Sebanyak 1097 item atau buku ditemukan

DASAR METODOLOGI PENELITIAN

Buku kecil ini, ditulis khusus untuk mendampingi para peneliti yang sedang merencanakan dan merancang penelitaian sebagai salah satu referensi. Buku sederhana ini hanyalah sebutir pasir dalam paran samudra ilmu penelitian yang luas. Menurut Yoseph, 1979, penelitian adalah art and science guna mencari jawaban terhadap suatu permasalahan. Karena seni dan ilmiah maka penelitian juga akan memberikan ruang-ruang yang akan mengakomodasi adanya perbedaan tentang apa yang dimaksud dengan penelitian. Hakekat penelitian dapat dipahami dengan mempelajari berbagai aspek yang mendorong penelitian untuk melakukan penelitian. Setiap orang mempunyai motivasi yan berbeda, diantaranya dipengaruhi oleh tujuan dan profesi masing-masing. Motivasi dan tujun penelitian secara umum pada dasarnya adalah sama, yaitu bahwa penelitian merupakan refleksi dari keinginan manusia yang umumnya menjadi motivasi untuk melakukan penelitian, semakin pesatnya dan berkembangnya penelitian ilmiah akan semakin meningkatkan derajat kehidupan manusia.

Buku kecil ini, ditulis khusus untuk mendampingi para peneliti yang sedang merencanakan dan merancang penelitaian sebagai salah satu referensi.

Hadis Tarbawi

Hadis-hadis Pendidikan

Buku ini mencoba menggali konsep dan nilai pendidikan perspektif Islam yang diteladani dalam berbagai sabda Rasulullah SAW. Rangkaian perbincangannya dimulai dengan pandangan Rasulullah SAW terhadap materi ajar, karakteristik, dan standar yang harus dimiliki oleh pendidik. Kemudian diuraikan cara Rasulullah SAW menhadapi murid dan standar pendidikan yang harus dicapai. Kedua uraian ini dilengkapi dengan paparan berkaitan dengan penggunaan alat ajar dalam pendidikan Islam. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Buku ini mencoba menggali konsep dan nilai pendidikan perspektif Islam yang diteladani dalam berbagai sabda Rasulullah SAW.

Kepekaan Nombor, Numerasi dan Kemahiran Berfikir Aras Tinggi (KBAT) dalam Pendidikan Matematik Sekolah Rendah (Penerbit USM)

Keupayaan berfikir merupakan satu daripada matlamat pendidikan di Malaysia dan juga kemahiran yang diperlukan untuk pembelajaran pada abad ke-21. Penulisan ini memfokuskan kemahiran berfikir dalam pembelajaran matematik melalui kefahaman konsep nombor dan dibincangkan dalam rangka kepekaan nombor, numerasi dan kemahiran berfikir aras tinggi (KBAT). Seterusnya, KBAT dalam matematik dilihat sebagai asas kepada kefahaman matematik lebih tinggi dan juga pengantar kejayaan bidang lain. Pengalaman murid semasa mempelajari matematik pada tahap awal ini adalah penting dalam membentuk kepercayaan dan nilai mereka terhadap matematik. Kepekaan nombor, numerasi dan KBAT dibincangkan daripada perspektif dua elemen utama dalam proses pengajaran dan pembelajaran, iaitu murid dan guru. Pertama, perspektif kognitif murid melibatkan perwakilan dalaman dan luaran serta strategi penyelesaian masalah matematik. Kedua, proses pengajaran dan pembelajaran guru sangat berkait rapat dengan pembentukan kepekaan nombor, numerasi dan KBAT murid. Proses pengajaran dan pembelajaran akan dibincangkan daripada perspektif kepercayaan dan pengetahuan guru berkaitan pengajaran dan pembelajaran yang membentuk KBAT. Pertama, daripada aspek kognitif, kefahaman konsep nombor dilihat sebagai cara maklumat diwakili dan distrukturkan dengan merujuk kepada kebolehan seseorang menghubungkan idea, fakta atau prosedur. Sesuatu idea matematik boleh diwakili suatu bentuk perwakilan atau pelbagai perwakilan. Kefahaman terbentuk apabila perwakilan idea, fakta atau prosedur matematik menjadi sebahagian daripada jaringan perwakilan. Kajian menunjukkan bahawa walaupun murid mempunyai strategi menyelesaikan masalah yang dikemukakan, kepekaan nombor mereka membantu membentuk strategi bermakna. Sehubungan itu, maklumat tentang cara murid menyelesaikan masalah yang diberikan adalah lebih penting daripada sama ada mereka dapat memberikan penyelesaian yang betul atau sebaliknya. Kedua, daripada aspek pengajaran dan pembelajaran guru, dua perkara utama yang akan dibincangkan ialah kepercayaan guru tentang matematik dan kriteria pengajaran guru serta amalan pengajaran yang menyokong dan membangunkan KBAT berdasarkan penyelidikan yang telah dijalankan. Kepercayaan guru dikaji mengikut kerangka matematik sebagai disiplin formal dan informal. Kerangka yang sama digunakan untuk mengkaji kepercayaan guru terhadap pengajaran matematik. Kesimpulan mencadangkan bahawa sebahagian besar guru matematik sekolah rendah mempunyai campuran kedua-dua kepercayaan yang formal dan tidak formal. Penulisan ini juga membincangkan penyelidikan, kriteria pengajaran guru dan amalan pengajaran yang menyokong dan membangunkan KBAT. Kajian pengajaran matematik guru menunjukkan kemunculan aspek-aspek tertentu pengajaran seperti ciri-ciri guru yang baik dan penglibatan pelajar yang berkesan. Walau bagaimanapun, aspek-aspek lain pengajaran seperti pengetahuan kandungan pedagogi guru dan perkaitan matematik kepada kandungan dilihat sebagai sangat mencabar kepada guru. Justeru, untuk melaksanakan KBAT dengan berkesan, aspek murid yang merujuk kepada perkembangan kognitif mereka, khususnya perwakilan dan strategi penyelesaian masalah harus diambil kira. Selain itu, latihan profesional guru seharusnya menangani kepercayaan asas guru terhadap matematik kerana sistem kepercayaan guru ialah pengemudi utama dalam pelaksanaan pengajaran dan pembelajaran yang berkesan.

Keupayaan berfikir merupakan satu daripada matlamat pendidikan di Malaysia dan juga kemahiran yang diperlukan untuk pembelajaran pada abad ke-21.

Akar Historis Pendidikan Perempuan Refleksi Pemikiran TGKH.M.Zainuddin Abdul Madjid

Pendidikan dipahami sebagai ke butuhan manusia yang paling esensial sehingga menjadi sebuah keniscayaan. Mengapa dikatakan demikian? Pendidikan mengajarkan manusia jalan hidup (way of life). Secara teoritis, pendidikan diartikan sebagai usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan, yang berlangsung di lembaga formal, informal, dan nonformal yang terus berjalan sepanjang hayat untuk mempersiapkan pribadi yang cerdas secara intelektual, emosional, dan spiritual (IQ, EQ, dan SQ), agar dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperolehnya dalam berbagai lini kehidupan secara dinamis untuk masa yang akan datang.

Buku Akar Historis Pendidikan Perempuan Refleksi Pemikiran TGKH.M.Zainuddin Abdul Madjid ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Pendidikan Kewarganegaraan

Perjuangan Membentuk Karakter Bangsa

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata ajar wajib dalam kurikulum pendidikan tinggi berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pendidikan Kewarganegaraan diselenggarakan dengan tujuan untuk membekali, dan memantapkan peserta didik di jenjang pendidikan tinggi formal dengan pengetahuan dan kemampuan dasar berkenaan dengan hubungan antara warga negara dengan negara, agar menjadi warga negara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan negara. Baca dan pelajari selengkapnya dalam buku ini, dan jadilah warga negara yang baik :) |Penerbit Deepublish, Deepublish, Pendidikan Kewarganegaraanm Kewarganegaraan, Pendidikan |

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata ajar wajib dalam kurikulum pendidikan tinggi berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Profesionalisme Guru PAUD Menuju NTB Bersaing

(Pengantar Manajemen Pendidikan, Praktik, Teori, dan Aplikasi)

Buku ini menyajikan sebuah fakta empiris tentang dunia pendidikan saat ini terutama PAUD. Sebagai pendidik yang mengajar matakuliah PAUD penulis mencoba tuangkan dalam buku yang berjudul Profesionalisme guru PAUD menuju NTB Bersaing. Ini semua merupakan langkah maju penulis mengembangkan inspirasi dengan tuntutan menambah referensi bagi pembaca. Dalam rangka memenuhi kebutuhan di Perguruan Tinggi, penerbitan buku Profesional Guru PAUD Menuju NTB Bersaing sangat dibutuhkan, karena buku ini merupakan salah satu referensi dalam dunia pendidikan terkini. Buku ini memuat tentang konsep guru PAUD yang professional yang menarik untuk dibaca. Buku ini diharapkan sebagai pegangan atau pelengkap ilmu pendidikan terutama pada pendidikan anak usia dini khususnya di Kota Mataram. Melalui konsep dunia pendidikan Anak Usia Dini yang disajikan dalam buku ini diharapkan dapat membantu para pendidik dan pembaca yang memahami tentang pendidikan anak usia dini. Buku ini ramu oleh penulis dengan harapan bisa berguna bagi para pendidik pada anak usia dini.

Itulah yang disebut guru PAUD yang profesional. Keempat kompetensi tersebut sudah mencakup sekian banyak tugas-tugas untuk menjadi seorang guru PAUD yang profesional dan memiliki karakter kuat. Ternyata menjadi guru PAUD tidak boleh ...

Profesionalisme Guru PAUD Menuju NTB Bersaing

Pengantar Manajemen Pendidikan, Praktik, Teori, dan Aplikasi

Buku ini menyajikan sebuah fakta empiris tentang dunia pendidikan saat ini terutama PAUD. Sebagai pendidik yang mengajar matakuliah PAUD penulis mencoba tuangkan dalam buku yang berjudul Profesionalisme guru PAUD menuju NTB Bersaing. Ini semua merupakan langkah maju penulis mengembangkan inspirasi dengan tuntutan menambah referensi bagi pembaca. Dalam rangka memenuhi kebutuhan di Perguruan Tinggi, penerbitan buku Profesional Guru PAUD Menuju NTB Bersaing sangat dibutuhkan, karena buku ini merupakan salah satu referensi dalam dunia pendidikan terkini. Buku ini memuat tentang konsep guru PAUD yang professional yang menarik untuk dibaca. Buku ini diharapkan sebagai pegangan atau pelengkap ilmu pendidikan terutama pada pendidikan anak usia dini khususnya di Kota Mataram. Melalui konsep dunia pendidikan Anak Usia Dini yang disajikan dalam buku ini diharapkan dapat membantu para pendidik dan pembaca yang memahami tentang pendidikan anak usia dini. Buku ini ramu oleh penulis dengan harapan bisa berguna bagi para pendidik pada anak usia dini.

Filsafat Ilmu Lanjutan

Ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengubah dunia; terutama dalam memberantas kemiskinan, kelaparan, penyakit, dan berbagai potret duka dalam kehidupan umat manusia dan alam raya ini. Tradisi keilmuan dan teknologi yang berkembang sekarang merupakan tradisi yang tumbuh dari sistem logikaÑdari Yunani, dilanjutkan dengan logika renaissance Arab, diteruskan dengan logika renaissance EropaÑmenjadi ilmu dan teknologi mutakhir. Unsur utama dalam tradisi sistem logika adalah rasionalitas dan empiri. Rasionalitas menjadi unsur pertama dalam berilmupengetahuan, dan empiri menjadi unsur keduanya. Penting dimiliki oleh para calon ilmuwan muda, mahasiswa filsafat, cendekiawan, dosen/pengajar/ pendidik, periset, dan mereka yang menggemari filsafat ilmu untuk menggali lebih banyak ilmu pengetahuan melalui apa yang disebut Òintelectual exerciseÓ; dengan mengungkapkan pikiran dan pengetahuan secara teratur dan sistematik. ------- Penerbit Kencana (Prenadamedia Group)

Ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengubah dunia; terutama dalam memberantas kemiskinan, kelaparan, penyakit, dan berbagai potret duka dalam kehidupan umat manusia dan alam raya ini.

Microsoft Office 2016 Step by Step

Now in full color! The quick way to get started with Microsoft Office 2016! This is learning made easy. Get more done quickly with Microsoft Word, Excel, PowerPoint, and Outlook. Jump in wherever you need answers--brisk lessons and colorful screenshots show you exactly what to do, step by step. Covers Word, Excel, PowerPoint and Outlook Format documents for visual impact Quickly prepare personalized email messages and labels Build powerful workbooks for analysis and reporting Analyze alternative data sets with Quick Analysis Lens, Goal Seek, and Solver Prepare highly effective presentations Strengthen your presentations by adding tables and graphics Organize your email, scheduling, and contacts Look up just the tasks and lessons you need

Resource added for the Administrative Professional program 101066 and Office Professional program 311061.