Sebanyak 6 item atau buku ditemukan

FK2H Law Review 2021: Dinamika Perkembangan Hukum HAM, Hukum Internasional, dan Pembangunan Hukum di Indonesia

Buku ini menitikberatkan kepada pembahasan hukum dalam sudut pandang Hak Asasi Manusia (HAM), Pembangunan, dan Hubungan Internasional. Tak pelak ketiga elemen tersebut saling berkaitan dalam praktiknya. Di mana HAM merupakan landasan utama dalam penentuan kebijakan, baik itu pembangunan dan hubungan dengan negara lain. Sedangkan pembangunan adalah sarana pemenuhan HAM warga negara dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar dan tambahan guna mencapai masyarakat yang adil dan makmur. Selanjutnya hubungan internasional yang diterjemahkan menjadi Hukum Internasional, turut berperan penting dalam memastikan jalannya pembangunan sesuai dengan konsepsi HAM sebagaimana yang telah dirumuskan dalam berbagai traktat dan konvensi. Buku ini disusun oleh mahasiswa yang tergabung dalam Forum Kajian Keilmuan Hukum (FK2H). Hal tersebut patut diapresiasi sebab buku ini merupakan buku pertama yang ditulis oleh FK2H, sedang pun sebelumnya FK2H telah menerbitkan majalah tahunan yang berisi opini hukum.

... Islam and Human Rights” dalam Altaf Gauhar (ed), The Challenge of Islam, London: Islamic Council of Europe. A. Mahsyur Effendi, 2005, Perkembangan Dimensi Hak Asasi Manusia (HAM) dan Proses Dinamika Penyusunan Hukum Hak Asasi Manusia ...

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA SUBTEMA BEKERJA SAMA MENCAPAI TUJUAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARING

Penerapan metode problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tema 2 Subtema bekerja sama mencapai tujuan pada siswa kelas VI SDN 002 Bengkong tahun pelajaran 2020/2021. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil siklus II yang meningkat dari siklus I. Pada tahap pra siklus, hanya 14 anak mendapat nilai dengan kategori tinggi. Hal ini naik menjadi 24 anak mendapat kategori tinggi pada siklus I dengan presentasi ketuntasan klasikal sebesar 63,15% namun belum mencapai standar ketuntasan. Keberhasilan model problem based learning ditunjukkan dengan naiknya hasil belajar siswa pada siklus II. Pada siklus ini terdapat 35 anak mendapat kategori tinggi dengan presentase 92,10. Sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil karena tingkat keberhasilan ≥75%. Pembelajaran dengan metode problem based learning dapat berpengaruh positif terhadap Hasil Belajar Siswa kelas VI, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran pada subtema bekerja sama mencapai tujuan.

2) Untuk memperbaiki pelajaran serta dalam rangka pengembangan kompetensi profesional dalam peningkatan mutu pembelajaran. b. Manfaat bagi Sekolah Memberikan kontribusi keilmuan mengenai pembelajaran oleh guru kelas, sebagai rujukan ...

EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DISKUSI

Eksperimen ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran demonstrasi diskusi terhadap keterampilan menulis teks diskusi siswa SMP. Indonesia Keterampilan menulis teks diskusi dilihat berdasarkan keterampilan menulis orientasi isu, pendapat mendukung, pendapat menolak, dan simpulan/saran. Keterampilan menulis teks diskusi penting dikuasai karena mengarahkan siswa untuk berpikir kritis dan peka terhadap isu/permasalahan di masyarakat.

Eksperimen ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran demonstrasi diskusi terhadap keterampilan menulis teks diskusi siswa SMP.