Sebanyak 459 item atau buku ditemukan

Modul Kurikulum dan Pembelajaran

Buku ini berisi tentang Kurikulum dan Pembelajaran di mana di dalamnya dilengkapi dengan kajian singkat Kurikulum 2013 dan perkembangan pembelajaran saa ini yakni Merdeka Belajar. Modul ini disusun dengan sistematis mulai dari pembahasan defenisi kurikulum, sejarah kurikulum, landasan dan prinsip pengembangan kurikulum, sejarah kurikulum di Indonesia mulai dari masa prakemerdekaan, pascakemerdekaan, hingga era reformasi, komponen-komponen kurikulum, organisasi pengembangan kurikulum, hingga model pengembangan kurikulum. Sedangkan pembahasan pembelajaran seperti hakekat belajar, mengajar dan pembelajaran serta peta konsep belajar. Di buku ini dibahas juga tentang Merdeka Belajar.

Buku ini berisi tentang Kurikulum dan Pembelajaran di mana di dalamnya dilengkapi dengan kajian singkat Kurikulum 2013 dan perkembangan pembelajaran saa ini yakni Merdeka Belajar.

KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN : Panduan Lengkap bagi Guru Profesional

Pembelajaran merupakan aktivitas (proses) yang sistematis yang terdiri atas banyak komponen. Masing-masing komponen pembelajaran tidak bersifat parsial (terpisah) atau berjalan sendiri-sendiri, tetapi berjalan secara teratur, saling membutuhkan, komplementer dan berkesinambungan. Untuk itu, diperlukan pemahaman yang komprehensif berkenaan dengan kurikulum dan pembelajaran yang baik. Buku ini berjudul Kurikulum dan Pembelajaran: Panduan Lengkap bagi Guru Profesional, dimaksudkan memberikan wawasan pengetahuan bagi setiap guru dan calon guru saat ini mengenai pentingnya memahami kurikulum dan pembelajaran sesuai dengan konteks kekinian ilmu pendidikan di Indonesia. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan buku ini masih jauh dari sempurna, di sana sini masih banyak kekurangan dan kesalahan. Untuk itu semua guna perbaikan ke depan, penulis mengharapkan kritik dan saran kontruktif dari semua pembaca. Semoga buku menjadi amal jariah bagi penulis dan bernilai pahala di sisi Allah SWT. Amin Ya Rabbal’alamin!

Buku ini berjudul Kurikulum dan Pembelajaran: Panduan Lengkap bagi Guru Profesional, dimaksudkan memberikan wawasan pengetahuan bagi setiap guru dan calon guru saat ini mengenai pentingnya memahami kurikulum dan pembelajaran sesuai dengan ...

Kurikulum Pendidikan Islam

Telaah Filosofis dan Pengembangannya

Pendidikan tanpa dasar agama merupakan hal yang riskan. Ke depannya, peserta didik akan menjadi sosok-sosok yang serakah harta, gila jabatan, dan kehormatan. Jangankan rakyat, Tuhan pun tidak mereka takuti. Problematika ini muncul akibat kebijakan pendidikan yang diterapkan hanya sekadar formalitas belaka. Padahal telah disusun aturan yang jelas, yaitu melalui kurikulum sebagai bagian implementasi tujuan pendidikan, tak terkecuali pendidikan Islam di dalamnya. Oleh karenanya, topik masalah pendidikan akan selalu menarik untuk dikaji dan dikritisi. Namun, masalah yang selalu dihadirkan belum sepenuhnya melahirkan solusi ataupun gagasan yang konkret, sehingga pembahasan terkesan “ala kadarnya”. Hadirnya buku ini dapat menjadi salah satu cara untuk menemukan jawaban tersebut. Di dalamnya disajikan serpihan-serpihan problematika pendidikan melalui kritikan tajam yang dibalut dengan bahasa yang lugas namun tetap memperhatikan kesantunan, serta menawarkan solusi terhadap permasalahan ini. Oleh karenanya, kehadiran buku ini menunjukkan itikad serius demi mengembangkan kurikulum pendidikan Islam yang ideal sehingga sangat tepat untuk dibaca dan dijadikan referensi bacaan. Khususnya bagi kalangan pendidik, praktisi, akademisi, bahkan masyarakat umum sekali pun.

Oleh karenanya, kehadiran buku ini menunjukkan itikad serius demi mengembangkan kurikulum pendidikan Islam yang ideal sehingga sangat tepat untuk dibaca dan dijadikan referensi bacaan.

Telaah Kurikulum dan Perencanaan PAUD

PAUD merupakan pendidikan yang paling fundamental karena perkembangan anak di masa selanjutnya sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi bermakna yang diberikan sejak usia dini. Pendidikan anak usia dini harus dipersiapkan secara terencana dan bersifat holistik agar dimasa emas perkembangan anak mendapatkan distimulasi yang utuh, sehingga mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki anak. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam rangka pengembangan potensi tersebut adalah dengan program pendidikan yang terstruktur. Salah satu komponen untuk pendidikan yang terstruktur adalah kurikulum. Kurikulum PAUD itu sendiri adalah seperangkat bahan ajar yang diajarkan kepada peserta didik, khususnya pada usia dini (0-6 tahun) untuk mencapai tumbuh kembang secara optimal.

PAUD merupakan pendidikan yang paling fundamental karena perkembangan anak di masa selanjutnya sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi bermakna yang diberikan sejak usia dini.

MANAJEMEN KURIKULUM; Telaah Komparatif Antara Kurikulum Program Regular dan Akselerasi

Pendidikan merupakan proses yang sangat menentukan untuk perkembangan individu dan perkembangan masyarakat. Pendidikan sebagai upaya memanusiakan manusia pada dasarnya adalah upaya mengembangkan potensi individu sehingga dapat menjalani kehidupannya dengan optimal. Dalam pelaksanaan pendidikan ada dua istilah yang biasa kita jumpai yaitu regular dan akselerasi. Penyelenggaraan pendidikan secara reguler dilaksanakan selama ini lebih banyak bersifat massal, yang berorientasi secara kuantitas untuk dapat melayani sebanyak-banyaknya jumlah siswa. Kelemahan yang secara tampak tidak terakomodasinya kebutuhan siswa yang relatif cepat daripada yang lain tidak terlayaninya secara baik sehingga potensi yang dimiliknya tidak tersalurkan dan berkembang secara optimal. Keadaan ini menunjukkan bahwa siswa yang berkemampuan luar biasa memerlukan program khusus agar potensi dirinya dapat berkembang secara optimal. Saya melakukan penelitian guna menemukan manajemen kurikulum program reguler dan akselerasi di MTsN Model Sumber Bungur Pakong Pamekasan. 3. Pengembangan kurikulum program regular dan akselerasi di MTsN Model Sumber Bungur Pakong Pamekasan 3.

Pendidikan merupakan proses yang sangat menentukan untuk perkembangan individu dan perkembangan masyarakat.

TELAAH KURIKULUM DAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA

TELAAH KURIKULUM DAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA PENULIS: Rosmilan Pulungan, S.Pd.,M.Pd ISBN : 978-623-251-337-2 www.guepedia.com Sinopsis: Buku ini membahas konsep hakikat kurikulum dan fungsi kurikulum, hakikat KTSP dan K.13, komponen- komponen KTSP dan K.13, prinsip-prinsip pengembangan kurikulum KTSP dan K.13, konsep dasar penyusunan KTSP dan K.13, telaah kurikulum KTSP dan K.13, hakikat dan fungsi buku teks, struktur buku teks, macam-macam buku teks, hubungan antar bagian dalam buku teks, kriteria penilaian buku teks, dan telaah buku teks bahasa Indonesia .Telaah kurikulum dan buku teks bahasa Indonesia ini bermanfaat bagi mahasiswa untuk memberikan pemahaman dan penguasaan terhadap isi kurikulum, yang dapat dipergunakan untuk menyusun rencana pembelajaran dan pelaksanaan pembelajara bahasa Indonesia di kelas untuk semua tingkatan satuan pendidikan. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

TELAAH KURIKULUM DAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA PENULIS: Rosmilan Pulungan, S.Pd.,M.Pd ISBN : 978-623-251-337-2 www.guepedia.com Sinopsis: Buku ini membahas konsep hakikat kurikulum dan fungsi kurikulum, hakikat KTSP dan K.13, komponen- ...