Sebanyak 41606 item atau buku ditemukan

MATERI PENDIDIKAN KARAKTER Pegangan Praktis Guru dan Orangtua

Sejak Bapak Joko Widodo menjadi Presiden, karakter dan pendidikan karakter dijadikan bahan pendidikan. Dengan demikian, lulusan sekolah dan perguruan tinggi, tidak hanya mendapatkan bekal ilmu pengetahuan dan kecakapan di bidangnya, tetapi juga menjadi orang yang berkepribadian dan berkarakter. Buku ini dirancang sebagai pegangan para guru di sekolah dan orangtua di rumah untuk melaksanakan pendidikan karakter, supaya pendidikan karakter di sekolah dan di rumah saling mendukung dan melengkapi. Dalam buku ini diuraikan secara lengkap, pertama, karakter dan keutamaan-keutamaan yang membentuknya. Keutamaaan-keutamaan itu dikelompokkan menjadi 7 kelompok keutamaan: pribadi, antarpribadi, sosial, kerja, ekologis, teologis, dan memampukan. Kedua, pendidikan karakter. Ketiga, bahan/materi pendidikan karakter beserta manfaat, prinsip, pendekatan dalam pendidikan karakter, dan tugas sekolah serta orangtua dalam pendidikan karakter.

Dalam sambutan-sambutan pada resepsi pernikahan, orang yang memberi sambutan menasihati agar pasangan mempelai C menjaga agar ikatan dan pai akhir nenek), hayat, itu, saling bahkan hubungan mereka Untuk /KkerjaG kaken-ninen- 03 /G ...

Impelentasi Pembiasaan Diri Dan Pendidikan Karakter

(Sebagai Pengantar)

Pendidikan karakter adalah proses kepeduliansecara nyata dan terencana untuk mewujudkan dan membudayakan peserta didik secara individualdengan sepenuh hati untuk menjadi insan baik.Karakter dalam bahasa Inggris Character, dari istilah Yunani dari kata Charassein artinya membuat tajamatau membuat dalam, maksudnya suatu tindakan untuk membantu setiap individu menjadi lebih semangat untuk membangun dirinya semaksimal mungkin dengan tujuan untuk menjadi insan yang memiliki perilaku berkarakter.

Buku Impelentasi Pembiasaan Diri Dan Pendidikan Karakter (Sebagai Pengantar) ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Pendidikan Karakter Remaja dalam Masyarakat Pesisir

Pendidikan Karakter Remaja dalam Masyarakat Pesisir PENULIS: Muhammad Hafrinda ISBN : 978-623-7503-63-7 www.guepedia.com Sinopsis: Buku yang terinspirasi berdasarkan pengalaman penulis sendiri yang telah bertugas hampir sepuluh tahun di sekolah yang letaknya pas di pesisir Aceh Tamiang. Buku ini berbicara mengenai Pendidikan Karakter yang sekarang tengah gencar dikembangkan dan disosialisasikan melalui para pemangku kepentingan di bidang pendidikan. Ditambah lagi permasalahn pendidikan karakter yang dikupas secara khusus ialah pendidikan karakter remaja, yang dihubungkan dengan persoalan serta pemanfaatan budaya yang berbasis kearifan lokal. Itulah sedikit gambaran awal dari buku “Pendidikan Karakter Remaja dalam Masyarakat Pesisir”. Yang menarik didalam buku ini adalah pembahasan tentang persoalan pendidikan karakter remaja, dibahas dengan menggunakan pendekatan antropologi karena didalam pembahasan buku dikaitkan dengan budaya, masyarakat, dan kearifan lokal. Dengan membaca salah satu bab dari buku ini, para pembaca akan mengetahui bahwa konsep dasar dari pendidikan karakter adalah bersumber dari pengajaran 5 agama besar yang ada di Indonesia. Artinya bahwa 5 agama besar yang ada di Indonesia semuanya mengajarkan konsep pendidikan karakter. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Pendidikan Karakter Remaja dalam Masyarakat Pesisir PENULIS: Muhammad Hafrinda ISBN : 978-623-7503-63-7 www.guepedia.com Sinopsis: Buku yang terinspirasi berdasarkan pengalaman penulis sendiri yang telah bertugas hampir sepuluh tahun di ...

PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PKK) BERBASIS MULTIKULTURAL DAN KEARIFAN LOKAL BAGI GURU CALON TUTOR DI SEKOLAH PAUD

Penanaman nilai-nilai pembentukan karakter bangsa secara masif dan efektif melalui implementasi nilai-nilai utama Gerakan Nasional Revolusi Mental (religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong, dan integritas) yang akan menjadi fokus pembelajaran, pembiasaan dan pembudayaan, sehingga pendidikan karakter bangsa sungguh dapat mengubah perilaku, cara berpikir dan cara bertindak seluruh bangsa Indonesia menjadi lebih baik dan berintegritas. Buku ini disusun untuk menjadi rujukan atau pijakan bagi para fasilitator yang akan menerapkan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di sekolah dan mengimbaskannya ke sekolah sekitar. Fasilitator utama yang bisa memberikan pelatihan buku ini adalah Kepala Sekolah, Guru, Pengawas, dan Komite Sekolah. Fasilitator dapat memanfaatkan buku ini sebagai sumber pembelajaran mandiri untuk memahami program PPK sesuai dengan tugas dan kewajibannya.

Penanaman nilai-nilai pembentukan karakter bangsa secara masif dan efektif melalui implementasi nilai-nilai utama Gerakan Nasional Revolusi Mental (religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong, dan integritas) yang akan menjadi fokus ...

Monograf Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter

Sistem dan kebijakan yang sesuai dengan permasalahan pendidikan karakter di sekolah akan mempermudah bagaimana melakukan perbaikan dan mengorganisasikan sumber daya serta tanggung jawab. Kebijakan dalam pendidikan karakter menjadi ...

MODUL PENILAIAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MULTIKULTURAL DAN KEARIFAN LOKAL SISWA PAUD UNTUK GURU CALON TUTOR

Penanaman nilai-nilai pembentukan karakter bangsa secara masif dan efektif melalui implementasi nilai-nilai utama Gerakan Nasional Revolusi Mental (religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong, dan integritas) yang akan menjadi fokus pembelajaran, pembiasaan dan pembudayaan, sehingga pendidikan karakter bangsa sungguh dapat mengubah perilaku, cara berpikir dan cara bertindak seluruh bangsa Indonesia menjadi lebih baik dan berintegritas. Buku ini disusun untuk menjadi rujukan atau pijakan bagi para fasilitator yang akan menerapkan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di sekolah dan mengimbaskannya ke sekolah sekitar. Fasilitator utama yang bisa memberikan pelatihan buku ini adalah Kepala Sekolah, Guru, Pengawas, dan Komite Sekolah. Fasilitator dapat memanfaatkan buku ini sebagai sumber pembelajaran mandiri untuk memahami program PPK sesuai dengan tugas dan kewajibannya.

Penanaman nilai-nilai pembentukan karakter bangsa secara masif dan efektif melalui implementasi nilai-nilai utama Gerakan Nasional Revolusi Mental (religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong, dan integritas) yang akan menjadi fokus ...

MODEL PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN BUDAYA PADA ANAK USIA DINI

Penanaman nilai-nilai pembentukan karakter bangsa secara masif dan efektif melalui implementasi nilai-nilai utama Gerakan Nasional Revolusi Mental (religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong, dan integritas) yang akan menjadi fokus pembelajaran, pembiasaan dan pembudayaan, sehingga pendidikan karakter bangsa sungguh dapat mengubah perilaku, cara berpikir dan cara bertindak seluruh bangsa Indonesia menjadi lebih baik dan berintegritas. Buku ini disusun untuk menjadi rujukan atau pijakan bagi para fasilitator yang akan menerapkan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di sekolah dan mengimbaskannya ke sekolah sekitar. Fasilitator utama yang bisa memberikan pelatihan buku ini adalah Kepala Sekolah, Guru, Pengawas, dan Komite Sekolah. Fasilitator dapat memanfaatkan buku ini sebagai sumber pembelajaran mandiri untuk memahami program PPK sesuai dengan tugas dan kewajibannya.

Pembentukan karakter yang berbasis kearifan lokal bagi anak usai dini dapat diibaratkan menjadi binaragawan (body buyilder) yang memerlukan otot-otot akhlak yang harus ditempa secara terus menerus agar menjadi kuat dan kokoh baik secara ...

Ayah Terlibat Keluarga Hebat Jurus Jitu Membangun Pendidikan Karakter Pada Anak

Keluarga adalah pendidikan pertama dan utama bagi tumbuh kembang anak. Keluarga sebagai wahana utama dalam memberikan pengasuhan kepada anak berperan penting untuk membangun karakter bangsa yang mulia. Keluarga dituntut mampu menciptakan lingkungan belajar yang positif. Bermula dari keluarga, anak akan membentuk karakternya. Keluarga bukan hanya wadah untuk tempat berkumpulnya ayah, ibu dan anak. Lebih dari itu, keluarga merupakan wahana awal pembentukan moral serta karakter manusia. Berhasil atau tidaknya seorang anak dalam menjalani hidup bergantung pada berhasil atau tidaknya peran keluarga dalam menanamkan ajaran moral kehidupan. Rendahnya keterlibatan ayah dalam hal pengasuhan anak di dalam keluarga erat kaitannya dengan kondisi pekerjaan ayah. Peran ayah dalam keluarga, khususnya dalam hal pengasuhan anak pada era saat ini menjadi sangat penting guna mendukung sang ibu. Pentingnya peran ayah dalan proses tumbuh kembang anak juga direkomendasikan UNICEF. Dukungan ayah sangat penting dalam membentuk karakter psikologi danprestasi anak di sekolah. Peran ayah selama ini dinilai kurang, padahal anak perlu pengawalan ayah untuk melindungi dari dinamika lingkungan.

Keluarga adalah pendidikan pertama dan utama bagi tumbuh kembang anak.

Urgensi pendidikan karakter di Indonesia

revitalisasi pendidikan karakter terhadap keberhasilan belajar dan kemajuan bangsa

On character building education in Indonesia.

On character building education in Indonesia.

Pendidikan karakter dalam pembelajaran penjas

Karakter terbentuk melalui perjalanan hidup seseorang. Ia dibangun oleh pengetahuan, pengalaman, serta penilaian terhadap pengalaman itu. Kepribadian dan karakter yang baik merupakan interaksi seluruh totalitas manusia. Kegiatan untuk membangun karakter siswa di komunitas sekolah tidak hanya meningkatkan kehidupan siswa, tetapi juga seluruh lingkungan sekolah. Banyak dari ide kegiatan pendidikan karakter dapat dikerjakan dengan lancar ke dalam waktu di kelas, menjadikan pendidikan karakter sebagai bagian dari partisipasi kelas sehari-hari. Kegiatan dan permainan edukasi karakter yang direncanakan membentuk perilaku siswa dan dapat membuat perbedaan di tahun-tahun mendatang dalam kehidupan siswa.

Karakter terbentuk melalui perjalanan hidup seseorang.