Sebanyak 18172 item atau buku ditemukan

PEMBELAJARAN TERPADU

Pembelajaran terpadu menjadi roh pelaksanaan kurikulum 2013 yang dikembangkan saat ini dalam Pembelalajaran Tematik Terpadu, khususnya di Sekolah Dasar (SD) maupun Madrazah Ibtidaiyah (MI). Buku ini disusun untuk membantu praktisi pendidikan, khususnya guru dan calon guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik.Untuk itu selain menyajikan teori, buku ini juga disertai dengan contoh aplikasinya

Pembelajaran terpadu menjadi roh pelaksanaan kurikulum 2013 yang dikembangkan saat ini dalam Pembelalajaran Tematik Terpadu, khususnya di Sekolah Dasar (SD) maupun Madrazah Ibtidaiyah (MI).

Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Pembelajaran Membaca Sastra

Globalisasi membawa pengaruh positif dan pengaruh negatif. Kehidupan siswa dihadapkan pada berbagai persoalan hidup yang begitu memprihatinkan dan kompleks. Tawuran antarpelajar, perkosaan anak, penjualan anak, pencurian oleh anak, merupakan contoh kasus anak yang sudah tidak asing lagi. Salah satu solusi efektif yang dapat dilakukan yaitu melalui pendidikan. Pembelajaran yang dilaksanakan juga harus mampu merangsang siswa untuk dapat menggunakan dan mengembangkan kecerdasan spiritual yang dimilikinya. Kecerdasan spiritual akan membuat anak dapat memahami hakikat hidup, untuk apa dan bagaimana menjalani hidup, dan akhirnya mereka mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Penulis dalam buku ini menawarkan sastra sebagai jalan untuk mengembangkan kecerdasan spiritual anak. Tidak dapat dipungkiri, bahwa kecerdasan tertinggi yang mampu membawa anak ke jalan lurus adalah kecerdasan spiritual. Ketika kecerdasan spiritual anak tumbuh berkembang, maka anak akan mampu melewati permasalahan hidup dengan arif. Dalam buku ini disajikan bagaimana gambaran spiritualitas di era global, konsep dan perbedaan antara IQ, EQ, an SQ, hakikat dan pentingnya kecerdasan spiritual, apa saja indikatornya, bagaimana penanamann kecerdasan spiritual, bagaimana dan mengapa pembelajaran sastra dapat dimanfaatkan sebagai media mengembangkan kecerdasan spiritual anak, serta contoh bahan ajar alam pembelajaran sastra yang berbasis kecerdasan spiritual.

Globalisasi membawa pengaruh positif dan pengaruh negatif.

101 KESALAHAN GURU DALAM PEMBELAJARAN

Buku ini menyajikan 101 kesalahan guru dalam pembelajaran. Dibagi menjadi 6 bagian yaitu, kesalahan berpenampilan, kesalalahan kedisiplinan, kesalahan kompetensi, kesalahan proses pembelajaran, kesalahan evaluasi pembelajaran, dan kesalahan administrasi pembelajaran. Melalui buku ini, setiap guru yang memiliki potensi untuk berhasil menjalankan tugasnya sebagai agen pembelajaran yang andal akan dikembangkan. Sejumlah 101 kesalahan guru dikaji agar dapat menjadi pelajaran berharga bagi para guru untuk meningkatkan kualitas diri. Judul : 101 KESALAHAN GURU DALAM PEMBELAJARAN Ukuran : 14x20.5cm Jumlah halaman : 252 Tahun : 2020

Guru harus peka dengan permasalahan yang dihadapi peserta didik dalam belajar. Identifikasi kebutuhan peserta akan sangat penting dilakukan sebelum membuat skenario pembelajaran. Bila peserta didik bermasalah dalam hal motivasi, ...

PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA BERBASIS POTENSI LOKAL (PANDUAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN MUDAH)

Buku ini merupakan hasil karya yang mengutamakan unsur lokal, dengan harapan bisa membantu guru, dosen, pelajar dan mahasiswa dalam mengembangkan potensi lokal yang dimiliki oleh daerah serta menerapkannya pada proses belajar mengajar di kelas. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia berbasis potensi lokal, yaitu program pembuatan bahan ajar yang isi dan media penyampaiannya dikaitkan dengan lingkungan alam dan lingkungan budaya serta kebutuhan daerah. Potensi lokal yang dimaksud oleh penulis adalah memberdayakan kembali kearifan lokal dari beberapa naskah asli yang sudah ditransliterasi untuk dijadikan sebagai dasar dari pembuatan bahan ajar.

Buku ini merupakan hasil karya yang mengutamakan unsur lokal, dengan harapan bisa membantu guru, dosen, pelajar dan mahasiswa dalam mengembangkan potensi lokal yang dimiliki oleh daerah serta menerapkannya pada proses belajar mengajar di ...

Buku pembelajaran bahasa dan sastra daerah Lio

untuk kelas III SD/MI, semester I & II

Study on Lio language, East Nusa Tenggara Province.

Study on Lio language, East Nusa Tenggara Province.

ARAH PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Revolusi industri 4.0 sedang hangat diperbincangkan saat ini baik melalui seminar, lokakarya, dan pidato para pengambil kebijakan.

DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA

Budaya tidak bisa dilepas dari pembelajaran. Saat ini, pendidikan sudah masuk pada Revolusi Industri 4.0, namun budaya sebagai sebuah konsep, pemikiran, histori, dan peradaban, tidak bisa dipisahkan dari dunia pendidikan. Budaya terintegrasi baik dalam konteks maupun konten sebuah pembelajaran sesuai dengan amanah dalam Sistem Pendidikan Nasional dan Kurikulum 2013. Dalam buku ini, terdapat enam topik yang diangkat. Topik tersebut adalah sumber-sumber belajar berbasis budaya lokal, integrasi permainan berunsur budaya dalam pembelajaran di sekolah dasar, pendidikan karakter melalui media pembelajaran wayang berbasis budaya lokal, manajemen pembelajaran berbasis budaya lokal Ngada dalam pengembangan karakter anak usia dini, koneksi matematis dalam perspektif budaya lokal Ngada, dan konservasi budaya lokal dalam pembelajaran bahasa Inggris.

Budaya tidak bisa dilepas dari pembelajaran.

Belajar Mengembangkan Model Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Buku ini membahas hasil pengembangan model penilaian autentik pembelajaran bahasa Indonesia yang diuraikan dalam lima bab. Bab pertama menguraikan pendahuluan, yang berisi latar belakang masalah, tujuan, dan metode penelitian. Dilanjutkan bab kedua menguraikan penilaian autentik keterampilan berbicara, yang berisi pengertian penilaian autentik, kelebihan dan kekurangan, penilaian autentik proses dan hasil pembelajaran. Pada bab tiga, penulis menguraikan analisis kondisi dan kebutuhan pengembangan model penilaian autentik. Adapun pada bab keempat, penulis menguraikan perangkat penilaian autentik keterampilan berbicara. Selanjutnya pada bagian bab terakhir, penulis menguraikan simpulan, implikasi, dan saran. Belajar Mengembangkan Model Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Belajar Mengembangkan Model Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.