Sebanyak 224 item atau buku ditemukan

Korelasi Kebudayaan dan Pendidikan

Membangun Pendidikan Berbasis Budaya Lokal

Dalam kaitan pembentukan karakter yang diharapkan, maka baik kebudayaan maupun pendidikan saling mendukung. Kebudayaan memiliki nilai-nilai budaya yang berfungsi dan mampu membentuk karakter manusia pendukungnya. Yang diperlukan ialah para pendidik dan pemerintah harus berkemauan dan mampu menggali nilai-nilai kebudayaan yang dibutuhkan untuk membangun karakter yang dibutuhkan oleh bangsa. Namun yang paling utama ialah pendidikan harus mampu membentuk kepribadian yang memang berkeinginan keras untuk memiliki karakter yang baik dan berguna bagi bangsa. Moral yang diperoleh dari nilai-nilai budaya dan terutama mendapat dukungan dari ajaran agama dan kepercayaan yang dianut oleh setiap insan manusia Indonesia. Menurut penelitian penulis ada sejumlah 10 fungsi pendidikan asli milik bangsa Indonesia yang harus dilaksanakan di dalam pendidikan dan pengajaran di lembaga-lembaga sekolah dan universitas. Bila ditambah dengan 8 yang dikemukakan oleh Metta Spencer dan Alex Inkeles, maka kita memiliki 18 fungsi pendidikan yang sangat fungsional.

Dalam kaitan pembentukan karakter yang diharapkan, maka baik kebudayaan maupun pendidikan saling mendukung.

Assesmen Pembelajaran PAUD

Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan anak usia dini merupakan tahap pendidikan yang fundamental. Ada 2 hal penting yang dialami anak usia dini, pertama adalah usia golden age dimana perkembangan seluruh aspek berkembang secara pesat, kedua, anak usia dini merupakan masa kritis, dimana seluruh aspek perkembangan pada usia ini menentukan perkembangan berikutnya. untuk mengetahui sejauh mana perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik salah satunya yaitu dengan melakukan assesmen atau penilaian. Kegiatan penilaian merupakan usaha mengumpulkan dan menafsirkan berbagai informasi secara sistematis, berkala, berkelanjutan, dan menyeluruh tentang proses dan hasil dari pertumbuhan serta perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik. Adapun tujuan pelaksanaan assesmen yaitu untuk (1) merencanakan pembelajaran individual dan kelompok agar dapat berkomunikasi dengan orang tua. (2) Mengidentifikasi anak yang memerlukan bantuan atau layanan khusus. (3) Mengevaluasi apakah tujuan pendidikan sudah tercapai atau belum. Oleh karena itu kegiatan assesmen anak usia dini tidak terlepas dari 3 hal ini. Untuk lebih mampu memberikan gambaran yang jelas mengenai assesmen pada anak usia dini, dalam buku ini akan dipaparkan berbagai kajian ilmiah tentang konsep dasar anak usia dini beserta aspek-aspek perkembangannya. Buku ini juga dilengkapi dengan teknik penilaian assesmen yang efektif dan tepat untuk diterapkan dalam pendidikan anak udia dini. Dalam buku ini terdiri dari 10 bab yang membahas tentang Assesmen autentik anak usia dini, Assesmen observasi dan portofolio anak usia dini, Assesmen unjuk kerja dan catatan anekdot anak usia dini, Assesmen percakapan pada anak usia dini, Assesmen Pembelajaran moral agama anak usia dini, Assesmen perkembangan kognitif pada anak usia dini, Assesmen perkembangan bahasa pada anak usia dini, Assesmen perkembangan sosio emosional anak usia dini, Assesmen perkembangan fisik motorik anak usia dini, Assesmen perkembangan seni pada anak usia dini.

Pendidikan anak usia dini merupakan tahap pendidikan yang fundamental.

Sikap Islam terhadap kekerasan, damai, toleransi dan solidaritas

46 b. Damai dalam keyakinan dan kepercayaan. ... 49 2. Damai dalam
kehidupan pribadi . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 52 3. Damai dalam hubungan antar
manusia. . . . . . . . . . . . . . 55 4. Damai dalam struktur masyarakat . . . . . . . . . . . . . . . .
. 57 5.

Masuk Surga Tanpa Ibadah

Kisah-kisah generasi terdahulu banyak memberikan hikmah dan nilai-nilai yang patut dipelajari bagi generasi mendatang, baik kisah yang baik maupun yang buruk. Dengan semakin banyak membaca kisah-kisah penuh hikmah, manusia dapat bertindak lebih arif dan bijaksana. Jika sebuah kisah mengandung kebaikan, maka dapat dijadikan teladan. Sebaliknya, jika kisah tersebut mengandung keburukan, kita dapat mengambil pelajaran untuk tidak melakukan hal yang sama. Buku Masuk Surga Tanpa Ibadah berisi tentang beberapa kisah, baik yang bersumber dari Al-Qur’an, Hadis, kisah-kisah generasi terdahulu, maupun kisah fiksi yang mengandung hikmah dan patut dipelajari. Dalam kisah-kisah yang disampaikan ditambahkan pembahasan untuk memperkuat pesan moral dan dipertegas dengan dalil-dalil yang berasal dari Al-Qur’an, hadis-hadis Rasulullah saw., dan pendapat para ulama. Dengan buku ini, penulis berharap pembaca dapat menemukan pelajaran-pelajaran penting tentang berbagai hal dalam kehidupan, serta dapat mengamalkannya untuk mencapai kehidupan yang lebih baik dan diberkahi Allah Swt.

Buku Masuk Surga Tanpa Ibadah berisi tentang beberapa kisah, baik yang bersumber dari Al-Qur_an, Hadis, kisah-kisah generasi terdahulu, maupun kisah fiksi yang mengandung hikmah dan patut dipelajari.

Ibadah Ringan Berpahala Besar untuk Wanita

Sungguh beruntung menjadi wanita. Sebab dalam beberapa hal, Allah SWT melalui lisan Rasul-Nya memberikan kemudahan dan keistimewaan untuk wanita. Salah satu keistimewaan itu terletak pada aktivitas ibadah yang dapat dilakukan dengan mudah, tetapi pahalanya setara dengan ibadah yang dinilai berat. Ibarat seorang pedagang, dengan sedikit modal, tetapi mendapatkan keuntungan besar. Menariknya, ketika para wanita merasa memiliki sedikit waktu untuk beribadah karena mengalami masa haid dan nifas, atau karena kesibukan lainnya, maka tawaran ibadah ringan ini menjadi sesuatu yang menggiurkan. Rasa-rasanya, kita sudah tidak sabar lagi untuk mengetahui ibadah ringan apa saja yang ditawarkan kepada para wanita dengan pahala yang sangat besar itu. Buku ini membahas semua hal yang berkaitan dengan ibadah ringan khusus wanita, dimulai dengan kisah menakjubkan para wanita ahli ibadah, bagaimana agar setiap amalan bernilai ibadah, ibadah khas apa saja yang hanya dapat dilakukan oleh para wanita, hak dan kewajiban wanita, dan amalan-amalan ringan yang berpahala besar. Kehadiran buku ini dapat menambah pengetahuan tentang ibadah ringan wanita dan memotivasi para wanita untuk selalu melakukan kebajikan dan konsisten dalam beribadah. -RuangKata-

Sungguh beruntung menjadi wanita.

Polemik tentang kebudayaan dan agama

sebuah modus vivendi

Different viewpoint and approach on the aspects of Islamic teachings in Indonesia.

Different viewpoint and approach on the aspects of Islamic teachings in Indonesia.

Pendidikan dan Politik

Antara pendidikan dan politik mempunyai keterkaitan satu dengan yang lain. Keduanya diibaratkan dua sisi mata uang perang yang mempunyai perbedaan, akan tetapi disisi lain juga mempunyai persamaan. Proses pendidikan yang bermutu diharapkan mampu menghasilkan warga negara yang melek politik, yakni warga negara yang sadar akan hak dan kewajibannya terhadap negara. Negara yang maju tidak bisa berdiri sendiri tanpa dukungan dari warganya. Oleh karenanya, terlebih dahulu rakyatnya harus dididik supaya cerdas. Kecerdasan seseorang tentu tidak hanya diukur melalui satu segi, melainkan dari sudut yang menyeluruh. Maka dari itu, individu yang cerdas secara akademik belum tentu cerdas secara sosial. Begitu pula sebaliknya. Bagi Anda yang berminat mendalami bidang pendidikan dan politik, kiranya buku ini bisa dijadikan sebagai alternatif untuk dipelajari lebih lanjut. Anda akan mendapatkan pencerahan mengenai pendidikan dan politik, terutama masa kini dan prediksi masa mendatang. Generasi muda seharunya menjadi motor penggerak terhadap inovasi milenial guna menjawab tantangan global. Lakukan perubahan sesuai profesi kita masing-masing. Jangan hanya menjadi generasi penerus, melainkan jadilah generasi yang mampu merubah sesuatu yang belum baik.

Antara pendidikan dan politik mempunyai keterkaitan satu dengan yang lain.

Fisiologi Manusia dan Metabolisme Zat Gizi

Definisi zat gizi adalah zat kimia yang dapat digunakan oleh organisme untuk mempertahankan kegiatan metabolisme tubuhnya. Kegiatan metabolisme pada manusia dan hewan lainnya termasuk penyediaan energi, pertumbuhan, pembaruan jaringan, dan reproduksi. Beberapa bahan kimia yang berperan sebagai zat gizi adalah karbohidrat, protein, asam lemak, vitamin dan elemen lain. Bahan kimia seperti serat makanan dan metabolit sekunder tanaman, merupakan bagian dari makanan tetapi tidak diklasifikasikan sebagai zat gizi. Nutrisi atau zat gizi adalah senyawa dari makanan yang digunakan tubuh untuk fungsi fisiologis normal. Definisi yang luas ini mencakup senyawa yang digunakan langsung untuk produksi energi, yang membantu dalam metabolisme (koenzim), untuk membangun struktur tubuh, atau untuk membantu dalam fungsi sel tertentu. Suatu zat gizi sangat penting untuk organisme dalam kelangsungan siklus hidup dan terlibat dalam fungsi organisme.

Definisi zat gizi adalah zat kimia yang dapat digunakan oleh organisme untuk mempertahankan kegiatan metabolisme tubuhnya.