Sebanyak 652 item atau buku ditemukan

Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu

Substansi isi penting buku pegangan utama dalam menyusun RPP Tematik TerpaduÑsebagai implementasi Kurikulum 2013 untuk SD/MIÑini membahas, antara lain: (1) Kurikulum 2013 dan desain baru rencana pembelajaran; (2) Menulis identitas rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP); (3) Kompetensi inti; (4) Kompetensi dasar; (5) Mengembangkan indikator; (6) Menyusun tujuan pembelajaran; (7) Menyusun materi pembelajaran; (8) Menentukan pendekatan, model, strategi, metode, dan teknik pembelajaran; (9) Pemilihan media pembelajaran, alat dan sumber belajar, dan alat peraga; (10) Menyusun langkah-langkah pembelajaran dalam RPP Tematik Terpadu; (11) Merancang penilaian autentik; serta (12) Pengesahan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).Ê--- Penerbit Kencana Prenadamedia Group

Substansi isi penting buku pegangan utama dalam menyusun RPP Tematik TerpaduÑsebagai implementasi Kurikulum 2013 untuk SD/MIÑini membahas, antara lain: (1) Kurikulum 2013 dan desain baru rencana pembelajaran; (2) Menulis identitas rencana ...

Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu

Buku ini hadir sebagai sumber referensi sekaligus bahan analisis pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah (SD/MI) yang secara terstruktur sudah dilaksanakan lima tahun terakhir, dari 2013-sekarang. Buku ini sangat direkomendasikan untuk matakuliah pembelajaran tematik maupun matakuliah analisis pembelajaran tematik terpadu di Program Studi PGSD/PGMI/Pendidikan Dasar/Pendidikan Dasar Islam. Buku ini sangat cocok untuk mahasiswa S-1, S-2, S-3, sekaligus dosen dan guru kelas SD/MI, serta para praktisi dan pemerhati pendidikan MI/SD. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Buku ini sangat direkomendasikan untuk matakuliah pembelajaran tematik maupun matakuliah analisis pembelajaran tematik terpadu di Program Studi PGSD/PGMI/Pendidikan Dasar/Pendidikan Dasar Islam.

PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR

Pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) di sekolah dasar (SD) merupakan mata kuliah khusus yang muatan materinya berlandaskan sains serta kaitannya dengan proses-proses pemerolehan pendidikan sains. Pembelajaran ini di kemas sedemikian rupa guna memberikan arahan kepada pembaca cara merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran IPA SD dengan menggunakan metode pembelajaran, pendekatan pembelajaran, media dan alat-alat bantu dalam pembelajaran IPA berdasarkan teori-teori IPA serta karakteristik pelajar dan pengajar. Dalam membelajarkan IPA di SD terlebih dahulu guru harus memahami karakteristik anak usia sekolah dasar. Buku "Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar" ini membahas tentang bagaimana memahami karakteristik anak usia sekolah dasar, yang dilanjutkan dengan memahami pendekatan pembelajaran IPA di SD, metode pembelajaran IPA di SD, strategi pembelajaran IPA di SD, serta evaluasi pembelajaran IPA di SD.

Keterampilan proses merancang penelitian dapat dikembangkan di SD/MI
diawali di kelas tinggi (IV, V, dan VI). Secara berurutan kegiatan merancang
penelitian minimal terdiri atas proses-proses IPA: (1) membuat
pertanyaanpertanyaan ...

Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup

Edisi Pertama

Buku yang disusun atau ditulis ini merupakan kumpulan bahan ajar matakuliah landasan pendidikan dan perenungan mendalam secara kritis tentang kegiatan pendidikan selama ini serta bagaimana output danoutcome pelaksanaan pendidikan di Indonesia. Oleh karena isi buku ini merupakan pengembangan dari kumpulan bahan ajar yang sudah lama, maka sudah tentu ada kutipan langsung dan tidak langsung dari sumber buku-buku teman penulis lain yang mungkin tidak ada catatan kakinya mohon dimaafkan. Buku ini diperuntukkan bagi mahasiswa dan para pendidik sertaÊpencinta pendidikan bahkan seluruh masyarakat yang ingin mengetahui apa sesungguhnya landasan pendidikan serta ingin mengubah pola pikir dan perilaku hidup menuju kehidupan yang lebih sejahtera. Para pembaca yang ingin memperdalam pengetahuan tentang landasan pendidikan dan ingin untuk berubah serta ingin pula mendidik orang lain agar berubah disarankan untuk membaca buku ini. *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)

... multikultural ( multicultural education ) meru- pakan strategi pendidikan yang memanfaatkan keberagaman latar be- lakang kebudayaan dari para peserta didik sebagai salah satu kekuatan untuk membentuk sikap multikultural . Strategi ini ...

Manajemen Pendidikan Berbasis Madrasah

Buku ini berjudul “Manajemen Pendidikan Berbasis Madrasah”, dan ditulis oleh Makmur, S.Pd.I., M.Pd.I.. Buku ini diperuntukkan bagi mahasiswa program studi Manajemen Pendidikan Islam. Buku ini membahas tentang pengertian dan fungsi manajemen berbasis madrasah, fungsi dan peran kepala sekolah dalam manajemen berbasis madrasah, serta implikasi pelaksanaan manajemen pendidikan dalam sebuah madrasah.

Buku ini membahas tentang pengertian dan fungsi manajemen berbasis madrasah, fungsi dan peran kepala sekolah dalam manajemen berbasis madrasah, serta implikasi pelaksanaan manajemen pendidikan dalam sebuah madrasah.

Evaluasi Pembelajaran

Buku ini di lengkapi dengancontoh soal dan latihan untuk mempermudah pembaca memahami dan merefleksi pemahaman terkait mater yang di bahas pada masing-masing bab. Penulis mengakui bahwa buku ini belum mampu seluruh masalah yang berkaitan dengan evaluasi, namun buku ini diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk mengetahui dasar-dasar pengetahuan yang berkenaan dengan evaluasi pembelajaran, sebagai bahan referensi untuk menjadi seorang pendidik.

Penulis mengakui bahwa buku ini belum mampu seluruh masalah yang berkaitan dengan evaluasi, namun buku ini diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk mengetahui dasar-dasar pengetahuan yang berkenaan dengan evaluasi pembelajaran, sebagai ...

Buku Ajar: Konsep Dasar Kimia Koordinasi

Buku “Konsep Dasar Kimia Koordinasi” ini memaparkan konsep-konsep dasar tentang kimia koordinasi. Buku ini merupakan buku ajar yang “siap pakai” sehingga dapat langsung dipergunakan oleh dosen untuk bahan mengajar ataupun oleh mahasiswa untuk belajar mandiri. Buku ini dapat dipergunakan di Program Studi/Jurusan Pendidikan Kimia dan Kimia yang kurikulumnya mengandung mata kuliah kimia anorganik dan kimia koordinasi. Di samping itu, buku ini juga dapat dipergunakan sebagai buku referensi oleh guru kimia di SMA/MA/SMK yang masih kesulitan dalam mengajarkan topik senyawa koordinasi (senyawa kompleks) dan juga mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Kimia yang ingin mendalami tentang kimia koordinasi. [Penerbit Deepublish, Deepublish, Konsep Dasar Kimia Koordinasi, Buku Ajar, Buku Ajar Kimia]

Buku Buku ajar : konsep dasar kimia koordinasi ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya. [Penerbit Deepublish, Deepublish, Konsep Dasar Kimia Koordinasi, Buku Ajar, Buku Ajar Kimia]

AUDIT SISTEM INFORMASI DAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI: Implementasi dan Studi kasus

Guna memenuhi kebutuhan akan kompetensi mahasiswa, Buku “Audit Sistem Informasi” ini dapat menjadi bahan referensi bagi para mahasiswa dan masyarakat umum yang ingin mempelajari tentang audit sistem informasi, mulai dari konsep, pengendalian-pengendalian, baik manajemen maupun aplikasi, proses audit, metodologi audit serta studi kasus beserta laporan auditnya.

Guna memenuhi kebutuhan akan kompetensi mahasiswa, Buku “Audit Sistem Informasi” ini dapat menjadi bahan referensi bagi para mahasiswa dan masyarakat umum yang ingin mempelajari tentang audit sistem informasi, mulai dari konsep, ...

bahan Ajar Sistem Informasi Manajemen

Informasi sudah semakin mudah diperoleh, sudah semakin bervariasi bentuknya dan semakin banyak pula kegunaannya oleh karena itu adanya pengaruh globalisasi, yaitu memudarnya batas-batas Negara dalam kepentingan bisnis, pemerintah dan masyarakat. Pada masa lalu, siaran televisi dan siaran radio hanya ditujukan untuk satu wilayah atau satu nagara saja, sampai sekarang tidak ada yang mencegah hal itu.

Buku Bahan ajar sistem informasi manajemen ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Metodologi Penelitian Kualitatif

Metodologi penelitian merupakan ilmu yang mengupas tentang metode-metode penelitian. Buku Metodologi Penelitian Kualitatif ini membahas konsep teoretis dari berbagai metode kualitatif, yang diharapkan dapat membantu para peneliti utamanya peneliti pemula untuk memahami metodologi penelitian kualitatif. Metodologi Penelitian Kualitatif, merupakan metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat post positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya eksperimen) di mana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan dengan triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitaif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Karena metode penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain secara holistik, dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Metode penelitian kualitatif muncul karena terjadi perubahan paradigma dalam memandang suatu fenomena atau realitas atau gejala. Dalam penggunaan metode penelitian kualitatif, maka perlu untuk memahami tentang metode tersebut. Karena konsep penyusunan buku ini berdasarkan dari fakta lapangan sebuah hasil penelitan, maka diharapkan buku ini dapat berguna sebagai referensi para peneliti kualitatif. Selain itu buku ini juga diberikan gambaran langsung bagaimana langkah-langkah penyusunan proposal penelitian serta laporan hasil penelitian kualitatif yang berdasarkan pada fenomena lapangan. Dengan demikian semoga buku ini sangat bermanfaat dan membantu para peneliti kualitatif. Penerbit Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia

Buku Metodologi Penelitian Kualitatif ini membahas konsep teoretis dari berbagai metode kualitatif, yang diharapkan dapat membantu para peneliti utamanya peneliti pemula untuk memahami metodologi penelitian kualitatif.