Sebanyak 95 item atau buku ditemukan

John Maynard Keynes

Sebuah Pengantar Singkat

John Maynard Keynes (1883-1946) adalah pemikir sentral abad dua puluh. Tidak hanya seorang ahli teori ekonomi dan negarawan, ia juga adalah tokoh penting dalam bidang ekonomi, filsafat, politik, dan budaya. Dalam Pengantar Singkat ini, Lord Skidelsky, seorang penulis biografi terkenal Keynes, mengeksplorasi filsafat etis dan praktis Keynes, pemikiran-pemikiran moneternya, kritik atas teori-teorinya, serta relevansi teori-teori tersebut sejak Perang Dunia Pertama hingga krisis yang terjadi tahun 2007-2008. Dalam buku ini diceritakan bagaimana Keynes mengusulkan solusi untuk membiayai Inggris dalam Perang Dunia Pertama, lalu mencetuskan teori umum tentang ketenagakerjaan pada tahun-tahun damai antara kedua Perang Dunia. Bagaimana kemudian dia bernegosiasi dengan Federal Reserve Board Amerika Serikat untuk mendapatkan pinjaman guna membiayai Inggris dalam Perang Dunia Kedua, juga diceritakan dengan sangat menarik dalam buku ini. Dengan melihat karya-karya utamanya dan sumbangsihnya pada pemikiran ekonomi abad kedua puluh, Skidelsky mempertimbangkan warisan Keynes kepada masyarakat saat ini. Buku ini adalah bacaan yang tepat untuk memahami kehidupan John Maynard Keynes beserta gambaran ringkas teori-teorinya. Skidelsky mempunyai gaya tulisan yang mengalir dan tidak bertele-tele sehingga buku ini dapat dibaca dan dipahami oleh mereka yang awam sekalipun tanpa kesulitan.

John Maynard Keynes (1883-1946) adalah pemikir sentral abad dua puluh.

Explore Bahasa Indonesia Jilid 1 untuk SMP/MTs Kelas VII

Buku EXPLORE BAHASA INDONESIA SMP/MTs ini merupakan buku yang dikembangkan dengan pendekatan sains yang pasti akan disukai siswa karena memiliki keunggulan sebagai berikut.  Materi dan kegiatan dalam buku ini disusun dengan konsep 5M (Mengamati-Menanya-Mencoba-Menalar-Mengomunikasi/ Membentuk Jejaring) yang memungkinkan siswa terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran dan akan menuntun siswa dalam membentuk bangunan pengetahuannya.  Adanya kegiatan dan proyek yang dilakukan secara berkelompok akan menciptakan komunikasi dua arah antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru maupun orang tua, serta siswa dengan orang-orang di sekitarnya. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengasah sikap dan kepedulian terhadap lingkungannya. Dengan demikian, siswa diharapkan dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilannya dalam sikap dan perilaku sehari-hari (character building).  Buku ini membiasakan siswa menjadi kreatif dengan memberikan kebebasan untuk mengeksplorasi pengetahuan yang diperoleh, sehingga siswa terbiasa melihat dan menemukan berbagai alternatif untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi. Dengan demikian, siswa diharapkan dapat menjadi pemecah masalah (problem solver).

(2) Memberikan penyadaran melalui berbagai medium adalah hal yang diupayakannya, termasuk memberdayakan banyak orang muda untuk berbuat lebih banyak bagi Aceh lewat dunia jurnalistik. (1) Lewat buku ini, pembaca tidak hanya akan ...

Isu-isu Islam kontemporer

syari'at antara teori dan praktek, fikih kontemporer, nikah kontrak, pernikahan beda agama, infak produktif, jihad dan terorisme, hak asasi manusia, teologi pembebasan, wacana Islam liberal, jender dan Islam, ekspresi kesenian dalam Islam, news free flow, Islam transformatif dan Islam pluralis, inter faith dialog, reposisi pendidikan Islam

Essays on the interpretation of Islam.

Essays on the interpretation of Islam.

PLURALITAS DALAM BINGKAI NASIONALISME “Telaah atas Pemikiran & Perjuangan KH. Abdul Wahab Hasbullah”

Nasionalisme atau paham cinta tanah air adalah suatu rasa ingin mempertahankan negaranya, nasionalisme merupakan sebuah tema diskusi yang tak pernah habis dibahas di dalam berbagai kalangan masyarakat. Ada istilah juga di negara kita bahwa nasionalisme merupakan kesadaran kebangsaan yang sepertinya akan terus-menerus diperbincangkan selama Indonesia memiliki penghuni. Sejak awal sejarah Islam hubungan agama-negara merupakan fenomena yang menarik, dan pada dewasa ni isu yang membenturkan Islam dan nasionalisme sangat sporadis padahal pada masa pra dan pasca kemerdekaan bangsa kita sudah punya gagasan hubbul wathan minal iman dari tokoh besar sekaliber KH. Abdul Wahab Hasbullah. Maka dari itu pentingnya menghentikan konflik ideologi bangsa dengan pemikiran besar tentang Islam dan cinta tanah air yang dahulu pernah ditawarkan Kiai Abdul Wahab Hasbullah kembali menjadi rujukan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara dewasa ini. Perdebatan mengenai ideologi bangsa sangat membuang energi dan pikiran, karena sudah jelas bahwa Indonesia bukan negara Islam Kiai Abdul Wahab Hasbullah dengan pemikiran Islam dan cinta tanah air yang menghasilkan slogan hubbul wathon minal iman menjadi salah satu tokoh yang berhasil mempersatukan dan menemukan titik temu antara Islam dan nasionalisme yang secara eksplisit pertemuan itu juga menjadi landasan besar bagi terciptanya kesadaran nasionalisme dan kerukunan. Selanjutnya dalam pemikiran Islam dan cinta tanah air Kiai Abdul Wahab Hasbullah juga harus digaris bawahi bahwa sangat terkandung di dalamnya Nila-nilai toleransi pluralitas yang terbingkai ke dalam semangat nasionalisme Kiai Wahab yang kemudian juga menjadi argumen kuat beliau bahwa Islam dan nasionalisme tidak selalu bertentangan bahkan dapat berjalan beriringan dengan mencintai tanah air dan segenap yang ada di dalamnya dan menghiasi kemerdekaan yang diperoleh dengan menerima keberagaman. Kiai Abdul Wahab Hasbullah adalah seorang yang berkarya di atas tanah dengan memperjuangkan negara yang harmonis hal itu di buktikan dengan gelar Pahlawan Nasional yang diperoleh beliau. Ia adalah sosok ulama dan kiai yang berpikir moderat, pragmatis, dan terbuka. Dari Kiai Wahab inilah kita akhirnya mengetahui pemikiran dan perjuangan dari sosok kiai tradisional tersebut, atau Nahdlatul Ulama.

Sejak awal sejarah Islam hubungan agama-negara merupakan fenomena yang menarik, dan pada dewasa ni isu yang membenturkan Islam dan nasionalisme sangat sporadis padahal pada masa pra dan pasca kemerdekaan bangsa kita sudah punya gagasan ...

General Will in Political Philosophy

This book deals with the role and place of the general will in modern and contemporary political thought. This project is carried out at the crossroads of the history of ideas and political philosophy. It extensively develops historical and philosophical themes, showing modifications to the idea of the general will in the writings of thinkers who sometimes represent very distant epochs. The author tracks down the birth and the development of the idea of the general will in ancient, medieval, modern and contemporary times, devoting most of the book to the thoughts of Jean Jacques Rousseau and nineteenth and twentieth century British idealists.

This book deals with the role and place of the general will in modern and contemporary political thought.

Alam Pikiran Islam Pemikiran Kalam

Buku ajar ini menyajikan materi Tauhid/Ilmu Kalam yang terbarukan, yang mengintegrasikan antara pemikiran klasik dan pemikiran modern. Pemikiran klasik Islam menjadi penting untuk dihadirkan kembali dalam relevansi modernitas zaman. Namun apresiasi terhadap warisan masa lalu—klasik—Islam itu harus disikapi secara kritis sesuai tuntutan zaman. Pada gilirannya akan terbangun pemikiran modern yang menatap masa depan dalam ikut menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi zaman dan umat manusia secara universal. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia

Buku ajar ini menyajikan materi Tauhid/Ilmu Kalam yang terbarukan, yang mengintegrasikan antara pemikiran klasik dan pemikiran modern.

Asesmen Pembelajaran Berbasis Komputer dan Android

Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada lembaga pendidikan saat ini sudah menjadi keharusan, karena penerapan TIK dapat menjadi salah satu indikator keberhasilan suatu institusi pendidikan. Tidak sedikit dosen yang memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut. Tren terbaru dalam dunia e-learning saat ini adalah penggunaan komputer dan media portable seperti smartphone untuk mengakses pembelajaran. Penggunaan perangkat pintar smartphone sebagai penunjang proses belajar mengajar ini dirasa bisa menambah fleksibilitas dalam kegiatan belajar mengajar Buku ini diharapkan dapat menjadi pegangan dalam membangun ujian yang berbasis komputer atau handphone untuk penggunaan ujian dan seleksi. Penulis berusaha untuk menuliskan secara detail teori-teori asesmen dalam pembelajaran serta penggunaan aplikasi, teknik dan perangkat-perangkat pendukung lainnya dalam membangun ujian berbasis mobile dan komputer. Pembaca diharapkan dapat secara mandiri mengimplementasikannya sesuai dengan kebutuhannya. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Tes pendidikan atau inventori psikologis mencoba untuk memperoleh informasi tentang atribut individu dengan cara yang lebih sistematis.

Layanan Lembaga Keuangan Syariah SMK/MAK Kelas XII

Buku ini disusun dengan memperhatikan Struktur Kurikulum SMK berdasarkan Kurikulum 2013 edisi revisi spektrum PMK 2018 dan jangkauan materi sesuai dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar untuk kelompok C3 Kompetensi Keahlian. Buku ini diharapkan memiliki presisi yang baik dalam pembelajaran dan menekankan pada pembentukan aspek penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Materi pembelajaran disajikan secara praktis, disertai soal-soal berupa tugas mandiri, tugas kelompok, uji kompetensi, dan penilaian akhir semester gasal dan genap. Buku ini disusun berdasarkan Pemendikbud No 34 tahun 2018 Tentang Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK, pada lampiran II tentang standar Isi, lampiran III tentang Standar Proses dan lampiran IV tentang Standar Penilaian. Acuan KI dan KD mengacu pada Peraturan Dirjen Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan No: 464/D.D5/Kr/2018 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar. Berdasarkan hasil telaah ilmiah, buku ini sangat sistematis, bermakna, mudah dipelajari, dan mudah diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas. Ditinjau dari aspek isi, buku ini cukup membantu siswa dalam memperkaya dan mendalami materi. Pemakaian buku ini juga dapat menantang guru untuk berinovasi dalam pembelajaran sesuai konteks di kelas masing-masing.

Berdasarkan hasil telaah ilmiah, buku ini sangat sistematis, bermakna, mudah dipelajari, dan mudah diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas. Ditinjau dari aspek isi, buku ini cukup membantu siswa dalam memperkaya dan mendalami materi.