Sebanyak 120 item atau buku ditemukan

METODE PENELITIAN KUALITATIF BIDANG PENDIDIKAN

Tujuan dibuatnya buku ajar ini adalah untuk dijadikan peganagan mahasiswa yang mengambil mata kuliah Metodologi Kualitatif baik di dalam maupun di luar Universitas Negeri Jakarta. Dalam penyusun buku ajar ini terdiri dari delapan bab yaitu Bab I Pendahuluan, Bab II. Metode Penelitian Kualitatif, Bab III. Penelitian Fenomenologis , Bab IV. Penelitian Etnografi, Bab V. Penelitian Teori Dasar (Grounded Theory) Bab. VI. Penelitian Naturalistik, Bab VII. Penelitian Studi Kasus dan Bab. VIII Penelitian Tindakan.

Tujuan dibuatnya buku ajar ini adalah untuk dijadikan peganagan mahasiswa yang mengambil mata kuliah Metodologi Kualitatif baik di dalam maupun di luar Universitas Negeri Jakarta.

METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (PANDUAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH DAN TUGAS AKHIR)

Kandungan buku ini mendeskripsikan tentang secara komprehensif tentang metode penelitian di bidang pendidikan, khususnya terkait artikel ilmiah dan tugas akhir (skripsi & tesis). Di dalamnya juga dimuat contoh dan berbagai analogi.

Kandungan buku ini mendeskripsikan tentang secara komprehensif tentang metode penelitian di bidang pendidikan, khususnya terkait artikel ilmiah dan tugas akhir (skripsi & tesis). Di dalamnya juga dimuat contoh dan berbagai analogi.

METODE PENELITIAN CAMPURAN

KONSEP, PROSEDUR DAN CONTOH PENERAPAN

Penerapan metode penelitian campuran merupakan salah satu solusi dalam memperoleh data apabila penerapan metode kuantitatif atau kualitatif saja dianggap tidak bisa memberikan hasil yang lengkap dalam menjawab rumusan masalah penelitian. Metode ini memadukan dua jenis metode penelitian, yaitu kuantitatif dan kualitatif dalam satu kesatuan. Dalam penerapan metode penelitian ini tidak hanya mampu mengungkapkan fenomena permasalahan secara umum saja, akan tetapi mampu menjawab permasalahan secara lebih mendalam. Buku “Metode Penelitian Campuran” ini dapat membantu para mahasiswa, dosen dan peneliti dalam mengenal lebih jauh tentang ketentuan-ketentuan dalam mengaplikasikan gabungan kuantitatif dan kualitatif. Melalui buku ini, anda akan mendapatkan informasi tentang konsep, aturan, jenis-jenis, prosedur dan contoh penerapan metode penelitian campuran yang telah dilakukan dalam bentuk artikel ilmiah dan tugas akhir mahasiswa. Buku ini dikembangkan penulis berdasarkan pengalaman dari peneliti dalam melakukan penelitian dengan menerapkan metode penelitian campuran. Selain itu, dukungan-dukungan sumber yang relevan menjadikan buku ini sangat baik dimiliki oleh mahasiswa, dosen dan peneliti sebagai pedoman dan referensi dalam meneliti berbagai bidang keilmuan.

Penerapan metode penelitian campuran merupakan salah satu solusi dalam memperoleh data apabila penerapan metode kuantitatif atau kualitatif saja dianggap tidak bisa memberikan hasil yang lengkap dalam menjawab rumusan masalah penelitian.

Metode Penelitian Tindakan Kelas Panduan Praktis Untuk Mahasiswa Dan Guru

Buku Penelitian Tindakan Kelas Panduan Praktis untuk Mahasiswa dan Guru ini hadir untuk membantu mahasiswa calon guru (PAUD) dan guru PAUD dalam memahami bagaimana melaksanakan PTK. Setiap bagiannya disajikan dengan disertai contoh-contoh yang membantu mahasiswa dan guru tidak hanya pada bagaimana menyusun proposal tetapi juga menyampaikan hasil dari penelitian. Dengan melakukan PTK dengan cara-cara yang benar maka guru PAUD bukan hanya dapat menyelesaikan masalah yang ada tetapi juga mampu memunculkan berbagai inovasi dan kreasi baik dalam metode pembelajaran, media yang digunakan, maupun interaksi yang sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran anak usia dini. Metode Penelitian Tindakan Kelas Panduan Praktis Untuk Mahasiswa Dan Guru ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Pemanfaatan media belajar, sumber belajar, dan narasumber B. Permasalahan dalam Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak dan Faktor Penyebabnya Setiap manusia tentu memiliki masalah. Dan masalah terjadi pada berbagai aspek kehidupan, ...

METODE PENELITIAN SOSIAL TEORI DAN APLIKASI

Penelitian sosial merupakan upaya ilmiah dan sistematis yang dilakukan oleh peneliti untuk menjelaskan fenomena sosial, baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif.

Penelitian sosial merupakan upaya ilmiah dan sistematis yang dilakukan oleh peneliti untuk menjelaskan fenomena sosial, baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif.

Metode Penelitian

Studi Media dan Kajian Budaya

Mata kuliah Riset Kajian Media dan Budaya yang selama ini ditawarkan pada program studi Ilmu Komunikasi merupakan kelanjutan dari mata ajaran sejenis riset media, tetapi lebih bersifat kualitatif dan kritis dan fokus pada konten media, bahasa, serta teks media dan gambar visual. Mata ajaran ini membahas model dan contoh penelitian komunikasi dan media yang bersifat kualitatif, yang digunakan dalam tradisi Media and Cultural Studies seperti analisis tekstual, analisis visual (image-based research), film, video arts, analisis wacana/discourse, dan etnografi penonton. --- Buku persembahan penerbit Kencana (Prenadamedia)

Mata kuliah Riset Kajian Media dan Budaya yang selama ini ditawarkan pada program studi Ilmu Komunikasi merupakan kelanjutan dari mata ajaran sejenis riset media, tetapi lebih bersifat kualitatif dan kritis dan fokus pada konten media, ...

METODE PENELITIAN

Untuk Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi

Sasaran utama pembaca buku ini adalah mahasiswa semester akhir tujuh-delapan di Fakultas Ekonomi dalam rumpun ilmu Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Keuangan yang sedang mempelajari mata kuliah metode penelitian. Juga mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir. Buku ini sengaja disusun untuk menuntun-mengarahkan mahasiswa menulis skripsi, tesis, disertasi, sekaligus berperan ‘kapal sekali berlayar’ sebagai buku ajar dan referensi bagi bapak/ibu dosen pengampu mata kuliah metodologi penelitian. Buku ini memudahkan mahasiswa untuk memahami bagaimana membuat proposal, melaksanakan penelitian sampai ke membuat laporan hasil penelitian. Buku ini penting untuk dimiliki mahasiswa jurusan Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi. Outline penulisan buku ini disusun berdasarkan silabus mata kuliah metode penelitian di FE ditambah sedikit ‘bab reform’ yang dianggap penting seperti AUMA (Alat Ukur Model Analisis). Untuk memudahkan pemahaman para mahasiswa, pembahasannya disusun ke dalam beberapa bab dan subbab yang terdiri dari tujuh belas bab. Setiap bab sudah ada petunjuk pembelajarannya. Dalam proses perkuliahan sudah mengandung indikator pembelajaran; Audience; Behavior; Condition; dan Degree (ABCD). Juga terdapat soal-soal esai sebagai ajang latihan mahasiswa sebelum menghadapi ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS).

Berdasarkan pengalaman menulis selama menjadi dosen pengampu, pembimbing, konsultan, penguji mata kuliah metodologi penelitian dan merasakan keluh-kesahnya mahasiswa ketika memulai menulis skripsi, tesis dan disertasi dirasa perlu disusun buku ini. Kesulitan mahasiswa pada umumnya adalah karena mereka kurang memahami aspek metodologi penelitian, mulai dari (a) merumuskan masalah; (b) memilih obyek/subyek yang akan diteliti; (c) memilih topik teori-variabel-indikator; (d) menentukan alat ukur-model analisis AUMA; (e) memilih metode/teknik penelitian; (f) teknik mengambil sampel (teknik sampling); (g) prosedur pengumpulan data hingga sampai ke (h) pengolahan data. Secara substansial isi/fungsi subjudul penelitian ada di bab sebelas. Memang menulis karya ilmiah itu tidak mudah. Tidak ada yang sulit, bila mahasiswa mau bekerja keras, cerdas, tekun dan tidak mudah putus asa. Di samping memiliki buku metode penelitian ini, disarankan juga anda memahami aplikasi statistik (bila penelitian kuantitatif) dan teori akuntansi, teori manajemen, teori ekonomi yang terkait dengan topik penelitian anda. Selamat belajar dan sukses.

Di samping memiliki buku metode penelitian ini, disarankan juga anda memahami aplikasi statistik (bila penelitian kuantitatif) dan teori akuntansi, teori manajemen, teori ekonomi yang terkait dengan topik penelitian anda.

Buku Ajar Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia

Buku ajar ini merupakan buku yang digunakan untuk mendukung proses perkuliahan Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Kompetensi yang harus dicapai pada mata kuliah ini adalah mahasiswa diharapkan mampu memanfaatkan konsep, teori, metodologi penelitian dan meng-aplikasikannya ke dalam pengajaran/pembelajaran bahasa Indonesia. Mahasiswa juga diharapkan mampu menguasai teori pengertian dan dasar-dasar penelitian, tujuan, fungsi, asumsi, dan karakteristik penelitian, jenis Penelitian dan perbedaan penelitian kualitatif dengan penelitian kuantitatif, masalah penelitian, kajian pustaka, populasi dan sampel, variabel, instrumen penelitian, data dan sumber data

Buku ajar ini merupakan buku yang digunakan untuk mendukung proses perkuliahan Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia.

Metode Penelitian Sosial

Berbagai Alternatif Pendekatan

Referensi utama ini disusun dengan mengedepankan kesesuaian penerapan metode dengan objek studi, menghadirkan pedoman praktis dan contoh konkret penerapan berbagai metode dalam lapangan penelitian sosial. Mengkaji dan memahami realitas sosial yang terus-menerus berkembang di tengah masyarakat postmodern yang mengalami revolusi informasi, maka dalam Edisi Ketiga ini ditambahkan pula kajian baru tentang Netnografi—pilihan metode untuk studi tentang Net Generation—dan studi tentang Komunitas Cyberspace, yang tidak saja membutuhkan perspektif teoretis yang baru, tetapi juga menggunakan metode yang berbeda. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Referensi utama ini disusun dengan mengedepankan kesesuaian penerapan metode dengan objek studi, menghadirkan pedoman praktis dan contoh konkret penerapan berbagai metode dalam lapangan penelitian sosial.