Sebanyak 99 item atau buku ditemukan

Entrepreneurship-Intrapreneurship

Untuk Kemandirian Dan Kelestarian Bisnis

Buku ini membahas topik yang mendasar dalam prinsip kemandirian dalam kehidupan hingga solusi yang dapat dikembangkan untuk menjadi wirausahawan dengan mindset yang benar. Wisausahawan merupakan pribadi yang kreatif, inovatif, serta mampu mengembangkan potensi dirinya. Semua isi buku ini akan memberikan wawasan dan pencerahan bagi wirausaha pemula. Berwiraswasta tanpa wawasan yang memadai akan membutuhkan proses yang lama bahkan akan membuat pesimis atau patah semangat karena tidak mampu mencari solusi atas masalah yang dihadapi selama melakukan usaha. Menjadi produktif dan berpenghasilan merupakan kewajiban bagi setiap orang, baik karyawan maupun wiraswasta. Sedangkan menjadi produktif dengan berwiraswasta merupakan hal yang wajib dilakukan individu yang berjiwa mandiri. Berdasarkan ukurannya, skala wajib berwiraswasta terbagi atas dua ukuran: (1) skala kecil, menciptakan usaha kecil untuk penghidupan diri dan keluarganya sebagai fardu ‘ain; dan (2) skala besar, membuat perusahaan untuk menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat luas dan memimpin orang banyak sebagai fardu kifayah. Berwiraswasta sering dikaitkan dengan modal. Namun, banyak orang tidak menyadari human capital dan social capital yang telah dimilikinya sebenarnya dapat dikapitalisasi dan berkontribusi melebihi kekuatan finansial dalam mewujudkan peluang bisnis. Human capital merupakan pengetahuan dan keterampilan inovatif, sedangkan social capital merupakan penggunaan ikatan sosial individu sebagai bentuk modal. Kemandirian ekonomi dapat diraih dengan modal pikiran, perasaan, dan tindakan yang benar. Salah satunya adalah dengan cara mengembangkan diri melalui jalur wiraswasta dengan cara berani mengambil resiko, mengembangkan semangat wirausaha, mewujudkan visi dan misi, hingga mengembangkan serta mengupayakan strategi dalam bekerja secara profesional.

Buku ini membahas topik yang mendasar dalam prinsip kemandirian dalam kehidupan hingga solusi yang dapat dikembangkan untuk menjadi wirausahawan dengan mindset yang benar.

ETIKA BISNIS DALAM ISLAM (TEORI DAN APLIKASI)

Allah swt menjelaskan bahwa Rasulullah memiliki akhlak yang mulia, وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ / “Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung.” (QS. 68: 4). Berikutnya Allah swt berfirman: “Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah.” (QS. 33: 21). Kedua aayat tersebut menjelaskan bahwa, Rasulullah saw memiliki akhlak yang agung dan ummat manusia agar meraih kesuksesan dalam hidupnya, termasuk dalam kegiatan bisnis mereka, hendaknya mengikuti atau beruswah dan berqudwah kepadanya dan juga kepada para Nabi lainnya. Hal ini sejalan dengan firman Allah: “Sungguh, pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang yang mempunyai akal. (Al-Qur'an) itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya, menjelaskan segala sesuatu, dan (sebagai) petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (QS. 12: 111). Dengan demikian bagi para pelaku bisnis, disamping harus memiliki bakat, minat, menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan, serta belajar dari pengalaman atau kasus-kasus yang terjadi dalam berbisnis, tidak kalah pentingnya adalah mengimplemantasikan dan mengintegrasikan etika/akhlak islami yang bersumber dari al-Quran, hadits dan pandangan para ahli dalam bisnis agar bisnis mereka berhasil, sukses, dan berkelanjutan.

Kapitalisme merupakan sistem ekonomi politik yang cenderung ke arah pengumpulan kekayaan secara individu tanpa gangguan kerajaan/ otoritas tertentu. Dalam hal ini, pemilik modal bisa menguasai pasar serta menentukan harga dalam rangka ...

Total Quality Management for Schools

Presents the principles and applications of TQM for transformation of schools.

Presents the principles and applications of TQM for transformation of schools.

Indikator gender untuk perencanaan pembangunan

pengalaman Repelita VI.

Gender analysis pathway, gender indicators for policy of planning and development in Indonesia.

Pengembangan Tujuan : Informasi - Untuk meningkatkan , mengembangkan , dan memanfatapkan Pendidikan sistem informasi pendidikan sehingga mampu memberikan data dan informasi yang akurat , tepat waktu dan sesuai kebutuhan guna proses ...

Report of the Proceedings of the Third Teacher Education Conference

Held at Egerton University, Njoro, from 5th to 9th December 1994

STAFF - DEVELOPMENT FOR TEACHERS Initial teacher training is not adequate for continued professional growth . There is need for regular in - service training for all teachers . The teacher operates in a dynamic socio - cultural setting ...

Pertanggungjawaban Pengurus Besar, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), masa bakti ke-14 (1979-1984)

disampaikan kepada Kongres PGRI XV, tanggal 16-21 Juli 1984 di Jakarta

... wadah Organisasi perjuangan yang bersifat profesional , yang hingga kini tetap berdiri tegak dengan nama PGRI . ... segala kesadaran dan idealisme bergerak menegakkan eksistensi dan kiprah karyanya sebagai organisasi profesi guru ...

Teori Perilaku Konsumen

Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Biasanya untuk barang dengan keterlibatan rendah (low-involvement), proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang dengan keterlibatan tinggi (high-involvement), proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang. Di sisi lain, perilaku konsumen merupakan proses seorang pelanggan dalam membuat keputusan untuk membeli, menggunakan serta mengonsumsi barang-barang dan jasa yang dibeli, juga termasuk faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian dan penggunaan produk. Dari definisi tersebut, perilaku konsumen mengacu pada keinginan dan kebutuhan konsumen dalam aktivitas perusahaan. Konsep konsumen adalah raja nampaknya menjadi penting dipahami segenap pebisnis. Hal ini terjadi karena mereka memiliki kemampuan penuh untuk menyaring semua yang ditawarkan perusahaan dengan motivasi dan persepsi yang mereka miliki. Buku perilaku konsumen ini merupakan buku yang menjelaskan tentang perkembangan perilaku konsumen dari awal sampai era saat ini. Tentu banyak informasi yang terkait kajian perilaku konsumen disampaikan, baik dari sisi teoretis maupun kisah-kisah praktik yang terjadi di dunia bisnis. Buku ini sangat cocok digunakan oleh berbagai kalangan. Kalau Anda pebisnis, buku ini cocok karena banyak informasi penting dan aktual tentang beragam kasus bisnis dan teori yang sudah dikembangkan beberapa dekade sebelumnya. Kalau Anda mahasiswa, buku ini cocok sebagai bekal Anda menguatkan pemahaman dan konsep perilaku konsumen, terlebih ada mata kuliah yang secara spesifik membahas tentang perilaku konsumen di berbagai fakultas yang ada di universitas negeri maupun swasta. Kalau Anda konsultan, buku ini juga bisa digunakan untuk referensi mengelola konsultan Anda, terutama yang terkait dengan perilaku konsumen, lebih khusus lagi tentang bagaimana mengetahui, memahami, dan mendesain untuk menyikapi perilaku konsumen yang sedang berubah.

Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.