Sebanyak 148 item atau buku ditemukan

Ideologi dalam Tafsir Indonesia

Tafsir An-Nur Karya Hasbi As-Shiddieqy

Buku yang ada di hadapan para pembaca ini mendiskusikan Tafsir karya ulama’ Indonesia yaitu Tafsir An-Nur karya Tengku Muhammad Hasbi As-Shiddieqy. Buku ini menganalisis lebih jauh bagaimana proses ideologisasi dan kepentingan masuk dalam sebuah penafsiran. Teori sosiologi pengetahuan Karl Manneheim digunakan untuk memotret sejarah dan dialektika keilmuan dan politik ketika tafsir ditulis, sehingga terlihat kepentingan-kepentingan yang diusung berdasarkan peranan dan realitas politik yang terjadi saat itu sehingga produk penafsiran yang dihasilkan Hasbi As-Shiddieqy bukanlah hasil ilham terisolasi melainkan hasil dialektika dan pergulatannya dengan realitas yang ada, sehingga terungkap perspektif, ekspresi, ekspektasi dan cita-cita penafsir atas masalah-masalah sosial keagamaan dan politik yang diusung dalam tafsirnya.

masuk, Hasbi masuk ke jenjang takhasshus,53 dan memperdalam bahasa Arab yang merupakan program (kurikulum) unggulan Al-Irsyad.54 Berbeda dengan sistem pendidikan yang di pesantren-pesantren tempat Hasbi dididik pertama kali, ...

KONSEP DASAR PENDIDIKAN ISLAM

Sebuah analisis Metode Qur’ani dalam mendidik Manusia

Pendidikan merupakan upaya strategis untuk membangun peradaban umat manusia. Karena itu, ia memerlukan kesungguhan dalam pelaksanaannya demi tercapainya tujuan-tujuan pendidikan yang dikehendaki. Eksplorasi terhadap kandungan Al-Qur’ân menghasilkan suatu teori yang disebut Pendidikan Qur’ani, yang di dalamnya termasuk konsep, landasan filosofis, metodis, dan aplikasi pendidikan Qur’ani. Di samping itu Al-Qur’an juga merupakan sumber materi pendidikan yang tak ada habis-habisnya untuk digali. Buku ini bertujuan untuk mengungkap permasalahan yang telah dipraktikkan dalam dunia pendidikan kita. Islam sebagai sebuah sistem hidup yang paripurna juga membawa ajaran-ajaran yang bermuatan pendidikan. Dalam hal ini, Al-Qur’an sebagai sumber ajaran Islam di dalamnya kaya dengan nilai-nilai pendidikan yang bisa dijadikan pegangan bagi para pendidik atau siapa pun yang berkepentingan dengan pendidikan. Dari sudut ilmiah, untuk mendapat corak khusus terhadap pelaksanaan pendidikan dengan perspektif Al-Qur’an. Banyaknya kajian-kajian tentang pendidikan yang masih bersifat umum. Dengan demikian, corak khusus yang berlabel perspektif Al-Qur’an ini, sangat perlu kehadirannya dengan maksud untuk menambah dan meramaikan khazanah intelektual Islam. Perlu diingat pula, bahwa terbangunnya konsep pendidikan menurut pandangan Islam dan termanifestasikannya secara benar, dimungkinkan akan dapat meminimalisir pelaksanaan pendidikan yang sekuler dan materialistik. Di sisi lain, buku ini dipandang sangat penting artinya bagi pengembangan pemikiran di Tanah Air. Sebab, secara umum masyarakat Indonesia sedang menghadapi masalah-masalah pendidikan yang sangat kompleks, termasuk di dalamnya krisis moralitas, yang salah satu penyebabnya adalah kurang memahami penerapan metode pendidikan yang Qur’ani.

Dekadensi moral saat ini terjadi karena lemahnya pendidikan keluarga. Di dalam pendidikan Islam ... Pendidikan iman merupakan pendidikan paling dasar yang harus diketahui oleh sang anak pada masa usia dini. Ketika sang ibu mengandung, ...

Manajemen dan Kepemimpinan

Tantangan yang paling berat dalam mengelola sebuah lembaga pendidikan terletak pada manajemen dan kepemimpinan. Kemampuan seseorang dalam merencanakan, melaksanakan, mengontrol dan mengevaluasi sebuah organisasi mencerminkan kematangan dan kesiapannya dalam menjalankan roda organisasi tersebut, sehingga tercipta suatu pengelolaan organisasi yang baik dan dapat mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Sekalipun dalam kajian-kajian teori secara umum manajemen dan kepemimpinan dibedakan dan terkadang disatukan, karena kenyataan dalam perjalanan organisasi keduanya sulit untuk dipisahkan. Kepemimpinan dimaknai sebagai sebuah upaya untuk memberikan pengaruh kepada orang lain agar maksud dan tujuan dapat dicapai dengan baik atau kemampuan menggerakkan orang lain agar mau bekerjasama dalam sebuah kelompok untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam kepemimpinan sangat dibutuhkan kemampuan manajerial, kemampuan seseorang untuk mengatur jalannya organisasi. Sehingga dalam buku ini manajemen dan kepemimpinan diuraikan menjadi satu kesatuan sekalipun dalam penjelasannya ada yang terpisah. Setiap manusia adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang dilakukannya dalam memimpin. Pemimpin yang bertanggung jawab, mengayomi dan mendengar aspirasi akan memiliki wibawa dan kharisma, sehingga tipe kepemipinannya lebih banyak didominasi oleh tipe kepemimpinan transformasional. Kepemimpinan transformasional mampu melahirkan pemimpin sejati. Pemimpin sejati adalah yang mampu menginsprasi orang lain, energik, cerdas, menjadi tauladan dan figur yang dicontoh sehingga mampu memotivasi orang lain menuju perubahan yang lebih baik. Buku Manajemen dan Kepemimpinan ini dibuat sebagai buku ajar pada mata kuliah Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan yang dapat digunakan oleh dosen dan mahasiswa dalam proses perkuliahan. Di dalam buku ini penulis uraikan tentang Konsep Dasar Manajemen, Pengembangan Teori Manajemen, Manajemen dan Manajer, Perencanaan dan Organisasi, Pengendalian dan Motivasi, Konsep Dasar Kepemimpinan, Teori dan Pendekatan Kepemimpinan, Etika Moral dan Kekuasaan, Model dan Prinsip Kepemimpinan di Abad-21 dan Praktik Kepemimpinan Instruksional dalam Pendidikan.

Sedangkan dalam dunia pendidikan, definisi pendidikan berdasarkan ... dana, sarana prasarana pendidikan, tata laksana dan lingkungan pendidikan untuk ...

Manajemen Pendidikan: Menyingkap Tabir Pengelolaan Lembaga Pendidikan

Mengelola sebuah lembaga pendidikan, mulai dari tingkatan yang terendah (Taman Kanak-Kanak) sampai tingkatan yang paling tinggi (Perguruan Tinggi) tidaklah sesederhana seperti mengelola sebuah kumpulan pengajian, majlis ta’lim atau kegiatan-kegiatan sejenisnya. Kerumitan dalam mengelola lembaga pendidikan, bagi mereka yang telah terbiasa dengan dunia ini (pemikir, pemerhati dan praktisi pendidikan), barangkali sedikit bisa berkompromi karena sesungguhnya mereka sangat sadar betapa ruwet dan banyaknya pekerjaan rumah yang harus segera dicarikan solusinya. Persoalan keterbatasan anggaran, tentulah bukan satu-satunya masalah yang harus segera dicarikan solusi pemecahannya. Keberadaan sumber daya manusia (SDM), juga jangan dipandang sebelah mata, karena sumber daya pengelola pendidikan bukan hanya seorang guru atau kepala sekolah, melainkan semua sumber daya yang secara langsung terlibat dalam pengelolaan suatu lembaga pendidikan. Belum lagi gonta ganti kurikulum yang disinyalir lebih cenderung mengikuti selera pejabat baru. Sistem penerimaan peserta didik baru dengan tingkat kekhawatiran yang lumayan tinggi, karena takut tidak masuk zonasi dari sekolah yang dituju. Intinya, semakin dikupas satu per satu akan semakin terang benderang wajah suram dunia pendidikan di negeri ini. Oleh karena itu, kehadiran buku di hadapan pembaca yang budiman ini, dengan satu harapan semakin menyingkap tabir gelap pengelolaan lembaga pendidikan. Sehingga sangat disarankan bagi para pemikir, pemerhati dan praktisi pendidikan untuk bisa mengkoleksi buku ini, sebagai salah satu pikiran alternatif untuk mengurai berbagai persoalan yang ada.

Perguruan tinggi menyelenggarakan pendidikan tinggi, penelitian serta pengabdian pada masyarakat. ... tinggi sangat ditentukan oleh lulusan dari MA/SMA, MTs/SMP, dan MI/SD sebagai input atau bahan baku perguruan tinggi tersebut.

Ekonomi Moneter Islam: Suatu Pengantar - Rajawali Pers

Sebagai kajian yang membahas ekonomi moneter Islam, buku ini mengantarkan pembaca untuk memahami urgensi literasi mengenai ekonomi moneter Islam yang cakupannya meliputi sistem ekonomi dan keuangan Islam, teori dan konsep dasar keuangan Islam. Kerangka pendekatan ekonomi moneter Islam dan konsep uang dari sudut pandang Islam, menjadi bahasan penting dalam buku ini. Selanjutnya buku ini juga membahas konsep inflasi, nilai tukar, suku bunga, dan investasi dalam perspektif moneter islam. Semakin menarik, didalamnya menyajikan aplikasi ekonomi moneter Islam pada kebijakan moneter di Indonesia serta beberapa negara lainnya. Menghadapi perubahan yang sangat cepat, di bagian terakhir buku ini mengulas tantangan, peluang, serta masa depan ekonomi moneter Islam. Buku ini menjadi buku pertama di Indonesia yang mengkaji ekonomi moneter Islam yang cukup lengkap sehingga dapat menjadi sumber referensi bagi para akademisi, peneliti dan praktisi di bidang tersebut. Dengan hadirnya buku ini, diharapkan pembaca dapat memahami secara lebih mendalam mengenai konsep dan isu-isu yang berkaitan dengan ekonomi moneter Islam, serta sejauh mana praktik kebijakan moneter Islam telah diterapkan dan prospek masa depan ekonomi moneter Islam.

Solikin M. Juhro. Conference on Stable and Just Global Monetary System (pp. 123-136). Kuala Lumpur: Research Centre International Islamic University Malaysia. Sakti, A. 2007. Analisis Teoretis Ekonomi Islam: Jawaban atas Kekacauan ...

Dari Komunal Ke Individual Perubahan Budaya Hukum Masyarakat Adat Mingkabau

Buku ini mengulas tentang perubahan yang terjadi dalam masyarakat adat Minangkabau di Sumatera Barat, yang menjadikannya masyarakat Minangkabau yang komunal menjadi masyarakat yang individual. Perubahan ini mengakibatkan berubahnya tatanan kehidupan masyarakat adat Minangkabau yang sudah membumi. Bab 1 menyajikan tentang teori-teori kajian hukum dan perubahannya dalam, masyarakat dan struktur nagari secara umum. Bab 2 dari buku ini menggambarkan tentang sejarah dan kehidupan masyarakat adat Minangkabau yang komunal dalam bernagari. Perubahan masyarakat adat Minangkabau disajikan pada Bab 3 dan Bab 4 dalam buku ini. Semua perubahan disesuaikan dengan data-data yang akurat dengan menampilkan fakta-fakta yang terjadi di lapangan. Adapun gambaran yang terdapat dalam dua bab di atas adalah dominasi hukum negara, masyarakat adat yang komunal menjadi masyarakat yang individual beserta faktor-faktor perubahannya, keterikatan struktur hukum dengan struktur pemerintahan nagari, kebijakan pemerintah dalam nagari dan perubahan struktur kelembagaan masyarakat nagari. Pada Bab 5 menyajikan tentang penyatuan konsep antara hukum adat dan hukum negara. Bab ini menjelaskan langkah-langkah apa yang harus dilakukan pemerintah nagari dan pemerintah pusat untuk menentukan arah kebijakan dalam mengatur suatu daerah. Penentuan arah kebijakan harus disesuaikan dengan prinsip-prinsip yang berlaku khusus dalam suatu daerah yang memiliki ciri khas yang berbeda dari daerah lainnya. Selain itu menjadikan hukum negara sebagai alat perlindungan bagi hukum adat agar tetap dapat melestarikan tradisi dan budaya yang sudah ada dan tumbuh lama dalam suatu daerah tertentu. Ketegasan pemerintah dalam memberikan ruang bagi hukum adat untuk tumbuh dan berkembang sangat diperlukan agar konflik-konflik yang ada bisa teratasi secara baik dan benar.

Buku ini mengulas tentang perubahan yang terjadi dalam masyarakat adat Minangkabau di Sumatera Barat, yang menjadikannya masyarakat Minangkabau yang komunal menjadi masyarakat yang individual.

Manajemen Keuangan: Sebagai Dasar Pengeambilan Keputusan Bisnis

Buku ini terdiri dari lima belas bab yaitu bab I tentang ruang lingkup manajemen keuangan, bab II bentuk-bentuk risiko dalam bisnis, bab III tentang modal kerja, bab IV tentang manajemen kas, bab V tentang manajemen piutang, Bab VI tentang manajemen persediaan, bab VII tentang nilai waktu dari uang, Bab VIII tentang penilaian investasi, bab IX tentang biaya modal, Bab X tentang struktur modal,bab XI tentang politik dividen, bab XII ratio keuangan, bab XIII investasi dalam suratsurat berharga, bab XIV laporan keuangan, bab XV laporan arus kas. Setiap bab buku ini terdiri dari (1) Judul bab; (2) Pendahulan yang berisi, standar kompetensi, kompetensi dasar indikator pencapaian; (3) Pembahasan; (4) Rangkuman; (6) Latihan Soal serta disajikan daftar pustaka, glosarium dan indeks. Agar dapat memahami materi yang ada dalam buku ini sebaiknya pembaca mengerjakan soal latihan yang ada di setiap bab buku ini.

Buku ini terdiri dari lima belas bab yaitu bab I tentang ruang lingkup manajemen keuangan, bab II bentuk-bentuk risiko dalam bisnis, bab III tentang modal kerja, bab IV tentang manajemen kas, bab V tentang manajemen piutang, Bab VI tentang ...

Pedoman Penulisan Karya Ilmiah

Tidak sedikit para mahasiswa dan mahasiswi yang mengalami kesulitan di dalam membuat karya ilmiah (skripsi, tesis, disertasi dan lain sebagai). Kesulitan itu disebabkan oleh pelbagai faktor. Minimnya pemahaman terhadap apa itu karya ilmiah serta kurangnya pengetahuan dan keterampilan teknis terkait bagaimana cara penulisan karya ilmiah adalah dua di antara kendalanya. Buku ini disusun untuk membantu para mahasiswa dan mahasiswi untuk memahami apa itu karya ilmiah dan bagaimana cara penulisan karya ilmiah. Sementara itu, perbincangan karya ilmiah yang dimaksud di dalam buku ini lebih difokuskan kepada skripsi dan karya tulis ilmiah (KTI). Melalui buku ini, pembaca dapat memahami pengertian, tujuan dan manfaat karya ilmiah serta bagaimana langkah-langkah menyusunnya mulai dari tahap awal hingga akhir. Pembahasan buku ini sendiri mulai dari pembahasan ihwal pengertian, tujuan dan manfaat karya ilmiah, rancangan penelitian, usulan penelitian, penyusunan laporan KTI/Skripsi, tata cara penulisan, bimbingan dan presentasi, penilaian karya ilmiah, hingga pedoman dan standar penulisan karya ilmiah. Buku ini dapat dibaca khususnya bagi para mahasiswa dan mahasiswi yang tengah menempuh tugas akhir atau yang mengikuti mata kuliah Penulisan Karya Ilmiah. Selain itu, buku ini dapat berguna pula bagi para pengajar dan dosen pembimbing karena buku ini pun menghadirkan pedoman, penilaian dan garis-garis besar penulisan karya ilmiah sehingga lewat buku ini para pengajar dan dosen pembimbing dapat mengarahkan peserta didiknya untuk menghasilkan karya ilmiah yang lebih tearah, optimal dan memenuhi standar penulisan karya ilmiah.

Tidak sedikit para mahasiswa dan mahasiswi yang mengalami kesulitan di dalam membuat karya ilmiah (skripsi, tesis, disertasi dan lain sebagai).