Sebanyak 66 item atau buku ditemukan

MODEL PEMBELAJARAN GOLD (Guided, Organizing, Leaflet, Discovery)

Model pembelajaran GOLD merupakan salah satu model pembelajaran yang digunakan untuk mengembangkan keterampilan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran GOLD mampu menciptakan proses akomodasi kognitif yang berawal dari pengetahuan siswa menjadi suatu pengetahuan baru yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari agar siswa dapat menjadi mandiri dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Model pembelajaran GOLD memberikan fasilitas untuk mengakomodasi pengetahuan awal siswa sehingga menjadi pengetahuan baru yang dapat siswa manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Model pembelajaran GOLD melatih siswa belajar dalam kelompok untuk menyelesaikan sebuah permasalahan dengan cepat. Model ini didasarkan pada asumsi bahwa kemampuan untuk mengikuti dan menyelesaikan tugas dalam setting kelompok adalah penting. Siswa yang berpartisipasi dalam pemecahan masalah (problem solving) akan memiliki keterampilan yang diperlukan untuk berbagai mata pelajaran, melatih kepemimpinan dan tanggung jawab serta solidaritas dan toleransi.

Model pembelajaran GOLD merupakan salah satu model pembelajaran yang digunakan untuk mengembangkan keterampilan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran.

Kewirausahaan Dan Studi Kelayakan Bisnis Untuk Memulai Dan Mengelola Bisnis

Salah satu hal yang membedakan seorang entrepeneur atau wirausahawan dengan orang lain pada umunya adalah cara berpikirnya. Seorang wirausahawan senang berpikir dan berkehendak untuk mendekati tantangan dan peluang untuk memperoleh inovasi. Inovasi diperoleh dengan cara berpikir out if the box dengan bantuan intuisi dari wirausahawan tersebut. Intuisi merupakan kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Intuisi yang tajam akan menentukan inovasi yang mana yang harus ditindaklanjuti. Inovasi itu sendiri tidaklah harus rumit. Buku ini dipersembahkan kepada pembaca sebagai upaya untuk memahami cara berpikir kewirausahaan dalam mendekati tantangan dan peluang untuk memperoleh inovasi. Inovasi yang perlu ditindaklanjuti perlu diidentifikasi melalui studi kelayakan bisnis sebagai dasar untuk memprediksi pertumbuhan bisnis dan meminimalisir risiko yang akan dihadapi di masa yang akan datang. Wirausahawan cenderung berpikir kreatif dan inovatif. Wirausahawan juga harus memulai menjalankan idenya, menjalankan perusahaan yang sudah ada, berpikir maju dan besar, dan berpikir untuk mengakhirinya. Kewirausahaan Dan Studi Kelayakan Bisnis Untuk Memulai Dan Mengelola Bisnis ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Kewirausahaan Dan Studi Kelayakan Bisnis Untuk Memulai Dan Mengelola Bisnis ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

GURU MULIA LEWAT KARYA: Bunga Rampai Artikel Workshop LKTI Yayasan Jamaah Pasrah dan Kemenag

Buku berjudul Guru Mulia Lewat Karya ini merupakan bunga rampai atau kumpulan artikel peserta workshop LKTI yang digelar Yayasan Jamaah Pasrah Pati bekerjasama dengan Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemenag RI menggelar Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) pada 5 Januari 2020. Kegiatan tersebut merupakan bantuan dari Ditjen GTK Kemenag dalam meningkatkan kualitas guru dan tenaga kependidikan madrasah dalam bidang literasi dan penulisan karya tulis ilmiah. Kami berterima kasih kepada Kemenag yang mempercayai Yayasan Jamaah Pasrah yang dalam hal ini untuk melaksanakan kegiatan Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah, karena kegiatan seperti ini langka bahkan ini mungkin baru pertama kali ada di wilayah Kecamatan Dukuhseti sehingga tersusun menjadi buku ini. Selain puluhan guru dan tenaga kependidikan MI, MTs, MA, panitia juga mengundang Kemenag Pati. Panitia mendapuk Junaidi Abdul Munif Juara 1 Lomba Nasional Hari Santri 2017, dan Hamidulloh Ibda Juara 1 Lomba Artikel Kemdikbud 2018. Hamidulloh Ibda saat mengisi kegiatan ini menjelaskan bahwa manusia sebagai animal symbolicum sebenarnya sudah dibekali kemampuan membaca, menulis, berbicara dan menyimak atau dikenal sebagai caturtunggal keterampilan berbahasa. Secara umum, ada tiga jenis karya. Yaitu karya tulis jurnalistik, karya tulis ilmiah, dan karya sastra. Karya tulis ilmiah di sini, harus memenuhi syarat-syarat ilmiah, berdasarkan data, masalah ilmiah, metode ilmiah, sesuai GAP research, dan state of the art of the resarch. Pada pelatihan tersebut, semua peserta juga dijelaskan tentang beberapa aplikasi sitasi seperti Mendeley, Zotero, Citavi, EndNote dan lainnya. Semua karya ilmiah, apalagi yang dipublikasikan di jurnal ilmiah saat ini ketat, harus bebas plagiasi, duplikasi, fabrikasi dan falsifikasi. Untuk mengecek similarity atau kesamaan tulisan dan plagiasi, beberapa aplikasi cek similarity seperti Turnitin, Grammarly, Copyscape, Plagiarism Checker dan lainnya. Sedangkan Junaidi Abdul Munif menjelaskan teknik penulisan KTI dengan mengajak peserta mencari masalah ilmiah. Karya ilmiah merupakan karya penelitian berbasis ilmiah, bukan asumsi. Ciri-ciri keilmiahannya bisa dilihat dari teori dan metode penelitian. Teori merupakan pendapat dari para pakar keilmuan yang telah diakuai secara luas. Sedangkan metode penelitian adalah cara untuk melakukan penelitian sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Pengurus Bidang Diklat dan Litbang LP Ma’arif PWNU Jawa Tengah itu juga menjelaskan teknis mencari dan merumuskan masalah, menentukan metode riset, penyajian data sampai analisis data. Usai penjelasan materi, semua peserta diajak praktik menulis karya ilmiah dan ditarget akan membukukan hasil karya peserta dalam bentuk buku khususnya artikel populer sebagai bagian dari artikel ilmiah sehingga tersusunlah buku yang Anda baca ini.

Buku berjudul Guru Mulia Lewat Karya ini merupakan bunga rampai atau kumpulan artikel peserta workshop LKTI yang digelar Yayasan Jamaah Pasrah Pati bekerjasama dengan Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemenag RI menggelar Workshop ...

The Wisdom of the Koran

Discover the beliefs and lessons of Islam’s sacred text The Koran, the sacred text at the heart of the second-largest religion in the world, is regarded by Muslims as the exact word of God as revealed to the prophet Muhammad. Representing the ultimate authority on almost every issue related to Muslim life, the Koran’s lessons and parables offer the faithful moral and spiritual guidance. In The Wisdom of the Koran, readers will discover a selection of key chapters such as “The Night Journey” and “The Cave,” footnotes to convey context and meaning, as well as several stories from Judeo-Christian history. This invaluable anthology is an excellent step toward greater understanding of one of the finest pieces of Arabic prose and the Muslim faith.

Discover the beliefs and lessons of Islam’s sacred text The Koran, the sacred text at the heart of the second-largest religion in the world, is regarded by Muslims as the exact word of God as revealed to the prophet Muhammad.

Islam, Women, and Education in the 21st Century

But I intend to limit myself in this short article to just the two primary sources for
guidance , i . e . , the Holy Quran , itself , and the Holy Prophet Muhammad ( SAS
) , as under : The Holy Quran : According to the Holy Quran ) : “ Lo ! Men who ...

Pembelajaran Sains untuk Anak Usia Dini

Buku ini merupakan hasil analisis dan sintesis dari berbagai sumber terkait implementasi sains dalam pendidikan anak usia dini yang merujuk pada konsep pendidikan anak usia dini serta karakteristik sains secara umum. Selain itu, adanya penguatan-penguatan informasi mengenai sains yang sesuai dengan abad 21 menjadi unsur tambahan yang sangat direkomendasikan. Terbitnya buku ini di tengah-tengah dinamika pendidikan PAUD diharapkan dapat membantu Guru atau mahasiswa calon guru dalam merancang serta mengimplementasikan pembelajaran PAUD yang inovatif dan terkini. Terlebih lagi, dalam buku ini dijelaskan mengenai berbagai model pembelajaran yang diintegrasikan dengan pendekatan saintifik yang sesuai dengan kebijakan kurikulum 2013 untuk PAUD.

Buku ini merupakan hasil analisis dan sintesis dari berbagai sumber terkait implementasi sains dalam pendidikan anak usia dini yang merujuk pada konsep pendidikan anak usia dini serta karakteristik sains secara umum.