Berbeda dengan nabi dan rasul sebelumnya yang menerima mukjizat berupa obyek dan material berkaitan dengan trend peradaban dan kebudayaan yang dibatasi waktu, maka kemukjizatan Muhammad Saw adalah kitab suci Al Qur’an itu sendiri. Dalam kurun waktu yang lama semenjak kitab ini diturunkan bahkan setelah wafatnya Sang Nabi, Al Qur’an menjadi topik yang menghangat dan memiliki kemulian yang masih mencengangkan para pakar dari berbagai disiplin ilmu dan dari berbagai bangsa dan agama. Semakin berkembang hingga dasawarsa terakhir ini menjadi telaah keilmuan yang meluas, bukan hanya perspektif agama, tetapi di dalam kitab ini juga berbicara banyak ilmu pengetahuan dan teknologi sampai seni. Sungguh berbangga hatilah mereka yang memiliki keimanan yang tulus sehingga memiliki kalimat yang sama sebagaimana disebutkan dalam firman Allah. Salah satu perhatian ayat-ayat Al Qur’an yang tidak dapat dilewatkan adalah kajian kejiwaan dan gejala kejiwaan (psikis). Seperti yang tertera pada pada firman Allah Swt dalam Al Qur’an pada surah Yunus ayat 57: “Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman” (QS. Yunus [10]: 57). Telaah pada ayat tersebut mengisyaratkan keberadaan bimbingan dan konseling telah lama disebutkan dalam Al Qur’an. Hal ini juga menunjukkan bahwa permasalahan psikologis dan upaya terapi dalam proses konseling sudah mendapat perhatian secara khusus mendalam. Buku yang hadir ditangan pembaca ini pengantar awal dalam serangkaian upaya membingkai puzzle berserak di dalam Al Qur’an pelaksanaan bimbingan dan konseling berdasarkan pendekatan Al Qur’an, yang tentunya bisa dilaksanakan dalam berbagai setting kehidupan. Tentu sudah banyak buku sejenis yang membahas hal serupa, tetapi menelaah pelaksanaan bimbingan dan konseling berdasarkan ayat-ayat Al Qur’an tentu saja merupakan hal yang berbeda. Kepada para pembaca dan pemerhati kami mengucapkan selamat membaca dan menjelajahi isi buku ini....... Pengantar Bimbingan Dan Konseling Pendekatan Qur’ani: Dalam Berbagai Kekhasan Setting Kehidupan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak*
Ahman (1998: 121-123) menggambarkan sejumlah gambaran strategis yang perlu diperhatikan dalam mengimplementasikan bimbingan dan konseling pada SD/MI yakni ...
Buku ini membahas hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan penelitian pendidikan. Mengawali pembahasan penelitian pendidikan sesuai dengan judul buku, pada bagian pendahuluan diuraikan tentang sejarah munculnya berpikir dengan menggunakan metode ilmiah (Scientific method), sebagai titik tolak munculnya penelitian ilmiah (research), dilanjutkan dengan uraian tentang jenis-jenis penelitian pendidikan baik penelitian dasar (pure research), penelitian terapan (applied research); penelitian kuantitatif dan kualitatif (Quantitative and qualitative research) disertai contoh penerapannya dalam bidang pendidikan dan metode penelitian campuran (Mix method), beserta model-modelnya yang merupakan metode penelitian pendidikan yang cenderung saat ini banyak digunakan oleh para peneliti dalam bidang pendidikan. Sebagai bukti bahwa begitu banyak dan kompleksnya penelitian ilmiah yang dapat dilakukan dalam bidang pendidikan, pada bagian awal pembahasan buku ini pun diuraikan tentang area atau wilayah bidang pendidikan yang dapat dikaji melalui penelitian ilmiah. Buku persembahan Prenada Media Group.
Buku ini mengulas tentang system teknologi Informatika dan buku ini di peruntukkan sebagai materi belajar anak dari tingkat dini samapai pada level mahasiswa atau pada bidang tersebut, terutama melengkapi kemampuan dan menjadikan perkembangan pada Teknologi Informatika. Sederhananya penegertian dari Teknologi Informasi adalah fasilitas - fasilitas yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak yang mendukung dan meningkatkan kualitas bidang infomasi setiap lapisan masyaraka secara cepat dan berkualitas
Buku ini mengulas tentang system teknologi Informatika dan buku ini di peruntukkan sebagai materi belajar anak dari tingkat dini samapai pada level mahasiswa atau pada bidang tersebut, terutama melengkapi kemampuan dan menjadikan ...
Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai tolak ukur atau sudut pandang seseorang terhadap proses pembelajaran, hal ini merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoritis tertentu. Dilihat dari pendekatannya, pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, yaitu: (1) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach) dan (2) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach). Lebih jelasnya, buku ini akan membahas tentang : Bab 1 Pendekatan Induktif Bab 2 Pendekatan Deduktif Bab 3 Pendekatan Inkuiri Bab 4 Pendekatan Discovery Learning (PDL) Bab 5 Pendekatan Lingkungan Bab 6 Pendekatan Konsep Bab 7 Pendekatan CBSA Bab 8 Pendekatan Pemecahan Masalah Bab 9 Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Bab 10 Pendekatan Mutual Adaptasi (PMA) Dalam Pembelajaran
Dilihat dari pendekatannya, pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, yaitu: (1) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach) dan (2) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau ...
Contoh 4: Naskah Asli: Mahasiswa sering berlebihan dalam menggunakan kutipan langsung saat membuat catatan, sebagai akibatnya mereka menggunakan kutipan yang berlebihan dalam tugas karya ilmiah (paper). Mungkin hanya sekitar 10% dari ...
Buku ini mengungkapkan tentang pendekatan saintifik di sekolah dasar. Pendekatan saintifik di sekolah dasar ini sangat diperlukan dalam menunjang terwujudnya seluruh kompetensi dan ranah yang dimuat dalam Kurikulum 2013. Karena dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan memuat semua apa yang diajarkan kepada peserta didik, sedangkan pendekatan pembelajaran merupakan cara bagaimana apa yang diajarkan bisa dikuasai oleh peserta didik. Konsep inilah yang dikemas dalam buku Pendekatan Pembelajaran Saintifik di Sekolah Dasar yang wajib dilaksanakan dan dikembangkan oleh guru baik secara individu maupun kelompok yang mengacu pada silabus Pendekatan Saintifik Di Sekolah Dasar ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak*
Buku ini menjelaskan bagaiman PBLL dalam praktiknya bersifat memandu pembelajaran menggunakan kemampuan dasar bahasa (mendengar, membaca, menulis, berbicara) diterapkan secara aktivitas belajar dan dengan bantuan teknologi semakin mendorong terciptanya rasa senang dan nyaman dalam praktik sungguhan pekerjaan pelaku industri penerbitan mulai tahapan pramenulis, mendraf, merevisi, menyunting, menerbitkan, memasarkan dan menyerahkan.
... SKKNI Penerbitan sebagai penerbitan mulai SMK, Diploma, S1, S2 bahkan S3. pengembangan industri dan kurikulum • Mengembangkan model bahan pendidikan.
Buku ini mencakupi semua program kegiatan pengembangan kompetensi guru secara berkelanjutan—dimulai dari normatif, yuridis, hingga fakta di lapangan; landasan filosofis dan teoretis; perihal pelatihan (professional development); belajar seumur hidup (lifelong learning); hakikat kompetensi guru dan empat kompetensi guru (pedagogis, kepribadian, sosial, dan profesional); sumber belajar (perpustakaan, persatuan guru, laboratorium komputer dan internet). Buku persembahan penerbit Prenada Media Group.
Buku ini mencakupi semua program kegiatan pengembangan kompetensi guru secara berkelanjutan—dimulai dari normatif, yuridis, hingga fakta di lapangan; landasan filosofis dan teoretis; perihal pelatihan (professional development); belajar ...