Sebanyak 3 item atau buku ditemukan

Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam

Telaah Teoritis dan Filosofis

Buku ini merupakan buku pengembangan dan pengelolaan kurikulum yang ditujukan untuk pembaca khususnya akademisi yang terdiri dari mahasiswa S1, S2 dan S3, juga para praktisi pendidikan yang terdiri dari guru, dosen, bahkan juga ustadz supaya memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang pengembangan dan pengelolaan kurikulum. Kurikulum yang merupakan inti dari proses pendidikan di mana pendidikan mampu melaksanakan proses pembelajaran jika terdapat kurikulum tersebut, maka eksistensi kurikulum tidak dapat dipandang sebelah mata. Sehingga tidak dapat dipungkiri kalau pengembangan kurikulum secara teoritis wajib dilakukan dengan baik supaya ke depannya memberikan output yang lebih baik dan lebih mempunyai pemikiran yang komprehensif. Buku ini merupakan buku yang mencoba menguraikan dengan bahasa yang sederhana dan lugas mengenai kurikulum, pengembangannya, pengelolaannya serta implementasi praktisnya di lembaga pendidikan Islam. Penerbit Garudhawaca

... Pendidikan Agama Islam (PAI) dapat diartikan sebagai: (1) kegiatan menghasilkan kurikulum PAI; (2) proses yang mengaitkan satu komponen dengan yang lainnya untuk menghasilkan kurikulum PAI yang lebih baik; dan (3) kegiatan penyusunan ...

Buku Ajar Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam

Mudah-mudahan buku ajar ini dapat memperkaya khazanah keilmuan bagi para pembaca terutama di kalangan mahasiswa yang calon profesinya sebagai guru. Memang perlu disadari bahwa sebagai praktisi pendidikan mutlak memiliki pemahaman yang memadai terkait dengan pengembangan kurikulum.

Kurikulum Mata Pelajaran PAI di Kelas 7 SMP. Ternate, 20-02-2020 Mengetahui Ketua Jurusan Dosen Pengampu Mata Kuliah Dra. Nursin Sapil, M.Pd.I Dr. Agus, S.Pd.I., M.Pd.I Glosarium Currir artinya pelari Curare artinya tempat berpacu ...

Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam

Teori dan Praktik

Kurikulum adalah jantungnya pendidikan yang sangat berpengaruh terhadap pengembangan kompetensi murid, baik kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Dengan kurikulum, lembaga pendidikan Islam dapat memberikan pengalaman belajar bagi murid agar siap menghadapi tantangan pada zamannya, sehingga kurikulum perlu susun dan dikembangkan sesuai kebutuhan murid dan seiring dengan perkembangan sains dan teknologi. Selama ini, banyak lembaga pendidikan Islam yang hanya fokus pada kurikulum ilmu-ilmu keislaman (tradisional) dan kurang mengapresiasi ilmu-ilmu sains-humaniora, sehingga berdampak pada berkurangnya minat masyarakat. Oleh karena itu, manajemen pengembangan kurikulum penting dilakukan oleh lembaga-lembaga pendidikan Islam untuk mengintegrasikan ilmu-ilmu agama dan sains-humaniora agar tidak tertinggal oleh perkembangan zaman dan ditinggal (tidak diminati) oleh masyarakat (generasi) Milineal. Dalam buku ini, ada tiga bab yang dibahas, yaitu (1) pendahuluan yang mengkaji tentang kebijakan otonomi daerah, perkembangan kebijakan kurikulum, tipologi pendidikan Islam, perkembangan lembaga pendidikan Islam, dan urgensi manajemen pendidikan Islam, (2) teori pengembangan kurikulum yang mengkaji tentang konsep kurikulum, teori pengembangan kurikulum, prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, pendekatan pengembangan kurikulum, model pengembangan kurikulum, ideologi kurikulum pendidikan Islam, dan (3) praktik pengembangan kurikulum pendidikan Islam di pesantren, madrasah, dan sekolah Islam. Selamat membaca!

Oleh karena itu, manajemen pengembangan kurikulum penting dilakukan oleh lembaga-lembaga pendidikan Islam untuk mengintegrasikan ilmu-ilmu agama dan sains-humaniora agar tidak tertinggal oleh perkembangan zaman dan ditinggal (tidak ...