Sebanyak 41890 item atau buku ditemukan

Memahami Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Aplikasinya

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu cara yang strategis bagi guru untuk memperbaiki layanan pendidikan yang harus diselenggarakan dalam konteks pembelajaran di kelas dan peningkatan kualitas program sekolah secara keseluruhan. Hal itu dapat dilakukan dengan meningkatkan tujuan Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan ini dapat dicapai dengan cara melakukan berbagai tindakan untuk memecahkan berbagai permasalahan pembelajaran di kelas, baik disadari atau mungkin tidak disadari. Mengingat pentingnya PTK dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, oleh karena itu penulis berusaha menyusun suatu buku PTK yang sifatnya tidak teori saja tapi juga aplikatif, sehingga nantinya dapat dimanfaatkan oleh para guru dan calon guru.

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu cara yang strategis bagi guru untuk memperbaiki layanan pendidikan yang harus diselenggarakan dalam konteks pembelajaran di kelas dan peningkatan kualitas program sekolah secara ...

PENELITIAN TINDAKAN KELAS TEORI DAN APLIKASINYA UNTUK PENDIDIK YANG PROFESIONAL

Buku ini merupakan panduan bagi mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah dasar maupun guru yang hendak menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Di dalam buku ini akan dibahas konsep dasar PTK, cara menysun PTK dari awal sampai akhir laporan, meskipun tidak terlalu sempurna, Insya Allah buku ini mampu memberikan pemahaman terkait dengan PTK.

Buku ini merupakan panduan bagi mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah dasar maupun guru yang hendak menyusun Penelitian Tindakan Kelas.

Penelitian Tindakan Kelas

Penelitian Tindakan Kelas sangat berguna bagi guru dalam peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran di kelas karena melalui berbagai tahap di Penelitian Tindakan Kelas, guru dapat menemukan solusi dari masalah yang muncul di kelasnya sendiri dengan mengimplementasikan secara kreatif berbagai teknik dan teori pembelajaran yang sesuai. Guru dapat melakukan penelitian tanpa harus meninggalkan siswanya. Jadi Penelitian Tindakan Kelas merupakan suatu penelitian yang membahas berbagai masalah nyata yang dirasakan oleh guru di kelas. Hal inilah yang menjadi dasar pentingnya Penelitian Tindakan Kelas. Lebih detail buku ini membahas tentang : Bab 1 Pengertian, Tujuan Penelitian Tindakan Kelas Bab 2 Tipologi dan Scope Penelitian Tindakan Kelas Bab 3 Karakteristik dan Persyaratan Penelitian Tindakan Kelas Bab 4 Formulasi Masalah Bab 5 Model-Model Penelitian Tindakan Kelas Bab 6 Pengembangan Desain PTK Bab 7 Observasi Dalam Penelitian Tindakan Kelas Bab 8 Analisis dalam Penelitian Tindakan Kelas Bab 9 Format Usulan Penelitian Tindakan Kelas

Jadi Penelitian Tindakan Kelas merupakan suatu penelitian yang membahas berbagai masalah nyata yang dirasakan oleh guru di kelas. Hal inilah yang menjadi dasar pentingnya Penelitian Tindakan Kelas.

Kupas Tuntas Penelitian Tindakan Kelas (Teori, Praktik, dan Publikasinya)

Buku Kupas Tuntas Penelitian Tindakan Kelas: Teori, Praktik dan Publikasinya ini hadir untuk mengatasi permasalahan guru-guru dalam menulis PTK. Buku yang membahas secara lengkap teori, praktik, dan publikasi PTK ini diharapkan dapat memberikan wawasan sekaligus membantu guru untuk dapat menyusun dan mempublikasikan PTK yang telah dibuat. Dengan demikian upaya mewujudkan harapan guru dapat melakukan PTK dapat terealisasi.

Buku Kupas Tuntas Penelitian Tindakan Kelas: Teori, Praktik dan Publikasinya ini hadir untuk mengatasi permasalahan guru-guru dalam menulis PTK.

Guru, Mari Kita Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Guru yang profesional adalah guru yang memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk dirinya dan dapat berdampak baik kepada para peserta didiknya. Untuk itu, pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru harus terus ditingkatkan secara terus menerus agar dapat meningkatkan kompetensinya yakni profesional, pedagogik, sosial dan kepribadian sebagai guru yang dapat digugu dan ditiru. Untuk itu, guru harus giat dalam mengembangkan dirinya dalam mengikuti baik diklat ataupun pelatihan sehingga dapat mempublikasikan karya tulisnya sendiri.

Permasalahan Perencanaan Tindakan - I Pelaksanaan Tindakan - I SIKLUS - I Pengamatan/ Pengumpulan Refleksi - I Data - I Permasalahan Permasalahan Perencanaan Pelaksanaan baru, hasil Refleksi baru, hasil Refleksi Tindakan - II Tindakan ...

PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH

Desain Praktik Pembelajaran 4.0

Penelitian tindakan sekolah merupakan suatu desain penelitian yang dianggap dapat memperbaiki berbagai kekurangan yang masih terjadi dalam praktik pembelajaran secara khusus dan pendidikan secara umum. Salah satu hal yang menjadi fokus di dalam buku ini adalah belum berkembangnya kemampuan motorik kasar anak usia dini TK Dharma Wanita Bangsal Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhinya seperti kurangnya inovasi guru dalam menggunakan metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran yang monoton, penggunaan media pembelajaran yang kurang variatif dalam kegiatan permainan. Masalah-masalah tersebut merupakan masalah yang harus dipecahkan. Oleh sebab itu, buku ini hadir untuk menjawab segala permasalahan yang terjadi dalam praktik pembelajaran di TK Dharma Wanita Bangsal Kecamatan Pesantren Kota Kediri.

Refleksi Tindakan / Observasi Refleksi Tindakan / Observasi Rencana awal/rancangan Rencana yang direvisi Refleksi Rencana yang Tindakan / direvisi Observasi Gambar Alur tahapanPTK Kemmis dan McTarggart, (1998) Menurut Kemmis dan Mc ...

Sukses Profesi Guru dengan Penelitian Tindakan Kelas

Guru mengemban tugas sejati bagi proses kemanusiaan, pemanusiaan, pencerdasan, pembudayaan, dan pembangun karakter bangsa. Undang-undang (UU) No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, sebagai dasar legal pengakuan atas profesi guru serta mengangkat martabat dan peran guru sebagai agen pembelajaran dalam meningkatkan mutu pendidikan nasional. Guru merupakan faktor penentu terhadap keberhasilan pembelajaran. Untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal dibutuhkan guru kreatif dan inovatif yang selalu mempunyai keinginan terus menerus memperbaiki dan meningkatkan mutu proses belajar di kelas yang tentunya berpengaruh terhadap peningkatan mutu pendidikan. Salah satu upaya dalam meningkatkan mutu proses belajar dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan kelas (PTK) pertama kali diperkenalkan Kurt Lewin pada tahun 1946 ahli psikologi sosial Amerika Serikat, di Indonesia PTK baru dikenal pada tahun 80-an. PTK terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Empat tahapan utama tersebut yang saling berkaitan sering disebut dengan istilah siklus. Siklus pada hakikatnya adalah rangkaian riset-aksi-riset-aksi yang dilakukan pada saat penelitian. PTK memiliki peranan yang sangat penting dan strategis untuk meningkatkan mutu pembelajaran. dengan harapan dapat mengidentifikasi dan mendeteksi kelemahan atau kekurangan yang terjadi dalam proses belajar mengajar dengan mencari solusi yang tepat

PTK memiliki peranan yang sangat penting dan strategis untuk meningkatkan mutu pembelajaran. dengan harapan dapat mengidentifikasi dan mendeteksi kelemahan atau kekurangan yang terjadi dalam proses belajar mengajar dengan mencari solusi ...

Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas

(PTK)

Zaman telah berubah, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Segala perkembangan ini harus diantisipasi agar seluruh bangsa tidak tertinggal dalam percaturan di tingkat global. Harus diakui, perkembangan kehidupan dan ilmu pengetahuan abad 21 sekarang ini memang telah terjadi pergeseran, baik ciri maupun model pembelajaran. Hal inilah yang harus direspons oleh stake-holders pendidikan khususnya pahlawan tanpa tanda jasa yaitu guru dan dosen. Tugas utama seorang guru dan dosen adalah merancang, menyajikan, dan mengevaluasi bahan ajar, disesuaikan dengan kondisi lingkungan yang membatasinya, dengan tujuan agar peserta didik (siswa dan mahasiswa) memperoleh hasil belajar yang optimal. Oleh karena itu guru dan dosen harus menguasai dan mengembangkan ketiga ranah profesi yang perkembangannya semakin kompleks sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Buku Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Penelitian Tindakan Kelas PAK

Classroom Action Research in Christian Class

Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Kristen pertama kali dikenal dengan istilah penelitian tindakan yang diambil dari frase bahasa Inggris Classroom Action Research. Classroom Action Research secara sederhana dapat diartikan dengan riset aksi kelas, kajian tindakan dalam kelas dan riset tindakan kelas. Classroom Action Research maka dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas Pendidikan Agama Kristen merupakan kegiatan terencana dalam mencermati/observasi tindakan kegiatan belajar mengajar yang secara sengaja dimunculkan dan terjadi dalam kelas pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Namun perlu disadari bahwa tindakan tersebut bukanlah dari siswa melainkan berasal dari guru serta guru menfasilitasi siswa dalam melaksanakan tindakan tersebut.

Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Kristen pertama kali dikenal dengan istilah penelitian tindakan yang diambil dari frase bahasa Inggris Classroom Action Research.

Panduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas

Salah satu upaya pengembangan profesionalitas guru dapat dilakukan dengan pembelajaran berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Selain untuk mempelajari teori-teori yang berkaitan dengan pembelajaran, PTK juga mampu menjadi solusi pemecahan masalah yang dihadapi oleh guru dalam proses pembelajaran. Misalnya, terkait metode pengajaran, pembelajaran siswa, penilaian yang akan digunakan, dan tata kelola ruang kelas. Lantas, bagaimana melaksanakan PTK? Buku ini akan menjawab pertanyaan tersebut melalui pembahasan tentang PTK, langkah-langkah praktis penerapannya, serta contoh PTK. Dikemas dengan bahasa sederhana dan lugas, buku ini sangat cocok untuk dijadikan panduan menyusun PTK. Baca buku ini dan jadilah guru yang mampu memperbaiki mutu pembelajaran di kelas! Sellingpoint: 1. Hakikat PTK 2. Alur Penalaran dan Aspek Pokok PTK 3. Jenis dan Model PTK 4. Contoh PTK

Salah satu upaya pengembangan profesionalitas guru dapat dilakukan dengan pembelajaran berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK).