Sebanyak 41598 item atau buku ditemukan

Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf

Menurut Hayon (2007:5), menulis adalah segala kegiatan yang berkaitan dengan perihal menulis. Menulis ada hubungannnya dengan orang yang menulis, bahan yang ditulis dan masyarakat sebagai sasaran pembaca. Itulah dunia kepenulisan yang saling berkaitan satu sama lainnya. Unsur-unsur dalam menulis minimal mencapai empat aspek, yaitu (1) aspek gagasan yang akan disampaikan yang berupa topik masalah, (2) aspek tulisan yang berbentuk jenis karangan, sebagai gaya cara menulis karangan narasi, deskripsi, argumentasi, persuasi, atau eksposisi agar pembaca dapat mencerna tulisannya, (3) aspek keterpaduan antarparagraf agar tidak tumpang tindih pembahasannya, dan (4) aspek bahasa memilih diksi yang tepat dan gaya bahasa.

Menurut Hayon (2007:5), menulis adalah segala kegiatan yang berkaitan dengan perihal menulis.

Pengembangan Wilayah

Terori & Aplikasi

Tujuan utama pengembangnan wilayah adalah pemerataan pengembangan antarwilayah baik secara fisik maupun sosial ekonomi wilayah. Dalam perencanaan pengembangan wilayah perlu didukung ilmu lain yang berhubungan dengan pengembangan fisik dan ekonomi wilayah, seperti ilmu evaluasi dan perencanaan penggunaan sumber daya lahan, ilmu penataan ruang dan pengembangan kawasan, ilmu pengembangan wilayah perdesaan dan perkotaan, ilmu pengembangan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil, serta ilmu pemekaran wilayah administrasi. Di dalam buku ini membahas berbagai konsep perencanaan pendukung pengembangan wilayah, dimulai dari konsep tipologi dan teori pengembangan wilayah, seperti teori lokasi, pusat pertumbuhan, dan agropolitan. Di dalam perencanaan pengembangan wilayah perlu didukung evaluasi dan perencanaan penggunaan lahan baik secara fisik maupun sosial ekonomi, perencanaan pengembangan kawasan dan penataan ruang, agar pengembangan wilayah yang direncanakan dapat saling bersinergi bukan saling berantagonis. Perencanaan pengembangan wilayah perkotaan dan perdesaan sangat diperlukan dalam perencanaan pengembangan wilayah yang banyak berhubungan dengan pengelolaan lahan perkotaan dan prasarana kota. Pengembangan wilayah pesisir juga termasuk dalam perencanaan pengembangan wdayah yang membahas pengembangan potensi dan ekosistem wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil, yang sangat berpotensi dalam pengembangan fisik maupun sosial ekonomi wilayah. Fenomena pemekaran wilayah yang banyak dilakukan saat ini perlu pula dicermati karena fenomena ini juga termasuk dalam ranah pengembangan wilayah, yaitu pengembangan wilayah administrasi. Kelayakan Pemekaran Wilayah juga dibahas dalam buku ini karena berhubungan dengan pengembangan wilayah administrasi, yang membahas dan mengevaluasi berbagai faktor penunjang pemekaran wilayah seperti kependudukan, kemampuan ekonomi daerah, potensi daerah, kemampuan keuangan daerah, kondisi Polbudhankam, kesejahteraan, luas daerah dan rentang kendali, untuk mengetahui apakah pemekaran wilayah yang dimaksud sudah layak atau belum.Ê *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)

Dalam perencanaan pengembangan wilayah perlu didukung ilmu lain yang berhubungan dengan pengembangan fisik dan ekonomi wilayah, seperti ilmu evaluasi dan perencanaan penggunaan sumber daya lahan, ilmu penataan ruang dan pengembangan kawasan ...

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR

Buku Pengembangan Bahan Ajar ini. Buku ini bisa digunakan oleh para pendidik sebagai acuan untuk mengembangkan bahan ajar. Tersusunnya buku ini tentu bukan dari usaha penulis seorang. Dukungan moral dan material dari berbagai pihak sangatlah membantu tersusunnya buku ini. Untuk itu, penulis ucapkan terima kasih kepada keluarga, sahabat, rekan-rekan, dan pihak-pihak lainnya yang membantu tersusunnya buku ini

Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 175-192. Tersedia: http://journal.walisongo.ac.id [Diakses pada tanggal 26 Agustus 2019]. Jakad. (2019). Jenis-jenis Bahan Ajar Cetak dan Bahan Ajar Non Cetak. [Online].

PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA

PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA PENULIS: AYU SRI MENDA BR SITEPU ISBN: 978-623-229-244-4 Penerbit : Guepedia Publisher Ukuran : 14 x 21 cm Tebal : 90 halaman Sinopsis: Buku ini diharapkan dapat mendorong atau bahkan menyadarkan pembaca bahwa perwujudan kreativitas adalah penting bagi setiap insan manusia. Buku ini disusun guna membekali para guru untuk memahami bagaimana proses kreativitas itu diimplementasikan, dan terlebih penting bagaimana dapat mengembangkan dalam pembelajarannya di sekolah. Buku ini juga menguraikan tentang manusia kreatif, kreativitas manusia, kreativitas berdasar beragam perspektif, ciri-ciri kreatif, bakat dan kreativitas, proses kreatif, teknik pengembangan kreativitas dalam pembelajaran dan tips menghadapi tantangan berkreatif. Pembahasan lengkap dengan ilustrasi dan contoh agar lebih mudah dipahami oleh pembaca. Penulis menyadari bahwa buku ini masih memiliki beberapa kekurangan dan berupaya untuk terus lakukan penyempurnaan pada masa selanjutnya berdasarkan umpan balik pembaca. Buku yang ada di tangan pembaca kali ini, menggugah kesadaran kita bahwa pada dasarnya setiap manusia itu kreatif. Persoalannya hanya pada titik pengembangannya semata. Ada yang berusaha mengembangkan kreativitasnya, dan ada pula yang kurang peduli dengan kreativitasnya, sehingga menyebabkan dirinya menjadi pribadi yang kurang berkualitas. Buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca khususnya para guru dalam membina kreativitas peserta didiknya melalui pembelajaran atau keteladanan yang dilakukannya. Perlu diingat bahwa orang kreatif bukanlah individu yang jenius melainkan orang-orang yang luwes, dinamis, antuasia, tekun, tidak tergantung pada orang yang lain, pernuh perhatian pada sesuatu yang baru, dan punya rasa ingin tahu yang tinggi. Email : guepedia@gmail•com WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA PENULIS: AYU SRI MENDA BR SITEPU ISBN: 978-623-229-244-4 Penerbit : Guepedia Publisher Ukuran : 14 x 21 cm Tebal : 90 halaman Sinopsis: Buku ini diharapkan dapat mendorong atau bahkan menyadarkan pembaca bahwa ...

Pengembangan Revolusi Industri 4.0 dalam Berbagai Bidang

Pengembangan Revolusi Industri 4.0 dalam Berbagai Bidang PENULIS: Nurdianita Fonna ISBN: 978-623-229-270-3 Penerbit : Guepedia Publisher Ukuran : 14 x 21 cm Tebal :83 halaman Sinopsis: Revolusi industri 4.0 merupakan fase keempat dari perjalanan sejarah revolusi industri yang dimulai pada abad ke -18. Menurut Prof Schwab, dunia mengalami empat revolusi industri. Revolusi industri 1.0 ditandai dengan penemuan mesin uap untuk mendukung mesin produksi, kereta api dan kapal layar. Berbagai peralatan kerja yang semula bergantung pada tenaga manusia dan hewan kemudian digantikan dengan tenaga mesin uap. Dampaknya, produksi dapat dilipatgandakan dan didistribusikan ke berbagai wilayah secara lebih masif. Namun demikian, revolusi industri ini juga menimbulkan dampak negatif dalam bentuk pengangguran masal. Dalam bukunya yang berjudul “The Fourth Industrial Revolution”, Prof Schawab (2017) menjelaskan revolusi industri 4.0 telah mengubah hidup dan kerja manusia secara fundamental. Berbeda dengan revolusi industri sebelumnya, revolusi industri generasi ke-4 ini memiliki skala, ruang lingkup dan kompleksitas yang lebih luas. Kemajuan teknologi baru yang mengintegrasikan dunia fisik, digital dan biologis telah mempengaruhi semua disiplin ilmu, ekonomi, industri dan pemerintah. Bidang-bidang yang mengalami terobosoan berkat kemajuan teknologi baru diantaranya (1) robot kecerdasan buatan (artificial intelligence robotic), (2) teknologi nano, (3) bioteknologi, dan (4) teknologi komputer kuantum, (5) blockchain (seperti bitcoin), (6) teknologi berbasis internet, dan (7) printer 3D. Dinamika kehidupan masyarakat Indonesia semakin kompleks mengingat pada era sekarang merupakan era revolusi industri keempat yang serba digital. Ini juga tidak terlepas dengan proses globalisasi yang masih berlangsung. Hal tersebut sama dengan pendapat dari George Ritzer yang mengatakan bahwa globalisasi ditandai dengan kemajuan teknologi. Email : guepedia@gmail•com WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Pengembangan Revolusi Industri 4.0 dalam Berbagai Bidang PENULIS: Nurdianita Fonna ISBN: 978-623-229-270-3 Penerbit : Guepedia Publisher Ukuran : 14 x 21 cm Tebal :83 halaman Sinopsis: Revolusi industri 4.0 merupakan fase keempat dari ...

Pengembangan Media Pembelajaran

Media pembelajaran merupakan suatu bagian yang tidak bisa terpisahkan dari proses pembelajaran itu sendiri. Agar dapat menghasilkan media pembelajaran yang baik dibutuhkan suatu pemahaman terhadap sejarah perkembangan media pembelajaran, jenis-jenis media pembelajaran dan karakteristik serta ciri-ciri media pembelajaran yang baik. Selain membahas mengenai hal-hal yang sudah disebutkan sebelumnya, buku ini membahas bagaimana memilih media pembelajaran yang akan dikembangkan, serta bagaimana merancang, memproduksi dan mempresentasikan berbagai jenis media visual, audio dan audio visual. Secara lengkap buku ini membahas : Bab 1 Pengertian Media Pembelajaran Bab 2 Landasan Teoritis Penggunaan Media Pembelajaran Bab 3 Ciri-Ciri Media Pembelajaran Bab 4 Sejarah Perkembangan Media Pembelajaran Bab 5 Kegunaan dan Fungsi Media Pembelajaran Bab 6 Jenis–Jenis Media Pembelajaran Bab 7 Karakteristik Masing-Masing Media Pembelajaran Bab 8 Pemilihan Media Pembelajaran Bab 9 Perencanaan dan Pengembangan Media Pembelajaran Bab 10 Merancang, Memproduksi dan Mempresentasi Media Visual Bab 11 Merancang, Memproduksi dan Mempresentasi Media Audio Bab 12 Merancang, Memproduksi dan Mempresentasikan Media Audio Visual

Secara lengkap buku ini membahas : Bab 1 Pengertian Media Pembelajaran Bab 2 Landasan Teoritis Penggunaan Media Pembelajaran Bab 3 Ciri-Ciri Media Pembelajaran Bab 4 Sejarah Perkembangan Media Pembelajaran Bab 5 Kegunaan dan Fungsi Media ...

Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE

Buku ini menyajikan dan mengupas salah satu model desain dan pengembangan sistem pembelajaran yang dapat digunakan untuk menciptakan program pelatihan yang mampu meningkatkan kompetensi peserta, memotivasi proses belajar peserta training, meningkatkan daya ingat atau retensi terhadap kompetensi yang dilatihkan dalam dunia kerja nyata. Sangat tepat untuk digunakan di pusdiklat, pengelola program pelatihan (training manager), instruktur, pelatih, pengajar, dan pendidik untuk diaplikasikan dalam menciptakan program pelatihan yang berkualitas, sehingga dapat membantu peserta dalam menguasai kompetensi yang dilatihkan. ------- Penerbit Kencana (Prenadamedia Group)

Buku ini menyajikan dan mengupas salah satu model desain dan pengembangan sistem pembelajaran yang dapat digunakan untuk menciptakan program pelatihan yang mampu meningkatkan kompetensi peserta, memotivasi proses belajar peserta training, ...