Sebanyak 43 item atau buku ditemukan

Akuntansi Utang: Menggali Makna tuk Menggapai Cinta Ilahi dengan Pendekatan Etnohipnosis

Buku ini menggambarkan temuan tentang "utang" di sebuah pesantren dengan metode etnohipnosis. Ditemukan bahwa cinta menjadi basis aktivitas utang-piutang di pondok pesantren. Temuan ini dapat memberikan alternatif wawasan bahwa materialisme bukan satu-satunya cara dalam menelaah transaksi "ekonomi".

Buku ini menggambarkan temuan tentang "utang" di sebuah pesantren dengan metode etnohipnosis.

Orientasi Pendidikan Agama Islam Society 5.0 Telaah Kitab Ayyuhal Al-Walad Karya Imam Al-Ghazali

Dunia pendidikan dalam keadaan serius. Tidak hanya serius dalam melaksanakan pelayanan dengan kualitas terbaik namun juga pendidikan memerlukan pemikiran dan upaya yang seirus terkait keberlangsungan pendidikan itu sendiri terutama masa pandemi ataupun disebut masa adaptasi kebiasaan baru saat ini membuat kompleksitas problem pendidikan semakin lengkap. Pada modern sekarang yakni era revolusi industri 4.0 masyarakat kita telah bersahabat dengan teknologi, hal ini tampak pada pemanfaatan yang mulai merata di kalangan masyarakat terkait dunia digital dalam bidang ekonomi hingga praktik pendidikannya. Akan tetapi pada tahun 2019 lalu kita dikejutkan dengan peresmian society 5.0 yang diinisiasi oleh Jepang, sebagai solusi revolusi industri 4 yang dikhawatirkan akan meniadakan peran manusia dalam dunia pendidikan khususnya karena semua aktivitas pelayanan pendidikan dilakukan oleh robot dan sebaliknya masyarakat 5.0 merupakan masyarakat yang dapat memberikan solusi penyelesaikan setiap problem dan tantangan sosial dengan memanfaatkan hasil inovasi yang terlahir pada masa revolusi industri 4.0 yaitu diantaranya internet (internet on things), data dengan jumlah besar (big data), kecerdasan buatan (artificial intelligence), serta robot guna menaikkan kualitas kehidupan manusia. Ini artinya, komponen utama yang dimanfaatkan masyarakat 4.0 adalah lebih kepada kecerdasan buatan untuk menyelesaikan problemnya, kemudian pada 5.0 ini masyarakat beralih menjadi masyarakat yang berprinsip tetap menggunakan teknologi sebagai alat, sedangkan pelaku utamanya adalah manusia. Sehingga yang semula hanya menjadikan internet sebagai sarana berbagi informasi lalu menjadikan internet sebagai perantara menjalani kehidupan. Adapun posisi buku ini yaitu memberikan orientasi untuk menentukan sikap dan peran Pendidikan Agama Islam dalam pembekalan hidup dalam bermasyarakat era 5.0 dengan berpedomankan kitab Ayyuhal Al-Walad karya Imam Al-Ghazali. Sedangkan cakupan buku ini pada bagian Pertama, menjelaskan, Orientasi Pendidikan Agama Islam Society 5.0 Kedua, Ilmu dan Amal Pegangan Utama Masyarakat 5.0, Ketiga, Sholat sebagai Kendaraan Tercanggih Masyarakat 5.0, Keempat, Macam-macam Perilaku Masyarakat 5.0, Kelima, Pendidikan dalam Masyarakat 5.0, Keenam, Obat Hati Masyarakat 5.0, Ketujuh, Perilaku Yang Harus Dihindari Masyarakat 5.0 , dan Kedelapan, Kunci Sukses Masyarakat 5.0.

Dunia pendidikan dalam keadaan serius.

Activist Citizenship Education

A Framework for Creating Justice Citizens

This book explores alternative models of civics and citizenship education. Specifically, it uses Justice Citizens, a participatory research and film-making project, as a tool to examine young people’s ideas about active citizenship and participation in public spaces. It introduces a framework that seeks to explore the diverse and apparently contradictory nature of young people’s active citizenship. The framework draws on complexity theory combined with critical pedagogy and democratic education to formulate an approach to developing active citizenship among young people. This approach extends theories of both critical pedagogy and education for citizenship, and by doing so seeks to explain the variegated nature of young people’s engagement with civil society. This book contains a valuable repository of ideas and resources for application for teachers to use in schools and classrooms. Academics engaged in initial teacher education, at both primary and secondary levels, will find the framework of use when describing the importance and new approaches to civics and citizenship education within the current school and policy environments.

This book explores alternative models of civics and citizenship education.

STRATEGI DAN INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Dalam buku yang sederhana ini, penulis mencoba mengamati dan merefleksikan pengalaman penulis selama menjadi guru. Kelebihan dan kekurangan guru adalah dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan dari sisi kelebihannya untuk terus ditingkatkan sehingga terwujud guru professional dan inovatif yang menjunjung tinggi integritas moral, spiritual, intelektual, emosional dan sosial sedangkan dari sisi kelemahan yang ada harus segera diperbaharui sehingga menjadi suri teladan bagi peserta didik.

Dalam buku yang sederhana ini, penulis mencoba mengamati dan merefleksikan pengalaman penulis selama menjadi guru.

MAHIR STATISTIKA DAN SPSS

Statistika merupakan mata kuliah dasar yang harus dikuasai oleh mahasiswa karena mata kuliah ini adalah dasar dalam materi metode penelitian terutama digunakan dalam penyususnan tugas akhir. Perhitungan ilmu statistika secara manual membutuhkan waktu yang lama dan rumit. Untuk memudahkan pemahaman statistika maka dalam buku ini diuraikan secara detail bagaimana menghitung secara manual dilengkapi dengan rumus-rumusnya dan dilengkapi dengan program statitik SPSS. Dalam buku ini versi SPSS yang digunakan adalah versi 20. Secara tampilan versi SPSS ini tidak jauh beda dengan versi sebelumnya ataupun versi diatasnya. Para mahasiswa dan Dosen dapat menggunakan buku ini sebagai pelengkap kuliah dan prakteknya terutama dalam aplikasi SPSS. Isi materi dalam buku ini secara umum sudah disesuaikan dengan kurikulum statistika untuk perguruan tinggi. Kami menyadari masih terdapat kekurangan dalam buku ini untuk itu kritik dan saran terhadap penyempurnaan buku ini sangat diharapkan. Semoga buku ini dapat memberi maanfaat bagi mahasiswa, dosen dan bagi semua pihak yang membutuhkan

Statistika merupakan mata kuliah dasar yang harus dikuasai oleh mahasiswa karena mata kuliah ini adalah dasar dalam materi metode penelitian terutama digunakan dalam penyususnan tugas akhir.

EVALUASI PEMBELAJARAN

Konsep Dasar, Prinsip, Teknik, dan Prosedur

Evaluasi merupakan salah satu komponen dari sistem pendidikan yang harus dilakukan secara sistematis dan terencana sebagai alat untuk mengukur keberhasilan atau target yang akan dicapai dalam proses pendidikan dan pembelajaran. Dalam sistem pembelajaran, evaluasi merupakan salah satu komponen penting dan tahap yang harus ditempuh untuk mengetahui keefektifan pembelajaran. Hasil yang diperoleh dapat dijadikan balikan (feedback) dalam memperbaiki dan menyempurnakan program dan kegiatan pembelajaran. Dengan demikian, sudah seharusnya para pendidik dan tenaga kependidikan memahami setiap tahapan dalam proses pembelajaran, termasuk evaluasi pembelajaran. Buku Evaluasi Pembelajaran: Konsep Dasar, Prinsip, Teknik, dan Prosedur berisi 17 Bab yang menjelaskan tentang konsep dasar evaluasi pembelajaran; pengembangan instrumen tes dalam pembelajaran; pengembangan instrumen objektif tes dalam pemelajaran; pengembangan instrumen esai tes dalam pembelajaran; prosedur pengembangan evaluasi pembelajaran; analisis kualitas tes dan butir soal dalam pembelajaran; pengukuran ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik; tes standar dan tes buatan guru; instrumen penilaian dalam pembelajaran di kelas; peran observasi dan wawancara dalam evaluasi; peranan evaluasi pendekatan PAP dan PAN; penetuan grade sebagai alat evaluasi hasil belajar; penilaian unjuk kerja; penilaian produk; penilaian proyek; penilaian portofolio; dan penentuan penilaian afektif. Buku ini diperuntukkan bagi mahasiswa pendidikan (calon guru), tenaga kependidikan, guru, dosen, tenaga evaluator kependidikan, dan siapa saja yang menaruh minat dalam bidang evaluasi pembelajaran.

Evaluasi merupakan salah satu komponen dari sistem pendidikan yang harus dilakukan secara sistematis dan terencana sebagai alat untuk mengukur keberhasilan atau target yang akan dicapai dalam proses pendidikan dan pembelajaran.

Kejahatan Transfer Dana

Evolusi Dan Modus Kejahatan Melalui Sarana Lembaga Keuangan Bank

Transfer dana merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh masyarakat terutama nasabah bank. Seiring dengan perkembangan teknologi yang mempercepat dan mempermudah transfer dana. Proses transfer dana dilakukan melalui cara Lalu Lintas Giro (LLG) dan Real Time Gross Settlement (RTGS). Yang memudahkan nasabah melakukan kegiatan transfer dana. Kegiatan ini bukan tanpa risiko karena oknum tertentu berkolaborasi dengan internal bank dapat dan telah menyalahgunakan fasilitas yang tersedia. Penyalahgunaan tersebut berujung pada terjadinya tindak pidana yang merugikan nasabah secara finansial. Buku ini memaparkan aspek transfer dana, contoh dan analisis kasus sampai dengan penanggulangan serta bagaimana merespons kejahatan dengan segera. Karya tulis ini cocok dipelajari oleh para praktisi, akademisi, pelaku bisnis, penegak hukum dan masyarakat khususnya nasabah suatu bank untuk semakin memahami perihal transfer dana.

Buku ini memaparkan aspek transfer dana, contoh dan analisis kasus sampai dengan penanggulangan serta bagaimana merespons kejahatan dengan segera.

PENGANTAR MANAJEMEN ISLAMI

Buku ini membahas mengenai ilmu Manajemen Islami yang memuat berbagai hal tentang konsep manajemen islami, perkembangan konsep manajemen, manajemen bisnis masa Rasulullah Muhammad Saw., ekonomi & lingkungan bisnis, prakiraan bisnis, perencanaan, pengorganisasian, pengoordinasian bisnis, termasuk bab tentang pengawasan dan pengarahan. Dalam buku ini juga dibahas tentang komunikasi, motivasi, rancangan & jenis pengendalian, serta konsep dan beberapa pendekatan tentang manajemen mutu.

Buku ini membahas mengenai ilmu Manajemen Islami yang memuat berbagai hal tentang konsep manajemen islami, perkembangan konsep manajemen, manajemen bisnis masa Rasulullah Muhammad Saw., ekonomi & lingkungan bisnis, prakiraan bisnis, ...

PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (Perspektif Ekonomi Islam)

Tulisan ini merupakan representasi dari disertasi penulis dalam rangka penyelesaian program doktor, konsentrasi ekonomi Islam pada Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Tulisan diawali dari keprihatinan penulis terhadap persoalan kemiskinan, pengangguran serta kesenjangan ekonomi yang sangat tajam di Indonesia. Sementara semangat dan kerja keras dari kelompok masyarakat melalui pengembangan usaha kecil dan mikro dan menengah (UMKM) belum membuahkan adanya pemerataan pendapatan bagi kelompok ini, padahal masyarakat yang mengeluti UMKM (sebanyak 99,99 persen) serta kontribusinya sangat besar dalam menopang perekonomian nasional. Penulis berpandangan, bahwa ekonomi Islam yang bersumber dari norma dan nilai-nilai shariah dapat memberikan solusi secara konseptual dan empiris terhadap persoalan ekonomi tersebut sekaligus penguatan terhadap keberadaannya dalam tataran ilmu, sistem, dan tata kelola perekonomian masyarakat berbasis shariah.

Tulisan ini merupakan representasi dari disertasi penulis dalam rangka penyelesaian program doktor, konsentrasi ekonomi Islam pada Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.