Sebanyak 41606 item atau buku ditemukan

Penelitian Sejarah Kesusasteraan Melayu Moden, 1940-1969

Study on the history of modern Malay literatures, 1940-1969; papers of a colloquium.

Rata - rata kalangan orang Melayu masih dibelenggu dengan tahap pendidikan
yang rendah dan sempit kerana berpegang kepada pelbagai fikiran lama dan
psikologi feudal . Penekanan kepada sastera yang membawa kemajuan fikiran ...

Metodologi Penelitian Pendidikan

: Teori Dan Implementasi

Ilmu pengetahuan berawal dari kekaguman manusia akan alam yang dihadapi baik besar (macro cosmos) maupun alam kecil (micro cosmos). Manusia dibekali dengan hasrat ingin tahu. Sifat ingin tahu manusia telah dapat disaksikan sejak manusia itu masih kanak-kanak (Suryabrata, 2003: 2). Hasrat ingin tahu manusia terpuaskan kalau dia memperoleh pengetahuan mengenai hal yang dipertanyakan. Pengetahuan yang diinginkan adalah pengetahuan yang benar. Pengetahuan yang benar atau kebenaran memang secara inhern dapat dicapai manusia baik melalui pendekatan ilmiah maupun non ilmiah (akal sehat/common sense, prasangka, intuisi, penemuan kebetulan dan coba-coba, pendapat otoritas dan pikiran kritis)

Pengetahuan yang benar atau kebenaran memang secara inhern dapat dicapai manusia baik melalui pendekatan ilmiah maupun non ilmiah (akal sehat/common sense, prasangka, intuisi, penemuan kebetulan dan coba-coba, pendapat otoritas dan pikiran ...

Metodologi Penelitian Pendidikan ( Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method )

Buku ini terdiri dari 5 (lima) bab, yaitu pendahuluan, penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian kombinasi, dan proposal penelitian. Penelitian kuantitatif membahas tentang pengertian, studi pustaka, kerangka berpikir, hipotesis, metode-metode, proses penelitian, populasi dan sampel, teknik sampling, instrumen dan skala pengukuran, dan analisis data. Penelitian kualitatif membahas tentang pengertian, landasan teori, rumusan masalah, tujuan penelitian, ciri-ciri, karakteristik, kerangka berpikir, metode-metode, populasi dan sampel, instrumen dan teknik penelitian, teknik analisis data, dan validitas dan reliabilitas. Penelitian kombinasi membahas tentang konsep dasar dan model-model penelitian kombinasi. Proposal penelitian membahas tentang pengertian, unsur-unsur penting, proposal penelitian kuantitatif, proposal penelitian kualitatif, dan proposal skripsi.

lebih komprehensif daripada hanya menggunakan metode penelitian kuantitatif saja atau metode penelitian kualitatif saja. Sebagai metode penelitian yang menggabungkan metode kuantitatif dan metode kualitatif, metode penelitian kombinasi ...

Meneliti itu Tidak Sulit: Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Bahasa

Salah satu tahap yang paling menentukan sekaligus paling menantang dalam penelitian adalah menentukan topik. Sebenarnya, topik bisa diperoleh dengan relatif mudah jika kita mengetahui beberapa jalan yang membuka ke arah ide-ide untuk topik. Tiga hal yang membuka jalan ini adalah pengalaman, keingintahuan, dan kajian terhadap penelitian-penelitian sebelumnya. Pengalaman . Pengalaman sehari-hari dengan dunia nyata di luar kampus atau sekolah bisa menginspirasi kita tentang sebuah topik penelitian. Pengalaman umumnya sarat dengan masalah, seperti misalnya anak-anak jalanan usia sekolah, kemampuan berbahasa asing yang rendah di beberapa kalangan sekolah, kemampuan membaca yang minim, dan lain sebagainya. Supaya pengalaman itu segera menjadisebuah pertanyaan penelitian harus ada kepekaan dalam menangkap masalah. Ini memerlukan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, baik benda hidup maupun benda mati. Coba Anda renungkan pengalaman Anda selama ini, kemudian tulislah beberapa hal yang selama ini Anda atau orang-orang lain sebagai masalah. Catatan Anda itu nanti bisa menggiring pada penentuan topik penelitian.

Catatan Anda itu nanti bisa menggiring pada penentuan topik penelitian. Buku Meneliti itu Tidak Sulit: Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Bahasa ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

METODOLOGI PEMBELAJARAN: STRATEGI, PENDEKATAN, MODEL, METODE PEMBELAJARAN

Buku ini berbeda dengan kebanyakan buku Strategi Pembelajaran lain atau buku yang beredar di pasaran. Bedanya adalah pola buku ini mendekati kebutuhan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi kependidikan di Indonesia. Di samping itu, buku ini lebih operasional karena dilengkapi dengan model-model pembelajaran yang siap dioperasionalkan, dan juga dilengkapi dengan temuan-temuan penelitian tentang pembelajaran, persepsi, minat, sikap dan hasil belajar.

Buku ini berbeda dengan kebanyakan buku Strategi Pembelajaran lain atau buku yang beredar di pasaran.