Sebanyak 104 item atau buku ditemukan

TAFSIR PENDIDIKAN

Konsep Pendidikan Berbasis Alquran

Setiap Muslim sudah bersepakat bahwa Al Quran memberikan penjelasan yang sangat gambling tentang gambaran dan karakter kehidupan dunia dan akhirat. Tidak hanya itu, Al Quran juga sudah memberikan rambu-rambu yang jelas kepada manusia, termasuk tentang konsep pendidikan yang komprehensif. Sebuah pendidikan disebut komperehensif jika ia berorientasi pada kepentingan hidup di dunia dan akhirat sekaligus. Hasil yang diharapkan dari konsep pendidikan yang komprehensif itu adalah lahirnya insan kamil. Media terbaik untuk menciptakan adalah pendidikan. Salah satu penunjang konsep pendidikan adalah buku. Pada jenjang manapun, buku merupakan sarana pendukung yang utama, selain media lainnya. Sejatinya, buku ini berkaitan erat dengan matakuliah Tafsir Tarbawi, Tafsir Pendidikan. Nomenklatur matakuliah ini berkaitan dengan tafsir Al Quran, dan karena itu, konten buku ini akan selalu berkaitan dengan penjelasan Al Quran tentang pendidikan dan pengetahuan. ………….. Buku yang menunjang Matakuliah Tafsir Tarbawi ini mengulas konsep dasar pendidikan Islam; landasan metode pendidikan qur’ani; metode dan proses pembelajaran dalam Islam; peserta didik dalam pendidikan Islam; pendidik dalam pendidikan Islam; tafsir ayat-ayat berdimensi pendidikan; kewajiban belajar mengajar, tujuan pendidikan, subyek pendidikan, obyek pendidikan, dan metode pengajaran. Target akhir, mahasiswa memiliki pengetahuan yang baik tentang pengantar tafsir pendidikan, mengenal Al Quran, sejarah dan perkembangan tafsir, metode, corak dan kaidah-kaidah penafsiran, pendidikan dan pendidikan Islam, konsep taklim, tarbiyah dan tahdzib. Dengan kemampuan itu, mereka juga diharapkan mampu mencetak generasi atau peserta didik dengan kepribadian yang lebih baik.

Salah satu penunjang konsep pendidikan adalah buku. Pada jenjang manapun, buku merupakan sarana pendukung yang utama, selain media lainnya. Sejatinya, buku ini berkaitan erat dengan matakuliah Tafsir Tarbawi, Tafsir Pendidikan.

Praktikum Manajemen Operasional

Buku ini ditulis guna melengkapi referensi praktikum manajemen operasional dengan pendekatan perangkat lunak yang masih sangat terbatas. Penyajian buku ini dibagi dalam empat bagian. Bagian pertama, pengenalan perangkat lunak yang memberikan gambaran umum mengenai perangkat lunak POM for Windows yang digunakan untuk memecahkan masalah dalam bidang produksi dan operasi yang bersifat kuantitatif. Bagian kedua, memaparkan pengantar modul dari beberapa contoh permasalahan di bidang operasional dengan menggunakan pendekatan perangkat lunak. Bagian ketiga, penerapan modul dalam memecahkan masalah dibidang operasional, yang secara rinci dijelaskan mulai dari input data, process hingga membaca output data (results). Bagian keempat, contoh penelitian dibidang operasional yang telah diseminarkan (artikel) dan slide power point.

Bagian keempat, contoh penelitian dibidang operasional yang telah diseminarkan (artikel) dan slide power point. Buku Praktikum Manajemen Operasional ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Exploring Islamic Education Teachers' Competency in Teaching Tilawah Al-quran in Two Selected Secondary Schools in Gombak

A Case Study

Tilawah al-Quran is one of the components of the Islamic Education curriculum of primary and secondary schools in Malaysia. Teaching Tilawah al-Quran involves verbal skills, reading fluency, skills of fasohah, recitations with tajweed and reading with tadwir and tartil, and comprehension of Quranic verses. Successful outcome of teaching and learning Tilawah al-Quran requires skilled and competent teachers. These requirements are vital for Islamic Education teacher so that they can master the teaching of Tilawah al-Quran effectively. Thus, this study attempts to explore Islamic Education teachers' competency in teaching Tilawah al-Quran. This study employed a case study approach. Data were collected through interviews and classroom observations. This study was carried out in two Malaysian secondary schools in Gombak district. The study was involved three Islamic Education teachers. The study found that in order to be competent in teaching Tilawah al-Quran, teacher should have knowledge, appropriate skills and teaching methods. The data analysis revealed that the five elements of teaching competencies applied by the Islamic Education teachers in teaching Tilawah al-Quran include teaching methodology, using teaching aids, using classroom management techniques, assessing and evaluating students learning, and possessing good personality and attitude. The study suggested that to become a competent teacher in teaching Tilawah al-Quran, an Islamic Education teacher should be knowledgeable, having teaching skills especially the ability to teach and transmit the knowledge and skills to students, as well as using appropriate pedagogies. Additionally, Islamic Education teacher should have good personality and attitude.

Tilawah al-Quran is one of the components of the Islamic Education curriculum of primary and secondary schools in Malaysia.

Pendidikan Agama Islam : Akidah Akhlak Untuk Madrasah Aliyah Kelas X

Bismillahirrahmanirrahim Buku pelajaran Akidah Akhlak untuk Madrasah Aliyah (MA) Kelas X ini disusun tetap berdasarkan Kurikulum Madrasah yang dikeluarkan Menteri Agama RI Tahun 2013, yang dalam pelaksanaannya berpedoman kepada Keputusan Menteri Agama RI No. 165 Tahun 2014, dan Surat Edaran Dirjen Pendis Kemenag RI Tahun 2015, terdiri atas 9 Bab. Setiap bab mengandung: uraian materi pelajaran, rangkuman, hikmah, evaluasi dan tugas dari bab yang bersangkutan

Peta Konsep Husnuzzan Tobat Akhlak Terpuji Khauf Raja ' Menjenguk Orang Sakit berarti perilaku atau adab . Menurut Ibnu Maskawaih , akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang mendorongnya untuk melakukan perbuatan tanpa ...

Dinamika pendidikan Islam di Indonesia pascakemerdekaan

History and development of Islamic education and Islamic religious education in Indonesia.

History and development of Islamic education and Islamic religious education in Indonesia.

Kebijakan pendidikan Islam dari ordonansi guru sampai UU Sisdiknas

Legal aspects of Islamic education in Indonesia.

Legal aspects of Islamic education in Indonesia.

Tafsir Ibn Kathir Juz' 11 (Part 11)

At-Tauba 93 to HUD 5

This is Part Eleven of an abridged English version of Tafsir Ibn Kathir. Our aim in presenting the tafsir of the entire thirty parts of the Qur'an is to gather in one place, for the English-speaking public, all relevant information needed to make the Qur'an more understandable and easier to study. These thirty tafsir books try to do this by providing the following: 1.The Arabic Text for those who are able to read Arabic 2.Transliteration of the Arabic text for those who are unable to read the Arabic script. This will give them a sample of the sound of the Qur'an, which they could not otherwise comprehend from reading the English meaning. 3.The meaning of the qur'an (translated by Dr. Muhammad Taqi-ud-Din Al-Hilali, Ph.D. and Dr. Muhammad Muhsin Khan) 4.Background introductions by two famous Islamic scholars, Maududi and Ibn Kathir 5.Explanation (abridged Tafsir) by Ibn Kathir (translated under the supervision of Safi-ur-Rahman al-Mubarakpuri) We hope that by doing this an ordinary English-speaker will be able to pick up a copy of this book and study and comprehend The Glorious Qur'an in a way that is acceptable to the understanding of the Rightly-guided Muslim Ummah (Community).

He paid special attention to the questions arising out of the conflict between the
Islamic and the contemporary Western whorl. He also attempted to discuss some
of the major problems of the modern age and sought to present Islamic solutions
 ...

Pengantar Manajemen Pendidikan

Pemahaman para pengelola dan personil pendidikan tentang: Konsep Administrasi/Manajemen Pendidikan, Bidang Garapan Manajemen Pendidikan, Kepemimpinan Pendidikan, Pengembangan dan Pemberdayaan Guru, Analisis Kebijakan Pendidikan, Supervisi Pendidikan, Manajemen Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah, Manajemen Mutu Pendidikan, merupakan faktor yang dapat memengaruhi pencapaian tujuan pendidikan yang bermutu.

Pemahaman para pengelola dan personil pendidikan tentang: Konsep Administrasi/Manajemen Pendidikan, Bidang Garapan Manajemen Pendidikan, Kepemimpinan Pendidikan, Pengembangan dan Pemberdayaan Guru, Analisis Kebijakan Pendidikan, Supervisi ...