Sebanyak 148 item atau buku ditemukan

Bimbingan dan Konseling Belajar Bagi Siswa di Sekolah

Kemandirian belajar siswa merupakan salah satu unsur yang dapat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa, apabila siswa memiliki kemandirian belajar yang baik akan memudahkan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah. Isi buku ini mengenai gambaran tentang kondisi belajar siswa di sekolah, peran guru bimbingan dan konseling sebagai bagian dari sistem pembelajaran di sekolah, konsep dasar bimbingan belajar, konsep dasar kemandirian belajar, faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar siswa, dan program bimbingan belajar yang sesuai untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa di sekolah.

Kemandirian belajar siswa merupakan salah satu unsur yang dapat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa, apabila siswa memiliki kemandirian belajar yang baik akan memudahkan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Pasar Obligasi Indonesia: Teori dan Praktik - Rajawali Pers

Pasar obligasi di Indonesia relatif masih baru namun berkembang cukup pesat sehingga literatur yang tersedia masih termasuk langka. Buku ini ditulis oleh seorang yang mumpuni di bidang obligasi. Tarmiden Sitorus yang saya kenal mempunyai pengalaman yang luas dalam pengembangan pasar surat utang negara di Indonesia, yang telah berkembang menjadi instrumen penting dalam operasi moneter Bank Indonesia, disamping sebagai instrumen investasi bagi para pelaku pasar modal. Buku ini patut dibaca oleh para pengambil kebijakan, pelaku industri pasar modal, dan kalangan akademi. Mirza Adityaswara Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia

Tarmiden Sitorus yang saya kenal mempunyai pengalaman yang luas dalam pengembangan pasar surat utang negara di Indonesia, yang telah berkembang menjadi instrumen penting dalam operasi moneter Bank Indonesia, disamping sebagai instrumen ...

Asesmen Autentik dalam Pembelajaran Bahasa

Tujuan pendidikan bukan sekadar memastikan bahwa peserta didik menguasai pengetahuan yang diberikan di ruang kelas namun juga memastikan bagaimana mereka dapat mengaplikasikan pengetahuan tersebut. Untuk mengetahui kemampuan peserta didik sejauh mana ia dapat mengimplementasikan pengetahuan yang telah diperoleh, maka dibutuhkan sebuah penilaian atau asesmen. Adapun asesmen autentik adalah asesmen yang bertujuan untuk itu. Buku ini membahas megenai asesmen autentik. Cakupan utama pembahasan di buku ini meliputi kajian bentuk-bentuk utama dari asesmen autentik yaitu asesmen portofolio, asesmen kinerja, asesmen projek, dan asesmen diri. Menggunakan seting dan contoh-contoh asesmen dalam pembelajaran Bahasa Inggris, buku ini menawarkan pengembangan dan pendalaman wawasan asesmen autentik beserta implementasinya dengan mengambil bentuk-bentuk asesmen non-tes dengan menggunakan rubrik, lembar observasi, ceklis, dan deskripsi. Berbagai instrumen yang ada dalam buku ini sangat fleksibel untuk diadaptasi k edalam bidang studi selain Bahasa Inggris. Jadi, melalui buku ini, pembaca dapat mengetahui mulai dari pengertian, tujuan, jenis, kelebihan hingga bagaimana melakukan asesmen autentik. Buku ini dapat dibaca oleh para mahasiswa-mahasiswi utamanya dari Fakultas Ilmu Pendidikan. Di samping itu, dapat dibaca pula oleh para pengajar Fakultas Ilmu Pendidikan atau para guru dan calon guru atau mereka yang berminat mengetahui tentang asesmen autentik.

Tujuan pendidikan bukan sekadar memastikan bahwa peserta didik menguasai pengetahuan yang diberikan di ruang kelas namun juga memastikan bagaimana mereka dapat mengaplikasikan pengetahuan tersebut.

Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris

Dalam pembelajaran bahasa Inggris, ada beberapa terminologi terkait dengan status bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, English as an International Language (EIL). Ada beberapa sebutan bahasa Inggris sesuai dengan statusnya di dunia, seperti bahasa Inggris sebagai bahasa pertama (native language), bahasa kedua (second language), dan bahasa asing (foreign language). Sebagai bahasa internasional, terdapat tiga istilah dalam penggunaan bahasa Inggris di dunia, yaitu inner-circle, outer-circle, dan expanding-circle. Inner-circle adalah istilah yang mengacu pada status bahasa Inggris yang digunakan sebagai bahasa pertama, outer-circle merujuk pada status bahasa Inggris yang digunakan sebagai bahasa kedua, dan expandingcircle adalah istilah penggunaan bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa asing, seperti yang terjadi di Indonesia.

Dalam konteks EFL, pembelajar sudah diperkenalkan dengan bahasa asli atau bahasa ibu yang disebut dengan mother tounge atau native language atau first language, yakni bahasa daerah masing-masing. Pada awal masuk bangku TK atau SD, ...

Teori dan Praktik Olahraga Rekreatif dan Sport Outbound

Buku Teori dan Praktek Olahraga Rekratif dan Sport Outbound ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa calon guru penjas dan guru-guru penjas tentang arah pengembangan pembelajaran olahraga rekreatif dan sport out bound yang mengacu pada kompetensi inti dan kompetensi dasar sesuai dengan kurikulum 2013 pada setiap jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP dan SMA/SMK pada materi aktivitas luar kelas. Pada tingkat sekolah dasar (SD) arah pengembangan pembelajaran olahraga rekreatif dan sport out bound mengacu kepada peningkatan pengetahuan dan keterampilan gerak dasar melalui model pembelajaran olahraga rekreatif dan sport out bound. Pada tingkat sekolah menengah pertama (SMP) arah pengembangan pembelajaran olahraga rekreatif dan sport out bound mengacu kepada peningkatan pengetahuan dan keterampilan teknik dasar melalui model pembelajaran olahraga rekreatif dan sport out bound. Pada tingkat sekolah menengah atas dan kejuruan (SMA/SMK) arah pengembangan pembelajaran olahraga rekreatif dan sport out bound mengacu kepada peningkatan pengetahuan dan keterampilan gerak lanjutan melalui model pembelajaran olahraga rekreatif dan sport out bound. Dalam buku ini juga dilengkapi dengan model-model aktivitas olahraga rekreatif dan sport outbaound sebagai aktivitas luar kelas.

Budaya organisasi terlihat dari perilaku anggota perusahaan, atribut dan hal-hal simbolik yang melekat pada anggota perusahaan, serta kebiasaan yang ...

Pengantar Pendidikan Islam

Pendidikan Islam merupakan usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik agar meyakini, memahami, menghayati dan mengamalkan agama Islam. Secara aplikatif, proses penddidikan Islam dapat dilakukan melalui kegiatan bimbingan dan pengajaran guna mewujudkan keperibadian muslim yang beriman dan bertakwa pada Allah SWT, berahlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta memiliki bekal untuk melanjutkan Pendidikan yang lebih tinggi. Konsep Pendidikan Islam juga mengacu pada makna teologis dalam hubungannya dengan penguatan ajaran Islam. Terdapat tiga istilah yang umum digunakan dalam Pendidikan Islam yaitu al-Tarbiyah, al-Ta’lim dan al-Ta’dib. Konsep pendididikan Islam dilihat dari makna kata Tarbiyah dipahami sebagai proses bimbingan terhadap potensi manusia (jasmani, ruh dan akal) secara maksimal agar dapat menjadi bekal dalam menghadapi kehidupan dan masa depan. Pendidikan Islam ditinjau dari makna kata Ta’lim menekanakan pada penyajian metodologi pendidikan mesti diarahkan sesuai dengan bakat dan minat peserta didik. Sedangkan pendidikan Islam dari konsep makna kata Ta’dib yang mengacu pada pembentukan adab, etika dan perilaku seorang amanusia dalam proses pendidikan. Dengan demikian ketiga term pendidikan Islam ini sesungguhnya berorientasi pada pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan Islami sesuai dengan prinsip-prinsip dasar ajaran Islam. Buku ini relevan dengan kebutuhan referensi mahasiswa S1 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, para pendidik (guru, dosen), dan para pemerhati pendidikan Islam. Harapan penulis, dengan membaca buku ini dapat memberikan penguatan wawasan terkait posisi pendidikan Islam dalam mewujudkan SDM yang berkualitas. Kehadiran buku ini juga dapat menjadi referensi keilmuan para mahasiswa S1 seperti jurusan PAI, PBA, PGMI, dan PIAUD agar dapat mememahami ranah praksis pengembangan pendidikan Islam sebagai salah satu poros pendidikan dalam pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM).

Pendidikan Islam merupakan usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik agar meyakini, memahami, menghayati dan mengamalkan agama Islam.

Transendensi keadilan hukum waris Islam transformatif

Islamic inheritance and succession law in Indonesia.

Islamic inheritance and succession law in Indonesia.

Manajemen SDM: Teori dan Aplikasi Pada Bank Umum Syariah

Dilihat dari sudut pandang manajemen SDM, teori Organizational Citizenship Behavior (OCB) memiliki peran penting untuk membantu meningkatkan kinerja individu dan organisasional, karena kedudukannya mampu menciptakan loyalitas yang tinggi pada organisasi. Teori OCB dengan bentuk-bentuk prilakunya juga relevan dengan nilai-nilai Islam seperti ikhlas, taawun, ukhwah, mujahadah. Artinya, konsep ini relevan untuk diaplikasikan pada organisasi syariah seperti perbankan syariah. Disamping itu, buku ini juga membahas tentang kecerdasan spiritual, budaya organisasi dan kepemimpinan karena tiga konstruk ini secara empirik berdampak pada pembentukan OCB. Untuk itu, keberadaan materi tersebut membuat buku ini menjadi unik dan sekaligus pembeda dengan buku-buku referensi manajemen SDM lainnya. Lebih lanjut, buku ini juga membahas tentang konsep dasar dan ruang lingkup manajemen SDM, perencanaan SDM, analisis dan desain pekerjaan, rekrutmen, seleksi, orientasi, penempatan dan pemberhentian karyawan, pelatihan dan pengembangan SDM, perencanaan dan pengembangan karier, kinerja karyawan dalam kajian teoritik, relevansi teori OCB dalam Islam, dan di bab akhir secara khusus membahasnya secara aplikatif melalui riset faktor-faktor yang berpengaruh langsung (direct effect) dan tidak langsung (indirect effect) terhadap kinerja karyawan Bank Umum Syariah.

Benturan Ekonomi Islam dan Ekonomi Kapitalis: Kajian terhadap Sistem dan Nilai Instrumental (Luwuk Pos, 2007). Disiplin Kerja: Tinjauan Teoritis dan Aplikasinya Terhadap Prestasi Kerja (Jurnal Al-Mizan, 2009).

Pelajaran Ilmu Tajwid

Membaca Al-Qur’an dengan tajwidnya hukumnya wajib, karena dengannyalah Allah menurunkan Al-Qur’an dan demikian pula Al-Qur’an itu sampai kepada kita. Kewajiban kaum muslimin membaca Al-Qur’an dengan tajwid- nya melalui proses pembelajaran secara langsung (talaqqy) kepada ahlinya sebagaimana Rasulullah Saw. pun langsung diajarkan oleh malaikat Jibril as. Di dalam buku ini dibahas tentang hal-hal penting di antaranya Hukum Nun Mati dan Tanwin, Bacaan Isti’azah, Basmalah, Macam-macam Mad, Makharijul & Sifat Huruf, dan lainnya. Buku ini menyajikan topik-topik penting dengan disertai cara membacanya sehingga akan mudah dipahami oleh mahasiswa, pelajar/santri, guru/ustaz dan masyarakat pada umumnya.

Membaca Al-Qur’an dengan tajwidnya hukumnya wajib, karena dengannyalah Allah menurunkan Al-Qur’an dan demikian pula Al-Qur’an itu sampai kepada kita.

Modernisasi Hukum Keluarga Islam (Studi Komparasi KHI) - Rajawali Pers

Buku ini penulis sajikan untuk memberikan pandangan model modernisasi terhadap studi Hukum Keluarga Islam. Dengan pendekatan epistemologi hukum, epistemologi yang dimiliki KHI dan CLD-KHI adalah berbeda dari aspek paradigma, ideologi dan substansinya. KHI lebih bercorak ideologis dan menggunakan nalar teologis, sedangkan CLD-KHI lebih menggunakan nalar hukum dengan memasukkan prinsip-prinsip yang tidak dipakai dalam KHI, seperti prinsip demokrasi, pluralisme, HAM, dan sebagianya. Meskipun demikian, baik KHI maupun CLD-KHI tetap memiliki kesamaan semangat, yakni aspek modernisasi hukum Islam tertulis.

Buku ini penulis sajikan untuk memberikan pandangan model modernisasi terhadap studi Hukum Keluarga Islam.