Sebanyak 679 item atau buku ditemukan

EVALUASI PEMBELAJARAN

Buku ini berisikan bahasan tentang konsep, metode, serta implementasi evaluasi dalam proses pendidikan. Evaluasi pembelajaran merupakan langkah penting dalam menilai efektivitas suatu sistem pengajaran, mencakup aspek tujuan, materi, metode, serta hasil belajar peserta didik. Buku ini menguraikan berbagai jenis evaluasi seperti formatif, sumatif, diagnostik, dan autentik, serta menjelaskan bagaimana prinsipprinsip evaluasi dapat diterapkan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Buku ini juga mengupas metode serta teknik yang digunakan dalam proses evaluasi pembelajaran. Berbagai instrumen penilaian seperti tes tertulis, wawancara, observasi, hingga teknologi digital dalam evaluasi pendidikan dibahas secara mendalam. Model-model evaluasi seperti CIPP, Tyler, dan Scriven juga diperkenalkan sebagai pendekatan yang dapat diterapkan dalam berbagai konteks pendidikan.

... Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar ' , JINOTEP ( Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran ) : Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran , 133-142 . doi : 7 ( 2 ) , 10.17977 / um031v7i22020p133 . pp . Angkat , S. A. , Wardhani ...

Hukum Telematika: Regulasi, Perlindungan Data, dan Keamanan Siber

Buku Hukum Telematika: Regulasi, Perlindungan Data, dan Keamanan Siber merupakan panduan menyeluruh mengenai kerangka hukum yang mengatur pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam berbagai aspek kehidupan modern. Berangkat dari konsep dasar hukum telematika hingga isu-isu kompleks seperti kejahatan siber lintas negara, kontrak elektronik, dan perlindungan data pribadi, buku ini mengupas aspek teoritis dan normatif hukum digital dengan pendekatan interdisipliner. Dengan cakupan yang luas, buku ini membahas regulasi penting seperti UU ITE, UU Perlindungan Data Pribadi, hingga pedoman internasional terkait cyberspace. Pembaca akan diperkenalkan pada prinsip-prinsip dasar hukum TIK, hak dan kewajiban digital, yurisdiksi dalam dunia maya, serta peran negara dalam mengatur dan melindungi aktivitas digital masyarakat. Buku ini juga mengangkat isu kontemporer seperti serangan siber, hate speech, privasi online, hingga transformasi hukum dalam menghadapi AI dan blockchain. Dirancang sebagai bacaan wajib bagi mahasiswa hukum, praktisi, akademisi, dan pemerhati teknologi, buku ini memberikan fondasi kuat untuk memahami dan menghadapi tantangan hukum di era digital dengan bijak dan solutif.

... Cyber Law, yang saat ini secara internasional digunakan untuk istilah hukum yang terkait dengan pemanfaatan teknologi informasi. Istilah lain yang juga digunakan adalah Hukum Teknologi Informasi (Law of Information Technology), Hukum ...

Hukum Tata Negara

Hukum Tata Negara memiliki peran yang sangat strategis dalam dinamika perkembangan hukum di negara kita tercinta dalam kehidupan berbangsa dan bernegara seiring dengan dinamisasi yang ada dalam kehidupan demokrasi yang ada. Buku Hukum Tata Negara ini dapat digunakan sebagai acuan perkuliahan Hukum Tata Negara sebagai salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa Fakultas Hukum. Buku ini juga dapat digunakan oleh pengajar atau pengampu mata kuliah Hukum Tata Negara dalam menyusun materi perkuliahan selama satu semester. Tidak hanya untuk kalangan akademisi dan mahasiswa, buku Hukum Tata Negara ini juga bisa dijadikan literatur oleh masyarakat umum dalam memahami dan mendalami keilmuan hukum khususnya Hukum Tata Negara. Buku ini spesial mengandung substansi 18 Bab yaitu Pengantar Hukum Tata Negara, Konstitusi dan Prinsip-Prinsip Konstitusi, Kedaulatan Negara, Pemisahan Kekuasaan, Negara Hukum, Demokrasi dan Hak Asasi Manusia, Sistem Pemerintahan, Lembaga Negara, Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan, Pemerintahan Daerah dan Otonomi Daerah, Partai Politik dan Pemilihan Umum, Proses Pembuatan Perundang Undangan, Kewarganegaraan Indonesia, Konflik Antara Lembaga Negara, Konflik Antara Pusat dan Daerah, Peradilan Tata Negara, Perjanjian Internasional dan Konstitusi, Tantangan dan Perkembangan Terkini dalam Hukum Tata Negara.

... Tata Negara Indonesia. Jakarta: Konstitusi Press. Tate, C. Neal , Fellman, . David , Shugart, . Matthew F. and Bognetti, . Giovanni. (2023). constitutional law. In Encyclopedia Britannica. https://www.britannica.com/topic/constitutional-law ...

Total Quality Management

Kunci Kesuksesan Pengelolaan Pendidikan

Total Quality Management : Kunci Kesuksesan Pengelolaan Pendidikan memiliki relevansi yang signifikan dalam bidang pendidikan karena memberikan fondasi untuk meningkatkan mutu dan efisiensi pada bidang pendidikan dalam menghadapi tantangan zaman. Konsep Total Quality Management menekankan pemberian kualitas yang tinggi dalam setiap aspek pembelajaran. Dengan menerapkan prinsip-prinsip TQM, lembaga pendidikan dapat mengidentifikasi area-area yang perlu ditingkatkan, memastikan standar yang konsisten, dan menciptakan lingkungan belajar yang optimal. Dengan menerapkan konsep TQM, lembaga pendidikan dapat mencapai peningkatan mutu secara berkelanjutan dan menyediakan pengalaman pendidikan yang lebih baik bagi siswa dan semua pemangku kepentingan. Buku ini tidak hanya menjadi panduan praktis bagi praktisi yang berkecimpung dalam dunia pendidikan, tetapi juga menjadi sumber inspirasi bagi pemimpin yang berkomitmen untuk membangun instansi pendidikan yang unggul melalui penerapan Total Quality Management. Dengan penekanan pada keunggulan, inovasi, dan pelayanan pelanggan, “Kunci Kesuksesan” memberikan wawasan mendalam yang diperlukan untuk memimpin instansi menuju puncak prestasi.

Total Quality Management : Kunci Kesuksesan Pengelolaan Pendidikan memiliki relevansi yang signifikan dalam bidang pendidikan karena memberikan fondasi untuk meningkatkan mutu dan efisiensi pada bidang pendidikan dalam menghadapi tantangan ...

Metodologi Penelitian Pendidikan

Metodologi penelitian merupakan sebuah cara untuk mengetahui hasil dari sebuah permasalahan yang spesifik, dimana permasalahan tersebut disebut juga dengan permasalahan penelitian. Buku ini terdiri dari lima belas bab. Bab pertama tentang konsep metodologi penelitian pendidikan, bab dua tentang perspektif dan pendekatan metodologi penelitian pendidikan, bab tiga tentang fungsi dan ciri metodologi penelitian pendidikan, bab empat tentang perkembangan metodologi penelitian pendidikan, bab lima tentang peranan metode dalam penelitian pendidikan, bab enam tentang jenis-jenis penelitian pendidikan, bab tujuh tentang teknik merumuskan masalah penelitian pendidikan, bab delapan tentang teknik menyusun kajian teori, bab Sembilan tentang perumusan hipotesis penelitian, bab sepuluh tentang variabel penelitian dalam pendidikan dan pembelajaran, bab sebelas tentang teknik sampling penelitian pendidikan, bab dua belas tentang instrumen pengumpulan data, bab tiga belas tentang metode pengolahan dan analisis data, bab empat belas metode penelitian tindakan kelas, bab lima belas tentang teknik penyusunan sitasi, kutipan dan daftar pustaka.

Bab pertama tentang konsep metodologi penelitian pendidikan, bab dua tentang perspektif dan pendekatan metodologi penelitian pendidikan, bab tiga tentang fungsi dan ciri metodologi penelitian pendidikan, bab empat tentang perkembangan ...

Proceedings International Conference on Guidance and Counseling 2017 (ICGC‟17)

Multicultural Guidance & Counseling

Buku ini merupakan Buku Prosiding yang diselenggarakan oleh Jurusan Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Pontianak pada tahun 2017. Multicultural Guidance and Counseling merupakan salah satu pendekatan yang dapat dilakukan dalam proses pemberian konseling baik di dunia pendidikan, sosial dan masyarakat. Pendekatan Multikultural ini memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia yang multi etnis, agama dan lain-lain yang homogen dari berbagai hal. Pentingnya penerapan konseling multikuktural ini, dapat untuk mengatasi ragam kehidupan yang ada. Hal ini menjadikan penerimaan terhadap keragaman yang menyangkat nilai-nilai, sistem, kebiasaan dan lain-lain. Permasalahan yang ada dapat diatasi dengan pendekatan konseling multikultural yang tepat. Sebagai Keynote Wraiters dalam buku ini adalah Ibu Dr. Salwa Mahalle (Institut Pendidikan Sultan Hasanal Balkiah, Brunai Darussalam), Bapak Md. Noor bin Saper (Universitas Pendidikan Sultan Idris, Malaysia), Ibu Dr. Hesti Nurrahmi, M.Pd (Institut Agama Islam Negeri Pontianak, Indonesia).

Sebagai Keynote Wraiters dalam buku ini adalah Ibu Dr. Salwa Mahalle (Institut Pendidikan Sultan Hasanal Balkiah, Brunai Darussalam), Bapak Md. Noor bin Saper (Universitas Pendidikan Sultan Idris, Malaysia), Ibu Dr. Hesti Nurrahmi, M.Pd ...