Masa muda adalah masa keemasan. Pada masa ini baik tubuh, akal, maupun pikiran sedang berada dalam performa terbaiknya. Masa muda juga memiliki banyak sekali keutamaan sebagaimana yang tercantum di dalam Al-QurÕan dan As-Sunnah. Oleh karenanya, para pemuda harus memanfaatkan masa keemasan ini serta mengeluarkan segenap potensi yang ada pada diri mereka. Namun, tak bisa dipungkiri pula bahwa problematik masa muda amatlah banyak. Sehingga hal itu sering kali menghambat para pemuda, membuat mereka depresi, bahkan ada yang nekat mengakhiri hidupnya sendiri. Nauzubillah min dzalik. Alhamdulillah, dengan izin Allah TaÕala, buku ini hadir di tengah-tengah kita. Buku ini akan membantu para pemuda untuk melewati masa mudanya dengan tenang. Tanpa ada sesuatu yang mengganggu jiwa maupun membebani pikiran mereka. Buku ini berisi ajaran-ajaran Islam berdasarkan Al-QurÕan dan As-Sunnah yang terbukti ampuh dalam menciptakan ketenangan hidup. Sehingga para pemuda dapat memanfaatkan masa mudanya dengan sebaik mungkin.
... berubah Tahajud umat tatkala Islam, adadan Qiyamullail membaca Al-Qur'an adalah bentuk menyendirinya seorang muslim yang dilakukan pada setiap malam.
Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam penyebaran ilmu pengetahuan, khususnya terkait dengan berbagai model pembelajaran berbasis inovatif. Buku ini memberikan nuansa berbeda yang saling menyempurnakan dari setiap pembahasannya, bukan hanya dari segi konsep yang tertuang secara terperinci, tetapi juga melalui penyampaian contoh penerapan yang sesuai dan mudah dipahami. Sistematika buku ”Model Pembelajaran Inovatif” ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 10 Bab yang dibahas secara rinci dalam pembahasan mengenai konsep dasar model pembelajaran berbasis inovatif, diantaranya: Konsep Pembelajaran, Model Pembelajaran, Pembelajaran berbasis High Order Thinking Skill (HOTS), Model Contextual Teaching and Learning (CTL), Model Pembelajaran Berbasis E-Learning, Model Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Model Pembelajaran Berbasis Penemuan, Model Pembelajaran Berbasis Proyek, dan Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri.
Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam penyebaran ilmu pengetahuan, khususnya terkait dengan berbagai model pembelajaran berbasis inovatif.
Proses pendidikan tidak hanya membentuk intelektual dan keterampilan tertentu saja, akan tetapi juga membentuk dan mengembangkan sikap dan nilai agar anak berperilaku sesuai dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat. Namun demikian, dalam proses pendidikan tersebut pembelajaran afektif atau sikap terabaikan, tenggelam oleh wacana proses intelektual atau kognitif dan keterampilan yang lebih mudah dalam proses pembelajaran dan evaluasinya. Buku ini membahas seputar pengembangan afektif, khususnya dalam ranah pendidikan anak usia dini. Berbagai topik penting dalam buku ini mencoba mengantarkan para pembaca untuk memahami apa yang dimaksud dengan afektif, aspek-aspek yang berkaitan dengan afektif, strategi pengembangan afektif, dan bagaimana mengukur pengembangan afektif anak di sekolah. Buku ini diharapkan tidak saja memberikan landasan teori tetapi juga pengaplikasian teori tersebut.
Pertama dan utama, penulis memanjatkan puji sukur kehadirat Allah SWT, serta shalawat dan salam kepada Nabi tercinta Muhammad SAW. Dimana atas inayah-nya dan berkah Nabi-nya penulis dapat menyelesaikan buku ini meskipun dengan segala kekurangannya. Buku ini adalah buku penulis yang secara khusus bicarakan tentang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang diperkayakan dengan tulisan lain dalam bidang pendidikan. melihat isi buku, penulis memberikan nama karya dengan judul “Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Diperguruan Tinggi”. Buku ini berisi tentang bahan ajar yang akan diajarkan diperguruan tinggi dengan kajian-kajian sebagai berikut, Meberikan Pemahaman Tentang dan Hakikat isi Pancasila Sebagai Falsafah Negara dan Pandangan Hidup Bangsa Indonesia, UUD 1945 dan GBHN dan Pembentukan Karakter Sehingga dapat diamalkan dalam Kehidupan Sehari-hari. Pada akhirnya atas selesainya penulisan buku ini penulis mengucapkan terimakasih kepada suami/istri tercinta yang banyak memberikan supor dalam penyelesaian buku ini. dan demikian pula ucapan terimakasih kepada teman-teman lain yang tidak mungkin penuliskan sebutkan satu persatu disini telah membantu penulisan dalam penyelesaian buku ini.
PEMBANGUNAN PEDESAAN DALAM KONTEKS PEMBANGUNAN NASIONAL
Oleh Umar Burban Apabila pembangunan nasional digambarkan sebagai suatu
lingkaran maka titik pusat dari lingkaran tersebut adalah pembangunan ...
Guru merupakan salah satu profesi selalu dituntut untuk bersikap profesional dalam melaksanakan tugas dan perannya. Selain itu, guru yang profesional juga harus mampu meningkatkan kompetensinya agar tercapai kondisi proses pembelajaran yang efektif dan tercapai tujuan belajar secara optimal. Untuk itu, adanya mata kuliah Strategi Belajar Mengajar ialah salah satu bentuk upaya guna mencetak guru yang profesional. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa sebagai calon guru atau calon pendidik memiliki kepribadian, menguasai bahan pelajaran, menguasai cara-cara mengajar sebagai dasar kompetensi sehingga mampu memilih strategi pembelajaran yang akan digunakan untuk meningkatkan penguasaan dan prestasi belajar siswa. Buku ini hadir sebagai salah satu ikhtiar dan partisipasi penulis untuk memberikan sumber belajar bagi mahasiswa calon pendidik dan semua pihak yang berkepantingan dalam dunia pendidikan dalam memahami Strategi Belajar Mengajar.
Dalam pengertian Organisasi, ISO adalah organisasi keanggotaan non-pemerintah yang idependen dan pembuat Standar Internasional terbesar di dunia yang sifatnya sukarela. ISO merupakan federasi badan-badan standar nasional di seluruh dunia (ISO member bodies) Dalam pengertian standar, ISO adalah standar Internasional yang mengarahkan dan mengendalikan (direct & control) organisasi untuk mencapai tujuan mereka atau target, yang dirilis oleh Organisasi Internasional untuk standarisasi. Sistem manajemen mutu terbaru adalah ISO 9001:2015 yang diterbitkan pada bulan September 2015. Banyak sekali pertanyaan dari pelaksana sistem manajemen mutu terkait dengan implementasi dan interpretasi dari masing-masing klausul yang tertulis di standar ISO 90001:2015. Penulis berharap dengan diterbitkannya buku ini, dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat dan semua pihak terkait (terutama yang memproduksi barang dan jasa) tentang pemahaman dan pelaksanaan persyaratan sistem manajemen kualitas. Sistem Manajemen Mutu bisa diterapkan disemua bidang kegiatan dan tidak ekslusif bagi perusahaan besar, jadi marilah kita semua memahami dengan baik sistem manajemen mutu ini sehingga mampu bersaing dengan negara lain yang sudah maju dan mempunyai produk-produk yang berkualitas.
Dalam pengertian Organisasi, ISO adalah organisasi keanggotaan non-pemerintah yang idependen dan pembuat Standar Internasional terbesar di dunia yang sifatnya sukarela.