Sebanyak 231 item atau buku ditemukan

Menumbuhkan Pendidikan Multikultural pada Peserta Didik Melalui Pembelajaran di Kelas

Keragaman Indonesia di berbagai aspek kehidupan memiliki sejumlah potensi baik positif dan negatif. Positifnya merupakan potensi besar yang dimiliki masyarakat Indonesia berupa keberagaman potensi sumber daya alam, suku, adat istiadat, bahasa, dan lainnya. Sedangkan negatifnya adalah timbulnya konflik yang dihasilkan karena sikap intoleransi terhadap keberagaman yang ada. Pendidikan berbasis multikulturalisme merupakan upaya untuk dapat meminimalisir timbulnya dampak negatif dari keberagaman tersebut. Pendidikan multikultural sebagai pendidikan untuk people of color, yang berarti pendidikan multikultural ingin mengeksplorasi perbedaan yang ada sebagai kekayaan dan anugerah Tuhan yang patut disyukuri. Pada hakikatnya pendidikan multikutural membuat seseorang untuk belajar menerima perbedaan dengan penuh rasa toleransi. Hakikatnya pendidikan multikultural mencakup dalam tiga hal yaitu gagasan atau konsep, gerakan reformasi pendidikan dan proses. Sekolah sebagai tempat untuk memberikan kesempatan yang sama kepada peserta didik untuk belajar tanpa memandang perbedaaan jenis kelamin dan kelas sosial serta karakteristik suku, agama, ras, budaya. Pendidikan ini menentang dan menolak segala bentuk rasisme dan bentuk lain dari diskriminasi di sekolah dan masyarakat dan menerima dan mengakui pluralisme (etnik, ras, bahasa, agama, ekonomi, gender, dan lainnya. Semoga kehadiran buku ini dapat membantu kegiatan pembelajaran di sekolah-sekolah dalam menanggulangi problematika keberagaman yang ada. Selamat membaca.

Keragaman Indonesia di berbagai aspek kehidupan memiliki sejumlah potensi baik positif dan negatif.

Panduan Asesmen Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar

Pendidikan Anak

Program Magister Pendidikan Khusus Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia, ... Teknik asesmen, instrumen tes, dan prosedur pelaksanaan dapat ...

Panduan Asesmen Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar

(kobuku)

Panduan ini berisi langkah-langkah dan berbagai hal yang perlu dilakukan dalam melakukan proses asesmen. Dalam buku ini juga diberikan penjelasan tentang konsep asesmen dalam membaca pemahaman agar pembaca memperoleh informasi secara komprehensif dan bisa melakukan praktik asesmen secara langsung.

3) Guru belum memberikan evaluasi secara individu terhadap kemampuan masing-masing siswa dalam membaca. 4) Metode pembelajaran guru belum mengakomodasi ...

Enterprise Process Mapping

Integrating Systems for Compliance and Business Excellence

Many books on process mapping are oriented around a traditional manufacturing process control environment. the methodology and tools in this book are applicable to any company in any industry that is interested in developing a much more integrated, systems approach to management to dramatically improve their business. the author's previous book, From Quality to Business Excellence: a Systems Approach to Management, explains the philosophy behind this approach. This book provides the how to for achieving that level of visualization with a unique combination of theory and tools showing you how to implement enterprise process mapping in a way that will yield significant business value for your organization. This book includes a free evaluation copy of Microsoft Visio and a free evaluation copy of the ProcessMaps tool for enterprise process mapping, as well as computer-based training on how to use these tools. Review a sample Webinar presentation about this book by the author by clicking here.

This book provides the how to for achieving that level of visualization with a unique combination of theory and tools showing you how to implement enterprise process mapping in a way that will yield significant business value for your ...

Pelayanan Sosial Remaja Putus Sekolah

Studi Layanan di UPT. Pelayanan Sosial Bina Remaja Jombang-Jawa TImur

Tingginya angka putus sekolah anak di Indonesia dalam satu dekade terakhir ini mengalami penurunan. Sejak 2014, pemerintah berhasil menurunkan hingga 30% (200.000 siswa). Dari rentang 2016-2018, angka ini terus berkurang hingga mencapai kurang dari 200.000. Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) merilis angka jumlah anak yang tidak bersekolah mencapai 4.586.332, dengan usia 7-12 tahun yakni 1.228.792 anak, usia 13-15 berjumlah 936.674, sedangkan pada usia 16-18 tahun mencapai 2.420.886. Dari data di atas terlihat bahwa angka tertinggi putus sekolah terjadi di masa anak remaja. Padahal bila merujuk pada mandat undang-undang, setiap anak Indonesia berhak mendapatkan pendidikan demi pengembangan potensi, minta, dan bakat dirinya agar kelak dapat meneruskan estafet perjuangan bangsa dengan bekal intelektual, sikap, dan kepribadian yang baik. Memang faktor terbesar dari masalah ini terletak pada ekonomi. Namun patut diketahui bersama, selain faktor ekonomi, terdapat faktor-faktor lain yang menjadi penyebab dari realitas remaja putus sekolah. Faktor-faktor tersebut yakni kurangnya kemampuan dan minat remaja dalam partisipasi pendidikan sekolah, kondisi tempat tinggal remaja, adat-istiadat, dan ajaran-ajaran tertentu. Remaja putus sekolah tentu menjadi masalah sosial yang harus mendapatkan perhatian lebih, terutama karena dampaknya bukan hanya dirasakan oleh individu remaja itu sendiri, namun juga masyarakat secara luas. Atas dasar inilah diperlukan upaya penanganan remaja putus sekolah dari berbagai pihak seperti keberadaan lembaga, pihak-pihak terkait baik pemerintah atau masyarakat serta peran pekerja sosial. Salah satu upayanya yakni dengan memberikan pelayanan sosial yang bertujuan agar remaja yang putus sekolah tetap mendapatkan pendidikan di luar sekolah demi bekal kehidupannya mendatang. Dalam konteks ini lahirlah Pelayanan Sosial Bina Remaja (PSBR) yang tersebar di masing-masing pemerintah daerah. Hadirnya buku ini menjawab minimnya buku yang terkait pelayanan sosial. Semoga buku ini mampu menjadi referensi bagi pekerja sosial, aktivis sosial, akademisi, dan stakeholder terkait. Buku ini menyajikan bagaimana potret remaja yang putus sekolah, pelayanan sosial yang diberikan UPT PSBR Jombang pada remaja putus sekolah hingga peran pekerja sosial. Hadirnya buku ini juga sebagai upaya mensosialisasikan program layanan yang telah dilakukan oleh UPT PSBR Jombang. Dengan demikian, apresiasi kepada tim penulis atas terbitnya buku ini. Semoga mampu menjadi media menyampaikan informasi dan perkembangan khazanah ilmu pengetahuan khususnya pada profesi pekerja sosial. Selamat membaca!

Salah satu upayanya yakni dengan memberikan pelayanan sosial yang bertujuan agar remaja yang putus sekolah tetap mendapatkan pendidikan di luar sekolah demi bekal kehidupannya mendatang.

MANAJEMEN KRISTEN

Segala Puji Syukur kepada Allah Yang Maha Kuasa atas terbitnya buku yang berjudul Manajemen Kristen. Buku membahas tentang Manajemen Kristen; Perencanaan Kristen; Pengorganisasian Kristen; Pengarahan Kristen; Pengendalian Kristen; Kepemimpinan Kristen; Pengambilan Keputusan; Penanganan Konflik; Manajemen Mutu; Menghindari Kegagalan; Kepemilikan Organisasi; dan Kewajiban Organisasi.. Semoga Buku Manajemen Kristen ini dapat bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan bagi para pembaca. Kiranya kasih Allah Yang Maha Kuasa selalu menyertai kita semuanya.

Semoga Buku Manajemen Kristen ini dapat bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan bagi para pembaca. Kiranya kasih Allah Yang Maha Kuasa selalu menyertai kita semuanya.

MANAJEMEN KRISTEN

Segala Puji Syukur kepada Allah Yang Maha Kuasa atas terbitnya buku yang berjudul Manajemen Kristen. Buku membahas tentang Manajemen Kristen; Perencanaan Kristen; Pengorganisasian Kristen; Pengarahan Kristen; Pengendalian Kristen; Kepemimpinan Kristen; Pengambilan Keputusan; Penanganan Konflik; Manajemen Mutu; Menghindari Kegagalan; Kepemilikan Organisasi; dan Kewajiban Organisasi.. Semoga Buku Manajemen Kristen ini dapat bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan bagi para pembaca. Kiranya kasih Allah Yang Maha Kuasa selalu menyertai kita semuanya.

Buku membahas tentang Manajemen Kristen; Perencanaan Kristen; Pengorganisasian Kristen; Pengarahan Kristen; Pengendalian Kristen; Kepemimpinan Kristen; Pengambilan Keputusan; Penanganan Konflik; Manajemen Mutu; Menghindari Kegagalan; ...

M A N A J E M E N KEPERAWATAN BAGI PENDIDIKAN VOKASI

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan berkat dan karuniaNya sehingga buku ajar Manajemen Keperawatan ini dapat terselesaikan dengan baik. Buku ini merupakan pedoman bagi mahasiswa pendidikan vokasi atau DIII Keperawatan dalam menempuh mata kuliah Manajemen Keperawatan. Buku ini disusun berdasarkan capaian pembelajaran mata kuliah Manajemen Keperawatan dalam kurikulum tahun 2014 yang telah di Up-Date dan diterapkan mulai tahun ajaran 2019/2020. Buku ini tersusun dari 7 Bab yang membahas tentang manajemen keperawatan, konsep model keperawatan profesional, konsep supervisi, timbang terima dan pendelegasian, konsep manajemen konflik, konsep kolaborasi dan negosiasi dan konsep penjaminan mutu. Penulis mengucapkan terima kasih kepada writingclass institute yang telah memfasilitasi penulis mengikuti pelatihan dan juga kepada ibu Uswatun Khasanah, M.Pd.I atas materi pelatihan penyusunan buku yang sangat bermanfaat membantu penulis dalam menyelesaikan buku ini. Terima kasih juga kepada rekan-rekan dosen Program Studi DIII Keperawatan yang terus memberikan motivasi kepada penulis

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan berkat dan karuniaNya sehingga buku ajar Manajemen Keperawatan ini dapat terselesaikan dengan baik.

SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM

Tujuan penulisan Buku ini adalah sebagai salah satu pendukung proses pembelajaran Sejarah Pendidikan Islam bagi mahasiswa pada Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam. Sejarah pendidikan Islam adalah fakta yang sangat penting untuk diketahui dan dipelajari oleh umat Islam, karena dengan mempelajari sejarah kita akan mengambil hikmah utnuk membangun masa depan pendidikan Islam lebih baik. Mempelajari Sejarah Pendidikan Islam amat penting, dengan mempelajarinya akan mengetahui sebab-akibat kemajuan dan kemunduran Islam. Buku ini memfokuskan pembahasan sejarah dan perkembangan pendidikan Islam pendidikan Islam sejak masa Rasullulah SAW, hingga masa pendidikan Islam di Indonesia.

Sejarah pendidikan Islam adalah fakta yang sangat penting untuk diketahui dan dipelajari oleh umat Islam, karena dengan mempelajari sejarah kita akan mengambil hikmah utnuk membangun masa depan pendidikan Islam lebih baik.