
modul ilmu pendidikan islam
- Judul : modul ilmu pendidikan islam
- Pengarang :
- Penerbit : iai bunga bangsa cirebon
- Bahasa : Indonesia
- Tahun : 2025
- Halaman : 158
-
Ketersediaan :
011836 Tersedia di Library of UI BBC
011836 |
Tersedia di Library of UI BBC
|
Ilmu Pendidikan Islam merupakan suatu disiplin ilmu pendidikan yang mengkaji tentang seluk-beluk nilai edukasi dalam Islam yang bersumber dari Alquran, hadis, dan ijtihat ulama. Kontruksi teori yang ada dalam ilmu ini didasarkan pada nilai-nilai luruh yang terdapat dalam ajaran agama Islam, di antaranya seperti nilai kepatuhan kepada Tuhan dan nilai kemanusiaan. Di dalam buku ini dibahas mengenai pendidikan Islam yang memiliki karakter khas yang tidak memisahkan antara dunia dan akhirat. Dengan pendidikan yang seperti itu, diharapkan muncul generasi insan kamil (manusia paripurna) yang mampu mengembalikan Islam ke masa kejayaan, seperti masa kejayaan Sinasti Abbasiyah di masa lalu. Buku ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan untuk Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, dan kependidikan Islam di lingkungan Perguruan Tinggi Islam, baik negri maupun swasta. Di samping itu, buku ini juga cocok bagi para dosen atau praktisi pendidikan Islam.
011427 |
Tersedia di Library of UI BBC
|
Ilmu Pendidikan Islam merupakan suatu disiplin ilmu pendidikan yang mengkaji tentang seluk-beluk nilai edukasi dalam Islam yang bersumber dari Alquran, hadis, dan ijtihat ulama.
On Islamic education in Indonesia.
On Islamic education in Indonesia.
Buku ini mengulas bagian terdalam dari konsep pendidikan Islam.
008789 |
Tersedia di Library of UI BBC
|
Al-Attas, al-Faruqi, Golshani, Hasyim Asy’ari, Ahmad Dahlan, dan Hasan Langgulung memberikan inspirasi untuk upaya perbaikan dalam pendidikan Islam. Meski dengan kemampuan yang berbeda, berdasarkan latar belakang pendidikan yang berbeda serta masa yang berbeda. Namun, tokoh-tokoh tersebut sangat peduli akan pendidikan Islam.
Al-Attas, al-Faruqi, Golshani, Hasyim Asy’ari, Ahmad Dahlan, dan Hasan Langgulung memberikan inspirasi untuk upaya perbaikan dalam pendidikan Islam.
Buku Ajar: “Ilmu Pendidikan Islam”, ini merupakan karya dosen-dosen yang telah mendedikasikan dirinya sebagai tenaga pendidik pada bidang keahlian Ilmu Pendidikan Islam. Untuk itu sangat tepat kiranya buku ini menjadi pegangan mahasiswa pada mata kuliah Ilmu Pendidikan Islam. Buku ini menjelaskan secara sistematis tentang muatan materi ilmu pendidikan Islam, mulai dari tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, penugasan, hingga evaluasi, sehingga mampu meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap Ilmu Pendidikan Islam. Secara subtansial, tim editor tidak mengubah isi tulisan. Namun, untuk kepentingan keseragaman tulisan dan segi mekanik, maka tim editor melakukan berbagai penyesuaian dan perubahan. Tulisan yang dimuat sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis.
Namun, untuk kepentingan keseragaman tulisan dan segi mekanik, maka tim editor melakukan berbagai penyesuaian dan perubahan. Tulisan yang dimuat sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis.
Pendidikan Islam sebagai salah satu disiplin ilmu menjadi alternatif dalam rangka membentuk manusia menjadi lebih baik dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dengan begitu, manusia, khususnya pendidik dan peserta didik dapat mengembangkan potensi yang dimiliki menuju perubahan yang lebih baik serta mengangkat harkat dan martabatnya sebagai manusia yang merupakan ciptaan-Nya yang paling baik.
Pendidikan Islam sebagai salah satu disiplin ilmu menjadi alternatif dalam rangka membentuk manusia menjadi lebih baik dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.