Sebanyak 41538 item atau buku ditemukan

Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa

Buku Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa ini ditujukan kepada para guru, kepala sekolah, pengawas dan pengelola pendidikan lainnya untuk melaksanakan aktivitas pembelajaran di sekolah sebagaimana tuntutan Kurikulum 2013. Buku tersebut dapat dijadikan sebagai pendukung praktik pembelajaran dan dikembangkan sesuai dengan kemampuan, kebutuhan dan potensi yang ada. Dalam kegiatan pembelajaran, seoran pendidik dapat memainkan berbagai peran pengelola pembelajaran sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator dan fasilitator/mentor dan sebagai evaluator. Sebagai tenaga profesional, seorang pendidik dituntut mampu mengelola kelas yaitu menciptakan dan mempertahankan kondisi belajar yang optimal bagi tercapainya tujuan pengajaran.

pendekatan, strategi, metode, taktik dan sebagai, tetapi yang perlu diingat bahwa semua model pengelolaan pembelajaran bertujuan sama yaitu menjadikan proses pembelajaran berjalan secara efektif dan memdorong terjadinya proses belajar.

Handbook Best Practice Strategi Belajar Mengajar 

Handbook best practice strategi belajar mengajar memuat penjelasan model pembelajaran yang ideal diterapkan dalam pembelajaran biologi yang dilengkapi teknik penyajian, LKPD dan instrument pembelajaran untuk mengukur keberhasilan indikator pencapaian kompetensi baik secara kognitif maupun keterampilan. Dengan hadirnya buku ini diharapkan dapat menjadi salah satu pedoman bagaimana inovasi pembelajaran dalam bentuk best practice disajikan sehingga dapat menjadi rujukan bagi para guru, calon guru dan penggiat pendidikan.

Handbook best practice strategi belajar mengajar memuat penjelasan model pembelajaran yang ideal diterapkan dalam pembelajaran biologi yang dilengkapi teknik penyajian, LKPD dan instrument pembelajaran untuk mengukur keberhasilan indikator ...

Teori Belajar Bahasa

Para ahli mengemukakan berbagai pandangan berkenaan dengan belajar. Akibatnya, muncullah sejumlah teori tentang belajar. Perbedaan pandangan para ahli tentang hakikat belajar dan proses belajar semata-mata dipengaruhi oleh perbedaan pandangan teori ilmu jiwa yang dianutnya. Dalam perkembangan teori tentang belajar kita kenal Thorndike dan Pavlov yang mencetuskan tentang teori belajar asosiasi, Edwin Guthrie, Wadson, dan B.F. Skinner mengembangkan teori behavior, dan Robert M. Gagne, Jean Piaget, dan Ausubel mengembangkan teori belajar kognitif.

Para ahli mengemukakan berbagai pandangan berkenaan dengan belajar.

Belajar dan Pembelajaran di Era Milenial

Pengembangan perangkat pembelajaran ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran mata kuliah Belajar dan Pembelajaran karena dilengkapi dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), bahan ajar, media dan alat evaluasi. Keempat komponen tersebut searah dengan kebijakan SNPT yang disepakati dalam dokumen KPT. Selanjutnya, implementasi kurikulum dapat dilakukan secara berkesinambungan antara kurikulum yang dirancang (planned curriculum) dengan kurikulum yang diterapkan (implemented curriculum).

Pengembangan perangkat pembelajaran ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran mata kuliah Belajar dan Pembelajaran karena dilengkapi dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), bahan ajar, media dan alat evaluasi.

Model Belajar dan Pembelajaran yang menggembirakan

Model Belajar dan Pembelajaran yang menggembirakan

Model pembelajaran interaktif memberikan struktur pengajaran sains yang melibatkan pengumpulan dan pertimbangan atas pertanyaan-pertanyaan siswa. Siswa diajak untuk berpikir tentang konsep yang akan dipelajari, kemudian direfleksikan melalui keingintahuannya dan diwujudkan dalam bentuk pertanyaanpertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan itu kemudian dijawab sendiri oleh siswa melalui penyelidikan. Guru tidak terlibat terlalu jauh dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan siswa tetapi menjawab pertanyaan siswa dengan pertanyaan, sehingga siswa akan menemukan sendiri jawaban atas pertanyaanya sendiri. Pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari siswa dapat dimanfaatkan oleh guru untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Bertanya dalam kegiatan pembelajaran interaktif dipandang sebagai kegiatan guru untuk mendorong, membimbing, dan menilai kemampuan siswa.

Model pembelajaran interaktif memberikan struktur pengajaran sains yang melibatkan pengumpulan dan pertimbangan atas pertanyaan-pertanyaan siswa.

Mudah dan Aktif Belajar Fisika

Panduan untuk Pembaca Materi-materi pembelajaran pada buku ini
berdasarkan kurikulum yang berlaku saat ini dan disajikan secara sistematis,
komunikatif, dan integratif. Di setiap awal bab, dilengkapi gambar pembuka
pelajaran, ...

Mengurus Kanak-Kanak Yang Susah Belajar

Ibu bapa dan guru khas adalah orang yang paling layak mengetahui dengan
lebih singkat kemampuan anak . Mengukur Masalah Pembelajaran Guru khas
hendaklah mengukur kemampuan kanak - kanak yang didapati bermasalah di
dalam ...

TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

Pembelajaran hakikatnya merupakan usaha sadar dari seorang guru untuk membelajarkan siswanya (mengarahkan interaksi siswa dengan sumber belajar lainnya) dalam rangka tujuan yang diharapkan. Dari definisi ini kita bisa mengetahui dengan jelas bahwa kegiatan pembelajaran tidak lepas dari interaksi dua arah; dari seorang guru dan peserta didik, di mana antara keduanya terjadi komunikasi (transfer) yang intens, dan terarah untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya. Proses belajar mengajar yang efektif semestinya menumbuhkan daya kreasi, daya nalar, rasa keingintahuan (curiosity), dan eksperimentasi-eksperimentasi untuk menemukan kemungkinan-kemungkinan baru (meskipun hasilnya keliru), memberikan keterbukaan terhadap kemungkinan-kemungkinan baru, menumbuhkan demokrasi, dan memberikan toleransi pada kekeliruan-kekeliruan akibat kreativitas berpikir itu.

Pembelajaran hakikatnya merupakan usaha sadar dari seorang guru untuk membelajarkan siswanya (mengarahkan interaksi siswa dengan sumber belajar lainnya) dalam rangka tujuan yang diharapkan.

Teknologi Finansial: Sistem Finansial Berbasis Teknologi di Era Digital

Berbicara tentang fintech adalah membahas tentang inovasi teknologi (technology inovation), gangguan proses (process disruption) serta transformasi layanan (service transformation). Technology innovation secara umum adalah sebuah pemicu dari perkembangan dan pertumbuhan ekonomi dan transformasi industri. Bila ada teknologi baru dalam industri hal ini menunjukan bahwa laju perubahan teknologi mengalami peningkatan dan perkembangan dalam kemajuannya dan lebih transformatif dalam efeknya. Buku ini membahas : Bab 1 Definisi dan Sejarah Teknologi Finansial Bab 2 Klasifikasi Jenis Teknologi Finansial Bab 3 Evolusi Sistem Keuangan Berbasis Teknologi Bab 4 Perkembangan Fintech Di Indonesia Bab 5 Regulasi Teknologi Finansial di Indonesia Bab 6 Aplikasi Teknologi Finansial Bab 7 Teknologi Finansial sebagai Alternatif Layanan Keuangan bagi UMKM Bab 8 Teknologi Finansial Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Bab 9 Ancaman dan Peluang Teknologi Finansial bagi Dunia Perbankan Bab 10 Teknologi Finansial: Berkah Vs Musibah bagi Bank Syariah di Indonesia

Berbicara tentang fintech adalah membahas tentang inovasi teknologi (technology inovation), gangguan proses (process disruption) serta transformasi layanan (service transformation).