Sebanyak 38251 item atau buku ditemukan

Surat Kabar Guru Belajar Edisi Khusus: Wardah Inspiring Teacher 2021 - Jilid 5

Surat Kabar Guru Belajar Edisi Khusus Wardah Inspiring Teacher menampilkan praktik baik pembelajaran dan pendidikan untuk menularkan kegemaran belajar pada komunitas guru. Kolaborasi Mewujudkan Merdeka Belajar Tantangan mewujudkan Merdeka Belajar memang tidak mudah. Tantangan itu semakin besar ketika upaya mewujudkan Merdeka Belajar baru berada pada tahap awal dan, pada saat yang sama, Pandemi Covid-19 datang mengguncang kehidupan kita. Semua terdampak, tak terkecuali dunia pendidikan. Namun, tantangan ini tak sedikitpun menyurutkan semangat Cerita Guru Belajar untuk terus berupaya mewujudkan Merdeka Belajar di Indonesia. Sebab, kepentingan kita untuk mewujudkannya jauh lebih berharga dari pada tantangan yang dihadapi. Pada konteks inilah Cerita Guru Belajar berkolaborasi dengan Wardah Inspiring Teacher untuk mendukung para guru di Indonesia belajar bersama dan berbagi praktik baik agar semakin banyak guru yang menjadi Guru Merdeka Belajar. Kami dipertemukan oleh visi yang sama, misi yang sama, dan kepentingan yang sama: melakukan transformasi pendidikan ke arah pendidikan yang lebih memerdekakan murid. Dalam mewujudkan Merdeka Belajar di tengah Pandemi Covid-19, peran media pembelajaran tentu saja sangat krusial. Apakah pembelajaran jarak jauh akan memberikan dampak pada murid atau sekadar menjadi rutinitas, salah satunya ditentukan oleh media pembelajaran yang diaplikasikan di kelas. Melalui Surat Kabar Guru Belajar edisi Wardah Inspiring Teacher 2021 ini, kami ingin membagikan berbagai Media Pembelajaran Merdeka. Semoga dari berbagai cerita praktik baik yang tersaji dalam Surat Kabar Guru Belajar edisi ini dapat menginspirasi para guru di Indonesia, dan kemudian terjadi perubahan di dunia pendidikan kita. Selamat membaca!

Pada saat pelaksanaan pembelajaran luring, maka guru dan murid secara bersama-sama berdiskusi dan menyelesaikan permasalahan Pada video pembelajaran tersebut, saya pada materi barisan aritmatika. Awalnya murid merasa materi barisan ...

SIDIK JARI : ANTOLOGI GURU SEKOLAH ISLAM TERPADU

Judul : SIDIK JARI : ANTOLOGI GURU SEKOLAH ISLAM TERPADU Kisah Pengalaman Unik, Lucu, dan Menarik Selama Mendidik Siswa dan Siswi. Penulis : ST Darul Hasan Kota Padangsidimpuan Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 348 Halaman No ISBN : 978-623-6233-57-3 SIDIK JARI : ANTOLOGI GURU SEKOLAH ISLAM TERPADU Kisah Pengalaman Unik, Lucu, dan Menarik Selama Mendidik Siswa dan Siswi. Buku ini adalah kumpulan cerita para pendidik di Sekolah Islam Terpadu Darul Hasan Kota Padangsidimpuan. Enam tahun sudah perjalanan yang mereka lalui. Banyak cerita yang tersimpan di memori. Buku ini mengajak para pendidik untuk menuliskan ksiahnya, berbagi pengalaman, semangat dan inspirasi bagi para pendidik. Judul kisah antara lain: Acara Tukar Kado Hari Guru - Ada Apa Dengan Mereka - Aku Dan Sejuta Kenangan Di Darul Hasan - Aku Disini - Aku Guru Bagi Mereka Dan Mereka Guru Bagiku - Ali Bin Abi Thalib Semoga Kelak Menjadi Generasi Gerbangnya Ilmu - Assalamualaikum Readers - Awal Mula Bertemu Darul Hasan - Balada Antar Jemput Sekolah - Behind The Scene Orang-Orang Sukses - Bercermin - Bintang Hidupku - Bismillah Cinta - Cerita Indah Di Sit Darul Hasan - Cerita Pengalaman Hidup Dan Mengajar Di Darul Hasan - Ceritaku Di Darul Hasan - Cita-Cita Yang Tertunda - Dari Jendela Darul Hasan - Darul Hasan Wonderful Place - Dzikir Dari Surga - Empat Tahun Bersama Darul Hasan - Guru Baru, Tantangan Baru - Handsock - Ini Secuil Kisah Saya - Jalan Dakwah Di SIT Darul Hasan, dan lain – lain. Buku ini memiliki 65 (enampuluh lima) tulisan di dalamnya. Semoga para pembaca dapat mengambil manfaat sebanyak-banyaknya. Selamat menikmati dan semoga Allah memberkahi.

Tetap menjalani hari seperti biasanya seolah permasalahan itu tidak terjadi. Pada saat itu, saya merasa ini benarbenar sangat mendewasakan, bisa menyelesaikan permasalahan bersama dengan Allah. Memperdekat diri kepada Allah memudahkan ...

Workplace Democracy

A Guide to Workplace Ownership, Participation & Self-management Experiments in the United States & Europe

Monograph on comparison of workers participation, workers self management and workers stock ownership experiments in enterprises in the USA, UK, Spain and Yugoslavia - covers team work, semiautonomous work groups, shopfloor participation, production cooperatives, works councils, etc., And includes a guide to information sources. Bibliography pp. 183 to 186 and photographs.

Monograph on comparison of workers participation, workers self management and workers stock ownership experiments in enterprises in the USA, UK, Spain and Yugoslavia - covers team work, semiautonomous work groups, shopfloor participation, ...

Fundamentals of Collection Development & Management

Taking a fresh approach, this comprehensive guide outlines the step-by-step process of collection development and management. Expert librarian Peggy Johnson offers tips for organizing and staffing, conceiving policy and creating budgets, and developing, marketing and evaluating collections.

Taking a fresh approach, this comprehensive guide outlines the step-by-step process of collection development and management.

MENGUKUR MINAT PROFESI GURU

Instrumen dan Teknik Validasi

Berapa jumlah guru yang tersisa? Pertanyaan itu dilontarkan oleh Kaisar Hirohito beberapa hari setelah Nagasaki dan Hiroshima luluh-lantak karena bom atom dijatuhkan di dua kota tersebut oleh Tentara Amerika Serikat pada Perang Dunia II. Apakah Anda percaya pertanyaan tersebut benar-benar ada? Apakah Anda pernah menemukan jawaban dari pertanyaan itu? Pertanyaan-pertanyaan ikutan itu menjadi kurang penting karena banyak orang telah mempercayai pertanyaan utamanya. Terlebih lagi, orang dapat melihat bukti nyata bahwa Jepang telah berhasil bangkit dari kekalahan perang dalam waktu singkat. Para pengamat waktu itu mempredeksi Jepang baru akan mampu tumbuh dan bangkit berkembang dalam kurun waktu 70 tahun setelah peristiwa bom di kedua kota tersebut. Mereka, termasuk kita semua, memperkirakan faktor penentu keberhasilan itu adalah pendidikan yang tentunya sangat erat terkait dengan peran dan fungsi guru. Bagaimana dengan pernyataan, “Guru adalah jabatan mulia”. Apakah Anda mempercayainya? Apa yang telah Anda lakukan untuk memuliakan guru? Mungkin masih banyak pertanyaan lain yang dapat dimunculkan terkait dengan pernyataan utama tersebut. Bila salah satu anak atau anggota keluarga Anda menyatakan keinginannya untuk menjadi guru, apakah Anda akan mendukungnya? Bagaimana menelusuri minat terhadap profesi guru dan bagaimana mengukurnya? Pertanyaan-petanyaan tersebut dan juga pertanyaan lain yang terkait dengan profesi guru dibahas dalam buku yang sedang Anda baca. Pertanyaan atau lebih umum permasalahan yang dimunculkan dalam beberapa pertanyaan tersebut tidak hanya perlu untuk dibahas sebagai diskursus (discourse) bagi para orang tua, yang berkeinginan salah satu anggota keluarganya berprofesi guru, akan tetapi juga perlu diketahui sebagai rujukan bagi para guru, para mahaguru atau dosen di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), dan para mahasiswa yang sedang belajar di LPTK. Oleh karena itu, buku ini layak untuk dibaca oleh mereka semua. Bagi yang sedang menjalani tugas sebagai guru dapat mengambil manfaat dari buku ini, misalnya, mendapatkan jawaban untuk menjawab dan meyakinkan diri sendiri apakah mereka benar-benar mencintai profesinya, apakah mereka telah memenuhi ciri-ciri profesi guru sehingga dapat meningkatkan pengabdiannya. Bagi para mahasiswa LPTK dapat mengambil manfaat, antara lain peningkatan pemahaman tentang profesi guru sehingga komitmen mereka untuk menjadi guru professional semakin kokoh. Di samping itu, mereka dapat memanfaatkan alat ukur yang dikembangkan dan dibahas dalam buku ini sebagai instrumen penelitian mereka. Demikian pula, para orang tua dan para dosen LPTK dapat mengambil manfaat sesuai keperluan mereka masing-masing. Buku ini ditulis berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan untuk meyusun disertasi beberapa tahun yang lalu. Ide untuk menyusun buku ini sudah lama tersimpan dalam rencana dan baru saat ini terlaksana. Oleh karena itu, sebagian besar sumber yang dirujuk adalah sumber-sumber lama namun dapat diyakinkan bahwa esensi maknanya masih relevan dengan kondisi saat ini. Untuk itu, uraian pada bagian akhir buku ini merupakan konfirmasi tentang kemutahiran esensi makna yang dibahas dalam buku ini. Bagian ini diakhiri dengan satu quotation atau kata bijak yang sering disampaikan untuk memotivasi guru dan calon guru untuk terus belajar. “Who Dares to Teach Must Not Cease to Learn”. Siapa yang berkeinginan kuat untuk menjadi guru harus terus belajar. Selamat belajar, semoga bermanfaat.

Berapa jumlah guru yang tersisa?

Kompetensi Guru

Untuk menjadi guru tentunya diperlukan berbagai kompetensi. Kompetensi guru umumnya terdapat empat hal, yaitu kompetensi pedagogis, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian. Kompetensi-kompetensi ini tentunya dapat menjadikan guru semakin profesional. Hal itu karena guru tidak hanya sebatas melakukan pengajaran pada ruang-ruang kelas, namun juga implementasi dari kompetensi yang dimilikinya di ranah publik secara luas. Dengan demikian, profesionalisme guru harus selalu ditingkatkan agar kompetensi peserta didik dapat memenuhi standar kompetensi yang ditentukan. Buku ini tentunya dapat mewujudkan hal tersebut, karena selain membahas mengenai berbagai pendekatan dan model pembelajaran; bahan ajar dan sumber belajar; kurikulum; silabus dan RPP, namun juga membahas keterampilan dasar mengajar yang begitu diperlukan guru ketika mengajar.

Untuk menjadi guru tentunya diperlukan berbagai kompetensi. Kompetensi guru umumnya terdapat empat hal, yaitu kompetensi pedagogis, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian.

PENELITIAN TINDAKAN KELAS UNTUK GURU INSPIRATIF

Dengan ditetapkannya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 35 Tahun 2010, tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, seorang guru tidak hanya bertugas sebagai pendidik dan pengajar akan tetapi seorang guru juga dituntut untuk melakukan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu pengembangan profesi guru yang dapat diterapkan secara nyata pada proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Karena tujuan utama dari pengembangan profesi bukan hanya dibuktikan dengan pemerolehan Sertifikat Pendidik yang dimiliki oleh guru akan tetapi melihat kesesuaian pelaksanaan proses belajar mengajar yang dilaksanakan oleh guru dengan tujuan pendidikan nasional. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) juga menjadi prioritas pengembangan profesi oleh guru karena dengan melaksanakan PTK selain menjawab permasalahan-permasalahan yang ditemui pada proses belajar mengajar, PTK dapat dipublikasikan dalam tiga bentuk karya ilmiah, yaitu: buku, artikel pada jurnal dan laporan penelitian. Oleh karena itu PTK sangat bermanfaat bagi guru untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Dengan ditetapkannya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 35 Tahun 2010, tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, seorang guru tidak hanya bertugas sebagai pendidik dan pengajar akan tetapi ...

Mari men“jadi” guru

Guru merupakan sutradara yang bertanggung jawab dalam keberhasilan sebuah proses pembelajaran. Tercapainya tujuan pembelajaran tidak terlepas dari keberhasilan seorang guru dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan kondusif sehingga disukai peserta didik. Beragam strategi jitu sudah dilakukan seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran. Berbagai model, media, dan metode juga sudah diterapkan guru dalam menjalankan profesinya. Pengalaman berharga tersebut akan sangat berarti dan bermanfaat bila dibagikan kepada guru-guru lain sehingga bisa mereka terapkan di sekolah masing-masing. Buku ini memuat berbagai macam strategi pembelajaran, penggunaan model dan media pembelajaran dan kiat jitu dalam menghadapi permasalahan di sekolah. Kehadiran buku ini, diharapkan dapat menjadi salah satu solusi terhadap permasalahan yang dihadapi guru ketika menjalankan profesinya sebagai tenaga pendidik.

Beragam strategi jitu sudah dilakukan seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran. Berbagai model, media, dan metode juga sudah diterapkan guru dalam menjalankan profesinya.

Dari Pojok Meja Guru

Dari Pojok Meja Guru PENULIS: Lalu Mungguh Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-251-735-6 Terbit : April 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Permasalahan mutu pendidikan semata-mata tidak bertalian dengan proses (mutu) yang terjadi di dalam kelas, tetapi juga tata kelola dan akuntabilitas institusi pendidikan. Oleh karena itu, gagasan-gagasan dalam buku ini dalam beberapa hal dapat dijadikan pegangan bagi pemerhati, praktisi, dan stakeholders dalam upaya memperbaiki mutu pendidikan kita. (Dr. Burhanudin-Dosen) Selain mengungkapkan permasalahan-permasalahan pendidikan itu, buku ini juga secara langsung memberikan ide-ide, gagasan-gagasan sebagai bentuk perhatian penulis terhadap permasalahan-permasalahan tersebut. Tentu saja bahwa, ide-ide dan gagasan-gagasan tersebut merupakan ide-ide, gagasan dari sudut pandang seorang guru. (Dr. Sukardi-Dosen-Wakil Direktur Pasca Unram) www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Dari Pojok Meja Guru PENULIS: Lalu Mungguh Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-251-735-6 Terbit : April 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Permasalahan mutu pendidikan semata-mata tidak bertalian dengan proses (mutu) yang terjadi di dalam kelas ...