Sebanyak 309 item atau buku ditemukan

EVALUASI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Buku yang ada di tangan pembaca ini disusun didorong oleh beberapa faktor. Pertama, setelah penulis menyelesaikan program doktor maka agar ilmu yang diperoleh tidak hilang maka perlu diikat dengan menulis buku. Kedua, fakta pengalaman di lapangan masih banyak dijumpai penyelenggaraan ujian yang tidak menggunakan soal atau instrumen tes yang terstandar dan tidak memenuhi kaidah teori penyusunan instrumen tes. Ketiga, buku ini dicetak dengan dorongan bahwa pahala yang tidak terputus adalah ilmu yang bermanfaat. Susunan buku ini sesuai dengan kerangka pengembangan tes dan kekuatan buku ini terletak pada lengkap serta detailnya analisis tes baik dengan teori klasik maupun teori respon butir

Buku yang ada di tangan pembaca ini disusun didorong oleh beberapa faktor.

Pengembangan Interaksi Edukasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam : Teori & Praktik

Penulisan buku ini sebagai bentuk partisipasi penulis dalam pengembangan pendidikan di Indonesia, khususnya Pendidikan Agama Islam. Kehadiran buku ini semoga dapat membantu guru PAI dan mahasiswa calon guru PAI dalam memenuhi sumber referensi dalam rangka pengembangan keterampilan membangun ineraksi edukasi pembelajaran PAI dengan menggunakan pendeatan ilmiah (saintific) sesuai dengan kurikulum 2013. Penulisan buku ini disesuaikan dengan kebutuhan dan kurikulum yang berlaku berupa kurikulum 2013. Sumber penulisannya banyak menggunakan buku referensi dan jurnal-jurnal terbaru untuk mendukung konstruksi teori dan kerelevansian substansi dengan kebutuhan.

... dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, in- telektual, sosial-emo- sional, moral, spiritual, dan latar belakang so- sial-budaya. 1.2 Mengidentifikasi potensi peserta didik usia sekolah dasar dalam ... Agama Islam : Teori & Praktik.

Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi

Islam adalah agama rahmatan lil 'alamin, nilai-nilai ajarannya selalu dapat diterima pada setiap zaman. Ajaran Islam itu tinggi dan tidak ada yang bisa menandinginya, sehingga merupakan suatu hal yang bijak jika pemerintah menjadikan pendidikan agama Islam menjadi salah satu komponen yang dipelajari secara berkesinambungan dalam dunia pendidikan normal di Indonesia. Bahkan menjadi mata pelajaran wajib di tingkat pendidikan dasar, menengah, dan mata kuliah wajib pada perguruan tinggi, sekalipun pada perguruan tinggi umum. Pada dasarnya pendidikan agama di perguruan tinggi merupakan kelanjutan dari pendidikan agama yang dilaksanakan pada jenjang pendidikan sebelumnya. Perguruan tinggi umum telah terukir dalam sejarah pendidikan di tanah air sejak awal hadirnya perguruan tinggi di negeri ini. Bermula dari mata kuliah yang dianggap kehadirannya tidak diperlukan hingga dijadikan sebagai mata kuliah wajib.

Islam adalah agama rahmatan lil 'alamin, nilai-nilai ajarannya selalu dapat diterima pada setiap zaman.

RINGKUS PAI (Ringkasan Khusus Pendidikan Agama Islam)

RINGKUS PAI (Ringkasan Khusus Pendidikan Agama Islam) Penulis : A. Miftahul Basar, M.Pd Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-319-029-9 Terbit : Desember 2020 Sinopsis : Pendidikan agama Islam di sekolah bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, serta pengamalan. Sehingga menjadikan peserta didik menjadi muslim yang terus berkembang sekaligus menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan antar ummat beragama hingga terwujud kesatuan dan persatuan bangsa. Sebagai pelajaran wajib di sekolah, buku ini penting dimiliki oleh siswa tingkat SMP mulai kelas 7 sampai kelas 9 untuk membantu memahami materi-materi inti dari PAI yang meliputi akidah, fikih, sejarah, akhlak, dan tajwid. yang mana al-Quran dan hadis sudah terkandung di dalamnya. Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

RINGKUS PAI (Ringkasan Khusus Pendidikan Agama Islam) Penulis : A. Miftahul Basar, M.Pd Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-319-029-9 Terbit : Desember 2020 Sinopsis : Pendidikan agama Islam di sekolah bertujuan untuk menumbuhkan dan ...

Multikulturalisme dalam Pendidikan Agama Islam

Analisis Pemikiran Dosen PAI di Perguruan Tinggi Umum

Pemikiran dosen PAI UNTIRTA Serang-Banten sejalan denganperspektif multikulturalisme dalam bidang ghairu mahdhah (sosial kemasyarakatan) dan tidak sejalan dengan perspektif multikulturalisme dalam bidang aqidah (teologi) dan hukum Islam. dalam pemikiran dosen PAI UNTIRTA mengandung sebelas soal-soal pokok, yakni: Mengenai agama Islam, hukum Islam, pluralitas agama dan toleransi, interaksi antar pemeluk agama, jihad, kesetaraan gender, demokrasi, hak asasi manusia, kepemimpinan dalam Islam, seni dalam Islam dan budaya lain. Pemikiran dosen PAI UNTIRTA dalam melihat multikulturalisme dipengaruhi oleh pendekatan yang bersifat deskriptif-normatif dan judgmental serta pendidikan dan wawasan yang mereka miliki. Pemikiran dosen PAI UNTIRTA Serang-Banten tentangmultikulturalisme mengandung kesan: truth claim (klaim kebenaran), prejudice (prasangka), value Judgment (penilaian berdasar standar nilai yang dianut), stereotype ( penilaian berdasarkan persepsi/ alasan yang dibuat-buat/ salah sangka), discrimination (perilaku terhadap orang lain yang berbeda dengannya yang bersifat negatif), tolerance (sifat mengerti tanpa menilai terhadap pandangan dan praktek orang lain) dan majority-minority (berkaitan dengan keadilan, menuntut persamaan kedudukan dan kesetaraan hak).

... Multicultural and Canadian Constitution , ( Canada : UBC Press , 2007 ) , h . 49 . 10 James A. Banks , Multicultural Education , Issues and Perspectives , ( London : Allyn and Bacon Press , 1989 ) , h . 4 - 5 . 111 Gde Semadi Astra , ...

Peringkat 1 Seleksi PPG Guru PAI (Pendidikan Agama Islam) 2022

SOLUSI LULUS MENGHADAPI SELEKSI PPG TENAGA PENDIDIK GURU PAI (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM) - DILENGKAPI KISI – KISI TERBARU PPG 2022 - INFO SEPUTAR PERSYARATAN & PENDAFTARAN PPG 2022 BAHAS PER/SOAL PPG 2022 - SOAL TPS (TES POTENSI AKADEMIK) - KEMAMPUAN PEDAGOGIK - KEMAMPUAN PFROFESIONAL BIDANG ILMU - PAI (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM) - KEMAMPUAN BIDANG & MINAT SESUAI KISI-KISI TERBARU PPG 2022

Pak Edi sedang melaksanakan proses pembelajaran dimana siswa disuruh mengolah buah segar untuk dijadikan minuman , model pembelajaran yang tepat adalah .... A. Problem based learning B. Projek based learning C. Contextual teaching and ...

Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)

Keberhasilan kami dalam menyelesaikan buku media pembelajaran PAI tidak terlepas dari jasa dan peran dosen pengampu mata kuliah media pembelajaran PAI yang diampu oleh bapak Andrian Gandi Wijanarko. Buku ini akan semakin menambah koleksi hasil karya kami. Walaupun sederhana, namun isi dalam buku ini merupakan hasil ide, kreatifitas dalam pengembangan pembelajaran PAI. Tentunya akan memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi PAI. Kami menyadari bahwa capaian kami ini bukanlah yang terakhir. Kami berharap semoga kelak kami dapat menghasilkan karya lagi dan dapat bekerjasama dengan semua pihak yang berkenan. Dengan sepenuh hati kami ucapkan terimakasih kepada bapak Andrian Gandi Wijanarko, Prodi PAI, civitas akademika STAINU Temanggung serta penerbit yang telah membantu terbitnya buku ini. Semoga buku ini memberikan manfaat bagi akademisi dan masyarakat sekitar.

Sehingga penyampaian materi dapat terserap dengan baik oleh siswa. Salah satu model pembelajaran yang inovatif tidak membosankan dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) atau pemecahan masalah. Model PBL kali ini di ...

TEKA TEKI SILANG: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS VI SD SEMESTER I

Buku ini terdiri dari 5 pembelajaran, yaitu pembelajaran 1 (Indahnya Saling Menghormati), pembelajaran 2 (Ketika Bumi Berhenti Berputar), pembelajaran 3 (Indahnya Nama-Nama Allah Swt.), pembelajaran 4 (Ayo Membayar Zakat), pembelajaran 5 (Keteladanan Rasulullah saw. dan Para Sahabatnya). Dalam setiap pembelajaran terdiri dari beberapa sub pembelajaran. Melalui teka teki silang (TTS) ini siswa mampu mengukur sendiri kompetensi yang sudah dikuasainya setelah mengikuti proses pembelajaran. Buku teka teki silang ini yang berbasis aktivitas ini disusun sebagai salah satu penunjang penerapan kurikulum 2013 yang disempurnakan. Buku teka-teki silang ini mengedepankan pencapaian kompetensi siswa, dan sesuai dengan buku guru dan buku siswa revisi 2018 karena hanya sebagai salah satu penunjang, buku ini lebih sebagai buku aktivitas siswa yang masih membutuhkan buku-buku penunjang guna memperkaya wawasan dan keterampilan peserta didik.

Buku ini terdiri dari 5 pembelajaran, yaitu pembelajaran 1 (Indahnya Saling Menghormati), pembelajaran 2 (Ketika Bumi Berhenti Berputar), pembelajaran 3 (Indahnya Nama-Nama Allah Swt.), pembelajaran 4 (Ayo Membayar Zakat), pembelajaran 5 ...

TES PPPK 2021 TENAGA PENDIDIK GURU PAI (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)

SOLUSI LULUS MENGHADAPI TES PPPK TENAGA PENDIDIK GURU PAI - SESUAI KISI – KISI TERBARU PPPK - PERTANYAAN SEPUTAR PPPK - DOKUMEN WAJIB PESERTA PPPK GURU BAPER (BAHAS PER/SOAL) - KOMPETENSI TEKNIS PPPK GURU PAI - KOMPETENSI TES BAKAT SKOLASTIK - KOMPETENSI MANAJERIAL - KOMPETENSI SOSIO KULTUR - PERTANYAAN WAWANCARA

SOLUSI LULUS MENGHADAPI TES PPPK TENAGA PENDIDIK GURU PAI - SESUAI KISI – KISI TERBARU PPPK - PERTANYAAN SEPUTAR PPPK - DOKUMEN WAJIB PESERTA PPPK GURU BAPER (BAHAS PER/SOAL) - KOMPETENSI TEKNIS PPPK GURU PAI - KOMPETENSI TES BAKAT ...