Sebanyak 809 item atau buku ditemukan

Praktek Mini Bank Syariah Salam Bris

Sistem Aplikasi Lab Mini Bank Syariah BRI Syariah

sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan ketrampilan mahasiswa di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Malang terkait praktek operasional perbankan syariah, maka disediakan praktek mini bank syariah dengan menggunakan aplikasi SALAM BRIS sebagai hasil kerjasama dengan BRI Syariah. SALAM BRIS merupakan singkatan dari Sistem Aplikasi Laboratorium Minibanking yang dibuat oleh Bank Rakyat Indonesia Syariah.

sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan ketrampilan mahasiswa di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Malang terkait praktek operasional perbankan syariah, maka disediakan praktek mini bank syariah dengan menggunakan aplikasi SALAM ...

Hukum yang Bergerak

Tinjauan Antropologi Hukum

Hukum memiliki banyak wajah, dan berada dalam bentangan aktivitas masyarakat yang luas, dan merasuk dalam setiap sendi kehidupan. Oleh karenanya hukum harus dipelajari dengan menempatkannya pada konteks sosial, budaya, ekonomi, dan politik secara holistik. Banyak persoalan hukum dan kemasyarakatan yang sangat rumit dan tidak bisa dijawab secara normatif tekstual, oleh karenanya pendekatan ilmu sosial, khususnya antropologi sangat menolong untuk dapat menjelaskan tentang bagaimanakah hukum bekerja dan beroperasi dalam keseharian hidup masyarakat. Berbagai tulisan dalam buku ini memperlihatkan studi Antropologi Hukum Indonesia yang sedang berkembang memasuki ranah baru karena terjadinya pertemuan antara berbagai sistem hukum dalam ranah global. Para aktor telah menyumbangkan kepada terjadinya pergerakan hukum dari segala arah menuju ke segala arah. Imbas pergerakan hukum global juga dapat diamati dalam kajian pluralisme hukum Indonesia. Adanya wacana akses keadilan, hak asasi manusia, perempuan dan masyarakat adat, pemberantasan korupsi, sumberdaya alam dan lingkungan, menampakkan konstelasi pluralisme hukum global dalam konteks lokal. Buku ini mengajak pembaca, khususnya mereka yang memberi perhatian pada masalah hukum dan kemasyarakatan, baik kalangan akademisi, praktisi, maupun warga masyarakat luas, untuk memahami bagaimana pentingnya mempelajari hukum dengan menempatkannya dalam konteks kemasyarakatan dan kebudayaan di mana hukum itu berada.

Hukum memiliki banyak wajah, dan berada dalam bentangan aktivitas masyarakat yang luas, dan merasuk dalam setiap sendi kehidupan.

Konsep Pembelajaran PAUD

Pada masa usia dini anak mengalami masa keemasan (the golden years) yang merupakan masa dimana anak mulai peka/sensitif untuk menerima berbagai rangsangan. Untuk membangun pertumbuhan baik anak, ada baiknya untuk mengikutsertakan anak pada pembelajaran PAUD. Karena berupaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh dan memberikan kegiatan pembelajaran yang mampu menghasilkan kemampuan dan keterampilan anak. Pendidikan anak usia dini merupakan suatu pendidikan yang dilakukan pada anak sejak lahir hingga usia delapan tahun. Buku referensi yang membahas konsep dasar pembelajaran anak usia dini terbilang masih sangat langka. Karena itulah buku ini hadir untuk membuka cakrawala pemikiran para pendidik, yang tugas utamanya bukan hanya sebatas mentransfer ilmu pengetahuan saja, melainkan lebih dari itu. Seorang pendidik diharapkan mampu membuat anak didiknya paham atas apa yang dipelajarinya. Bahkan substansi buku ini dapat juga menginspirasi para orang tua, pemerhati, praktisi, peneliti, dan perancang kurikulum di bidang pendidikan anak usia dini. Daftar isi Bab 1 Hakikat Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini Bab 2 Tokoh dan Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Zaman Purba di Asia Afrika Bab 3 Tokoh dan Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Zaman Yunani, Romawi, Abad Pertengahan Bab 4 Tokoh dan Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Zaman Abad Pencerahan, Zaman Baru, Zaman Rasionalisme Bab 5 Tokoh dan Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Abad Ke XIX Revolusi Perancis, Abad XX di Eropa, dan Abad XX di Amerika Bab 6 Tokoh dan Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini di Indonesia Daftar Pustaka Glosarium Indeks Tentang Penulis Informasi lain : Deskripsi fisik : 16 x 24 cm, 202 halaman Weight : 0.305 kg ISBN : 9786024461096 Pengarang : Luluk Asmawati Penerbitan : Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017 Bahasa : Indonesia Subjek : PAUD - Pendidikan anak - Pendidikan dasar Bentuk Karya : Bukan fiksi Status : Aktif

Daftar isi Bab 1 Hakikat Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini Bab 2 Tokoh dan Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Zaman Purba di Asia Afrika Bab 3 Tokoh dan Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Zaman Yunani, Romawi, Abad ...

Teori & Aplikasi Green Operation Management (Sebuah Pendekatan Green Management system di Era 4.0)

Judul : Teori & Aplikasi Green Operation Management (Sebuah Pendekatan Green Management system di Era 4.0) Penulis : Uli Wildan Nuryanto, Cindy Prettita, Zia’ul Fatwa Andini Yusuf, Zakiyah Sohari, Ahmad Adrian Hanafiyah, Maulana Ainul Yakin, Fridho Hermawan, Yudhi Akhyudin, Mochamad Saefullah, Cepy Nurhayana, Yusuf Wibisono, Samsidik, Novi Lestari, Elvitdra, Prihatiawati, Joni Prihatin Ukuran : 14.5 x 21.0 cm Tebal : 324 Halaman No ISBN : 978-623-497-330-3 Tahun Terbit : Januari 2023 Sinopsis Keterbatasan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui yang berasal dari bahan baku fosil, ditambah dengan eksploitasi yang tidak terkendali belum lagi terjadinya peningkatan suhu bumi akibat efek gas rumah kaca telah sangat mengkawatirkan dan berdampak langsung terhadap keberlangsungan umat manusia yang hidup di era modern saat ini. Untuk itulah diperlukannya sebuah terobosan dalam hal manajemen dengan menggunakan pendekatan green management system yang mampu meningkatkan kesadaran seluruh pihak baik industri, pemerintahan dan juga masyarakat secara luas untuk ikut serta dalam mengaplikasikan green operations management sebagai bentuk kontribusi keilmuan. Buku ini membahas teori dan perbandingan antara manajemen operasional konvensional dengan green operations manajemen di era modern saat ini. Disertai dengan implementasi nyata pada berbagai sektor seperti pada sektor industri, sektor pemerintahan, dan juga sektor jasa pelayanan. Green operations management merupakan suatu pendekatan yang sangat jitu dan mampu menjawab permasalahan yang terus meningkat dan kian kompleks saat ini di era yang serba kompetitif saat ini. Strategi green operational yang komprehensif yang diterapkan pada berbagai sektor dengan pendekatan green supply chain management, green manufacturing, green hospital, smart city, emission reductions, energy management system, Risk management, project resilience, TPM, Safety Behavior, Lean management, inventory management dan Six Sigma akan sangat cocok digunakan sebagai panduan oleh para praktisi baik di kalangan manajerial perusahaan, pimpinan pemerintahan, akademisi dan juga para peneliti. Buku ini sejalan dengan visi misi dunia saat ini dalam menuju sustainability development goals serta menjaga keberlangusngan jangka panjang tanpa harus mengorbankan masa kini, hak-hak generasi yang akan datag, Akhir kata penulis mengucapkan selamat membaca dan menikmati buku ini. Terima Kasih

Judul : Teori & Aplikasi Green Operation Management (Sebuah Pendekatan Green Management system di Era 4.0) Penulis : Uli Wildan Nuryanto, Cindy Prettita, Zia’ul Fatwa Andini Yusuf, Zakiyah Sohari, Ahmad Adrian Hanafiyah, Maulana Ainul ...

Manajemen Pendidikan Islam: Filosofi, Konsep Dasar, dan Implementasi Praktis

Buku ini berupaya untuk membuka wawasan yang mendalam dalam dunia manajemen pendidikan Islam. Dari konsep dasar hingga pengelolaan aspek keuangan, humas, serta sarana dan prasarana pendidikan, buku ini menjadi panduan komprehensif bagi para praktisi dan pemimpin lembaga pendidikan Islam. Dengan berlandaskan dasar-dasar teoritis dan konseptual, pembaca diajak memahami hakikat manajemen pendidikan Islam. Buku ini bukan hanya sekadar uraian teoritis, tetapi juga menarik pembaca melalui sejarah dan perkembangan manajemen pendidikan dalam bingkai pemikiran Islam. Sebuah penelusuran yang membuktikan bahwa manajemen pendidikan bukan hanya elemen tambahan, melainkan bagian integral dari tradisi pendidikan Islam. Buku ini ditujukan untuk para praktisi pendidikan dan pemimpin lembaga pendidikan Islam, buku ini berfungsi sebagai panduan yang praktis dan mendalam. Buku ini diharapkan bukan hanya memberikan wawasan, tetapi juga menjadi landasan kuat bagi manajemen yang efektif dan berkesinambungan dalam dunia pendidikan Islam.

Buku ini berupaya untuk membuka wawasan yang mendalam dalam dunia manajemen pendidikan Islam.

KEWIRAUSAHAAN Mengenal Dunia Bisnis bagi Mahasiswa Pendidikan Matematika

Buku ini diperuntukkan bagi semua kalangan yang ingin mengenal kewirausahaan ataupun membangun suatu usaha. Secara khusus buku ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar bagi mahasiswa program studi pendidikan matematika yang sedang mengambil mata kuliah kewirausahaan. Pemaparan konsep dalam buku ini disajikan menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Bukan hanya menyajikan konsep dasar dalam kewirausahaan yang harus dipahami seorang pengusaha sebelum memulai suatu usaha hingga ia memasarkan produknya, tetapi buku ini juga menyajikan produk kewirausahaan dalam pendidikan matematika dan penerapan kewirausahaan dalam pembelajaran matematika. Pembahasan dalam buku ini dibagi ke dalam delapan bab utama, yaitu pendahuluan, kewirausahaan, menyusun rencana usaha, modal dan keuangan usaha, produk kewirausahaan, pengelolaan usaha, pemasaran dan waralaba, dan pendidikan kewirausahaan dalam pembelajaran matematika.

Buku ini diperuntukkan bagi semua kalangan yang ingin mengenal kewirausahaan ataupun membangun suatu usaha.

Pendidikan Multikultural

Pendidikan multikultural sangat kontekstual dalam kehidupan masyarakat Indonesia agar dapat berkontribusi dalam memelihara kerukunan antar sesama umat manusia. Pemahaman dilakukan secara utuh yang menjadi ranah ilmu multikultural dengan dijabarkan secara universal untuk menghargai akan perbedaan. Keharmonisan berkehidupan bersama membantu meningkatkan etika dalam usaha berpendapat, menjunjung tinggi asas kemanusian, dan memberi kejayaan negara. Pendidikan multikultural akan melihat makhluk hidup sebagai manusia yang tidak akan terpisah dari akar dasar pijakan budaya dan komunitas etnis. Secara umum, pendidikan multikultural merupakan suatu pendekatan yang dibentuk melalui pranata untuk membuat kesetaraan majemuk bagi seluruh peserta didik dengan beragam ras, etnis, tingkat sosial, status hukum, dan komunitas budaya tertentu. Buku ini terdiri dari tiga belas bab di mana bab pertama tentang Pengenalan Pendidikan Multikultural, bab dua tentang Sejarah Pendidikan Multikultural, bab tiga tentang Tujuan dan Fungsi Pendidikan Multikultural, bab empat tentang Teori-Teori Pendidikan Multikultural, bab lima tentang Kurikulum Pendidikan Berbasis Multikultural, bab enam tentang Model-Model Pendidikan Multikultural, bab tujuh tentang Nilai-Nilai Multikultural dalam Pendidikan, bab delapan tentang Pendidikan Multikultural di Lingkungan Keluarga, bab sembilan tentang Pendidikan Multikultural di Lingkungan Sekolah, bab sepuluh tentang Pendidikan Multikultural di Lingkungan Kerja, bab sebelas tentang Pendidikan Multikultural di Lingkungan Masyarakat, bab dua belas tentang Tantangan dalam Implementasi Pendidikan Multikultural, dan bab tiga belas tentang Masa Depan Pendidikan Multikultural.

Pendidikan multikultural sangat kontekstual dalam kehidupan masyarakat Indonesia agar dapat berkontribusi dalam memelihara kerukunan antar sesama umat manusia.

Kajian dan Evaluasi Kurikulum

Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: Hakikat Evaluasi Kurikulum; Perbandingan Kurikulum Perspektif Lama dan Baru; Asas, Komponen dan Pendekatan Kurikulum; Faktor-faktor Penyebab Perubahan Kurikulum; Teori Pendidikan dan Jenis Kurikulum; Tahapan dan Komponen dalam Pengembangan Kurikulum; Model dan Teknik Evaluasi Kurikulum.

Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: Hakikat Evaluasi Kurikulum; Perbandingan Kurikulum Perspektif Lama dan Baru; Asas, Komponen dan Pendekatan Kurikulum; Faktor-faktor Penyebab Perubahan Kurikulum; Teori Pendidikan dan Jenis ...

Implementasi Buku Teks dalam Kurikulum Merdeka Belajar

Merdeka belajar merupakan sebuah gagasan yang memberikan kebebasan pada pendidik dan pelajar dalam menentukan sistem pembelajaran. Tujuan dari dicanangkannya merdeka belajar adalah untuk menciptakan pendidikan yang bermakna pada aspek keterampilan dan pengalaman. Konsep merdeka belajar dalam sudut pandang filsafat pendidikan akan mampu memberikan keberagaman pandangan. Tujuan dari menulis berbagai perspektif dalam buku ini untuk memberikan pengkajian berupa pemikiran terhadap mahasiswa sejauh mana pemahaman dalam memahami konteks pendidikan dari pemikiran yang berbeda-beda. Artinya merdeka belajar mengakui kodrat manusia memperoleh pembelajaran dan pengalaman, pengembangan peserta didik, menciptakan stabilitas, dan pengakuan terhadap kodrat manusia. Semoga buku ini dapat memberikan sedikit manfaat kepada pembaca.

Merdeka belajar merupakan sebuah gagasan yang memberikan kebebasan pada pendidik dan pelajar dalam menentukan sistem pembelajaran.

Kurikulum Merdeka: Teori dan Praktik di Sekolah

Buku ini adalah hasil kolaborasi antara beberapa penulis yang merupakan dosen, guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah. Buku ini adalah panduan komprehensif yang membahas berbagai aspek penting tentang kurikulum merdeka. Penulis menguraikan berbagai teori, prinsip, dan praktik terkait pengembangan, implementasi, dan evaluasi pembelajaran dalam kurikulum merdeka di satuan pendidikan. Pembahasan dalam mencakup beberapa poin utama: Proses Pengembangan: Pembahasan merinci langkah-langkah konkret dalam merancang kurikulum, mulai dari merancang KOSP, pengidentifikasian tujuan pembelajaran hingga pemilihan metode pengajaran dan bahan ajar yang tepat. Implementasi dan Evaluasi: Pembahasan mencakup strategi implementasi kurikulum di lapangan, serta metode evaluasi pembelajaran dalam kurikulum merdeka. Best practice: Untuk memberikan pemahaman yang lebih baik dan mencakup beberapa best practice yang mengilustrasikan bagaimana konsep-konsep teoritis di atas diterapkan dalam situasi nyata. Buku ini cocok untuk para pendidik, satuan Pendidikan, pengambil kebijakan pendidikan, dan siapa pun yang tertarik dalam memahami lebih dalam tentang bagaimana kurikulum merdeka dikembangkan, diimplementasikan, dan dievaluasi. Ini merupakan sumber rujukan yang berguna untuk mendiskusikan perkembangan pendidikan kontemporer dan pembaruan kurikulum yang relevan.

Buku ini adalah hasil kolaborasi antara beberapa penulis yang merupakan dosen, guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah.