Sebanyak 3598 item atau buku ditemukan

Sejarah Pendidikan Islam

Dalam sejarah perkembangannya, Islam terbukti telah memainkan peran penting dalam kebudayaan dan peradaban bangsa-bangsa di dunia. Khusus di bidang pendidikan dan pengajaran, tradisi dan kebudayaan Islam telah meletakkan visi dan misi, tujuan, kurikulum, kelembagaan, proses belajar mengajar, sarana dan prasarana, evaluasi, dan berbagai komponen pendidikan lainnya secara teratur dan terukur yang mentradisi. Berbagai nama kelembagaan pendidikan dan keagamaan seperti masjid, madrasah, dan majelis ilmu sudah ada sejak zaman Klasik Islam. Demikian pula dengan metode dan pendekatan belajar mengajar, seperti halaqah, munadzarah, dan mujadalah; termasuk pula istilah yang berkaitan dengan guru, seperti syekh, mursid, muallim, mudarris, dan ustadz; serta tradisi ilmiah seperti perjalanan menuntut ilmu, upaya penerjemahan, perpustakaan, menahkikkan, dan penerbitan buku merupakan warisan sejarah Islam sejak kehadiran pertamanya di Timur Tengah. Warisan sejarah Islam di bidang pendidikan ini bisa menjadi sumber inspirasi bagi perkembangan sistem pendidikan di Indonesia, baik di masa sekarang maupun masa yang akan datang. Fakta-fakta sejarah Islam tentang pendidikan tersebut pada hakikatnya merupakan hasil ijtihad para pemikir dan ulama dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Buku Sejarah Pendidikan Islam ini hadir, antara lain untuk: (1) meningkatkan dan mengembangkan khazanah studi Islam di bidang Sejarah Pendidikan Islam; (2) membantu para mahasiswa, peneliti, dan pengajar memperoleh referensi akurat untuk tugas ilmiah dan akademik; dan (3) membangkitkan kesadaran masyarakat tentang perlunya mempelajari dan memahami sejarah untuk diambil pelajaran, hikmah, dan didikan yang terkandung di dalamnya. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia #Kencana

Buku Sejarah Pendidikan Islam ini hadir, antara lain untuk: (1) meningkatkan dan mengembangkan khazanah studi Islam di bidang Sejarah Pendidikan Islam; (2) membantu para mahasiswa, peneliti, dan pengajar memperoleh referensi akurat untuk ...

Sejarah Sosial Pendidikan Islam

Buku ini menjelaskan tentang Gambaran dan pola pendidikan Islam di periode Rasulullah SAW, fase Mekkah dan Madinah merupakan sejarah masa lalu yang perlu diungkapkan kembali.

Buku ini menjelaskan tentang Gambaran dan pola pendidikan Islam di periode Rasulullah SAW, fase Mekkah dan Madinah merupakan sejarah masa lalu yang perlu diungkapkan kembali.

SEJARAH SOSIAL PENDIDIKAN ISLAM

SEJARAH SOSIAL PENDIDIKAN ISLAM Penulis : Tim Penyusun Ukuran : 14 x 21 cm No. QRCBN :62-39-6924-749 Terbit : Juni 2022 www.guepedia.com Sinopsis : Sejarah menjadi hal yang tak terpisahkan dalam kehidupan, dengannya umat manusia dapat mengetahui apa yang terjadi dimasa lampau dan dapat mengambilnya sebagai ibrah untuk kehidupan yang akan datang. Sejarah Sosial Pendidikan Islam merupakan pengetahuan yang membahas mengenai bagaimana pendidikan Islam pada masa lampau ditinjau dari segi sosial hingga perkembangannya sampai di era sekarang. Buku ini berisi mengenai perkembangan pendidikan Islam ditinjau dari sisi sosial pendidikan sejak masa Rasulullah yang berdakwah di Makkah, pendidikan pada masa khulafaurrasyidin serta pada dua dinasti besar yakni Umayyah dan Abbasiyah, perkembangan Madrasah, Pondok Pesantren hingga perkembangan pendidikan Islam di era modern seperti sekarang, dengan berbagai gejala sosial yang ada di tengah-tengah masyarakat, khususnya di Indonesia. Meskipun singkat dan padat, namun dalam buku ini telah memuat seluruh materi yang berkaitan dengan sejarah sosial pendidikan Islam, dan dapat dijadikan rujukan bagi para akademisi guna perkembangan khazanah ilmu pengetahuan, khususnya bagi dunia pendidikan Islam. Waallahu a'lam bishawab www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

SEJARAH SOSIAL PENDIDIKAN ISLAM Penulis : Tim Penyusun Ukuran : 14 x 21 cm No. QRCBN :62-39-6924-749 Terbit : Juni 2022 www.guepedia.com Sinopsis : Sejarah menjadi hal yang tak terpisahkan dalam kehidupan, dengannya umat manusia dapat ...

PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN

Pendidikan merupakan upaya memanusiakan manusia. Adapun dalam konsep formal, pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mampu mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki potensi spiritual, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara yang berlangsung seumur hidup (life long education). Hal ini sejalan dengan apa yang tercantum dalam Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 bahwa pendidikan merupakan upaya sistematis untuk melahirkan situasi belajar dan aktivitas pembelajaran yang kondusif sehingga siswa bisa dengan leluasa memaksimalkan potensinya di bidang apapun mulai dari kecerdasan, akhlak, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan dirinya dan masyarakat.

Pendidikan merupakan upaya memanusiakan manusia.