Sebanyak 104 item atau buku ditemukan

Ngaji ngopi (maya mayapada)

Mayapada, tempat para manusia hidup dan tinggal. Sudah menjadi tanggung jawab dan kehormatan manusia untuk mengelola tempat tinggalnya dengan sebaik-baiknya. Sebagaimana Tuhan Semesta Alam memberikan tugas kepadanya. Saling berhubungan dengan baik antara manusia satu sama lain. Para manusia itu membuat aturan-aturan sebagai bentuk tanggung jawabnya. Sayangnya aturan itu dibuat dengan kepentingan-kepentingan terselubung. Para penguasa yang berwenang atas sistem-sistem yang berlaku tak lagi peduli dengan tanggung jawabnya dan hilanglah kehormatannya. Bahkan, para manusia tak lagi peduli dengan satu sama lain, atau terlalu peduli hingga melupakan tanggung jawabnya sebagai penghuni mayapada. Repot mengurusi urusan manusia-manusia lain. mengira bahwa tiap-tiap manusia memiliki hak untuk melakukan apa pun sesuka hati, dan melupakan tanggung jawab untuk menghormati dan menjaga satu sama lain. para manusia itu sudah tak lagi berperikemanusiaan. Dibutakan oleh paradoks-paradoks kehidupan. Sudah seperti hewan, saling menyalahkan, berebut kekuasaan, memaksakan kehendaknya hingga berujung pada pertikaian, kekerasan bahkan pembunuhan. Bukan tabu lagi semua itu dilakukan. Para manusia sudah terbiasa. Beberapa mungkin sadar dan merasa teriris batinya dengan keadaan mayapada ini. namun beberapa orang itu tak sanggup mempengaruhi para manusia yang lebih banyak jumlah dan senjatanya agar kembali menjaga kehormatannya, yakni mayapada. Padahal jika mereka mau mawas diri, itu semua hanyalah kesemuan, maya.

... duyung dengan suara merdu lembut bagai angin laut Mendesahlah bagiku! Angin mendesah Selalu mendesah dengan ratapannya yang merdu Pada karya Rendra mari ...

Analisa Keputusan Hijrah dalam Sudut Pandang Manajemen Sumber Daya Manusia

Buku ini menyajikan hasil analisa penulis terhadap keputusan Nabi Muhammad SAW dalam melakukan hijrah ke Madinah. Berbagai masalah yang melatarbelakangi, strategi yang dijalankan, serta manfaat yang didapatkan dari keputusan hijrah tersebut diuraikan penulis dari sudut pandang Manajemen Sumber Daya Manusia.

Buku ini menyajikan hasil analisa penulis terhadap keputusan Nabi Muhammad SAW dalam melakukan hijrah ke Madinah.

Sumber daya manusia : pilar utama kegiatan operasional organisasi

Faktor produksi yang terdiri dari tenaga kerja, tanah/bangunan, mesin/peralatan, bahan baku, material pendukung, informasi, teknologi dan kewirausahaan, merupakan input untuk diproses lebih lanjut menjadi suatu produk dan atau jasa. Tenaga kerja atau karyawan atau pegawai merupakan human capital yang tampil sebagai unsur potensial dan utama dalam proses penciptaan output tersebut. Kendati peralatan teknologi canggih sekalipun tanpa adanya sentuhan tangan-tangan terampil dari SDM, maka output yang dihasilkan tidak akan maksimal kemanfaatannya. Karena karyawan selaku sumber daya manusia memiliki kombinasi kemampuan yang sinergis dari daya pikir dan daya fisik yang dimiliki oleh setiap individu. Perilaku dan sifat yang ditentukan oleh keturunan (genetis) dan lingkungan sosialnya dapat membentuk prestasi kerja karyawan yang selanjutnya dimotivasi oleh keinginan dirinya untuk memenuhi kepuasannya.

Wawasan yang luas berdasarkan riset dan analisis yang dapat meningkatkan
kredibilitas di mata rekan bisnis dalam rapat tersebut ataupun kepada pimpinan
dalam bentuk laporan verbal. 4. Mampu menjadi pendengar dan komentator
yang ...

Hasil penelitian efek model pembelajaran discovery dan kreativitas terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika siswa

Buku ini berisi tentang hasil penelitian penulis mengenai efek model pembelajaran discovery dan kreativitas terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika. Kemampuan berpikir tingkat tinggi dapat dilatihkan dengan pembelajaran berbasis aktivitas salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran discovery, namun bagaimana kreativitas terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan apakah keduanya saling berinteraksi dalam melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa? Anda dapat menemukannya di dalam buku ini. Dengan pemaparan secara lengkap, buku ini cocok dan perlu dibaca oleh kalangan guru SMA khususnya guru mata pelajaran fisika yang ingin memperbaiki proses pembelajaran.

Buku ini berisi tentang hasil penelitian penulis mengenai efek model pembelajaran discovery dan kreativitas terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika.

Sudut pandang opini

Sudut Pandang Opini adalah buku yang berisi artikel-artikel tentang pendidikan, sosial, budaya, ekonomi, politik, teknologi, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan fenomena yang terjadi di sekitar penulis. Dari fenomena-fenomena tersebut penulis tertarik untuk memberikan pandangan dalam bentuk artikel opini. Beberapa artikel pernah dimuat di media cetak maupun online.

Sudut Pandang Opini adalah buku yang berisi artikel-artikel tentang pendidikan, sosial, budaya, ekonomi, politik, teknologi, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan fenomena yang terjadi di sekitar penulis.

Pengembangan afektif anak usia dini

Proses pendidikan tidak hanya membentuk intelektual dan keterampilan tertentu saja, akan tetapi juga membentuk dan mengembangkan sikap dan nilai agar anak berperilaku sesuai dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat. Namun demikian, dalam proses pendidikan tersebut pembelajaran afektif atau sikap terabaikan, tenggelam oleh wacana proses intelektual atau kognitif dan keterampilan yang lebih mudah dalam proses pembelajaran dan evaluasinya. Buku ini membahas seputar pengembangan afektif, khususnya dalam ranah pendidikan anak usia dini. Berbagai topik penting dalam buku ini mencoba mengantarkan para pembaca untuk memahami apa yang dimaksud dengan afektif, aspek-aspek yang berkaitan dengan afektif, strategi pengembangan afektif, dan bagaimana mengukur pengembangan afektif anak di sekolah. Buku ini diharapkan tidak saja memberikan landasan teori tetapi juga pengaplikasian teori tersebut.

Buku ini membahas seputar pengembangan afektif, khususnya dalam ranah pendidikan anak usia dini.

Melatih Berpikir Tingkat Tinggi dengan Model Pembelajaran GO CAR

Model pembelajaran GO CAR (Guided Orientation Challenge Analysis Review) sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Model pembelajaran GO CAR diharapkan mampu meningkatkan imajinasi berpikir serta meningkatkan daya ingat siswa yang bertujuan untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Imajinasi berpikir dan daya ingat dapat dibentuk dengan cara menghubungkan pelajaran dengan kehidupan sehari-hari, sehingga tidak mudah dilupakan. Selain itu melalui aktivitas belajar siswa dengan bertukar pikiran, menjawab pertanyaan serta berani tampil menyatakan ide-ide dan pendapatnya.

Model pembelajaran GO CAR (Guided Orientation Challenge Analysis Review) sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

MODEL PEMBELAJARAN GOLD (Guided, Organizing, Leaflet, Discovery)

Model pembelajaran GOLD merupakan salah satu model pembelajaran yang digunakan untuk mengembangkan keterampilan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran GOLD mampu menciptakan proses akomodasi kognitif yang berawal dari pengetahuan siswa menjadi suatu pengetahuan baru yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari agar siswa dapat menjadi mandiri dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Model pembelajaran GOLD memberikan fasilitas untuk mengakomodasi pengetahuan awal siswa sehingga menjadi pengetahuan baru yang dapat siswa manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Model pembelajaran GOLD melatih siswa belajar dalam kelompok untuk menyelesaikan sebuah permasalahan dengan cepat. Model ini didasarkan pada asumsi bahwa kemampuan untuk mengikuti dan menyelesaikan tugas dalam setting kelompok adalah penting. Siswa yang berpartisipasi dalam pemecahan masalah (problem solving) akan memiliki keterampilan yang diperlukan untuk berbagai mata pelajaran, melatih kepemimpinan dan tanggung jawab serta solidaritas dan toleransi.

Model pembelajaran GOLD merupakan salah satu model pembelajaran yang digunakan untuk mengembangkan keterampilan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran.

Model Pembelajaran Problem Posing & Solving : Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

Paradigma pembelajaran di kelas saat ini masih menekankan pada pemahaman siswa tanpa melibatkan kemampuan berpikir, di mana siswa tidak diberi kesempatan menemukan jawaban ataupun cara yang berbeda dari yang telah diajarkan oleh guru. Guru tidak menginstruksikan siswa untuk mengonstruksi pendapat atau pemahamannya sendiri terhadap konsep materi pembelajaran. Hal ini berdampak pada aktivitas siswa yang hanya meniru penyelesaian masalah yang diperagakan oleh guru ketika membahas soal-soal. Jika hal ini terus berlanjut, maka siswa akan mengalami kesulitan dalam menerapkan konsep-konsep untuk menyelesaikan permasalahan tidak rutin maupun permasalahan nyata berkaitan dengan konsep yang sudah dipelajari. Pada akhirnya akan berdampak pada rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah membutuhkan adanya inovasi dalam pembelajaran, salah satunya melalui pengembangan model pembelajaran. Pengembangan model pembelajaran yang direncanakan sebagai upaya solusi alternatif dalam mengatasi kemampuan siswa dalam pemecahan masalah yaitu pengembangan model pembelajaran problem posing and solving (PPS). Model pembelajaran ini akan menstimulasi ketertarikan siswa terhadap materi pelajaran, meningkatkan kemampuan dalam mengajukan masalah dan pemecahan masalah serta meningkatkan kemampuan belajar dengan baik. Dalam penerapannya, model pembelajaran ini akan melibatkan aktivitas problem posing dan problem solving dengan mengajak siswa untuk lebih aktif, sehingga informasi tidak hanya dari guru tetapi siswa juga dituntut untuk mengonstruksi sendiri pengetahuan baru mereka dengan informasi atau pengetahuan mereka sebelumnya. Penerapan model pembelajaran yang tepat akan membawa siswa dalam suasana pembelajaran yang menyenangkan dan memudahkan siswa menyerap materi yang diajarkan, serta meningkatkan kemampuan pemecahan masalah

Paradigma pembelajaran di kelas saat ini masih menekankan pada pemahaman siswa tanpa melibatkan kemampuan berpikir, di mana siswa tidak diberi kesempatan menemukan jawaban ataupun cara yang berbeda dari yang telah diajarkan oleh guru.

Ikhtiar Memakmurkan Rumah Allah: Panduan Operasional Masjid

Rumah Allah, nama lain yang popular dari bangunan tempat sujud. Tempat yang paling aman dari bencana, yang paling dicari bagi mereka yang taubat. Di perkotaan maupun pedesaan tampilan masjid zaman kini demikian bagus bahkan mewah. Berbeda dengan tampilan rumah sekitar yang sederhana. Namun apakah tampilan itu diimbangi dengan pemakmurannya ?. Pertanyaan yang tak pernah tuntas jawabannya. Sebab jawaban itu memerlukan bukti otentik berupa kehadiran jamaah setiap momennya. Buku ini hanya sebuah ikhtiar administratif pengelolaan masjid. Boleh jadi masjid atau musholla yang masih sepi pemakmumuran minim administratif. Atau yang telah ramai pemakmuran namun tidak didukung dengan administratif memadai. Bukankah administrasi itu adalah bukti sejarah tentang kegiatan masjid yang memberikan ibrah bagi pengurus dikemudian hari ?. Buku ini wajib dimiliki oleh pengurus masjid, musholla, langgar atau umum yang ingin aktif dibidang kemasjidan. Semoga bermanfaat.

Rumah Allah, nama lain yang popular dari bangunan tempat sujud.