Sebanyak 1508 item atau buku ditemukan

MENYIBAK MAQASID NIKAH DALAM PANDANGAN ALI AHMAD AL-JURJAWI

MENYIBAK MAQASID NIKAH DALAM PANDANGAN ALI AHMAD AL-JURJAWI Penulis : Dr. Arisman, M.Sy., Editor : Dr. Nurhadi, S.Pd.I., S.E.Sy., SH., M.Sy., MH., M.Pd. Terbit : Mei 2021 Sinopsis : Tujuan pemikahan dalam kitab fikih munakahat banyak dijumpai. Wahbah Zuhaili (w. 2015 M) dalam Fiqh al-Islami wa Adillatuh, memberikan penjelasan singkat tentang tujuan (hikmah) disyariatkannya pemikahan, antara lain; memelihara seseorang dan pasangannya dari sesuatu yang haram, memelihara keberlangsungan hidup (jenis) manusia dengan memiliki keturunan, menjaga keturunan dan nasab, membentuk keluarga sebagai bagian dari masyarakat, mengokohkan perilaku saling menolong, mendapatkan cinta, menguatkan hubungan kekeluargaan dan menyempurnakan tradisi saling menolong dalam mewujudkan kemaslahatan. Imam al-Ghazali (w. 505 H/1111 M) dalam lhya' Ulum al-Din menguraikan tujuan pemikahan antara lain; mendapatkan keturunan, memenuhi kebutuhan seksual, memenuhi panggilan agama, memelihara diri dari kemaksiatan, menumbuhkan tanggung jawab, memperoleh harta yang halal, membangun rumah tangga yang tenteram atas dasar cinta dan kasih sayang. Salah seorang ulama yang juga memberikan perhatian terhadap masalah pernikahan ini adalah Ali Ahmad al-Jurjawi dalam kitabnya Hikmat al-tasyri’ wa falsafatuhu.Ali Ahmad al-Jurjawi termasuk Ulama yang konsen memahami hikmah di balik disyariatkannya suatu hukum. Ia adalah seorang ulama besar al-Azhar Mesir pada abad 19, pernah dipercaya sebagai Direktur Aasosiasi Riset Ilmiah Universitas al-Azhar dan mantan advokat Mahkamah Tinggi Syariah Mesir. Melalui karyanya yang berjudul Hikmat al-tasyri’ wa falsafatuhu, ia memberikan kontribusi mengenai hikmah tasyri'. Dalam kitab ini ia menjabarkan falsafah dan hikmah dari setiap taklif yang dibebankan kepada manusia dalam 331 pembahasan. Dalam bab Nikah, ia menyajikannya 58 pasal secara runtut dan mendetail, mulai dari hikmah nikah, poligami, talak, nafkah dan Mahram. Masalah khitan, poligami Rasulullah, nikah beda agama hingga etika keluarga juga menjadi perhatiannya. Buku ini hadir untuk menguak maqashid nikah versi ‘Ali Ahmad al-Jurjawi. Hadirnya buku ini sebagai bahan bacaan perbandingan tujuan dan maqashid nikah yang telah banyak ditulis dan dikemukakan oleh ulama lain. Semoga bermanfaat dan membawa berkah. Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

MENYIBAK MAQASID NIKAH DALAM PANDANGAN ALI AHMAD AL-JURJAWI Penulis : Dr. Arisman, M.Sy., Editor : Dr. Nurhadi, S.Pd.I., S.E.Sy., SH., M.Sy., MH., M.Pd. Terbit : Mei 2021 Sinopsis : Tujuan pemikahan dalam kitab fikih munakahat banyak ...

DASAR AKUNTANSI

Suatu Pengantar

Buku ini memuat teori dasar dan praktek akuntansi sederhana yang disajikan secara sistematis dan terstruktur sehingga mudah dipahami dan dipelajari mahasiswa akuntansi. Apalagi ditambah dengan pengayaan soal yang cukup beragam akan meningkatkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam menyelesaikan soal dan kasus-kasus. Selain itu, dengan bahasa yang mudah dipahami buku ini juga cocok digunakan oleh para tenaga pembukuan pemula atau mereka yang berminat mempraktekkan akuntansi dalam kehidupan sehari-hari secara sederhana. Sebagai buku referensi dasar akuntansi, buku ini menyajikan pengertian dan pengklasifikasian akuntansi, siklus akuntansi, laporan keuangan untuk perusahaan jasa/dagang termasuk neraca lajurnya.

Sebagai buku referensi dasar akuntansi, buku ini menyajikan pengertian dan pengklasifikasian akuntansi, siklus akuntansi, laporan keuangan untuk perusahaan jasa/dagang termasuk neraca lajurnya.

Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Al-Qur'an

Buku ini berisi tentang penilaian autentik berikut penjelasannya, pembelajaran Al-Qur'an berikut penjelasannya, penilaian autentik pada pembelajaran Al-Qur'an berikut penjelasanya dan disertai dengan format rekapitulasi nilai.

Buku ini berisi tentang penilaian autentik berikut penjelasannya, pembelajaran Al-Qur'an berikut penjelasannya, penilaian autentik pada pembelajaran Al-Qur'an berikut penjelasanya dan disertai dengan format rekapitulasi nilai.

KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ULUL AL-BAB DALAM AL-QUR’AN

KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ULUL AL-BAB DALAM AL-QUR’AN PENULIS: Basrinsyah, M.Pd. Editor: Dr. NURHADI, S.Pd.I., S.E.Sy., S.H., M.Sy., MH., M.Pd. Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-270-318-6 Terbit : Juni 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Konsep ul?l-alb?b yang terdapat dalam al-Quran adalah orang yang selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara ber-zikir di manapun dan kapanpun dia berada. Mereka selalu menancapkan kalimatullah dalam hatinya, di samping itu dia mau menggunakan kecerdasannya dengan selalu berfikir dan menganalisa ciptaan Allah SWT, sehingga dengan kegiatan berfikir dan berzikir tersebut mereka mampu mengambil faidah darinya atas semua keagungan Allah SWT dan mau mengingat hikmah akal dan keutamaannya dalam segala situasi dan kondisi. Dengan melakukan dzikir dan fikir, maka sampailah manusia pada suatu kesimpulan bahwa Allah SWT menciptakan alam ini syarat dengan tujuan dan kemanfaatan bagi manusia. Selanjutnya mereka memohon kepada Allah SWT supaya mereka diberi petunjuk dan dihindarkan dari siksa api neraka.Relevansi konsep ul?l-alb?b dengan karakter pendidikan nasional sangat erak sekali. ul?l-alb?bdan karakter pendidikan nasional adalah dua kata yang salingberhubungan, karena sebenarnya karakter pendidikan nasional adalah suatu misi yang diemban dan hendak direalisasikan oleh seorang ul?l-alb?b melalui berbagai aktifitas dalam kehidupan yang dijalaninya. Sedangkan ul?l-alb?b adalah merupakan salah satu tujuan akhir dari pendidikan itu sendir. Karakter ul?l-alb?b yang selalu befikir dan berzikir kepada Allah SWT akan mendekatkan dia yang karakter pendidikan nasional yang sejatinya sudah tergambar dalam Islam dan juga pribadi ulal albab. Karakter tersebut antara lain religius, jujur, toleransi, disiplin, dan lain-lain. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ULUL AL-BAB DALAM AL-QUR’AN PENULIS: Basrinsyah, M.Pd. Editor: Dr. NURHADI, S.Pd.I., S.E.Sy., S.H., M.Sy., MH., M.Pd. Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-270-318-6 Terbit : Juni 2020 www.guepedia.com Sinopsis: ...

PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PERSPEKTIF AL-QUR’AN

Problem Based Learning yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) merupakan salah satu strategi pembelajaran yang tepat sasaran. Dikatakan tepat sasaran karena model pembelajaran ini langsung menukik pada permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Dengan pendekatan ini, maka anak didik diajak langsung untuk terlibat dalam kondisi real sosiologis yang terjadi di tengah-tengah lingkungan mereka. Dengan demikian melatih pula rasa kepedulian anak didik untuk mengetahui persoalan-persoalan yang terjadi dan terlibat langsung dalam memberikan solusi-solusi atas permasalahan tersebut secara kontekstual.

Problem Based Learning yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) merupakan salah satu strategi pembelajaran yang tepat sasaran.

Manajemen Pemasaran: Teori dan Pengembangan

Perkembangan dunia yang dinamis dan kompleks sudah tentu memengaruhi beragam upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia yang juga berubah. Hal ini merupakan peluang dan tantangan bagi setiap organisasi baik yang berorientasi pada profit maupun non profit dalam mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia tersebut. Dalam menangkap peluang dan mengatasi tantangan tersebut salah satu ilmu yang dapat mengoptimalkannya dan akhirnya memberikan kepuasan pada manusia tersebut adalah Ilmu Manajemen Pemasaran. Tidak ada seorangpun atau organisasi mana pun yang tidak membutuhkan dan perlu mengetahui pemasaran. Untuk membantu pemahaman akan ilmu pemasaran, maka buku ini dibuat dengan pendekatan yang konseptual dan analitis, melalui perspektif ilmu pemasaran mendasar dan dinamis, pembahasan yang cukup universal dengan ruang lingkup yang cukup luas dan konprehensif. Dengan terbitnya buku ini kami menyampaikan terimakasih kepada suluruh pihak yang telah berkontribusi di dalamnya. Dengan harapan buku ini dapat menambah referensi dan kontribusi dengan warna yang baru bagi para pembacanya.

Perkembangan dunia yang dinamis dan kompleks sudah tentu memengaruhi beragam upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia yang juga berubah.

Desain Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sains

Melihat perkembangan zaman yang begitu luar biasa pesat menuntut kita para pendidik dan peserta didik khususnya dan pendidikan umumnya yang ada di Indonesia untuk lebih mampu bersaing dan membentuk kualitas pada Sumber Daya Manusia (SDM). Peningkatan dalam bidang pendidikan ini tentunya mengarah pada proses pembelajaran yang ada di kelas, baik itu pada peran guru yang notabene bukan lagi sebagai pemberi informasi namun sudah lebih sebagai fasilitator yang harus mampu menjembatani ilmu pengetahuan agar sampai ke peserta didik, mampu mengarahkan agar peserta didik dapat menemukan jawabannya sendiri. Selain peran guru, perkembangan di dunia pendidikan mengarah pada metode pembelajaran yang diharapkan lebih bersifat interaktif sehingga mampu menciptakan suasana belajar dan kelas yang menyenangkan dan tanpa unsur keterpaksaan, juga pada peningkatan kualitas bahan ajar yang digunakan. Tujuan adanya pengembangan dalam bahan ajar yang digunakan tentunya tidak terlepas dari tujuan instruksional yang harus dicapai para peserta didik. Pembahasan menarik dalam buku ini tentu saja dapat memberikan informasi kepada para pembaca mengenai jenis bahan – bahan ajar serta kelemahan dan kelebihannya, model – model pengembangan bahan ajar yang bisa dijadikan sebagai panduan untuk peaku pendidikan dalam mengembangkan bahan ajar yang sesuai kebutuhan pembelajaran, tahapan – tahapan dalam proses pengembangan bahan ajar tersebut dan hasil dari beberapa penelitian para peneliti yang telah mengembangkan bahan ajarnya dengan beberapa model pengembangan yang disampaikan. Jelas tujuan disini agar para pembaca dapat memahami dan mempertimbangkan lebih lanjut tentang penelitian terkait research and development (R & D).

Melihat perkembangan zaman yang begitu luar biasa pesat menuntut kita para pendidik dan peserta didik khususnya dan pendidikan umumnya yang ada di Indonesia untuk lebih mampu bersaing dan membentuk kualitas pada Sumber Daya Manusia (SDM).

TELAAH KURIKULUM : TEORI & PENGEMBANGANNYA

Buku dengan judul Telaah Kurikulum : Teori & Pengembangannya merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa. Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: 1) Paradigma Awal : Pendidikan Dan Kurikulum, 2) Pengertian Kurikulum, 3) Hakikat Kurikulum, 4) Anatomi Kurikulum, 5) Landasan Pengembangan Kurikulum, 6) Model Pengembangan Kurikulum, 7) Model Implementasi Kurikulum, 8) Tahapan Dan Prinsip Pengembangan Kurikulum, 9) Evaluasi Kurikulum, 10) Telaah Historis Kurikulum Di Indonesia, 11) Telaah Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini, 12) Telaah Kurikulum Pendidikan Dasar, 13) Telaah Kurikulum Pendidikan Menengah Pertama, 14) Telaah Kurikulum Pendidikan Menengah Atas, 15) Kurikulum Pendidikan Tinggi, 16) Kurikulum Dan Mutu Pendidikan.

Buku dengan judul Telaah Kurikulum : Teori & Pengembangannya merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa.

Pengembangan Revolusi Industri 4.0 dalam Berbagai Bidang

Pengembangan Revolusi Industri 4.0 dalam Berbagai Bidang PENULIS: Nurdianita Fonna ISBN: 978-623-229-270-3 Penerbit : Guepedia Publisher Ukuran : 14 x 21 cm Tebal :83 halaman Sinopsis: Revolusi industri 4.0 merupakan fase keempat dari perjalanan sejarah revolusi industri yang dimulai pada abad ke -18. Menurut Prof Schwab, dunia mengalami empat revolusi industri. Revolusi industri 1.0 ditandai dengan penemuan mesin uap untuk mendukung mesin produksi, kereta api dan kapal layar. Berbagai peralatan kerja yang semula bergantung pada tenaga manusia dan hewan kemudian digantikan dengan tenaga mesin uap. Dampaknya, produksi dapat dilipatgandakan dan didistribusikan ke berbagai wilayah secara lebih masif. Namun demikian, revolusi industri ini juga menimbulkan dampak negatif dalam bentuk pengangguran masal. Dalam bukunya yang berjudul “The Fourth Industrial Revolution”, Prof Schawab (2017) menjelaskan revolusi industri 4.0 telah mengubah hidup dan kerja manusia secara fundamental. Berbeda dengan revolusi industri sebelumnya, revolusi industri generasi ke-4 ini memiliki skala, ruang lingkup dan kompleksitas yang lebih luas. Kemajuan teknologi baru yang mengintegrasikan dunia fisik, digital dan biologis telah mempengaruhi semua disiplin ilmu, ekonomi, industri dan pemerintah. Bidang-bidang yang mengalami terobosoan berkat kemajuan teknologi baru diantaranya (1) robot kecerdasan buatan (artificial intelligence robotic), (2) teknologi nano, (3) bioteknologi, dan (4) teknologi komputer kuantum, (5) blockchain (seperti bitcoin), (6) teknologi berbasis internet, dan (7) printer 3D. Dinamika kehidupan masyarakat Indonesia semakin kompleks mengingat pada era sekarang merupakan era revolusi industri keempat yang serba digital. Ini juga tidak terlepas dengan proses globalisasi yang masih berlangsung. Hal tersebut sama dengan pendapat dari George Ritzer yang mengatakan bahwa globalisasi ditandai dengan kemajuan teknologi. Email : guepedia@gmail•com WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Pengembangan Revolusi Industri 4.0 dalam Berbagai Bidang PENULIS: Nurdianita Fonna ISBN: 978-623-229-270-3 Penerbit : Guepedia Publisher Ukuran : 14 x 21 cm Tebal :83 halaman Sinopsis: Revolusi industri 4.0 merupakan fase keempat dari ...