Sebanyak 52 item atau buku ditemukan

Statistika Untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Sosial

Penulis merasakan mahasiswa belum mampu memahami teks-teks buku statistik secara utuh. Sering pula terlihat mahasiswa masih kesulitan dalam memilih rumus statistik dalam analisis data kuantitatif. Ini disebabkan karena mereka belum mampu membedakan desain penelitian korelasional serta komparatif, jenis data dan variabel penelitian. Implikasinya adalah kualitas tulisan karya ilmiah mahasiswa dalam bentuk makalah dan skripsi masih jauh dari kaidah-kaidah metodologi penelitian dan penggunaan rumus-rumus statistik. Untuk itu, penulis berusaha untuk membahas secara komprehensif mengenai penggunaan rumus statistik. Pada bagian uji statistik satu sampel selain dibahas uji t dan uji z sebagai statistik parametrik, juga dibahas rumus uji bertanda Wilcoxon, Binomial, Uji Kecocokan Kai Kuadrat, dan sebagainya. Pada bagian uji perbandingan atau komparatif, selain uji t, juga dibahas Mann Whitney, Kolmogorov-Smirnov sebagai bagian dari statistik non-parametrik. Pada analisis varian juga dibahas uji Kruskall-Wallis, Uji Siegel Tukey dan uji lainnya. Pada desain korelasional, selain membahas rumus uji Product Moment sebagai statistik Parametrik, juga dibahas uji bertingkat Spearman, Kendall Tau, Uji Koefisien Kontingensi dan Point Biserial sebagai bagian statistik parametrik. Tidak lupa untuk memperkaya khazanah penelitian, sengaja di awal pembahasan penulis menyajikan tentang ilmu yang berkaitandengan metodologi penelitian dengan harapan pembaca mendapatkan pengetahuan metodologi penelitian yang menurut penulis sangat erat kaitannya dengan statitik Di akhir buku ini juga disajikan pembahasan tentang analisis regresi dan analisis jalur yang insya Allah memberikan pengetahuan kepada pembaca dalam mengolah data multivariat. ------ Buku referensi tentang statistik / statistika persembahan penerbit Kencana (PrenadiamediaGroup)

Hubungan antara variabel X2 dengan variabel Y H0 = Tidak terdapat korelasi antara Kemampuan Emosional dengan Konsep Diri H1 = Terdapat korelasi antara Kemampuan Emosional dengan Konsep Diri Hipotesis statistik: H0: ρy2=0 H1 : ρy2≠ 0 c.

Metodologi Penelitian Pendidikan

: Teori Dan Implementasi

Ilmu pengetahuan berawal dari kekaguman manusia akan alam yang dihadapi baik besar (macro cosmos) maupun alam kecil (micro cosmos). Manusia dibekali dengan hasrat ingin tahu. Sifat ingin tahu manusia telah dapat disaksikan sejak manusia itu masih kanak-kanak (Suryabrata, 2003: 2). Hasrat ingin tahu manusia terpuaskan kalau dia memperoleh pengetahuan mengenai hal yang dipertanyakan. Pengetahuan yang diinginkan adalah pengetahuan yang benar. Pengetahuan yang benar atau kebenaran memang secara inhern dapat dicapai manusia baik melalui pendekatan ilmiah maupun non ilmiah (akal sehat/common sense, prasangka, intuisi, penemuan kebetulan dan coba-coba, pendapat otoritas dan pikiran kritis)

Pengetahuan yang benar atau kebenaran memang secara inhern dapat dicapai manusia baik melalui pendekatan ilmiah maupun non ilmiah (akal sehat/common sense, prasangka, intuisi, penemuan kebetulan dan coba-coba, pendapat otoritas dan pikiran ...

Metodologi Penelitian Pendidikan ( Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method )

Buku ini terdiri dari 5 (lima) bab, yaitu pendahuluan, penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian kombinasi, dan proposal penelitian. Penelitian kuantitatif membahas tentang pengertian, studi pustaka, kerangka berpikir, hipotesis, metode-metode, proses penelitian, populasi dan sampel, teknik sampling, instrumen dan skala pengukuran, dan analisis data. Penelitian kualitatif membahas tentang pengertian, landasan teori, rumusan masalah, tujuan penelitian, ciri-ciri, karakteristik, kerangka berpikir, metode-metode, populasi dan sampel, instrumen dan teknik penelitian, teknik analisis data, dan validitas dan reliabilitas. Penelitian kombinasi membahas tentang konsep dasar dan model-model penelitian kombinasi. Proposal penelitian membahas tentang pengertian, unsur-unsur penting, proposal penelitian kuantitatif, proposal penelitian kualitatif, dan proposal skripsi.

lebih komprehensif daripada hanya menggunakan metode penelitian kuantitatif saja atau metode penelitian kualitatif saja. Sebagai metode penelitian yang menggabungkan metode kuantitatif dan metode kualitatif, metode penelitian kombinasi ...

Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan

Penelitian kualitatif merupakan metode-metode untuk mengeksplorasi dan memahami makna yang oleh sejumlah individu atau kelompok orang dianggap berasal dari masalah sosial atau kemanusiaan. Proses penelitian kualitatif ini melibatkan upaya-upaya penting, seperti mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan prosedur-prosedur, mengumpulkan data yang spesifik dari para partisipan, menganalisis data secara induktif mulai dari tema-tema khusus ke tema-tema umum, dan menafsirkan makna data.

Penelitian kualitatif merupakan metode-metode untuk mengeksplorasi dan memahami makna yang oleh sejumlah individu atau kelompok orang dianggap berasal dari masalah sosial atau kemanusiaan.

Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan

Disajikan dalam 13 bab utama beserta subbab dengan pembahasan dan uraian yang komprehensif, yang disesuaikan dengan kerangka kajian yang simpel dan mudah dicerna. Topik bahasan utama metode penelitian pendidikan dan pengembangan ini, antara lain: Pengetahuan dan pendekatan ilmiah Hakikat penelitian pendidikan Mengidentifikasi dan merumuskan masalah Kajian pustaka dalam penelitian Cara merumuskan hipotesis penelitian Mengidentifikasi dan mendefinisikan variabel penelitian Validitas: internal dan eksternal Memilih dan menentukan rancangan penelitian Menentukan populasi dan sampel penelitian Mengembangkan instrumen penelitian Teknik analisis data penelitian Menyusun proposal dan laporan penelitian Buku persembahan penerbit prenadaMedia

Topik bahasan utama metode penelitian pendidikan dan pengembangan ini, antara lain: Pengetahuan dan pendekatan ilmiah Hakikat penelitian pendidikan Mengidentifikasi dan merumuskan masalah Kajian pustaka dalam penelitian Cara merumuskan ...

Metode Penelitian Pendidikan

Buku ini berisi materi perkualiahan Metode Penelitian Pendidikan di mana pada setiap bab selalu diisi dengan pembahasan materi untuk mengantarkan dan mengarahkan pikiran para pembaca guna memahami konsep yang akan dibahas, diikuti dengan penanaman konsep yang telah dibahas. Pada bagian belakang juga tersedia glosarium yang berguna untuk membantu pencarian konsep dan definisi-definisi penting dalam memahami isi buku ini. Dengan demikian, setiap mengakhiri pembahasan pada masing-masing, para pembaca diharapkan telah memperoleh pengetahuan yang benar, lengkap dan mantap serta mempunyai keterampilan untuk memecahkan persoalan yang dihadapi. Buku yang terdiri dari 10 bab ini membahas mengenai: konsep dan jenis- jenis penelitian, ruang lingkup penelitian pendidikan, teori dan variabel penelitian, merumuskan masalah penelitian, pengumpulan data penelitian, skala pengukuran, populasi dan teknik sampling, validitas instrumen tes hasil belajar, reliabilitas instrumen tes hasil belajar, dan analisis data dan pengujian hipotesis. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Buku ini berisi materi perkualiahan Metode Penelitian Pendidikan di mana pada setiap bab selalu diisi dengan pembahasan materi untuk mengantarkan dan mengarahkan pikiran para pembaca guna memahami konsep yang akan dibahas, diikuti dengan ...

Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis

Perguruan tinggi perlu melakukan inovasi untuk mencapai kualitas pendidikan yang baik; dan salah satunya inovasi penelitian yang dilakukan oleh para dosen/staf pengajar. Tugas utama perguruan tinggi atau lembaga pendidikan tinggi (universitas/akademi/ sekolah tinggi) yakni pendidikan pengajaran, penelitian (riset ilmiah), dan pengabdian kepada masyarakat. Atas dasar inilah, buku ini dipersembahkan sebagai salah satu rujukan utama bagi para dosen/pengajar dan mahasiswa untuk bagaimana mengkonstruksi ilmu pengetahuan secara benar. Buku persembahan Prenada Media Group.

Perguruan tinggi perlu melakukan inovasi untuk mencapai kualitas pendidikan yang baik; dan salah satunya inovasi penelitian yang dilakukan oleh para dosen/staf pengajar.