
TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
Pembelajaran hakikatnya merupakan usaha sadar dari seorang guru untuk membelajarkan siswanya (mengarahkan interaksi siswa dengan sumber belajar lainnya) dalam rangka tujuan yang diharapkan. Dari definisi ini kita bisa mengetahui dengan jelas bahwa kegiatan pembelajaran tidak lepas dari interaksi dua arah; dari seorang guru dan peserta didik, di mana antara keduanya terjadi komunikasi (transfer) yang intens, dan terarah untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya. Proses belajar mengajar yang efektif semestinya menumbuhkan daya kreasi, daya nalar, rasa keingintahuan (curiosity), dan eksperimentasi-eksperimentasi untuk menemukan kemungkinan-kemungkinan baru (meskipun hasilnya keliru), memberikan keterbukaan terhadap kemungkinan-kemungkinan baru, menumbuhkan demokrasi, dan memberikan toleransi pada kekeliruan-kekeliruan akibat kreativitas berpikir itu.
- ISBN 13 : 6232651340
- ISBN 10 : 9786232651340
- Judul : TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
- Pengarang : DR. SUTIAH, M.PD, M.PD, M.PD, M.PD,
- Kategori : Education
- Penerbit : NLC
- Bahasa : id
- Tahun : 2020
- Halaman : 202
- Google Book : https://play.google.com/store/books/details?id=FpPsDwAAQBAJ&source=gbs_api
-
Ketersediaan :
Pembelajaran hakikatnya merupakan usaha sadar dari seorang guru untuk membelajarkan siswanya (mengarahkan interaksi siswa dengan sumber belajar lainnya) dalam rangka tujuan yang diharapkan.