahami konsep psikologi. Psikologi Manajemen ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Psikologi Eksperimen

Konsep, Teori, dan Aplikasi

Buku Psikologi Eksperimen ini adalah media belajar untuk memudahkan mahasiswa memahami metode penelitian eksperimen dalam bidang psikologi. Oleh karenanya, buku ini banyak berisi tentang teori dasar dan panduan teknis pelaksanaan penelitian eksperimen. Perbedaan buku ini dengan buku-buku psikologi eksperimen yang beredar sebelumnya terletak pada muatan tafakur sains karena memberikan informasi tentang nilai-nilai keislaman yang terkandung di dalam mata kuliah psikologi eksperimen.

Buku Psikologi Eksperimen ini adalah media belajar untuk memudahkan mahasiswa memahami metode penelitian eksperimen dalam bidang psikologi.

PSIKOLOGI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Tersusunnya buku ini merupakan pengembangan modul pembelajaran dari Mata Kuliah Psikologi Pendidikan yang penulis ampu di beberapa program studi dan juga hasil kumpulan catatan dalam diskusi setiap sesi perkuliahan serta hasil penelitian penulis yang dilengkapi dengan referensi yang relevan. Pembahasan isi buku mengikuti pembaharuan karena adanya perubahan kurikulum dan perkembangan informasi mengenai dunia pendidikan. Melalui buku Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini, para mahasiswa calon guru PAUD dan juga guru PAUD dapat lebih membuka dan memperluas wawasan mereka tentang psikologis anak usia dini. Selama mengasuh Mata Kuliah Psikologi Pendidikan di Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD), penulis membahasnya secara umum tentang aspek, proses, dan fenomena psikologis yang terjadi dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, melalui buku ini penulis mencoba mengupas secara lebih khusus -meskipun masih sederhana- tentang hal-hal yang berkaitan langsung dengan psikologis anak usia dini yang terjadi dalam dan selama proses pendidikan berlangsung.

Melalui buku Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini, para mahasiswa calon guru PAUD dan juga guru PAUD dapat lebih membuka dan memperluas wawasan mereka tentang psikologis anak usia dini.

Psikologi Pendidikan Sekolah Dasar

Psikologi Anak berkaitan dengan pertumbuhan mental atau, yang artinya sama, perkembangan pola perilaku (termasuk kesadaran) hingga remaja, fase transisi menandai masuknya individu ke dalam masyarakat dewasa. Pertumbuhan mental tidak terlepas dari pertumbuhan fisik: pematangan sistem saraf dan endokrin, khususnya, berlanjut hingga usia enam belas tahun. Ini menyiratkan bahwa untuk mencapai pertumbuhan pemahaman, tidaklah cukup untuk memulai dengan kelahiran yang berhubungan dengan gerakan dan respons janin, dan perilaku pra-persepsi janin. Dari sudut pandang teoritis, hal ini juga mengimplikasikan bahwa psikologi anak harus dipandang sebagai ilmu yang mempelajari salah satu aspek permulaan keadaan keseimbangan relatif yang merupakan tingkat dewasa.

Psikologi Anak berkaitan dengan pertumbuhan mental atau, yang artinya sama, perkembangan pola perilaku (termasuk kesadaran) hingga remaja, fase transisi menandai masuknya individu ke dalam masyarakat dewasa.

Mendidik Perspektif Psikologi

Buku yang dihadirkan penulis dengan gayanya diurai dari awal sampai akhir dapat membantu pembaca memahami role dan rule sesuai dengan situasi dan setting masing-masing, apakah mendidik akan dilakukan di rumah dengan kapasistas sebagai orang tua, mendidik dilakukan di sekolah, dengan kapasitas sebagai guru, di masyarakat sebagai kepala unit di masyarakat, di pemerintahan sebagai pemimpin.

Fungsi dan Peran Keluarga Keluarga merupakan sekolompok manusia yang terdiri dari (Ayah,Ibu) dan anak-anak yang belum ... Dalam ajaran islam terdapat suatu pandangan yang mengemukakan bahwa setiap anak yang lahir dalam keadaan fitrah.

Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Guru Sekolah Dasar

KONTRIBUTOR: Dr. Ina Magdalena, M.Pd. Aditya Dwi Nokhriyana Alifah Oktania Alim Aqil Nasrulah Annisa Dwi Pratiiwi Asika Fauziah Della Destiana Febri Yanti Fitri Ramadanti Firsta Azzahra pasyah Hadana Nur Fauzi Sipayung Lusy Nur Rahmayani Novia Permata Sari Nurmanita Yuniawan Nurul Hasanah Nurul Rossatia Putri Indah Sari Raafiza Putri Rachmah Nurfitriah Rideva Az-zahra Rizka Surya Putri Syamsul Arief Sekartini Rikawan Syaputri Nandito Heriyana Hani Melly Mayanti Hasanah Fitria Hilda Firliyansyah Irwan Kurniawan Isnaini Nurfadila Sholikhatu Tsania Siti Santi Milawati Sri Wulandari Pamungkas Tika Yuliyani Yulia Septina Kristin Novita Sari

... teori-teori baru, menyempurnakan metode, dan menciptakan teknik dan pendekatan psikologi terhadap permasalahan upaya pendidikan, seperti belajar-mengajar, pelatihan, konseling, psikoterapi, bimbingan manusia yang lebih efektif.

Psikologi Abnormal: Dasar-Dasar, Teori, dan Aplikasinya

Buku Psikologi Abnormal: Dasar-Dasar, Teori, dan Aplikasinya ini sangat penting dan dibutuhkan. Melihat konteks masyarakat hingga sekarang, fenomena gangguan mental sering sekali ditemukan, termasuk gangguan abnormalitas. Masyarakat kita sekarang masih sakit dan mental disorder kecenderungannya masih stabil, bahkan naik. Kecenderungan menurun belum kunjung tampak. Pada sisi inilah, buku ini sangat penting dan dibutuhkan kehadirannya. Menariknya lagi, buku ini fokus pada gangguan abnormalitas pada individu dengan uraian yang sangat rinci. Dimulai dari uraian tentang gangguan autisme, gangguan attention defisit hyperactive disorder, oppositional defiant disorder, dan conduct disorder, gangguan kecemasan, gangguan suasana hati (depresi), skizoprenia, gangguan bunuh diri, gangguan penyalahgunaan napza, gangguan kepribadian, gangguan makan, gangguan retardasi mental, hingga gangguan disfungsi dan penyimpangan seksual. Buku ini sangat layak menjadi acuan mahasiswa psikologi dan bimbingan konseling yang telah mengambil mata kuliah psikoterapi dan bimbingan konseling. Akan tetapi, buku ini penting juga untuk psikolog maupun psikiater, karena buku ini secara komprehensif dan detail memasukkan diagnosa dan etiologi gangguan jiwa, emosi, dan dinamika psikologis. Bahkan, buku ini juga dapat dibaca masyarakat umum yang tertarik mengetahui dan memahami bagaimana bentuk-bentuk gangguan jiwa beserta penyebabnya.

juga percaya bahwa yang mereka pikirkan atau bicarakan di dalam hati dapat disiarkan ke luar, sehingga orang dapat mendengarkan yang ada di pikiran dan hatinya, ini yang dinamakan sebagai thought broadcasting.