Sebanyak 426 item atau buku ditemukan

MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH STUDI PENINGKATAN MUTU SDM GURU MAN 2 PAREPARE

Buku ini berjudul Manajemen kepemimpinan Kepala Madrasah. Kepemimpinan Kepala Madrasah adalah proses kegiatan seseorang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi, mendorong, mengarahkan dan menggerakkan, individu-individu supaya timbul kerjasama secara teratur dalam upaya mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.

Buku ini berjudul Manajemen kepemimpinan Kepala Madrasah.

Cerita Guru di Atas Garis

Apa maksudnya di atas garis? Garis seperti apa atau garis apa? Garis khatulistiwa atau garis kehidupan atau apa? Pertanyaan itu muncul tatkala buku Siswa di Atas Garis dan Guru di Atas Garis lahir. Demikian pula kakak dari buku yang ada di tangan Anda ini, Pribadi di Atas Garis. Rentetan pertanyaan itu tentu membutuhkan jawaban. Di atas garis merupakan frasa biasa yang bisa bermakna di atas rata-rata. Di atas garis berarti tidak sekadar apalagi di bawah standar. Di atas garis berarti melampaui ambang normal, ambang batasnya, melebihi aturan biasa. Buku Cerita Guru di Atas Garis, unik ditulis bukan hanya oleh guru, motivator, tetapi berbagai latar belakang profesi, bahkan seorang hakim yang telah menjadi Ketua Pengadilan Negeri pun urun rembuk menorehkan kisah inspiratif gurunya semasa SMA.

Buku Cerita Guru di Atas Garis, unik ditulis bukan hanya oleh guru, motivator, tetapi berbagai latar belakang profesi, bahkan seorang hakim yang telah menjadi Ketua Pengadilan Negeri pun urun rembuk menorehkan kisah inspiratif gurunya ...

Menjadi guru beretika dan profesional

mengindahkan etika profesi pada saat mereka ingin memberikan jasa keahlian profesi kepada masyarakat yang memerlukannya. Tanpa etika profesi, apa yang semual dikenal sebagai sebuah profesi yang terhormat akan segera jatuh terdegradasi ...

Guru Profesional, Inspiratif, dan Menyenangkan

Buku ini merupakan paparan dan kajian yang holistik, yang menggambarkan betapa perlunya kualitas pendidik atau guru dalam proses pembelajaran. Buku ini terdiri atas 11 bab yang memaparkan konsep dan teori sebagai upaya mengembangkan kemampuan guru dalam mendidik secara inspiratif dan menyenangkan bagi murid- murid yang diajar. Hal yang mengemuka dalam buku ini adalah mendeskripsikan guru Kristen yang mampu melakukan tugas secara profesional. Dunia pendidikan sangat membutuhkan pendidik atau guru-guru profesional, karena mereka adalah ujung tombak keberhasilan proses pembelajaran. Meskipun dalam aktivitas pembelajaran peran dan tanggung jawab naradidik tidak boleh dilupakan, tetapi sang guru (pendidik) memegang fungsi yang sangat strategis. Oleh karena itu, memiliki guru-guru yang profesional, inspiratif, dan menyenangkan merupakan strategi mencapai pendidikan yang berkualitas.

Oleh karena itu, memiliki guru-guru yang profesional, inspiratif, dan menyenangkan merupakan strategi mencapai pendidikan yang berkualitas.

POLITIK DAN KEBIJAKAN KEMENTERIAN AGAMA (Upaya Membangun Profesionalisme Guru dan Dosen)

Buku ini diuraikan secara detail upaya pemerintah mengembangkan profesionalisme pendidik sebagai profesi dan dihormati, terlihat dari UU No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, tentang hak dan kewajiban guru dan dosen, LPPG dan sertifikasi sebagai langkah-langkah profesionalisme guru dan dosen, tunjangan, dan perlindungan. Hal yang penting dalam membangun kemandirian di kalangan pendidik yaitu mengaktualisasikan dirinya guna mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Pengembangan kompetensi seorang guru dan dosen akan berpengaruh terhadap tingkat profesionalismenya. Dengan profesionalisme tentu akan meningkatkan kinerja dan dapat menjadi motivasi bagi peningkatan karirnya, selanjutnya kinerja dan karir akan meningkatkan kualitas pembelajaran sebagai bentuk kontribusi positif bagi lembaga di mana guru dan dosen tersebut bertempat. Kinerja dan karir juga akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan, dan di mana hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi diri seorang guru dan dosen juga akan memberikan pengaruh dan manfaat positif secara berkesinambungan terhadap dirinya sendiri.

Kemudian upaya peningkatan kompetensi profesional guru bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik melalui berbagai macam pendidikan, pelatihan, seminar, diskusii, pemenuhan peralatan pengajaran dan sebagainya. Peningkatan kompetensi guru ...

Profesi Kependidikan : Pedoman dan Acuan Guru Mencintai Profesinya

Pembahasan buku ini, bertolak dari isu sentral tentang guru dan permasalahannya yakni bagaimana peran, tugas, dan tanggung jawab guru. Selain itu dapat diperoleh informasi mengenai kompetensi guru, uji kompetensi guru, sertifikasi guru, ketentuan dalam program sertifikasi guru sebagai profesi, serta kode etik profesi keguruan. Selanjutnya berdasarkan judul buku ini yakni Profesi Kependidikan, maka di dalamnya diulas tentang keprofesian bidang bimbingan konseling, keprofesian bidang kekepalasekolahan, keprofesian dalam bidang keadministrasian pendidikan. Buku ini juga memberi informasi mengenai perjalanan kurikulum yakni kurikulum 1994, KBK, KTSP, dan Kurikulum 2013. Buku ini penting bukan hanya untuk mahasiswa, guru, tetapi juga pengamat dan aktivis yang bergerak dalam masalah pendidikan dan keguruan.

Pembahasan buku ini, bertolak dari isu sentral tentang guru dan permasalahannya yakni bagaimana peran, tugas, dan tanggung jawab guru.

Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK/MAK Kelas XI: Program Keahlian Teknik Mesin. Kompetensi Keahlian Teknik Pengelasan

Buku yang berjudul Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK/MAK Kelas XI ini hadir sebagai penunjang pembelajaran pada Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Teknik Mesin untuk Kompetensi Keahlian Teknik Pengelasan. Buku ini berisi materi pembelajaran yang membekali peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan dalam dunia pengelasan. Materi yang dibahas dalam buku ini meliputi beberapa hal berikut. • Sikap dan karakter kewirausahaan • Analisis peluang usaha pengelasan • Hak atas kekayaan intelektual • Prototype pada bisnis teknik pengelasan • Proses prototype pada teknik pengelasan • Gambar kerja prototype • Analisis biaya produksi prototype • Penerapan dan pengujian prototype Berdasarkan materi yang telah disajikan, para siswa diajak untuk melakukan aktivitas HOTS (Higher Order Thinking Skills) dengan cara menanya, mengeksplorasi, mengamati, mengasosiasikan, dan mengomunikasikan. Buku ini dilengkapi dengan latihan soal berupa pilihan ganda, isian, esai, dan tugas. Hal ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami materi. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan info untuk menambah pengetahuan para siswa. Kebutuhan akan buku ini sejalan dengan tuntutan kompetensi SMK/MAK bidang teknik pengelasan. Dengan demikian, kami berharap bahwa siswa dapat mencapai kompetensi yang diharapkan dan lulusan SMK/MAK dapat mempersiapkan diri dengan baik ketika memasuki dunia kerja.

... KomuniNasi, dan/atau Penggandaan; c. pengambilan berita aNtual, baiN seluruhnya maupun sebagian dari Nantor berita, ... pendidiNan, penelitian, penulisan Narya ilmiah, penyusunan laporan, penulisan NritiN atau tinjauan suatu masalah ...

Penulisan Buku Ajar yang Baik dan Produktif

Berbagai Pengalaman Menulis Buku Selama 40 Tahun

Buku ini mengajarkan bagaimana menulis buku ajar yang baik dan produktif, yang ditulis berdasarkan pengalaman saya menulis selamna 40 tahun. Jumlah seluruh buku yang sudah saya tulis sebanyak 45 buku dan 10 book chapters. Materi yang dibahas pada buku ini adalah: Bab 1. Konsep Dasar Penulisan Buku Ajar Bab 2. Motivasi Penulisan Buku Bab 3. Sasaran Pembaca Bab 4. Sasaran Kognitif Bab 5. Sasaran Pembelajaran Bab 6. Strategi dan Taktik Bab 7. Nilai-Nilai yang Diperlukan oleh Penulis Bab 8. Merancang Isi Buku (dengan Konsep Piramida, Definisi Isu, dan Peta Pikiran) Bab 9. Mengumpulkan, Mengorganisasikan, dan Memahami Materi Bab 10. Proses Menulis Buku

Di halaman ini kemudian akan diperoleh informasi berita-berita mengenai monopoli yang ditulis di koran Wall Street Journal (WSJ). ... informasi mengenai tanggal, halaman, dan kolom letak dari berita tersebut di koran WSJ.

PANDUAN PENULISAN TUGAS AKHIR SKRIPSI UNTUK BIDANG KESEHATAN DAN KEDOKTERAN

Penulisan tugas akhir atau skripsi menjadi salah satu syarat kelulusan di jenjang perguruan tinggi. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Oleh karena itu, mahasiswa S-l wajib memiliki keterampilan umum, di antaranya mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir. Buku Panduan Penulisan Tugas Akhir Skripsi untuk Bidang Kesehatan dan Kedokteran ini bertujuan untuk memudahkan dalam menyusun dan menulis suatu karya tulis ilmiah berupa naskah skripsi yang sesuai dengan aturan baku penulisan ilmiah. Dengan buku ini, mahasiswa diharapkan mampu berpikir logis, kritis dalam merumuskan masalah dan mencari solusi pemecahan masalah melalui penguasaan metode penelitian untuk menghasilkan karya tulis ilmiah/skripsi dengan baik dan benar.

... konsep dan hipotesis; d. penguasaan materi; e. desain penelitian; f. uraian hasil dan analisis statistik yang relevan; dan g. pembahasan dan kesimpulan. Contoh Berita Acara Presentasi Sidang BERITA ACARA PRESENTASI SIDANG TUGAS.

Human Relations (Konsep dan Teori)

human relation telah melalui proses perjuangan dan pengujian yang sangat panjang, disertai pembuktian gejala hubungan manusia dalam proses produksi, baik produksi jasa maupun barang. Gerakan human relation di sekitar tahun 1850 dirintis oleh Jack Hallowan, ketika perhatian banyak tertuju kepada kebutuhan para pekerja mempengaruhi produktivitas kerja. Sebelumnya para manajer memandang para pekerja sebagai komoditi yang dapat diperjual belikan, bekerja dengan waktu yang teramat lama dengan upah yang rendah, serta kondisi kerja yang menyedihkan (gerakan kaum buruh).

Dalam komunikasi persuasif efeknya harus merupakan dampak dalam bentuk perubahan sikap, opini, dan tindakan atau tingkah laku yang timbul dari kesadaran komunikan, sebab komunikasi persuasif lain dengan komunikasi informatif dan beda ...