Sebanyak 38352 item atau buku ditemukan

Kompetensi Guru

Untuk menjadi guru tentunya diperlukan berbagai kompetensi. Kompetensi guru umumnya terdapat empat hal, yaitu kompetensi pedagogis, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian. Kompetensi-kompetensi ini tentunya dapat menjadikan guru semakin profesional. Hal itu karena guru tidak hanya sebatas melakukan pengajaran pada ruang-ruang kelas, namun juga implementasi dari kompetensi yang dimilikinya di ranah publik secara luas. Dengan demikian, profesionalisme guru harus selalu ditingkatkan agar kompetensi peserta didik dapat memenuhi standar kompetensi yang ditentukan. Buku ini tentunya dapat mewujudkan hal tersebut, karena selain membahas mengenai berbagai pendekatan dan model pembelajaran; bahan ajar dan sumber belajar; kurikulum; silabus dan RPP, namun juga membahas keterampilan dasar mengajar yang begitu diperlukan guru ketika mengajar.

Untuk menjadi guru tentunya diperlukan berbagai kompetensi. Kompetensi guru umumnya terdapat empat hal, yaitu kompetensi pedagogis, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian.

PENELITIAN TINDAKAN KELAS UNTUK GURU INSPIRATIF

Dengan ditetapkannya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 35 Tahun 2010, tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, seorang guru tidak hanya bertugas sebagai pendidik dan pengajar akan tetapi seorang guru juga dituntut untuk melakukan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu pengembangan profesi guru yang dapat diterapkan secara nyata pada proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Karena tujuan utama dari pengembangan profesi bukan hanya dibuktikan dengan pemerolehan Sertifikat Pendidik yang dimiliki oleh guru akan tetapi melihat kesesuaian pelaksanaan proses belajar mengajar yang dilaksanakan oleh guru dengan tujuan pendidikan nasional. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) juga menjadi prioritas pengembangan profesi oleh guru karena dengan melaksanakan PTK selain menjawab permasalahan-permasalahan yang ditemui pada proses belajar mengajar, PTK dapat dipublikasikan dalam tiga bentuk karya ilmiah, yaitu: buku, artikel pada jurnal dan laporan penelitian. Oleh karena itu PTK sangat bermanfaat bagi guru untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Dengan ditetapkannya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 35 Tahun 2010, tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, seorang guru tidak hanya bertugas sebagai pendidik dan pengajar akan tetapi ...

Mari men“jadi” guru

Guru merupakan sutradara yang bertanggung jawab dalam keberhasilan sebuah proses pembelajaran. Tercapainya tujuan pembelajaran tidak terlepas dari keberhasilan seorang guru dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan kondusif sehingga disukai peserta didik. Beragam strategi jitu sudah dilakukan seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran. Berbagai model, media, dan metode juga sudah diterapkan guru dalam menjalankan profesinya. Pengalaman berharga tersebut akan sangat berarti dan bermanfaat bila dibagikan kepada guru-guru lain sehingga bisa mereka terapkan di sekolah masing-masing. Buku ini memuat berbagai macam strategi pembelajaran, penggunaan model dan media pembelajaran dan kiat jitu dalam menghadapi permasalahan di sekolah. Kehadiran buku ini, diharapkan dapat menjadi salah satu solusi terhadap permasalahan yang dihadapi guru ketika menjalankan profesinya sebagai tenaga pendidik.

Beragam strategi jitu sudah dilakukan seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran. Berbagai model, media, dan metode juga sudah diterapkan guru dalam menjalankan profesinya.

Dari Pojok Meja Guru

Dari Pojok Meja Guru PENULIS: Lalu Mungguh Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-251-735-6 Terbit : April 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Permasalahan mutu pendidikan semata-mata tidak bertalian dengan proses (mutu) yang terjadi di dalam kelas, tetapi juga tata kelola dan akuntabilitas institusi pendidikan. Oleh karena itu, gagasan-gagasan dalam buku ini dalam beberapa hal dapat dijadikan pegangan bagi pemerhati, praktisi, dan stakeholders dalam upaya memperbaiki mutu pendidikan kita. (Dr. Burhanudin-Dosen) Selain mengungkapkan permasalahan-permasalahan pendidikan itu, buku ini juga secara langsung memberikan ide-ide, gagasan-gagasan sebagai bentuk perhatian penulis terhadap permasalahan-permasalahan tersebut. Tentu saja bahwa, ide-ide dan gagasan-gagasan tersebut merupakan ide-ide, gagasan dari sudut pandang seorang guru. (Dr. Sukardi-Dosen-Wakil Direktur Pasca Unram) www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Dari Pojok Meja Guru PENULIS: Lalu Mungguh Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-251-735-6 Terbit : April 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Permasalahan mutu pendidikan semata-mata tidak bertalian dengan proses (mutu) yang terjadi di dalam kelas ...

PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Melejitkan Kemampuan Peneliti untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru)

Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru dan calon guru adalah mampu melakukan penelitian. Hal ini karena pekerjaan guru adalah sebuah profesi yang menuntut peningkatan pengetahuan dan keterampilan terus menerus sejalan dengan perkembangan pendidikan di lapangan. Setiap bidang pekerjaan selalu dihadapkan pada permasalahan yang selalu berkembang, baik berupa fenomena yang mengundang tanda tanya, maupun kesenjangan antara yang diharapkan dengan kenyataan. Permasalahan tersebut menuntut jawaban dan solusi yang dapat dipertanggung jawabkan.

Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru dan calon guru adalah mampu melakukan penelitian.

Lesson Study Berbasis Sekolah

(Guru Konservatif Menuju Guru Inovatif)

Salah satu usaha yang dilakukan terutama oleh guru adalah menjadi teladan dari manusia yang diinginkan tersebut. Guru harus menunjukkan tanggung jawabnya untuk menjadi guru yang tepat untuk membelajarkan peserta didik yang dari tahun ke tahun dihadapkan pada tuntutan perkembangan zaman yang berubah. Guru yang baik adalah guru yang mampu membelajarkan peserta didik melalui “proses pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi untuk aktif, kreatif, mandiri sesuai bakat, minat, dan perkembangan fisik dan psikologis peserta didik” (Pasal 19 PP 19,2005)

Salah satu usaha yang dilakukan terutama oleh guru adalah menjadi teladan dari manusia yang diinginkan tersebut.

Rahasia menjadi guru hebat

Peka terhadap Permasalahan Guru yang mempunyai pemikiran kreatif cenderung peka terhadap berbagai permasalahan yang ada di sekitarnya . Ia selalu memantau perkembangan yang terjadi di sekitarnya . Ketika di sekitarnya muncul ...

Metode Pembelajaran Guru untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Pelajaran PKn Sekolah Dasar

uku Metode Pembelajaran Guru untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Pelajaran PKn Sekolah Dasar ini disusun oleh unit III D program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Buku ini diperuntukkan kepada seluruh mahasiswa PGSD sebagai sumber referensi mengenai metode pembelajaran guru demi meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran PKn. Buku ini juga dilengkapi dengan gambar dan metode guru dalam menerapkan metode pembelajaran. Sajian dalam buku ini berusaha untuk melatih kegiatan kognitif. Gambaran beberapa metode dapat memotivasi serta menjadi bekal bagi calon guru dalam mengajar.

uku Metode Pembelajaran Guru untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Pelajaran PKn Sekolah Dasar ini disusun oleh unit III D program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

SKGB 008: KOMITMEN PADA TUJUAN

kompetensi merdeka belajar KOMITMEN PADA TUJUAN Pengamatan dan pengalaman kita sebagai pendidik menunjukkan bahwa pendidikan tidak semudah membalik tangan. Pendidikan bukan agenda sehari dua hari, sebulan dua bulan, bahkan bukan pula agenda setahun dua tahun. Pengalaman perubahan pendidikan di negara lain seperti Finlandia menunjukkan perubahan pendidikan adalah agenda 25 tahun. Kesadaran bahwa pendidikan adalah agenda jangka panjang menuntut perubahan cara memperjuangkan pendidikan. Bukan lagi sebagai pelari jarak pendek yang melesat cepat, tapi pelari jangka panjang yang tekun merawat semangat. Bukan lagi sendiri dan berkompetisi, tapi bersama dalam sebuah kolaborasi.

kompetensi merdeka belajar KOMITMEN PADA TUJUAN Pengamatan dan pengalaman kita sebagai pendidik menunjukkan bahwa pendidikan tidak semudah membalik tangan.

PELATIHAN LESSON STUDY BAGI GURU

Buku ini didukung dari berbagai sumber buku referensi dan akses internet. Isi buku ini ingin menjelaskan kebijakan inovasi pendidikan, roadmap penelitian, lesson study sebagai inovasi pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas berbasis lesson study, beberapa kajian tentang paradigma baru model pembelajaran, dan profesionalisme guru. Buku ini dapat dibaca oleh pendidik yang merupakan pengajar/guru yang akan mengadakan penelitian terutama penelitian tindakan kelas yang akan digunakan untuk naik pangkat. Besar harapan buku ini dapat membantu dan menjadi rujukan bagi guru yang naik pangkat serta meningkatkan proses pembelajaran.

Buku ini didukung dari berbagai sumber buku referensi dan akses internet.