Sebanyak 341 item atau buku ditemukan

Islam untuk disiplin ilmu ekonomi

Buku daras pendidikan agama Islam pada perguruan tinggi umum fakultas/jurusan/program studi ekonomi

Membangun Pribadi Unggul

Suatu Pendekatan Teologis Terhadap Pendidikan Karakter

Membangun Pribadi Unggul berbicara tentang nilai dan prinsip pengembangan watak. Topik-topik yang disajikan sangat relevan dengan kebutuhan gereja dan masyarakat dewasa ini mengingat merosotnya nilai-nilai moral dan karakter. Krisis hidup multidimensi ditengarai oleh banyak pihak sebagai penyebab merosotnya akhlak dan iman. Banyak sekolah unggul di kota-kota besar saat ini mengupayakan kegiatan pengembangan karakter karena peningkatan intelek dan keterampilan saja belum mencukupi. Selain tinjauan teologis, filosofis, antropologis, sosiologis, dan psikologis, kajian dari perspektif pendidikan dan konseling juga ikut serta mewujudkan buku ini. Penulis mengajak pembaca untuk melihat bahwa pembentukan watak dan iman dipengaruhi oleh banyak faktor. Oleh karena itu, banyak pendekatan yang harus kita pertimbangkan dan upayakan. Prinsip pengembangan iman dan watak dalam konteks pendidikan formal di sekolah dan perguruan tinggi, maupun dalam lingkungan pendidikan nonformal seperti gereja dan komunitas, juga diuraikan dalam buku ini. Itu sebabnya wawasan dan pengetahuan Anda tentang pembentukan dan pembinaan karakter yang unggul dapat meningkat melalui karya signifikan ini.

Membangun Pribadi Unggul berbicara tentang nilai dan prinsip pengembangan watak.

REKONSEPSI PENDIDIKAN KARAKTER ERA KONTEMPORER

Konstruk Epistemologis Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Indonesia Melalui Evaluasi Model CIPP

Konsep pendidikan karakter yang diperbincangkan saat ini, sebenarnya telah mengemuka jauh sebelum negara ini terbentuk. Namun diakui atau tidak, keberadaan pendidikan karakter kita masih berjalan selimpangan. Kenyataan di lapangan terlihat jelas dimana penguatan intelektual “berlari kencang” meninggalkan jauh aspek emosional dan spiritual sebagai rona karakter luhur anak bangsa. Kondisi ini memantik lahirnya program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), sebuah gerakan di bawah naungan satuan pendidikan khusus, yang terfokus dalam bidang pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik, melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga. Untuk mengawal program tersebut, perlu diterapkan suatu model evaluasi yang bersifat holistik. Evaluasi model CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam merupakan salah satu alternatif untuk mengukur efektivitas pelaksanaan program penguatan pendidikan, karena model tersebut tersebut terbilang bersifat holistik. Buku ini sengaja dihadirkan dalam konsep yang sempurna. Sempurna dalam artian memadukan antara teori dengan implementasi di lapangan. Penulis bukan hanya menelaah berbagai literatur nasional dan internasional, tapi juga melakukan penelitian di lapangan sebagai tanggung jawab akademis. Tujuannya tentu saja untuk memberikan tawaran konsepsi sekaligus bahan evaluasi dalam pengembangan karakter peserta didik, sehingga menjadi generasi cerdas dan berbudi luhur.

Konsep pendidikan karakter yang diperbincangkan saat ini, sebenarnya telah mengemuka jauh sebelum negara ini terbentuk.