Sebanyak 17712 item atau buku ditemukan

Pendidikan Multi Kultural

alah satu upaya preventif untuk membangun kesadaran dan pemahaman generasi masa depan akan pentingnya selalu menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan, demokrasi, kemnusiaan danpluralisme dalam pergaulan didalam masyarakat yang mempunyailatar belakang kultural yang beragam adalah dengan melalui penerapan pendidikan multikultural.

alah satu upaya preventif untuk membangun kesadaran dan pemahaman generasi masa depan akan pentingnya selalu menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan, demokrasi, kemnusiaan danpluralisme dalam pergaulan didalam masyarakat yang mempunyailatar ...

Pendidikan Multikultural

Strategi Mengelola Keberagaman di Sekolah

Buku ini merupakan kumpulan praktik-praktik yang dilakukan oleh warga sekolah terutama guru atau staf dalam mengelola dan merayakan keberagaman. Buku ini lahir dari hasil penelitian yang dilakukan para penulis di ruang kelas dan sekolah. Bagian Pendahuluan ditulis oleh Bapak Doni Koesoema yang mengupas paradigma pendidikan multikultur yang syarat akan nillai-nilai karakter untuk mendorong semua warga sekolah dalam mewujudkan perilaku toleransi dan penghormatan terhadap keberagaman. Terdapat lima implementasi pendidikan multikultur yang dikupas sehubungan dengan peran individu di sekolah yaitu guru kelas, guru mata pelajaran, koordinator kurikulum, head of curriculum, kepala sekolah, dan konselor sekolah. Beberapa peran ini menunjukkan bahwa hasil riset dan refleksi yang dihasilkan dalam buku ini memberikan perspektif yang merata tentang keberagaman. Selain itu, kelima karya tulis dalam buku ini memaparkan fokus bahasan yang beragam pula yaitu tentang anak, guru, orang tua, sekolah, dan program multikultur itu sendiri.

Bagian Pendahuluan ditulis oleh Bapak Doni Koesoema yang mengupas paradigma pendidikan multikultur yang syarat akan nillai-nilai karakter untuk mendorong semua warga sekolah dalam mewujudkan perilaku toleransi dan penghormatan terhadap ...

Resonansi dialog agama dan budaya

dari kebebasan beragama, pendidikan multikultural, sampai RUU anti pornografi

Religious pluralism, multiculturalism, and religious education in Indonesia.

Religious pluralism, multiculturalism, and religious education in Indonesia.

METODE PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN

Memaksimalkan Pendidikan Islam Melalui Al-Qur’an

Alquran adalah sumber utama dalam memperoleh tuntunan dan pedoman kehidupan. Oleh sebab itu, Alquran merupakan dasar yang pokok dalam memaksimalkan pendidikan Islam. Alquran sangat urgen dalam pendidikan Islam, sejatinya peserta didik harus betul-betul dapat membaca, memahami dan mengaflikasikan petunjuk dan pedoman dalam Alquran. Langkah awal yang harus dilakukan oleh pendidik adalah peserta didik harus bisa membaca dan menulis Alquran dengan baik dan benar sehingga dapat dilanjutkan ke tingkat berikutnya. Membaca dan menulis Alquran harus diajarkan dengan benar dan tepat sejak awal kepada peserta didik dangan metode yang tepat dan menyenangkan. Dengan bacaan yang benar akan membantu dalam memberikan makna yang tepat yang diinformasikan Alquran. Begitu juga dengan menulis, dengan tulisan yang benar akan memudahkan dalam memahami makna kalimat yang ditulis yang bersumber dari Alquran. Dalam pembelajaran baca tulis Alquran tidk bisa dipisahkan dari metode sebagai sarana mempermudah ketercapaian tujuan pendidikan. Metode mempunyai peran penting dalam menyampaikan materi pelajaran. Keberhasilan pembelajaran banyak ditentukan oleh metode yang digunakan pendidik dalam mengajar. Metode mengajar merupakan suatu cara yang dapat digunakan pendidik dengan berbagai teknik dalam proses belajar mengajar agar materi pelajaran dapat dicerna dengan mudah serta efektif oleh peserta didik.

Alquran adalah sumber utama dalam memperoleh tuntunan dan pedoman kehidupan.

Pembelajaran Al-Qur`an Tingkat Dasar, Menengah, dan Mahir yang Terintegrasi oleh Teknologi Berbasis Personalized Learning

Pembelajaran Al-Qur`an Tingkat Dasar, Menengah, dan Mahir yang Terintegrasi oleh Teknologi Berbasis Personalized Learning Penulis : Andreas S P, S.Sn, M.Sn, ACA., Dr. Yusuf Hanafi, S.Ag, M.Fil.I., Moh. Fauzan, S.Pd., M.Pd.I., Afwan Hariri Agus P., SE., M.Si., A. Syahrul Munir, S.Pd., Afis Baghiz Syafruddin, Ari Gunawan, S.Pd Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-5728-05-6 Terbit : Oktober 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Pembelajaran Al-Qur`an yang Menyenangkan dan Modern Pembelajaran Al-Qur`an jadi gambaran masa depan dunia pendidikan dalam belajar Al-Qur`an yang menyenangkan dan terintegrasi dengan teknologi, kita butuh untuk terus berkembang dan mempelajari pembelajaran Al-Qur`an agar dapat sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi. … Melalui buku ini pembelajaran AL-Qur`an pad tingkatan dasar, menengah, dan mahir, dari buku ini semoga akan ada perkembangan lain pada dunia pembelajaran Al-Qur`an serta menjadi semangat bagi peserta didik untuk belajar membaca Al-Qur`an www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

... al - Qur'an yang memandang orang berilmu dalam posisi yang tinggi dan mulia disamping hadis - hadis nabi yang banyak memberi dorongan bagi umatnya untuk terus menuntut ilmu . , Di dalam Al qur'an kata ilmu dan kata - kata jadianya di ...

Modul Praktikum Pembelajaran Tilawatil Qur’an

Buku ini disusun sebagai referensi wajib bagi para pemula sebagai standar dasar dalam penguasaan ilmu tilawatil Qur’an. Dengan buku ini diharapkan agar anak didik mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar

Buku ini disusun sebagai referensi wajib bagi para pemula sebagai standar dasar dalam penguasaan ilmu tilawatil Qur’an. Dengan buku ini diharapkan agar anak didik mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar

MODEL PEMBELAJARAN KOGNITIF UNTUK KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Judul : MODEL PEMBELAJARAN KOGNITIF UNTUK KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA Penulis : Siddin, Hamzah, Ismail Suardi Wekke Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 132 Halaman No ISBN : 978-623-56871-2-4 Guru dalam memilah dan memilih model pembelajaran hendaknya sejalan dengan semangat reformasi yang sedang bergulir. Semangat reformasi menghendaki adanya perubahan-perubahan dalam sistem pembelajaran. Model pembelajaran yang disuguhkan penulis adalah untuk melihat bagaimana kemampuan dari asing-masing siswa dalam menerima dan mengorganisasi informasi dari sekitarnya, Oleh karena itu seorang guru harus mampu mengidentifikasi perbedaan karakteristik individual siswa setelah membaca buku ini.

Judul : MODEL PEMBELAJARAN KOGNITIF UNTUK KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA Penulis : Siddin, Hamzah, Ismail Suardi Wekke Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 132 Halaman No ISBN : 978-623-56871-2-4 Guru dalam memilah dan memilih model ...

AKIDAH AKHLAK DALAM PERSPEKTIF PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Judul : AKIDAH AKHLAK DALAM PERSPEKTIF PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH Penulis : Rahmat Solihin Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 90 Halaman ISBN : 978-623-6872-50-5 Mengapa akidah dan akhlak disatukan dalam satu mata pelajaran? Bagaimana akidah dan akhlak yang cakupannya begitu luas, bisa disederhanakan untuk siswa Madrasah Ibtidaiyah yang notabene adalah anak berusia 6-12 tahun? Bagaimana agar pembelajaran akidah dan akhlak ini sesuai dengan kaidah, namun tetap mudah diterima, diajarkan dan dievaluasi untuk pembelajar usia MI? Di dalam buku ini, pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dibahas secara mendalam dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami dan diaplikasikan bagi pembaca, tidak terkecuali bagi pengajar yang menemukan kendala ketika mengajar akidah akhlak di MI. Selain itu, di dalam buku ini juga disajikan berbagai macam model dan metode pembelajaran sebagai referensi agar cara mengajar kita menjadi lebih baik. · Konsep dasar akidah dan akhlak yang dibahas secara mendalam dengan bahasa yang mudah dimengerti · Model dan metode pembelajaran akidah akhlak MI yang bervariatif agar mengajar menjadi lebih baik

Judul : AKIDAH AKHLAK DALAM PERSPEKTIF PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH Penulis : Rahmat Solihin Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 90 Halaman ISBN : 978-623-6872-50-5 Mengapa akidah dan akhlak disatukan dalam satu mata pelajaran?