Sebanyak 3603 item atau buku ditemukan

Menalar Problem Pendidikan dan Bahasa

Adapun penulis buku ini, Florianus Dus Arifian, telah mengangkat tiga paradigma pendidikan kontemporer dengan tiga karakter dasarnya: humanis, demokratis, dan kritis. Karakter humanis pendidikan diangkat oleh penulis dalam tulisan-tulisan, seperti: “Kemandirian Belajar sebagai Nilai Adiluhung Pendidikan, Kekuatan Hati Sang Guru, Guru Berwawasan Multikultural sebagai Penangkal Radikalisme, Ruang tersembunyi Pendidikan sebagai Sumber Pembelajaran, Indikator Kompetensi Sikap Dieksplisitkan, Di Balik Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013, Penilaian yang Menggali Potensi”. Adapun karakter demokratis pendidikan ditampilkan dalam tulisan-tulisan: “Profil Guru Generasi Emas, Guru Bertumbuh dalam Kebersamaan, Memaknai Penghapusan UN, Gugatan bagi Ketertutupan Pendidikan”. Beberapa tulisan lainnya menggugat tema pendidikan kritis, seperti: “HOTS, Peradaban, dan Pendidikan, Memberi Ruang bagi HOTS, Konteks Baru untuk Memijahkan HOTS, Membenahi LPTK, Mari Melihat Substansi Buku, Tematik dan Tematik Intergratif Berbeda”. Saya patut mengangkat jempol dan mengucapkan profisiat kepada Florianus Dus Arifian atas ulasan-ulasannya yang, menurut saya, sangat substansial dan kritis tentang masalah pendidikan dan bahasa.

... bahasa asing yang tidak terkontrol atau bahasa Indonesia yang jauh dari prinsip baik dan benar , sementar di sisi lain ada mimpi besar untuk menginternasionalkan bahasa Indonesia . Hal yang pasti adalah generasi bangsa Indonesia ...

PENDIDIKAN SANGGAR BAHASA DAN SASTRA

(Konsep dan Pengembangan)

Buku ini bertujuan untuk menambah referensi mahasiswa dan mengembangkan pada mata kuliah Sanggar Bahasa & Sastra, dengan taraf mengerjakan wilayah yang belum tergarap dalam mata kuliah Teori Sastra atau Pengantar Kajian Kesusastraan, Sejarah Sastra, Apresiasi, Kajian, dan Kritik Sastra (Puisi, Prosa Fiksi, dan Drama).

... bahasa dan sastra Indonesia adalah kegiatan yang mempelajari, mengkaji, memproduksi, dan mengkreasikan bahasa dan sastra Indonesia dalam berbagai ragam dan tujuan. Kegiatan yang berkaitan dengan bahasa Indonesia misalnya majalah sekolah ...

Paradigma Baru Pendidikan Pancasila (Edisi Revisi)

Mata Kuliah Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi adalah pendidikan untuk memberikan pemahaman dan penghayatan kepada mahasiswa mengenai ideologi bangsa Indonesia. Sebagai dasar negara dan ideologi nasional, Pancasila memiliki peran penting dalam menopang keberadaan dan kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, sudah selayaknya perlu untuk dipahami dan dihayati segenap warga bangsa termasuk mahasiswa sebagai warga muda. Pendidikan Pancasila tidak hanya belajar "tentang" Pancasila, tetapi juga belajar "melalui" dan "untuk" Pancasila. Dengan kalimat lain, proses belajar Pancasila itu sebagai knowing Pancasila, doing Pancasila, dan building Pancasila. Buku Paradigma Baru Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi ini menawarkan kepada para pembaca, khususnya mahasiswa, dengan substansi kajian baru, meliputi: 1) Pengantar Pendidikan Pancasila; 2) Pancasila dalam Sejarah Bangsa; 3) Pancasila sebagai Dasar Negara; 4) Pancasila sebagai Ideologi; 5) Pancasila sebagai Filsafat; 6) Pancasila sebagai Etika; dan 7) Pancasila sebagai Nilai Dasar Pengembangan Ilmu. Cakupan materi ini telat sesuai dengan pedoman mata kuliah wajib umum yang termuat dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 84/E/KPT/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Mata Kuliah Wajib pada Kurikulum Pendidikan Tinggi. Pembaca nantinya akan menemukan sajian materi yang disusun secara sistematis, berkesinambungan, ringkas, dan dengan bahasa yang mudah dimengerti. Amat baik digunakan sebagai sumber belajar untuk perkuliahan Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi untuk semua jenjang sarjana maupun diploma.

Mata Kuliah Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi adalah pendidikan untuk memberikan pemahaman dan penghayatan kepada mahasiswa mengenai ideologi bangsa Indonesia.

Pendidikan Pancasila

Dalam buku ini ditemukan kajian membahas mengenal Identitas Nasional, Konsep dasar Pendidikan Pancasila, latar belakang lahirnya Pancasila, makna lambang garuda Pancasila, buku Pancasila dalam konteks perjuangan bangsa serta pancasila sebagai ideologi nasional untuk kepentingan pendidikan serta disajikan secara ilmiah dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan dan pencapaian tujuan pendidikan nasional.

Dalam buku ini ditemukan kajian membahas mengenal Identitas Nasional, Konsep dasar Pendidikan Pancasila, latar belakang lahirnya Pancasila, makna lambang garuda Pancasila, buku Pancasila dalam konteks perjuangan bangsa serta pancasila ...

SUPERVISI PENDIDIKAN

Buku ini merupakan karya bersama para dosen lintas perguruan tinggi. Buku ini terdiri dari sepuluh bab, diantaranya yaitu: Bab 1: Perkembangan dan Implikasi Supervisi Pendidikan Bab 2: Otonomi Pendiddikan Bab 3: Konsep Dasar Supervisi Pendidikan Bab 4: Kompetensi Kepala Sekolah dan Pengawas Pendidikan Bab 5: Komunikasi dalam Supervisi Pendidikan Bab 6: Supervisi Akademik Bab 7: Supervisi Klinis Bab 8: Kendala dan Sikap Guru terhadap Supervisi Pendidikan Bab 9: Evaluasi Program Supervisi Pendidikan Bab 10: Tindak Lanjut Hasil Supervisi Pendidikan

Buku ini terdiri dari sepuluh bab, diantaranya yaitu: Bab 1: Perkembangan dan Implikasi Supervisi Pendidikan Bab 2: Otonomi Pendiddikan Bab 3: Konsep Dasar Supervisi Pendidikan Bab 4: Kompetensi Kepala Sekolah dan Pengawas Pendidikan Bab 5: ...