Sebanyak 913 item atau buku ditemukan

TAFSIR PENDIDIKAN

Konsep Pendidikan Berbasis Alquran

Setiap Muslim sudah bersepakat bahwa Al Quran memberikan penjelasan yang sangat gambling tentang gambaran dan karakter kehidupan dunia dan akhirat. Tidak hanya itu, Al Quran juga sudah memberikan rambu-rambu yang jelas kepada manusia, termasuk tentang konsep pendidikan yang komprehensif. Sebuah pendidikan disebut komperehensif jika ia berorientasi pada kepentingan hidup di dunia dan akhirat sekaligus. Hasil yang diharapkan dari konsep pendidikan yang komprehensif itu adalah lahirnya insan kamil. Media terbaik untuk menciptakan adalah pendidikan. Salah satu penunjang konsep pendidikan adalah buku. Pada jenjang manapun, buku merupakan sarana pendukung yang utama, selain media lainnya. Sejatinya, buku ini berkaitan erat dengan matakuliah Tafsir Tarbawi, Tafsir Pendidikan. Nomenklatur matakuliah ini berkaitan dengan tafsir Al Quran, dan karena itu, konten buku ini akan selalu berkaitan dengan penjelasan Al Quran tentang pendidikan dan pengetahuan. ………….. Buku yang menunjang Matakuliah Tafsir Tarbawi ini mengulas konsep dasar pendidikan Islam; landasan metode pendidikan qur’ani; metode dan proses pembelajaran dalam Islam; peserta didik dalam pendidikan Islam; pendidik dalam pendidikan Islam; tafsir ayat-ayat berdimensi pendidikan; kewajiban belajar mengajar, tujuan pendidikan, subyek pendidikan, obyek pendidikan, dan metode pengajaran. Target akhir, mahasiswa memiliki pengetahuan yang baik tentang pengantar tafsir pendidikan, mengenal Al Quran, sejarah dan perkembangan tafsir, metode, corak dan kaidah-kaidah penafsiran, pendidikan dan pendidikan Islam, konsep taklim, tarbiyah dan tahdzib. Dengan kemampuan itu, mereka juga diharapkan mampu mencetak generasi atau peserta didik dengan kepribadian yang lebih baik.

Salah satu penunjang konsep pendidikan adalah buku. Pada jenjang manapun, buku merupakan sarana pendukung yang utama, selain media lainnya. Sejatinya, buku ini berkaitan erat dengan matakuliah Tafsir Tarbawi, Tafsir Pendidikan.

Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar

Dalam buku ini, penulis berusaha menyajikan berbagai teori dan praktik belajar dan pembelajaran yang dapat dijadikan rujukan dalam mencari terobosan baru untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan proses pembelajaran kepada siswa, sehingga proses pembelajaran tidak hanya didominasi oleh guru, yang pada akhirnya menyebabkan siswa kurang berkembang dalam kemampuan berpikirnya. Dengan mengubah model pembelajaran yang konvensional, kepada model pembelajaran yang dinamis dan lebih bermakna, maka akan terbuka kesempatan kepada siswa untuk membangkitkan cara berpikir kritis dan dengan hasil pembelajaran yang lebih baik. *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)

Dalam buku ini, penulis berusaha menyajikan berbagai teori dan praktik belajar dan pembelajaran yang dapat dijadikan rujukan dalam mencari terobosan baru untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan proses pembelajaran kepada siswa, ...

SEJARAH ISLAM PERIODE KLASIK

Penulisan sejarah Islam biasanya diklasifikasikan menjadi periode klasik, periode pertengahan, dan periode modern. Periode klasik identik dengan masa kejayaan Islam, periode pertengahan cenderung didominasi kemunduran Islam, sedangkan periode modern ditandai dengan kebangkitan Islam. Pada saat dunia Islam mengalami kemajuan pesat, kondisi dunia Barat sebaliknya. Tetapi orang-orang Barat akhirnya mampu mentransfer ilmu pengetahuan yang dimiliki masyarakat Muslim. Kesempatan itu memang sangat besar karena pemerintahan Islam terkenal sebagai pemerintah yang sangat toleran terhadap para penganut agama selain Islam. Sikap toleran itulah yang diteladankan oleh Rasulullah saw selama memimpin umat Islam. Pemimpin-pemimpin berikutnya juga sangat toleran. Misalnya, Khalifah ‘Umar ibn al-Khattab ketika menguasai Baitul Maqdis, atau para pemimpin lainnya, baik di kawasan Islam timur maupun barat. Bangsa Barat yang melihat kesempatan emas selama berinteraksi dengan umat Islam memanfaatkannya secara maksimal untuk mengalihkan ilmu pengetahuan. Adapun jalur-jalur yang menjadi jembatan untuk transformasi ilmu pengetahuan tersebut antara lain melalui Andalusia (Spanyol), Sicilia (Italia), dan perang salib. Demikianlah keberhasilan bangsa Barat dalam pengalihan ilmu pengetahuan dari dunia Islam sehingga sampai hari ini mereka mampu berdiri di puncak peradaban setelah berada lama dalam masa kegelapan. Agar era supremasi intelektual Islam tidak hanya sekedar nostalgia dan umat Islam tidak terlalu lama tenggelam dalam keterpurukan, lantas apa yang semestinya dilakukan. Inilah manfaat menelaah kajian sejarah masa lampau karena sejarah adalah guru kehidupan yang menyediakan garis-garis pedoman yang sangat berfaedah. Perlu ditegaskan bahwa mengembalikan kejayaan peradaban Islam merupakan kewajiban kaum Muslimin. Secara kuantitatif jumlah negara yang dipimpin oleh penguasa Muslim dan mempunyai penduduk mayoritas beragama Islam sangat signifikan. Oleh karena itu, diperlukan penyadaran kembali mengenai tanggung jawab mereka terhadap eksistensi umat dan agama Islam ini. Di samping itu, gerakan ijtihad secara menyeluruh hendaknya terus direvitalisasi.

Penulisan sejarah Islam biasanya diklasifikasikan menjadi periode klasik, periode pertengahan, dan periode modern.

Persediaan psikologi menghadapi peperiksaan

Sekarang beliau bertugas sebagai Ketua Jabatan Kaunseling dan Bimbingan
Kerjaya , Bahagian Hal Ehwal dan Pembangunan Pelajar di Universiti Islam
Antarabangsa Malaysia ( UIAM ) . BUKU - BUKU DALAM SIRI INI Menggenggam
Bara ...

The Administration of Islamic Laws

Judge shall select two from amongst them to form a quorum of judges in the
Shariah Appeal Court in respect of every hearing . The name of the seven
members shall be published in the Gazette . The Chief Shariah Judge may
appoint any ...

Routledge Handbook of Islamic Law

This handbook is a detailed reference source comprising original articles covering the origins, history, theory and practice of Islamic law. The handbook starts out by dealing with the question of what type of law is Islamic law and includes a critical analysis of the pedagogical approaches to studying and analysing Islamic law as a discipline. The handbook covers a broad range of issues, including the role of ethics in Islamic jurisprudence, the mechanics and processes of interpretation, the purposes and objectives of Islamic law, constitutional law and secularism, gender, bioethics, Muslim minorities in the West, jihad and terrorism. Previous publications on this topic have approached Islamic law from a variety of disciplinary and pedagogical perspectives. One of the original features of this handbook is that it treats Islamic law as a legal discipline by taking into account the historical functions and processes of legal cultures and the patterns of legal thought. With contributions from a selection of highly regarded and leading scholars in this field, the Routledge Handbook of Islamic Law is an essential resource for students and scholars who are interested in the field of Islamic Law.

This handbook is a detailed reference source comprising original articles covering the origins, history, theory and practice of Islamic law.