Sebanyak 38352 item atau buku ditemukan

STRATEGI IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DENGAN PROFESIONAL

Peran untama pendidikan di indonesia saat ini adalah meningkatkan mutu pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah. Berbagai usaha telah dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, misalnya melalui pengembangan kurikulum nasional dan kurikulum lokal. Meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan, penggandaan buku-buku. Namun penggandaan dan perbaikan sarana dan prasarana pendidikan hasilnya belum memuaskan. Karena belum menunjukan peningkatan mutu yang merata. Masalah rendahnya mutu pendidikan tersebut, sebetulnya terutama terletak pada masalah pendidikan. Sehingga salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menerapkan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah (MBS). Oleh karena itu, pelaksanaannya harus dapat sejalan dengan jiwa dan semangat otonomi pendidikan. Buku ini membahas tentang Manajemen Berbasis Sekolah yang terdiri dari Konsep dasar Manajemen Berbasis Sekolah sebagai reorientasi penyeleng­garaan pendidikan, strategi implementasi MBS sesuai dengan kondisi negara, daerah maupun sekolah masing-masing termasuk perencanaan pengembangan sekolah, Komunikasi Pendidik dengan Orang Tua, Sesama Pendidik, dan Masyarakat, Pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) sebagai salah satu pilar MBS dimana juga dibahas kaitan pembelajaran dan manajemen kelas, konsep, pendekatan dan langkah-langkah manajemen kelas serta manajemen kelas berbasis ICT, dan diakhiri uraian tentang peningkatan profesi­onalisme Tenaga Pendidik dan Kependidikan dalam Mendukung MBS. Setiap bab dilengkapi dengan latihan, rangkuman dan hasil-hasil penelitian terkait serta pada akhir buku disajikan glosarium.

Peran untama pendidikan di indonesia saat ini adalah meningkatkan mutu pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah.

Mencermati seni pertunjukan: Perspektif pendidikan, ekonomi & manajemen, dan media

Design acara maupun panggung , bahkan interior rumah dan kantor bisa ditawarkan ke berbagai pihak melalui transaksi e - commerce . ( 3 ) Web / situs itu pun dapat digunakan oleh mahasiswa secara individual untuk menawarkan jasa - jasa ...

Manajemen Pendidikan

Manajemen merupakan suatu proses mengatur yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan maksud, mencapai tujuan yang diinginkan melalui pemberdayaan sumber daya manusia yang ada dan sumber daya lainnya. Lahirnya konsep manajemen di tengah meningkatnya kebutuhan masyarakat yang beragam dan terjadi ketidakseimbangan pengembangan teknis dengan kemampuan sosial ini mampu menjawab semua kebutuhan-kebutuhan tersebut sehingga tercapailah tujuan yang diinginkan. Maka dari itu, tujuan manajemen itu sendiri adalah menyadarkan bagaimana berbagai pihak dengan perspektif yang berbeda mampu mengelola, membina, mengurus, menata, melaksanakan, mengkoordinasi, dan memimpin suatu institusi, organisasi atau lembaga pendidikan dengan tujuan yang diinginkan mampu terealisasi dalam kehidupan bermasyarakat. Buku ini disusun dengan mempertimbangkan keberadaan mata kuliah Manajemen Pendidikan di perguruan tinggi yang ada khususnya pada fakultas pendidikan dan keguruan dan pentingnya keberadaan dan peranan seorang pemimpin dalam lembaga pendidikan. Buku ini diharapkan mampu menambah informasi dan ilmu pengetahuan secara teoritis dan pendekatan-pendekatan yang terdapat dalam ilmu manajemen untuk selanjutnya diimplementasikan dalam aktivitas pendidikan dan kehidupan masyarakat.

Buku ini disusun dengan mempertimbangkan keberadaan mata kuliah Manajemen Pendidikan di perguruan tinggi yang ada khususnya pada fakultas pendidikan dan keguruan dan pentingnya keberadaan dan peranan seorang pemimpin dalam lembaga ...