Sebanyak 38254 item atau buku ditemukan

Manajemen Multikultural dalam Satuan Pendidikan

Buku Ajar ini adalah suatu buah pikiran dalam para penulis terkait implementasi manajemen multikultural dalam satuan pendidikan.

... Multikultural " . Jurnal Edueksos , 3 ( 2 ) , 23-44 . Suparta , M. ( 2008 ) . Islamic Multicultural Education . Al Ghazali Center . Suryana , Yaya , dan R. ( 2015 ) . Pendidikan Multikultural : Suatu Upaya Penguatan Jati Diri Bangsa ...

MERANCANG PENGALAMAN BELAJAR MULTIKULTURAL STRATEGI UNTUK MENGEMBANGKAN SUMBER DAYA PENDIDIKAN INKLUSIF DI DUNIA GLOBAL

Dunia kita sedang berubah. Perbatasan kultural semakin kabur, dan pengalaman hidup kita dipengaruhi oleh arus global yang dinamis. Setiap hari, kita berinteraksi dengan tradisi, bahasa, dan perspektif yang berbeda—baik di ruang kelas, tempat kerja, maupun dunia maya. Buku ini, "Merancang Pengalaman Belajar Multikultural: Strategi untuk Mengembangkan Sumber Daya Pendidikan Inklusif di Dunia Global", lahir dari urgensi untuk menyiapkan para pendidik dan lembaga pendidikan dalam menghadapi realitas baru ini.

... Cultural Diversity: A Primer" oleh Julie Lee • Artikel: "The Importance of Multicultural Education" oleh Dr. Jane Smith, "Teaching Diversity in the Classroom" oleh Dr. Michael Johnson 176 Merancang Pengalaman Belajar Multikultural ...

PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL - Rajawali Pers

Pembaruan pendidikan Islam dilakukan secara masif demi pemenuhan kebutuhan dan perkembangan zaman. Dalam konteks Indonesia sebagai salah satu negara plural terbesar dunia, sudah sewajarnya menghidupkan pendidikan agama yang menghargai keberagaman. Melalui pendidikan agama Islam multikultural nilai-nilai pengakuan dan penghargaan terhadap pluralitas diajarkan. Oleh sebab itu, pendidikan agama Islam multikultural penting diimplementasikan untuk mewujudkan komitmen pendidikan Islam dalam memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang mulai terkoyak-koyak akibat tidak adanya penghargaan terhadap keragaman yang dapat menjerumuskan pada pandangan-pandangan stereotipe yang dapat memunculkan sikap primordialisme, etnosentrisme, dan diskriminatif terhadap individu maupun kelompok lain yang berbeda. Buku yang berjudul Pendidikan Islam Multikultural (Konsep dan Implementasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Nilai-nilai Multikultural) ini menyajikan konsep dan implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Multikultural. Di dalamnya membicarakan secara detail bagaimana mengimplementasikan pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) mulai dari konsep teoretis hingga praktik pembelajaran yang memuat perencanaan, pelaksanaan sampai dengan penilaian yang didasarkan pada nilai-nilai multikultural. Terbitnya buku ini dapat memberi nuansa baru bagi pengembangan teori Pendidikan Agama Islam multikultural yang selama ini masih berputar pada tataran wacana. Melalui contoh-contoh konkret dan paparan yang sederhana menjadikan buku ini mudah dipahami dan diimplementasikan. Sehingga dapat dimanfaatkan secara akademis bagi mahasiswa S1, S2, S3, dan masyarakat umum terutama guru Pendidikan Agama Islam untuk berinovasi dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berparadigma multikultural.

... Multikultural. Malang: UIN Maliki Press. Grand, Carl A, C. S. (2007). Doing Multicultural Education for Achievement and Equity. New York: Routledge. Hurlock, E. (2005). Developmental Psychology (A life-Span Approach), Fifth Edition ...

Urgensi Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Buku dengan judul “Urgensi Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam” dilatarbelakangi permasalahan sosial pada masyarakat Indonesia yang hampir dialami oleh setiap daerah di Indonesia yang masih banyak belum begitu memahami tentang budaya bangsa yang multikultur Salah satu masalah sosial pada masyarakat adalah masih kurangnya sikap bertoleransi dan saling menghargai serta menghormati antar sesama warga sehingga kadang terjadi gesekan yang akan menimbulkan keretakan tali persaudaraan sesama warga. Buku “Urgensi Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam” ini membahas tentang Urgensi Multikulturalisme, Konsep Penanaman Nilai, Definisi Penanaman Nilai, Pengertian Penanaman, Pengertian Nilai, Tahapan Penanaman Nilai, Macam - Macam Nilai, Pendekatan Penanaman Nilai, Konsep Multikultural, Pengertian Multikultural, Nilai-nilai Multikultural, Pendekatan Pendidikan Multikultural, Konsep Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Derivasinya Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Implementasi Penanaman Nilai Multikultural pada Pendidikan Agama Islam, Kemampuan dosen dalam mengajar, Metode penanaman nilai multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Buku ini diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi pemerintah daerah dan masyarakat pada bidang pendidikan terutama pada sisi pembelajaran Pendidikan Agama Islam agar para pelajar baik tingkat dasar sampai perguruan tinggi memiliki wawasan bagaimana bersikap dan bertindak terhadap sesama yang multicultural.

... multikultural dan kemudian menerapkan ... Multicultural Education : Historical Development , Dimension , and Practice , USA : Review of Research in Education . hal 35 c . An equity paedagogy , yaitu menyesuaikan metode pengajaran 36.

Model Pendidikan Multikultural

Buku ini membahas tentang model pendidikan di tengah pluralitas dan heterogenitas sebagai konsekuensi keragaman budaya, etnis, suku, dan aliran (agama) yang ada di Indonesia. Pendidikan multikultural menekankan sebuah filosofi pluralisme budaya ke dalam sistem pendidikan yang didasarkan pada prinsip-prinsip persamaan (equality), saling menghormati, menerima, dan memahami serta adanya komitmen moral untuk sebuah keadilan sosial.

... multikultural di kelas baik untuk mata pelajaran agama dan non - agama sudah sesuai dengan teori pendidikan ... Multicultural Education : Issues and Perspectives ... h . 20 . 90 James A Bank , Transforming the Multicultural ...