Sebanyak 41808 item atau buku ditemukan

DASAR-DASAR PENDIDIKAN

Kajian Teoritis Untuk Mahasiswa PGSD

Buku Dasar-Dasar Pendidikan ini merupakan salah satu buku ajar yang dapat digunakan sebagai referensi dalam pembelajaran mata kuliah Dasar-Dasar Pendidikan di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dalam buku ini dibahas mengenai materi pendidikan, landasan pendidikan; manusia dan pendidikan; asas pendidikan; teori-teori belajar; pendidikan sebagai ilmu dan seni; karakteristik peserta didik; sistem pendidikan nasional; dan kurikulum pendidikan Indonesia. Buku ini menyuguhkan bacaan yang relevan dan snagat bagus isinya. selain itu berbagai argunentasi yang diunggapkan dalam buku ini juga memberikan wawasan lebih bagi pembaca.

Pendidikan karakter telah menjadi perhatian berbagai negara dalam rangka mempersiapkan generasi yang berkualitas, bukan hanya untuk kepentingan individu warga negara, tetapi juga untuk warga masyarakat secara keseluruhan.

Pendidikan Islam Bidang Akhlak KH Ahmad Dahlan

Pendidikan Islam Bidang Akhlak KH Ahmad Dahlan Penulis : Fahrul Rahman, Muzakkir, Ummu Kalsum, Ukuran : 14 x 21 cm No. QRCBN :62-39-0030-015 No. ISBN : 978-623-421-279-2 Terbit : Agustus 2022 www.guepedia.com Sinopsis : Buku ini merupakan salah satu buku acuan dalam Pendidikan Islam yang khusus mengkaji pemikiran salah satu tokoh Pendidikan Islam di Indonesia yakni KH. Ahmad Dahlan. Buku ini diharapkan menjadi acuan bagi para mahasiswa, pemerhati dan penggiat Pendidikan Islam, serta masyarakat umum. Substansi yang disajikan dalam buku ini kaya akan berbagai pembahsan mengenai konsep dasar Pendidikan Islam itu sendiri, Biografi KH Ahmad Dahlan, Pendidikan akhlak menurut KH Ahmad Dahlan, Corak Pendidikan Akhlak KH Ahmad Dahlan di Era Modernisasi. Pembahasanya pun diharapkan mampu melahirkan khazanah keilmuan yang luas tidak hanya pada pemahaman Pendidikan Islam tapi pada pembahasan mengenai akhlak yang tentu sangat penting dalam Pendidikan. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Pendidikan Islam Bidang Akhlak KH Ahmad Dahlan Penulis : Fahrul Rahman, Muzakkir, Ummu Kalsum, Ukuran : 14 x 21 cm No. QRCBN :62-39-0030-015 No. ISBN : 978-623-421-279-2 Terbit : Agustus 2022 www.guepedia.com Sinopsis : Buku ini merupakan ...

Pendidikan Akhlak Bagi Mahasiswa

Buku Pendidikan Akhlak bertujuan memberikan wawasan dan pemahaman yang luas dan mendalam kepada mahasiswa mengenai persoalan akhlak. Penekanannya pada kajian pendidikan akhlak, pengertian, objek dan sumber; urgensi dan kedudukan akhlak dalam islam, relevansi iman, islam & ihsan; klasifikasi & karakteristik akhlak, akhlak kepada allah, akhlak terhadap manusia, akhlak terhadap alam & lingkungan, pembentukan karakter islam, internalisasi nilai-nilai akhlak dalam kehidupan, dan konsep serta implementasinya. Buku Pendidikan Akhlak ini akan memberikan bekal kepada mahasiswa tentang materi Pendidikan Akhlak agar mereka dapat menerapkan akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari, menemukan model berakhlak dalam dunia modern dan membina lingkungannya untuk berakhlak mulia.

Buku Pendidikan Akhlak bertujuan memberikan wawasan dan pemahaman yang luas dan mendalam kepada mahasiswa mengenai persoalan akhlak.

Landasan Pendidikan

Buku ini disusun oleh sejumlah guru, dosen dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Landasan Pendidikan. Menyemai benih pendidikan pada kalangan akdemisi untuk lebih memperkaya keilmuan bagi generasi kedepan. Bukan hanya itu, sistematika buku ini dengan judul “Landasan Pendidikan” terdiri atas 14 bab yang dijelaskan secara rinci dalam pembahasan mengenai konsep dan Aplikasi diantaranya: Konsep, Fungsi dan Teori Pendidikan, Pendidikan sebagai Sistem, Hakikat Ilmu Pendidikan, Aliran-aliran Pendidikan, Azas-azas Pendidikan, Hakikat Manusia dan Pendidikan, Sejarah Pendidikan di Dunia dan Indonesia, Masalah Pemerataan, Mutu, Efesiensi dan Revansi serta konsep dan Implementasi Landasan Pendidikan, Pengembagan Karir Tenaga Pendidikan dan Kependidikan, Sertifikasi Guru dan UU Guru dan Dosen, Pendidikan Inklusi, Multi Budaya, Karakter dan Berbasis Masyarakat. Semoga buku ini menambah khasanah keilmuan bagi dunia pendidikan yang semakin berkembang.

Buku ini disusun oleh sejumlah guru, dosen dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Landasan Pendidikan.

Bunga Rampai PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Psikologi Pendidikan mempelajari aspek psikologis siswa agar guru memiliki aturan dasar untuk menerapkan teknik pembelajaran yang efektif yang diterapkan pada karakteristik siswa tertentu. Dalam proses mendidik, seorag guru diharapkan dapat menghadapi tantangan dalam mengevaluasi karakteristik yang berbeda dari setiap siswa. Dengan hadirnya buku psikologi pendidikan ini, diharapkan guru akan memahami perbedaan kepribadian siswa dalam pembelajaran dan bagaimana menghadapi perbedaan kepribadian tersebut, sehingga dengan mempelajari psikologi pendidikan yang baik, guru dapat mengetahui perbedaan karakter siswa dan tidak bingung dalam menghadapinya.

Psikologi Pendidikan mempelajari aspek psikologis siswa agar guru memiliki aturan dasar untuk menerapkan teknik pembelajaran yang efektif yang diterapkan pada karakteristik siswa tertentu.

STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Judul : STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Penulis : Dr. Zubairi, M.Pd.I Sambutan : Guru Besar Univesitas PTIQ Jakarta Prof. Dr. HM. Darwis Hude, M.S.i Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 168 Halaman No ISBN : 978-623-497-204-7 Tahun Terbit : Januari 2023 Sinopsi Buku Dalam dunia pendidikan Islam, guru merupakan faktor penting dan utama, karena guru adalah orang yang bertanggungjawab terhadap perkembangan kognitif, psikomotorik dan afektif peserta didik, dalam isltilah agama disebut dengan Aqliyah, Ruhiyyah dan Jismiyah peserta didik, terutama di sekolah, untuk mencapai kedewasaan peserta didik sehingga ia menjadi manusia yang paripurna dan mengetahui tugas-tugasnya sebagai manusia. Dalam arti khusus dapat dikatakan bahwa pada setiap diri guru terletak tanggung jawab untuk membawa peserta didik kearah kedewasaan atau taraf kematangan tertentu. Dalam rangka itu guru tidak semata-mata sebagai “pendidik” yang transfer of knowledge, tapi juga seorang “pendidik” yang transfer of values dan sekaligus sebagai “pembimbing” yang memberikan pengarahan dan menuntun peserta didik dalam belajar menuju suskses dunia dan akhiratnya. Orang tua memiliki peranan yang sangat strategis dalam menanamkana nilai-nilai pendidikan agama Islam, mengingat orang tua lebih banyak berinteraksi dengan anak, terutama dalam kehidupan di rumah, sehingga wajar kalau pendidikan pertama dan utama itu ada pada orang tua atau ibu, “Al-Ummu Madrastul Ula” Proses pembelajaran pendidikan agama Islam bagi peserta didik di sekolah atau Madrasah, merupakan salah satu pembentukan karakter baginya, hal ini harus dilakukan dengan penuh tanggungjawab oleh guru dan seorang guru harus bekerjasama dengan orang tua agar apa yang telah dilakukan dan dibiasakan di sekolah atau Madrasah dapat ditindaklanjuti oleh orang tua di rumah, karena itu bagian dari nilai perhatian dan tanggungjawab orang tua terhadap pendidikan anaknya. Guru dan orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran bagi anak, keduanya harus bersinergi dalam pembentukan dan pembiasaan serta penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi anak agar tercapai generasi insan kamil.

Judul : STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Penulis : Dr. Zubairi, M.Pd.I Sambutan : Guru Besar Univesitas PTIQ Jakarta Prof.

Psikologi Pendidikan

Psikologi pendidikan ini menguraikan tentang bagaimana gambaran manusia dalam konteks pendidikan sehinggan dapat dibangun menjadi suatu yang berpotensi dalam pembangunan bangsa. Buku ini mengajarkan tentang perilaku manusia, baik yang tampak maupun yang tidak tampak, yang merupakan manifestasi dari adanya kewajiban pada manusia tersebut Secara lebih rinci, hal-hal yang dibahas dalam buku ini meliputi teori kepribadian; pertumbuhan dan perkembangan manusia; emosi, perkembangan sosial dan karakter, pengalaman sosial remaja, pembentukan karakter; teori kognitif, psikologi behavioristik, dan faktor yang mempengaruhi belajar. Buku ini sangat tepat digunakan oleh para mahasiswa yang sedang mendalami materi tentang psikologi pendidikan.

Psikologi pendidikan ini menguraikan tentang bagaimana gambaran manusia dalam konteks pendidikan sehinggan dapat dibangun menjadi suatu yang berpotensi dalam pembangunan bangsa.

Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Islam

Saat ini kajian konsep dasar pendidikan anak usia dini prespektif Islam masih jarang sekali kebanyakan kajian konsep dasar PAUD secara umum. Maka dengan itu dianggap perlu untuk menulis dan membukukan konsep pendidikan AUD prespektif Islam dilihat dari teoritis, historis dan praktis. Sistematika buku Konsep Dasar Pendidikan AUD Prespektif Islam di setiap bab ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis, sejarah dan praktis. Buku ini terdiri atas 13 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Pendidikan AUD dalam Islam, Sejarah dan perkembangan PAUD pada Masa Klasik dan Modern, Sejarah Pendidikan Islam Anak Usia Dini di Indonesia, Makna Anak Usia Dini dalam al-Qur’an, Teori-teori Pendidikan AUD Pandangan Tokoh-Tokoh Islam Klasik, teori-Teori Pendidikan AUD Pandangan Tokoh-Tokoh Islam Kontempoler, Pendidikan Karakter AUD Menurut Islam, Hakikat Belajar AUD Pandangan Para Filosof Muslim, Lingkungan Belajar Anak Usia Dini Menurut Islam, Media Pembelajaran AUD dalam Islam, Evaluasi Pembelajaran AUD dalam Islam, Kelembagaan AUD dalam Islam, dan Problematika Pengembangan PAUD dalam Islam.

Saat ini kajian konsep dasar pendidikan anak usia dini prespektif Islam masih jarang sekali kebanyakan kajian konsep dasar PAUD secara umum.