Sebanyak 162 item atau buku ditemukan

Filosofi, Metodologi Penelitian, dan Komunikasi Ilmiah

Tulisan ini, karenanya, dibagi menjadi beberapa bagian dengan tiap bagian dalam suatu bab. Bab-bab tersebut ialah: 1. Pendahuluan ialah bagian yang menguraikan pokok-pokok bahasan, 2. Filosofi ialah bab yang menguraikan tentang filiosofi khususnya untuk mendasari tulisan ilmiah. Misalnya: arti dari filosofi yang khususnya untuk keperluan tulisan ilmiah (scientific writing). Filosofi, dalam hal ini, ialah sebuah studi kritis dari sebuah prinsip dasar dan konsep. Konsep ialah unsur dasar dari sebuah penalaran, 3. Filosofi penalaran induksi dan deduksi; penalaran induksi ialah urutan penalaran dari yang khusus menuju ke yang umum yang dikembangkan oleh Francis Bacon. Filosofi penalaran deduksi ialah urutan penalaran dari yang umum menuju ke yang khusus yang dikembangkan oleh Aristoleteles. Gabungan dari kedua penalaran tersebut dikenal sebagai indukto-dedukto verifikatif yang dikembangkan oleh John Dewey. Penalaran tersebut tentang pendekatan ilmiah, 4. Ilmu dan teori. Ilmu terdiri dari deskripsi dan preskripsi, terdapat hubungan antar ilmuwan peneliti dan penulis untuk mengungkapkan suatu fenomena secara fakta dengan kritis dan masuk akal. Ilmu ialah metode penalaran sebagai penyusun informasi untuk memperoleh hubungan antara faktor-faktor secara sistematis hasil telaah yang kritis dan mendalam, 5. Metodologi penelitian ilmiah, ialah berdasarkan kesederhanaan dengan tahapan perancangan, observasi, koleksi data hasil dan menuangkan dalam bentuk tabel, kurva, histogram, gambar dan foto, yang masing-masing mempunyai skala dan notasi yang dikendalikan signifikansi hasil dari analisis statistik. Bab 6. Masalah, ialah sebuah pertanyaan yang harus dijawab dengan sebuah keputusan yang masuk akal, sehingga masalah dapat diteliti, diamati, diuji yang akan memberikan suatu solusi yang masuk akal, 7. Hipotesis, ialah sebuah usulan yang diusulkan sebagai titik awal yang kuat bagi suatu penalaran (reasoning). pengertian ini digali dari Webster tahun 1956 yang menghasilkan penegertian yang sederhana dan mudah untuk dususun bagi yang memerlukannya., 8. Peubah atau variabel ialah faktor tidak tetap yang berperan dalam pemberian pengaruh pada suatu peneltian. Peubah ada dua jenis utama ialah peubah [variabel] bebas dan peubah [variabel] tidak bebas [peubah tergantung]. Misalnya peubah tergantung (bobot kering), ialah peubah yang tergantung pada faktor lain, peubah bebas, ialah peubah yang tidak tergantung faktor lain tetapi dapat dikendalikan (olah tanah), [peubah rambang, ialah peubah yang dapat diabaikan (proses tumbuh) dan peubah interveining, ialah peubah yang tidak pernah diamati (proses produksi) namun dapat diamati melalui peubah lain]. Parameter ialah sebuah konstanta dalam sebuah fungsi yang menentukan bentuk khas dari fungsi dan faktor, ialah variabel bebas, variabelnya mempunyai nilai bebas, 9. Komunikasi ilmiah, ialah tulisan ilmiah berdasar pada hasil penelitian yang disusun secara ilmiah dengan kaidah-kaidah yang baku secara internasional, 10. Bagian-bagian dari tulisan ilmiah ialah: Kata Pengantar, Abstrak atau Ringkasan, Judul, Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, Bahan dan Metode, Hasil, Pembahasan, Kesimpulan dan Saran, Daftar Pustaka, Lampiran, Ucapan terima kasih, Pernyataan tentang originalitas tulisan, 11. Contoh-contoh tulisan ilmiah, ialah Proposal, Artikel Ilmiah, Skripsi, Thesis, Disertasi dan Buku teks ilmiah dll. 12. Penutup.

Tulisan ini dibagi menjadi beberapa bagian dengan tiap bagian dalam suatu bab.

Iktisar Filsafat Ilmu: Dalam Perspektif Barat dan Islam

Buku ini mengurai tentang ikhtisar pemikiran dari para filsuf yang lahir dari dunia Barat maupun Islam. Filsuf yang hadir dari perspektif Barat dan membumi di sekitar abad XIX sampai sekarang ini, antara lain; filsuf Carl Popper, Thomas Kuhn, David Hume. Untuk Filsuf yang hadir dari perspektif Islam, antara lain; Ibn Miskawah (932-1030), Al Ghazali (1059-1111), Ibn Khaldum (1332-14.06), Shah Wali Ullah (1703-1753) dan Ulama Muhammad Iqbal (1873-1938). Adapun konsepsi dan kajian teori-teori ilmu pengetahuan dari perspektif Barat dan Islam itu sangat berbeda khususnya mengenai keberadaan Allah sebagai pencipta segala sesuatu, dan keaslian semua pemikiran termasuk Sumber ilmu pengetahuan (resource knowledge) tidak ada Sumber lain kecuali Allah. Sejak Sumber ilmu pengetahuan datang dari yang ghaib, maksud dan tujuan daripada ilmu pengetahuan adalah tidak lain kecuali dihubungkan dengan yang ghaib dan kenyataan.

Buku ini mengurai tentang ikhtisar pemikiran dari para filsuf yang lahir dari dunia Barat maupun Islam.

Kalender Ibadah Sepanjang Tahun

“Kita harus meyakini bahwa ibadah itu kebutuhan kita, bukan semata kewajiban. Maka, kalau ada orang yang enggan untuk beribadah, bukan Allah yang rugi. Sebab, sepenuhnya iman atau ibadah manusia itu untuk kebaikan manusia.” —KH. Dr. Ali Nurdin, MA., Dai dan Dosen Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an (PTIQ) Jakarta. Allah Swt. menciptakan manusia untuk beribadah kepada-Nya. Namun, ibadah bukan hanya berpuasa di bulan Ramadhan atau shalat lima waktu. Banyak amal ibadah yang dapat Anda lakukan setiap hari, bahkan sepanjang tahun. Sebab, setiap bulan dalam kalender Hijriah memiliki ibadah khusus yang pahalanya berlipat-lipat. Apa saja dan bagaimana tata cara ibadah tersebut? Semua tersaji lengkap dalam buku ini. Anda dapat menemukan berbagai amal ibadah yang bisa Anda lakukan sejak bulan Muharram sampai Dzulhijjah, misalnya puasa Muharram, shalat sunnah, serta berbagai ibadah lainnya. Buku ini juga dilengkapi doa-doa khusus yang bisa Anda amalkan pada bulan tertentu. Baca buku ini, dan amalkan isinya! Selamat membaca!

“Kita harus meyakini bahwa ibadah itu kebutuhan kita, bukan semata kewajiban.

Pendidikan olahraga dan pembangunan masjarakat baru Indonesia

Disusun untuk petugas-petugas pendidikan djasmani, siswa/mahasiswa pendidikan djasmani, olahragawan dan pentjinta olahraga, guru-guru, pemimpin/kader masjarakat, setiap kepala rumah tangga, setiap pentjinta ilmu

Seperti saja telah kemukakan sebelumnja stelsel Austria merupakan stelsel
pendidikan olahraga jang mendjadi pedoman terachir dari dunia barat jang
masuk di Indonesia . Stelsel ini dianggap demikian baiknja , sehingga mendjiwai
banjak ...

Keragaman Islam di Indonesia

Keragaman Islam di Indonesia PENULIS: Abdul Aziz ISBN: 978-623-229-059-4 Penerbit : Guepedia Publisher Ukuran : 14 x 21 cm Tebal : 172 halaman Sinopsis: Sejarah Islam Indonesia khususnya di Jawa, memang memiliki keunikan tersendiri karena di samping menjadi salah satu faktor pemersatu bangsa, juga memberikan nuansa baru dalam keberislaman yang berbeda dengan karakter dan sifat keberislaman di negara-negara Islam lain terutama di Timur Tengah. Islam di Indonesia terbukti mampu berinteraksi dengan budaya lokal, seperti bentuk masjid dan tata cara yang mengiringi ritual keagamaan. Terjadinya akulturasi budaya dan agama tersebut tidak lepas pada kegigihan dakwah para walisongo dan para wali lainnya di tanah Jawa ini. Keberhasilan para wali dalam melakukan islamisasi juga tidak lepas dari tiga metode dasar yang mereka gunakan, yakni: toleran, moderat dan akomodatif. Sehingga dengan metode dakwah yang demikian, Islam di Indonesia mampu berkembang secara pesat tanpa harus menghapus corak kenusantaraannya. Bagi seorang Muslim, keimanan yang hanya dibalut dengan simbol-simbol tidaklah cukup. Orang yang telah beriman harus disempurnakan dengan amal dan ibadah yang baik, serta perilaku yang terpuji (akhlaq al-karimah). Walaupun terdiri dari kumpulan artikel keislaman, buku ini cukup menarik untuk mengungkap secara global tentang keberagaman Islam yang ada di Indonesia, baik dari segi isu tentang Islam Nusantara, fenomena sosial maupun pemikiran Islam. Email : guepedia@gmail•com WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Keragaman Islam di Indonesia PENULIS: Abdul Aziz ISBN: 978-623-229-059-4 Penerbit : Guepedia Publisher Ukuran : 14 x 21 cm Tebal : 172 halaman Sinopsis: Sejarah Islam Indonesia khususnya di Jawa, memang memiliki keunikan tersendiri karena ...

Peran Industri Keuangan Non Bank terhadap Perekonomian Nasional

Buku ini bertujuan untuk mendiskusikan peran lembaga keuangan non-bank di Indonesia. Secara lebih khusus terdapat lima topik yang didiskusikan dalam buku ini. Bab 2 mendiskusikan Peran Lembaga Keuangan Bukan Bank sebagai Sumber Pembiayaan Dalam Negeri. Bab 3 mengkaji Problematika Lembaga Keuangan Non Bank di Indonesia Belajar dari Kasus di PT Sarana Bali Ventura. Bab 4 menguraikan Tantangan Perusahaan Pembiayaan dalam Persaingan Jasa Keuangan di Indonesia. Bab 5 mengungkapkan Upaya Meningkatkan Ekspor Industri Manufaktur Melalui Peran Lembaga Pembiayaan Ekspor. Bab 6 mendiskusikan Peran Perusahaan Modal Ventura bagi UMKM di Indonesia. Bab ini ditujukan untuk mendiskusikan beberapa catatan akhir dari seluruh analisis dan temuan yang diungkapkan dari bab-bab sebelumnya.

Seiring dengan perkembangan teknologi infomasi menyebabkan bisnis start up bermunculan, khususnya di bidang e-commerce dan transportasi. Perusahaan-perusahaan dalam fase seed dan early stage merupakan pangsa pasar yang sangat sesuai ...

Ulysses S Grant

Whose Motto Was, Let Us Have Peace

This scarce antiquarian book is a facsimile reprint of the original. Due to its age, it may contain imperfections such as marks, notations, marginalia and flawed pages. Because we believe this work is culturally important, we have made it available as part of our commitment for protecting, preserving, and promoting the world's literature in affordable, high quality, modern editions that are true to the original work.

This scarce antiquarian book is a facsimile reprint of the original.

PERENCANAAN PEMBELAJARAN MI/SD

Setiap lembaga pendidikan MI/SD secara universal memiliki tujuan pendidikan yaitu mengoptimalkan tumbuh kembang jasmani maupun rohani peserta didik. Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut maka diperlukan suatu perencanaan dalam setiap proses pembelajaran yang akan dilaksanakan. Kualitas perencanaan pembelajaran yang baik diharapkan mampu menghasilkan output sumber daya manusia yang berkualitas. Sumber daya yang berkualitas merupakan aset bagsa yang sangat berharga dalam memajukan bangsa. Dengan demikian, peranan perencanaan pembelajaran penting untuk dipelajari dan diterapkan sebagi sarana mencapai visi, misi dan tujuan lembaga pendidikan, khususnya lembaga pendidikan MI/SD. Buku ini ditulis guna merespon pesatnya pertumbuhan lembaga-lembaga MI/SD di Indonesia. Disamping itu, buku ini dapat digunakan sebagai pedoman mahasiswa dan pengelola kelas pemula. Buku ini terdiri dari tiga belas bab yang diuraikan secara terperinci, dilengkapi dengan rangkuman dan latihan soal.

Arti Penting Pembelajaran Tematik menurut Departemen Pendidikan Nasional November, 2006 a. ... relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan anak usia dini 2) Kegiatan – kegiatan yang dipilih dalam pembelajaran tematik bertolak dari ...

Strategi dan Perubahan Sosial

Persoalan strategi dan perubahan sosial merupakan dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan kita bersama untuk menyelesaikan dan memperbaiki kondisi yang terjadi. Perubahan sosial selalu berkelidan dengan strategi sosial, sehingga kajian ini tidak bisa dianalisis secara terpisah. Oleh sebab itu, kajian tentang perubahan sosial tidak hanya dapat dipahami dengan terjadinya perubahan kondisi ekonomi, sosial dan budaya suatu masyarakat, tetapi juga berkaitan erat dengan bagaimana manusia beraksi dan beradaptasi untuk bisa bertahan dan sukses dalam hidup. Dengan landasan ini penulis berfikir bahwa kajian strategi dan perubahan sosial harus dibahas dan dijadikan konsep berpikir dan dapat dijadikan sebagai bahan rujukan para peneliti lain, sekaligus sebagai bacaan bagi kalangan mahasiswa atau para pencinta kajian sosiologi perubahan sosial.

Persoalan strategi dan perubahan sosial merupakan dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan kita bersama untuk menyelesaikan dan memperbaiki kondisi yang terjadi.

Pengantar Komunikasi Perubahan Sosial

Buku ini memberikan gambaran mengenai Pengantar Komunikasi Perubahan Sosial. Hal yang berkenaan perubahan secara sosial yang di potret melalui kacamata komunikasi. Komunikasi dipandang sebagai alat serta cara merubah sebuah agenda peristiwa. Komunikasi merupakan suatu interaksi peristiwa ke peristiwa dengan menghantarkan sumber sebagai aktor dan penerima sebagai perubahan yang diharapkan. Perubahanpun takmesti sesuai dengan arahan dari komunikator sebagai sumber, juga bisa bersifat dinamis. Seorang anak yang dikehendaki untuk dapat diterima di suatu perguruan tinggi yang terkenal dan bonafit, belum tentu dapat terjadi. Meskipun suasana dan iklim belajar si anak telah kita kendalikan namun tetap saja ada faktor lain yang menentukan, selain itu banyak faktor perubahan yang terkadang hadir dalam rangkaian situasional yang tak bisa diprediksi sebelumnya. Buku ini membahas konsepsi komunikasi dalam sebuah perubahan, yang dibahas dalam berbagai perspektif bagaimana pandangan perubahan sosial dipandang dari sudut komunikasi.

dengan Teori Ketergantungan dan Teori Keterbelakangan (Nasution, 2004). ... Seperti halnya keputusan mengenai harga komoditi, pola investasi, hubungan moneter, dibuat oleh individu atau institusi di luar negara yang bersangkutan ...