Sebanyak 3514 item atau buku ditemukan

Analisis Kebijakan Pendidikan : Studi Kasus Implementasi Pembelajaran

Analisis Kebijakan Pendidikan : Studi Kasus Implementasi Pembelajaran

BAB II PEMBAHASAN A. Analisis Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh dan Kendalanya Secara umum pendidikan memiliki suatu proses kehidupan untuk berkembang setiap individu agar dapat hidup dan melangsungkan kehidupannya.

STUDI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA DARI ERA KLASIK HINGGA ERA KONTEMPORER

Dalam tempat mulia ini (masjid) bertemulah segala jenis ilmu pengetahuan yang bermacam ragamnya, di mana para pelajar mendiskusikan dan mengkaji ilmu-ilmu tersebut bersama-sama dengan guru-guru besar mereka yang terkenal pada zamannya. Maka dari itu masjid adalah sebagai tempat sembahyang, madrasah, universitas, majelis nasional, dan pusat-pusat pemberian fatwa serta tempat penggemblengan para pejuang dan patriot bangsa dari zaman-zaman. Dengan demikian, maka masjid berperan besar dalam siklus kehidupan umat Islam, bahkan sampai sekarang masjid menjadi markas yang penting untuk penyebaran Islam. Di D 2 Muhammad Basyrul Muvid, S.Pd.I., M.Pd. samping itu masjid juga memegang peranan penting dalam penyelenggaraan pendidikan Islam, karena itu masjid atau surau merupakan sarana yang pokok dan mutlak keperluannya bagi perkembangan masyarakat Islam. Di sini masjid dapat dianggap sebagai lembaga ilmu pengetahuan yang tertua dalam Islam.

Dengan diberlakukannya undang-undang nomor 20 tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional, maka untuk mengatur lembaga pendidikan yang beragam di Indonesia dikeluarkan pula peraturan pemerintah yaitu hasil pendidikan nonformal dapat ...

Modul Praktik Konsultasi Gizi Online Program Studi Pendidikan Profesi Dietisien

Konsultasi gizi merupakan salah satu metode intervensi untuk menangani masalah gizi pada pasien ataupun klien. Melakukan praktik konsultasi gizi merupakan salah satu kompetensi yang penting dimiliki seorang dietisien. Dengan menguasai kompetensi tersebut, seorang dietisien diharapkan dapat dengan tepat dan berhasil guna membantu mencegah/mengatasi masalah gizi. Hampir di setiap pelayanan kesehatan, seperti Puskesmas dan Rumah Sakit, layanan konsultasi gizi ada sebagai salah satu sarana kesehatan untuk masyarakat. Hal ini tidak boleh disia-siakan, namun harus ditunjang dengan tenaga yang profesional, yang mampu memberikan pelayanan konsultasi gizi dengan baik. Di era globalisasi saat ini, konsultasi sudah banyak dikembangkan dalam bentuk online, sehingga masyarakat dapat mengakses dan melakukan konsultasi di mana pun dan kapan pun. Buku ini mencoba mengulas teori pendukung dalam melakukan praktik konsultasi gizi yang baik untuk mahasiswa dietisien pada khususnya dan mahasiswa di bidang kesehatan pada umumnya. Selain itu, dalam buku ini diulas bagaimana melakukan praktik konsultasi gizi online sebagai salah satu sarana praktik mahasiswa. Diharapkan dengan adanya buku ini dapat menambah bekal dan pemantapan diri seorang mahasiswa atau dietisien untuk melakukan praktik konsultasi gizi. Hal ini merupakan salah satu terobosan penulis beserta tim dengan mengembangkan aplikasi konsultasi gizi online sebagai salah satu sarana pembelajaran mahasiswa dietisien.

Konsultasi gizi merupakan salah satu metode intervensi untuk menangani masalah gizi pada pasien ataupun klien.

Pemetaan Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Komparatif: Status & Jenjang Pendidikan)

Pendidikan merupakan pilar utama dalam perkembangan dan peradaban dunia hingga mampu menggambarkan keadaan suatu masyarakat atau bangsa yang beradab. Perkembangan dimaksud akan sangat dipengaruhi berbagai landasan dan pemikiran tertentu dalam menentukan arah dan tujuan pendidikan yang hendak dicapai. Beberapa landasan memegang peran penting, salah satunya adalah pemetaan mutu pendidikan. Buku ini memberikan gambaran tentang capaian pemetaan mutu pendidikan pada masa pandemi Covid-19 berdasarkan analisis studi komparatif dari status dan jenjang pendidikan SD, SMP , dan SMA di Kota Samarinda. Selain itu, dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengambilan kebijakan pemerintah dalam peningkatan mutu pendidikan, dan sebagai bahan pengayaan materi terkait mutu pendidikan pada masa khusus, serta dapat dijadikan rujukan bagi lembaga pendidikan formal, non-formal, dan bagi masyarakat yang memerlukannya.

Pendidikan merupakan pilar utama dalam perkembangan dan peradaban dunia hingga mampu menggambarkan keadaan suatu masyarakat atau bangsa yang beradab.

Demi Bahasa Bermanfaat Dan Bermartabat: Percikan Pemikiran Strategi Kebahasaan Dalam Dinamika Bahasa, Pendidikan, Dan Kebudayaan Era Kiwari

Bunga rampai ini merupakan sebuah mozaik pemikiran, yang lahir dari tunas-tunas muda strategi kebahasaan dalam lingkup Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK), eselon II Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang akan tetap hidup meski unit kerja telah ditutup. Berangkat dari sebuah ide, pandangan, serta gagasan terkait tugas dan fungsi para penulis, bunga rampai ini hadir untuk ikut mewarnai khazanah pengembangan ilmu kebahasaan dan kesastraan di Indonesia. Banyaknya bahasa daerah yang mengalami kerapuhan serta pentingnya pengutamaan bahasa Indonesia menjadi bahan perenungan Bayu Permana Sukma, Dian Palupi, Yenny Karlina serta Tri Amanat dalam mengulas peluang serta pemanfaatan dunia digital di era teknologi untuk penutur bahasa (bahasa daerah dan Indonesia). Alih wahana dunia digital sebagai upaya pelestarian bahasa daerah dapat menjadi ruang kreatif bagi generasi muda untuk mempertahankan dan melindungi bahasa daerahnya. Demi Bahasa Bermanfaat Dan Bermartabat: Percikan Pemikiran Strategi Kebahasaan Dalam Dinamika Bahasa, Pendidikan, Dan Kebudayaan Era Kiwari ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Demi Bahasa Bermanfaat Dan Bermartabat: Percikan Pemikiran Strategi Kebahasaan Dalam Dinamika Bahasa, Pendidikan, Dan Kebudayaan Era Kiwari ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) untuk Pendidikan Sekolah Dasar (PGSD)

Salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa calon guru di Sekolah Dasar(SD) adalah konsep dasar Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS). Hal ini tidak lain karena IPS merupakan materi wajib yang harus dipelajari oleh siswa di Sekolah Dasar(MI) sebagaimana diamanatkan dalam sistem dan peraturan perundang-undangan pendidikan yang berlaku. Secara substansi, IPS merupakan materi yang didapat dari berbagi sumber dan pengalaman hidup sebagai makhluk sosial yang mempunyai kecenderungan kuat untuk hidup bersama dalam kelompok. IPS sangat berguna untuk berinteraksi dengan lingkungan sosial yang dalam hal ini dilakukan manusia pada setia harinya, termasuk didalamnya permasalahan-permasalahan yang sering dihadapi oleh manusia di dalam kehidupan.

Salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa calon guru di Sekolah Dasar(SD) adalah konsep dasar Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS).

Pendidikan Anak Usia Dini

Konsep dan Teori

Sebagai generasi penerus bangsa, anak perlu dipersiapkan sejak dini agar kelak menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Orang tua memiliki peranan yang penting dalam mewujudkan hal ini. Dengan memberikan bekal pendidikan pada anak usia dini maka kesiapan mental, perkembangan jiwa, sosial, emosional, dan religius anak dapat terbina. Dalam buku ini akan dijelaskan antara lain mengenai program pengembnagan Pendidikan Anak Usia Dini; perilaku sosial dan kemandirian anak usia dini; konsep pengembangan kreativitas, belajar melalui bermain, dan pembelajaran pada anak usida dini; konsep dasar literasi dini; serta program pembelajaran PAUD holistik. Buku ini disusun untuk dapat dijaikan bekal bagi orang tua, keluarga, pendidik, pengamat. serta pemerhati masalah pendidikan, terutama Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Buku ini disusun untuk dapat dijaikan bekal bagi orang tua, keluarga, pendidik, pengamat. serta pemerhati masalah pendidikan, terutama Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam

Terbitnya buku ini merupakan sebuah langkah baik dalam proses mencerahkan pemahaman dan pengaplikasian konsep pendidikan anak usia dini dalam dunia pendidikan anak. Buku ini mengetengahkan mengenai tahap awal prapendidikan, mulai dari memilih pasangan suami maupun istri karena berkaitan dengan perkembagan anak, pola asuh, dan perlindungan hak-hak anak dalam pembentukan karakter di dalam keluarga, disertai bacaan doa-doa dan sebagainya dalam dimensi ke-Islaman. Karya tulis ini dipandang penting bagi para akademisi, orangtua, dan praktisi pendidikan anak usia dini sebagai bahan rujukan dalam menjalankan aktivitas pendidikan bagi anak usia dini.

Terbitnya buku ini merupakan sebuah langkah baik dalam proses mencerahkan pemahaman dan pengaplikasian konsep pendidikan anak usia dini dalam dunia pendidikan anak.

PSIKOLOGI PENDIDIKAN (Konsep Dasar, Teori, dan Implikasinya dalam Pembelajaran)

Buku ini masih bersifat global, mengungkap masalah-masalah seputar tentang pengertian; aspek-aspek perkembangan; psikologi pendidikan dalam kearifan lokal; memahami konsep dasar belajar; teori-teori belajar; faktor-faktor yang memengaruhi belajar; masalah kesulitan belajar; lupa dan transfer belajar; pembawaan dan lingku- ngan; motivasi belajar, kemampuan dan inteligensi; gaya belajar dan gaya kognitif dalam pembelajaran; serta konsep dasar evaluasi pembelajaran.

Ia juga menerbitkan bukubuku berjudul ”Motivasi Kerja Guru” diterbitkan oleh Penerbit Interpena Yogyakarta (2010); ”Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Konsep dan Aplikasinya Dalam Kehidupan SehariHari” diterbitkan oleh Penerbit Interpena ...

Konsep Dasar Ilmu Pendidikan

Penulisan buku Konsep Dasar Ilmu Pendidikan bertujuan untuk memperkaya referensi di bidang manajemen sistem pembelajaran. Di samping itu, buku ini juga dimaksudkan untuk membina dan mengembangkan kemampuan mahasiswa calon pendidik, praktisi pendidikan, mulai dari pendidik, dosen, penilik, pengawas, penentu kebijakan serta siapa saja yang menaruh minat dalam bidang pendidikan untuk menambah wawasan tentang apa, mengapa, dan bagaimana pendidik dalam mengimplementasikan pembelajaran di dalam kelas. Buku Konsep Dasar Ilmu Pendidikan ini terdiri dari 9 bab yaitu: Bab 1 Konsep dan Teori Dasar Pendidikan Bab 2 Konsep Hubungan antara Manusia dan Pendidikan Bab 3 Jenis Lingkungan Pendidikan Bab 4 Konsep Pendidikan Seumur Hidup (Lifelong Education) Bab 5 Konsep Sistem Pendidikan Nasional Bab 6 Konsep Inovasi Pendidikan Bab 7 Dasar dan Tujuan Pendidikan Bab 8 Pendidikan Sebagai Sebuah Sistem Bab 9 Demokrasi Pendidikan

Zahroh, S. and Na'imah, N. (2020) 'Peran Lingkungan Sosial terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Jogja Green School', Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), pp.