Sebanyak 4369 item atau buku ditemukan

Studi Metodologi Tafsir

Sejarah penafsiran dan metodologi tafsir al-Qur’an telah melewati berbagai fase yang panjang, rumit dan kompleks. Awalnya, penafsiran merupakan usaha menemukan maksud yang sesuai dengan teks, namun pada tahap selanjutnya proyeksi penafsiran terkontaminasi dengan usaha menundukkan al-Qur’an demi kepentingan kelompok keagamaan dan individu. Dalam beberapa penelitian, produk-produk penafsiran al-Qur’an dari generasi ke generasi memiliki corak dan karakteristik yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, antara lain adalah adanya perbedaan situasi sosio-historis di mana seorang mufasir hidup. Bahkan situasi politik yang terjadi ketika mufasir melakukan kerja penafsiran juga sangat kental mewarnai produk-produk penafsirannya. Di samping cakupan makna yang dikan-dung oleh al-Qur’an memang sangat luas, perbedaan dan corak penafsiran itu juga disebabkan perbedaan keahlian yang dimiliki oleh masing-masing mufasir.

Dalam perjalanan pendidikannya, sejak awal Maududi telah mengenyam lewat pendidikan non-formal orang tuanya. Dari pendidikan klasik inilah menjadikannya tidak menguasai bahasa Inggris, namun ia menguasai bahasa Arab, Persia dan Urdu.

Tafsir Ar-Rahmah

Juz 30

Surah-surah Juz 'Amma merupakan surah-surah populer yang sering dibaca umat Islam baik di dalam dan di luar shalat. Walaupun surah-surah Juz 'Amma ayat-ayatnya pendek atau jumlah ayat-ayatnya sedikit kecuali beberapa surah saja, namun banyak nilai, motivasi, ajaran-ajaran mulia yang terkandung dalam surah-surahnya. Buku tafsir ini mengajak pembaca untuk mentadaburi ciptaan-ciptaan-Nya disertai dengan kisah-kisah umat terdahulu yang menarik dan selalu hidup. Kisah Musa dan Firaun, Ibnu Ummi Maktum, Ubay bin Ka'b, Abu Lahab dan istrinya, dan kisah-kisah lainnya dikupas dalam buku ini. Buku tafsir ini ditulis dengan metode yang menggabungkan antara tafsir bil ma'tsur dan tafsir bil ma'qul yang dikemas dengan bahasa yang ringan namun representatif. Semoga buku Tafsir Ar-Rahmah Juz 30 ini memberi manfaat bagi seluruh umat dan menjadi lebih dekat kepada al-Quran serta memahami dan mengaplikasikan ajaran-ajarannya dalam kehidupan. Amin.

Penulis mengenyam pendidikan dasar di SDN Mekarjaya VII dari tahun 1987 s.d. tahun 1993. Setelah itu melanjutkan pendidikan menengah pertama di MTS al-Hamidiyah Sawangan Depok sekaligus menjadi santri di pesantren al-Hamidiyah dari ...

Kaidah Tafsir Al-Quran

Buku ini memperbincangkan kaidah-kaidah yang sangat diperlukan untuk memahami Al-Quran. Kaidah-kaidah tersebut meliputi kaidah bahasa, kaidah yang berkaitan dengan ulum Al-Quran, kaidah ushul, dan sebagainya. Kaidah bahasa ialah berkaitan dengan prinsip-prinsip utama terkait dengan bahasa yang menjadi standar dalam memahami nuṣūṣ al-shar`iyah, khususnya Al-Quran. Kaidah bahasa itu antara lain, kaidah yang berkaitan dengan isim ḍamīr, makna huruf, jumlah shartiyah, dan sebagainya. Kaidah tafsir yang berkaitan dengan ushul, yang dibahas dalam buku ini, antara lain adalah kaidah tentang `am dan takhsis, muṭlaq dan muqayyad, manṭūq dan mafhum, dan sebagainya. Sementara kaidah tafsir yang berkaitan dengan ulum Al-Quran yang dibahas dalam buku ini adalah kaidah tentang sebab nuzul dan nasikh wa al-mansukh. Kaidah-kaidah ini merupakan prinsip-prinsip utama yang perlu dikuasai untuk dijadikan sebagai standar dalam memahami Al-Quran.

Selanjutnya gelar S2 M.Ag (Magister Agama) penulis peroleh pada perguruan tinggi yang sama pada tahun 2003 jurusan Pendidikan Islam. Pada tahun 2013 penulis melanjutkan pendidikannya pada Program Doktoral (S3) jurusan Pendidikan Agama ...

The Dream Interpretation Dictionary

Symbols, Signs and Meanings

What do reoccurring dreams reveal? What's the purpose of nightmares--and can they be stopped? Why do some people show up in dreams? Are some dreams actually warnings? Going beyond superficial explanations,The Dream Interpretation Dictionary: Symbols, Signs and Meanings brings a deep and rich understanding to a variety of images, signs, and symbols. It considers the context to help anyone complete their own personal jigsaw puzzle. It provides the tools to allow anyone to sort through possible connections and to make sense of their dreams. From entries ranging from "Abandonment” to "Zoo,” this massive tome analyzes sex dreams, money dreams, dreams of falling, running, or paralysis and much, much more. It brings profound insights to thousands of dream messages. It shows what to look for and what to ignore and teaches how to master dream interpretation. Examples of symbols are given. The complexity and context of a dream are explored. Signs and their meanings are illustrated. Illuminating the intelligence of dreams, decoding clues, explaining symbols, and revealing the universal meanings of each as well as their subtler associations,The Dream Interpretation Dictionary: Symbols, Signs, and Meanings explores the messages delivered by the unconscious mind during sleep. It examines how dreams connect to daily life. It shows how dreams can lead to deeper understanding and self-awareness. Also included are a helpful bibliography and an extensive index, adding to the book’s usefulness.

What do dreams reveal? Going beyond superficial explanations, The Dream Interpretation Dictionary brings a deep and rich understanding to a variety of images, signs, and symbols.

Advanced Topics in Forensic DNA Typing: Interpretation

Advanced Topics in Forensic DNA Typing: Interpretation builds upon the previous two editions of John Butler’s internationally acclaimed Forensic DNA Typing textbook with forensic DNA analysts as its primary audience. Intended as a third-edition companion to the Fundamentals of Forensic DNA Typing volume published in 2010 and Advanced Topics in Forensic DNA Typing: Methodology published in 2012, this book contains 16 chapters with 4 appendices providing up-to-date coverage of essential topics in this important field. Over 80 % of the content of this book is new compared to previous editions. Provides forensic DNA analysts coverage of the crucial topic of DNA mixture interpretation and statistical analysis of DNA evidence Worked mixture examples illustrate the impact of different statistical approaches for reporting results Includes allele frequencies for 24 commonly used autosomal STR loci, the revised Quality Assurance Standards which went into effect September 2011

Advanced Topics in Forensic DNA Typing: Interpretation builds upon the previous two editions of John Butler’s internationally acclaimed Forensic DNA Typing textbook with forensic DNA analysts as its primary audience.

TELAAH KEBIJAKAN PENDIDIKAN "Analisis Pendidikan Era Pandemi Covid-19"

Diandra Kreatif

Buku ini merupakan kumpulan telaah penulis terhadap berbagai fenomena dunia pendidikan tanah air, khususnya yang terjadi saat pandemi Covid-19. Telaah tersebut dibagi dalam lima bab yang memiliki fokus berbeda dengan jumlah subbab bahasan yang berbeda pula. Bab I menyoroti posisi guru dalam kebijakan negara; bab II berisi telaah mengenai PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh); bab III mengenai PTM (Pembelajaran Tatap Muka); bab IV berfokus pada isu literasi dan teknologi—yang tentu saja terkait penerapannya di dunia pendidikan; dan bab V (bab terakhir) adalah sudut pandang kritis Jejen Musfah terhadap tiga isu di dunia pendidikan, yaitu “Putus Sekolah”, “Nasib Siswa di Tengah Pandemi”, dan “Gotong Royong Melawan Virus Corona”. Buku ini bisa menjadi contoh yang memudahkan mahasiswa dan dosen dalam mempelajari praktik analisis kebijakan pendidikan, baik melalui penulisan opini maupun makalah. Selain itu, berbagai telaah yang dihadirkan merupakan sarana bagi para mahasiswa dan dosen untuk memahami kebijakan pendidikan pemerintah dari kacamata seorang analis kebijakan pendidikan di luar pemerintah. Dalam cakupan yang lebih luas, praktisi dan pemerhati pendidikan juga perlu membaca buku ini sebagai panduan dalam praktik pendidikan dan pembelajaran yang ideal, serta bagaimana melakukan analisis atas fenomena pendidikan dan kebijakan dari sudut pandang akademisi.

Bab I menyoroti posisi guru dalam kebijakan negara; bab II berisi telaah mengenai PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh); bab III mengenai PTM (Pembelajaran Tatap Muka); bab IV berfokus pada isu literasi dan teknologi—yang tentu saja terkait ...

KEBIJAKAN PENDIDIKAN

Hand Out Mata Kuliah Kebijkan Pendidikan

Kebijakan lahir seiring dengan bertambah banyaknya populasi manusia dan kompleksitas kebutuhan, kepentingan dan tuntutan kehidupan. Perlakuan terhadap anggota masyarakat tidak lagi bisa terjadi secara orang perorang. Untuk tetap dapat menjaga keutuhan dan kelangsungan hidup, manusia membuat peraturan-peraturan yang ditetapkan penguasa maupun atas kesepakatan diantara mereka untuk dipatuhi, dilaksanakan dan diawasi bersama. Perjalanan kehidupan manusia yang dimulai dari adanya Adam Hawa sampai kini berjumlah lebih dari 2 milyar merupakan sejarah panjang yang telah melahirkan berbagai ”hasil budaya”yang salah satunya adalah adanya prinsip-prinsip yang dipahami sebagai suatu disiplin untuk mengadministrasikan keberadaan organisasi dan permasalahan-permasalahannya dengan segala kearifan dan kebijaksanaan (policies). Pada mulanya, Kebijakan lahir karena ingin memberi aktiftas-aktifitas yang bermakna bagi masyarakat untuk tetap dapat mewariskan nilai-nilai budaya pada generasi penerusnya. Namun seiring dengan semakin bervariasinya kebutuhan dan tuntutan yang melahirkan berbagai permalahan dan dengan berkembangnya kajian-kajian keilmuan administrasi dan kebijakan. Kebijakan menjadi suatu keputusan-keputusan sebagai ketetapan yang mengikat warganegara dan ditunjukan untuk memecahkan masalah-masalah pelik, ‟sering terjadi‟dan bersifat umum. Pendidikan merupakan proses sosial untuk mewariskan nilai-nilai kehidupan generasi pendahulunya ke generasi penerusnya agar tetap terpelihara, terjaga dan terkembangkan. Untuk itu, keberadaan pendidikan tidak dapat dipisahkan dengan peran yang diemban pemerintah sebagai penguasa. Hal ini disebabkan karena kompleksitas penyelenggaraan, substansi dan keberlanjutan (sustainability) pendidikan yang diselenggarakan masyarakat sangat beragam dan membutuhkan campur tangan penguasa/pemerintah untuk memelihara dan mengembangkannya secara terintgrasi dan berkualitas. Di samping itu, masyarakat memiliki keterbatasan sedangkan pemerintah memiliki kekuatan (power) dan kewenangan (authority) yang dapat menjamin keberadaan dan keberlangsungan pendidikan. Tidak menutup kemungkinan dalam proses penyelenggaraan pendidikan diwarnai dengan pertentangan dan konflik serta dihadapkan dengan berbagai permasalahan-permasalahan yang sulit ditangani masyarakat dan intervensi pemerintah berupa kebijakan diharapkan menjadi solusi terbaik.

Tidak menutup kemungkinan dalam proses penyelenggaraan pendidikan diwarnai dengan pertentangan dan konflik serta dihadapkan dengan berbagai permasalahan-permasalahan yang sulit ditangani masyarakat dan intervensi pemerintah berupa kebijakan ...

Kebijakan Pendidikan

: Reformasi, Komponen, dan Isu

Kebijakan pendidikan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan pendidikan mengalami reformasi dari masa ke masa sejalan dengan perkembangan teknologi, informasi, dan sosial masyarakat. Adapun tujuan reformasi tersebut adalah upaya untuk memperbaiki pendidikan agar tujuan pendidikan dapat tercapai secra efektif dan efisien.

berita online maupun cetak, dan komentar dari para pengguna layanan pendidikan terkait mutu pendidikan nasional. Respons atas tuntutan dalam penyelenggaraan pendidikan nasional dan sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah dalam ...

KOMUNIKASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN

Buku ini berisi tentang Dua Badan Pelayanan pendidikan, Strategi Komunikasi dan implementasi kebijakan pendidikan, Perencanaan Pendidikan dan strategi komunikasi pendidikan, serta Faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan strategi komunikasi.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia yang berkaitan dengan Standar Pengelolaan. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan ...